Contoh Soal UAS Biologi Kelas 12 SMA Semester 2

Posted on

Contoh Soal UAS Biologi Kelas 12 SMA Semester 2

Ujian Akhir Semester (UAS) Biologi Kelas 12 SMA Semester 2 merupakan momen krusial bagi siswa untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi-materi penting yang telah dipelajari selama paruh kedua tahun ajaran. Persiapan yang matang menjadi kunci utama meraih nilai terbaik dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Artikel ini hadir sebagai sumber belajar komprehensif, menyajikan contoh soal UAS Biologi Kelas 12 SMA Semester 2 lengkap dengan berbagai tipe soal, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, esai, hingga menjodohkan. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, siswa tidak hanya dapat mengidentifikasi materi yang belum dikuasai, tetapi juga melatih kemampuan analisis, pemecahan masalah, dan membiasakan diri dengan format ujian sesungguhnya. Topik-topik yang umumnya diujikan meliputi genetika, evolusi, ekologi lingkungan, bioteknologi modern, dan beberapa tinjauan sistem organ atau metabolisme. Memahami konsep-konsep inti serta mampu mengaplikasikannya dalam berbagai konteks soal akan sangat membantu dalam mencapai hasil optimal. Manfaatkan contoh soal ini sebagai panduan belajar efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kesiapan Anda menghadapi UAS Biologi Semester 2. Jangan lewatkan kesempatan untuk menguji pengetahuan Anda dan memastikan Anda siap menghadapi tantangan ujian.


Latihan Soal Contoh Soal UAS Biologi Kelas 12 SMA Semester 2

1. Jika individu bergenotipe AaBb disilangkan dengan sesamanya, berapa rasio fenotipe F2 untuk sifat dominan-dominan?

  • A. 9:3:3:1
  • B. 3:1
  • C. 1:2:1
  • D. 1:1

2. Penyakit genetik hemofilia pada manusia disebabkan oleh gen resesif terangkai X. Jika seorang wanita karier (X^H X^h) menikah dengan pria normal (X^H Y), berapa persentase kemungkinan anak laki-laki mereka menderita hemofilia?

  • A. 0%
  • B. 25%
  • C. 50%
  • D. 75%

3. Peristiwa mutasi yang menyebabkan hilangnya satu atau beberapa basa nitrogen pada untai DNA disebut…

  • A. Substitusi
  • B. Delesi
  • C. Insersi
  • D. Duplikasi

4. Berikut ini adalah bukti-bukti evolusi, kecuali…

  • A. Fosil
  • B. Anatomi perbandingan
  • C. Homologi organ
  • D. Teori abiogenesis

5. Menurut teori Darwin, seleksi alam akan menghasilkan individu-individu yang…

  • A. Paling kuat
  • B. Paling adaptif terhadap lingkungannya
  • C. Memiliki ukuran tubuh terbesar
  • D. Mampu bertahan hidup paling lama tanpa bereproduksi

6. Spesiasi alopatrik terjadi ketika populasi terpisah oleh…

  • A. Isolasi reproduksi
  • B. Isolasi habitat
  • C. Hambatan geografis
  • D. Perbedaan waktu kawin

7. Komponen biotik dalam suatu ekosistem meliputi…

  • A. Air, tanah, udara
  • B. Produsen, konsumen, dekomposer
  • C. Cahaya matahari, suhu, kelembaban
  • D. Semua makhluk hidup dan faktor fisik

8. Dalam suatu rantai makanan, organisme yang berperan sebagai produsen adalah…

  • A. Herbivora
  • B. Karnivora
  • C. Omnivora
  • D. Tumbuhan hijau

9. Siklus biogeokimia yang paling banyak mengalami gangguan akibat aktivitas pembakaran bahan bakar fosil adalah siklus…

  • A. Air
  • B. Nitrogen
  • C. Karbon
  • D. Sulfur

10. Berikut ini adalah dampak negatif dari pencemaran lingkungan, kecuali…

  • A. Eutrofikasi
  • B. Hujan asam
  • C. Peningkatan keanekaragaman hayati
  • D. Penipisan lapisan ozon

11. Teknik bioteknologi yang digunakan untuk menghasilkan tanaman dengan sifat unggul yang sama persis dengan induknya adalah…

  • A. Fermentasi
  • B. Kloning
  • C. Rekayasa genetika
  • D. Kultur jaringan

12. Enzim yang berperan memotong DNA pada sekuens spesifik dalam rekayasa genetika adalah…

  • A. DNA polimerase
  • B. RNA polimerase
  • C. Enzim restriksi
  • D. DNA ligase

13. Produk bioteknologi konvensional yang dihasilkan melalui proses fermentasi adalah…

  • A. Insulin
  • B. Yogurt
  • C. Tanaman transgenik
  • D. Vaksin

14. Apa yang dimaksud dengan organisme transgenik?

  • A. Organisme yang mengalami mutasi alami
  • B. Organisme yang dihasilkan dari persilangan dua spesies berbeda
  • C. Organisme yang gennya telah dimodifikasi atau disisipi gen dari spesies lain
  • D. Organisme yang hidup di lingkungan ekstrem

15. Salah satu dampak positif bioteknologi dalam bidang kesehatan adalah…

  • A. Peningkatan resistensi hama pada tanaman
  • B. Produksi vaksin dan obat-obatan
  • C. Pengolahan limbah industri
  • D. Peningkatan hasil panen

16. Pola pewarisan sifat yang menunjukkan bahwa suatu gen memiliki lebih dari dua alel dalam populasi, disebut…

  • A. Kodominansi
  • B. Dominansi tidak sempurna
  • C. Alel ganda
  • D. Epistasis

17. Proses pembentukan spesies baru dari nenek moyang yang sama akibat adaptasi terhadap lingkungan yang berbeda disebut…

  • A. Konvergensi
  • B. Divergensi
  • C. Koevolusi
  • D. Stasis

18. Aliran energi dalam suatu ekosistem bersifat…

  • A. Daur ulang
  • B. Searah
  • C. Bolak-balik
  • D. Statis

19. Bagian dari DNA yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetik adalah…

  • A. Gula deoksiribosa
  • B. Gugus fosfat
  • C. Basa nitrogen
  • D. Ikatan hidrogen

20. Konservasi ex situ adalah upaya pelestarian keanekaragaman hayati yang dilakukan…

  • A. Di habitat aslinya
  • B. Di luar habitat aslinya
  • C. Dengan mengurangi populasi
  • D. Melalui reboisasi saja

21. Jelaskan perbedaan mendasar antara genotipe dan fenotipe!

22. Sebutkan dua bukti utama yang mendukung teori evolusi Darwin!

23. Apa yang dimaksud dengan suksesi ekologi? Sebutkan jenisnya!

24. Jelaskan prinsip dasar kloning pada hewan!

25. Mengapa keanekaragaman hayati penting bagi kestabilan ekosistem?

26. Jelaskan tahapan-tahapan dasar dalam rekayasa genetika untuk menghasilkan organisme transgenik dan berikan contoh aplikasinya dalam bidang pertanian!

27. Bandingkan teori evolusi Lamarck dan Darwin. Jelaskan perbedaan pokok pandangan mereka mengenai mekanisme evolusi!

28. Analisislah dampak negatif pencemaran air terhadap ekosistem perairan dan kehidupan manusia. Sebutkan setidaknya tiga dampak spesifik!

29. Diskusikan potensi dan etika penggunaan bioteknologi modern (misalnya CRISPR-Cas9) dalam pengobatan penyakit genetik pada manusia!

30. Jelaskan konsep piramida energi dalam ekosistem. Mengapa bentuk piramida energi selalu mengerucut ke atas?

31. Jodohkan istilah-istilah genetika di bawah ini dengan definisi yang tepat!

Cocokkan data berikut:

  • Gen — Unit dasar pewarisan sifat
  • Alela — Bentuk alternatif dari suatu gen
  • Kromosom — Struktur pembawa gen yang terdapat di inti sel
  • Mutasi — Perubahan materi genetik yang bersifat mendadak
  • Homozigot — Individu dengan dua alel yang sama untuk suatu gen

32. Jodohkan istilah-istilah bioteknologi dengan penjelasannya yang relevan!

Cocokkan data berikut:

  • Kultur Jaringan — Teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif in vitro
  • PCR — Teknik untuk melipatgandakan sekuens DNA tertentu
  • Plasmid — DNA sirkuler kecil yang sering digunakan sebagai vektor kloning
  • Enzim Restriksi — Enzim yang memotong DNA pada sekuens spesifik
  • Kloning — Proses menghasilkan organisme yang identik secara genetik

Kunci Jawaban dan Pembahasan

No. 1 (Multiple Choice)

A. 9:3:3:1. Ini adalah rasio fenotipe untuk persilangan dihibrid dengan dominansi penuh, sesuai Hukum Mendel II.

No. 2 (Multiple Choice)

C. 50%. Anak laki-laki akan menerima kromosom Y dari ayah dan X dari ibu. Ada 50% kemungkinan anak laki-laki menerima X^h dari ibu (X^h Y), sehingga menderita hemofilia.

No. 3 (Multiple Choice)

B. Delesi. Delesi adalah hilangnya satu atau lebih nukleotida dari sekuens DNA.

No. 4 (Multiple Choice)

D. Teori abiogenesis. Teori abiogenesis adalah teori tentang asal-usul kehidupan dari materi tak hidup, bukan bukti evolusi.

No. 5 (Multiple Choice)

B. Paling adaptif terhadap lingkungannya. Seleksi alam adalah proses di mana organisme yang lebih adaptif terhadap lingkungan cenderung bertahan hidup dan bereproduksi lebih banyak.

No. 6 (Multiple Choice)

C. Hambatan geografis. Spesiasi alopatrik adalah pembentukan spesies baru karena isolasi geografis.

No. 7 (Multiple Choice)

B. Produsen, konsumen, dekomposer. Komponen biotik adalah komponen hidup dalam ekosistem.

No. 8 (Multiple Choice)

D. Tumbuhan hijau. Tumbuhan hijau adalah organisme autotrof yang menghasilkan makanannya sendiri melalui fotosintesis.

No. 9 (Multiple Choice)

C. Karbon. Pembakaran bahan bakar fosil melepaskan sejumlah besar CO2 ke atmosfer, mengganggu siklus karbon.

No. 10 (Multiple Choice)

C. Peningkatan keanekaragaman hayati. Pencemaran lingkungan umumnya menyebabkan penurunan keanekaragaman hayati.

No. 11 (Multiple Choice)

D. Kultur jaringan. Kultur jaringan adalah teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif yang menghasilkan individu identik dengan induknya.

No. 12 (Multiple Choice)

C. Enzim restriksi. Enzim restriksi berfungsi sebagai ‘gunting molekuler’ yang memotong DNA pada situs pengenalan tertentu.

No. 13 (Multiple Choice)

B. Yogurt. Yogurt dihasilkan dari fermentasi susu oleh bakteri asam laktat.

No. 14 (Multiple Choice)

C. Organisme yang gennya telah dimodifikasi atau disisipi gen dari spesies lain. Ini adalah definisi inti dari organisme transgenik dalam rekayasa genetika.

No. 15 (Multiple Choice)

B. Produksi vaksin dan obat-obatan. Bioteknologi modern memungkinkan produksi skala besar untuk insulin, vaksin, dan terapi gen.

No. 16 (Multiple Choice)

C. Alel ganda. Alel ganda adalah kondisi di mana suatu gen memiliki lebih dari dua bentuk alel yang berbeda dalam populasi, seperti pada golongan darah ABO.

No. 17 (Multiple Choice)

B. Divergensi. Divergensi mengacu pada evolusi dari spesies yang terkait secara filogenetik untuk menjadi semakin berbeda, seringkali karena adaptasi terhadap lingkungan yang berbeda.

No. 18 (Multiple Choice)

B. Searah. Energi mengalir dari produsen ke konsumen dan tidak dapat didaur ulang sepenuhnya.

No. 19 (Multiple Choice)

C. Basa nitrogen. Urutan basa nitrogen (Adenin, Guanin, Sitosin, Timin) adalah kode genetik yang membawa informasi.

No. 20 (Multiple Choice)

B. Di luar habitat aslinya. Contohnya adalah kebun binatang, kebun raya, atau bank gen.

No. 21 (Short Answer)

Genotipe adalah susunan genetik atau komposisi alel suatu individu (misalnya Aa, BB), sedangkan fenotipe adalah karakteristik fisik atau sifat yang dapat diamati sebagai hasil ekspresi genotipe dan interaksi dengan lingkungan (misalnya tinggi, warna bunga).

No. 22 (Short Answer)

Dua bukti utama antara lain: 1) Catatan fosil yang menunjukkan perubahan bentuk kehidupan dari waktu ke waktu. 2) Homologi organ, yaitu kesamaan struktur dasar organ pada spesies yang berbeda meskipun fungsinya berbeda, menunjukkan nenek moyang bersama. Bukti lain bisa berupa embriologi perbandingan, biokimia, dan biogeografi.

No. 23 (Short Answer)

Suksesi ekologi adalah proses perubahan komunitas biologis dalam suatu ekosistem dari waktu ke waktu. Jenisnya adalah suksesi primer (dimulai di area tanpa kehidupan sebelumnya, misal batuan vulkanik baru) dan suksesi sekunder (terjadi di area yang telah ada kehidupan sebelumnya namun terganggu, misal lahan bekas kebakaran hutan).

No. 24 (Short Answer)

Prinsip dasar kloning pada hewan melibatkan transfer inti sel somatik (sel tubuh) dari individu donor ke dalam sel telur yang telah dihilangkan intinya. Sel telur yang telah direkonstruksi ini kemudian distimulasi untuk berkembang menjadi embrio, yang kemudian ditanamkan ke rahim induk pengganti untuk berkembang menjadi individu baru yang genetiknya identik dengan donor inti sel somatik.

No. 25 (Short Answer)

Keanekaragaman hayati penting untuk kestabilan ekosistem karena menyediakan berbagai layanan ekosistem (misal penyerbukan, pemurnian air), meningkatkan ketahanan ekosistem terhadap gangguan (misal wabah penyakit atau perubahan iklim), dan memastikan ketersediaan sumber daya genetik yang vital untuk adaptasi dan evolusi spesies.

No. 26 (Essay)

Tahapan dasar rekayasa genetika untuk menghasilkan organisme transgenik meliputi: 1) Isolasi gen target: Mengidentifikasi dan mengisolasi gen yang diinginkan dari organisme donor. 2) Kloning gen: Memperbanyak gen target menggunakan teknik seperti PCR atau memasukkannya ke dalam vektor (misalnya plasmid bakteri). 3) Rekombinasi DNA: Menggabungkan gen target dengan DNA vektor menggunakan enzim restriksi dan ligase untuk membentuk DNA rekombinan. 4) Transformasi: Memasukkan DNA rekombinan ke dalam sel organisme penerima (inang). 5) Seleksi dan regenerasi: Memilih sel inang yang berhasil mengambil DNA rekombinan dan meregenerasinya menjadi organisme utuh. Contoh aplikasi dalam pertanian adalah pembuatan tanaman tahan hama (misalnya jagung Bt yang menghasilkan toksin anti serangga) atau tanaman yang tahan herbisida, serta tanaman dengan peningkatan nutrisi (misalnya beras emas).

No. 27 (Essay)

Perbedaan pokok antara teori Lamarck dan Darwin terletak pada mekanisme evolusi. Lamarck mengemukakan teori ‘Pewarisan Sifat yang Diperoleh’ (use and disuse), di mana organisme dapat mengembangkan atau menghilangkan sifat tertentu selama hidupnya sebagai respons terhadap lingkungan, dan sifat-sifat yang diperoleh ini kemudian diwariskan ke keturunannya. Contohnya, jerapah memiliki leher panjang karena sering menjulurkan lehernya untuk mencapai daun tinggi. Darwin, di sisi lain, mengemukakan teori ‘Seleksi Alam’. Menurut Darwin, dalam suatu populasi terdapat variasi individu yang diwariskan. Lingkungan akan ‘menyeleksi’ individu-individu yang memiliki sifat paling adaptif untuk bertahan hidup dan mereproduksi lebih banyak, sehingga sifat-sifat adaptif tersebut akan meningkat frekuensinya di generasi berikutnya. Darwin tidak percaya pada pewarisan sifat yang diperoleh, melainkan pada variasi genetik yang sudah ada.

No. 28 (Essay)

Pencemaran air memiliki dampak negatif yang serius bagi ekosistem perairan dan kehidupan manusia. Tiga dampak spesifik antara lain: 1) Eutrofikasi: Masuknya nutrien berlebihan (misalnya dari limbah pertanian atau domestik) ke perairan menyebabkan pertumbuhan alga yang pesat (blooming alga). Ketika alga mati dan membusuk, proses dekomposisi menghabiskan oksigen terlarut, menyebabkan kematian massal ikan dan organisme air lainnya. 2) Akumulasi toksin dalam rantai makanan: Bahan pencemar seperti logam berat atau pestisida dapat terakumulasi dalam tubuh organisme di tingkat trofik bawah dan biomagnifikasi ke tingkat trofik yang lebih tinggi, membahayakan predator puncak, termasuk manusia yang mengonsumsi ikan terkontaminasi. 3) Penurunan keanekaragaman hayati: Pencemaran air dapat mengubah kondisi lingkungan (pH, suhu, kadar oksigen) hingga tidak lagi sesuai bagi banyak spesies, menyebabkan penurunan populasi atau bahkan kepunahan spesies tertentu, mengurangi stabilitas dan resiliensi ekosistem perairan.

No. 29 (Essay)

Bioteknologi modern, khususnya teknologi penyuntingan gen seperti CRISPR-Cas9, memiliki potensi revolusioner dalam pengobatan penyakit genetik pada manusia. Potensinya meliputi kemampuan untuk secara presisi memperbaiki gen yang cacat, menonaktifkan gen penyebab penyakit, atau menyisipkan gen baru yang fungsional. Ini membuka jalan bagi terapi gen untuk penyakit seperti fibrosis kistik, hemofilia, anemia sel sabit, bahkan beberapa jenis kanker. Namun, penggunaan teknologi ini juga menimbulkan berbagai isu etika. Pertama, kekhawatiran tentang ‘desainer bayi’, di mana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan sifat non-medis (misalnya kecerdasan atau penampilan), yang dapat memperdalam ketidaksetaraan sosial. Kedua, potensi efek samping yang tidak diinginkan atau ‘off-target’ pada genom yang dapat menyebabkan masalah kesehatan baru. Ketiga, pertanyaan tentang persetujuan, aksesibilitas, dan keadilan, memastikan bahwa teknologi ini tidak hanya tersedia untuk segelintir orang kaya dan bahwa keputusan etis dibuat secara kolektif dengan mempertimbangkan nilai-nilai masyarakat.

No. 30 (Essay)

Piramida energi menggambarkan aliran energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya dalam suatu ekosistem. Tingkat paling dasar adalah produsen (autotrof), diikuti oleh konsumen primer (herbivora), konsumen sekunder (karnivora yang makan herbivora), dan seterusnya. Bentuk piramida energi selalu mengerucut ke atas (dari dasar yang lebar ke puncak yang sempit) karena adanya kehilangan energi yang signifikan pada setiap perpindahan tingkat trofik. Menurut ‘Aturan 10 Persen’, hanya sekitar 10% energi dari satu tingkat trofik yang berhasil ditransfer ke tingkat trofik berikutnya. Sebagian besar energi yang lain hilang dalam bentuk panas melalui proses metabolisme, tidak dicerna, atau tidak digunakan untuk pertumbuhan dan reproduksi. Akibatnya, jumlah energi yang tersedia semakin berkurang saat naik ke tingkat trofik yang lebih tinggi, sehingga jumlah biomassa dan individu yang dapat didukung juga semakin sedikit.

No. 31 (Matching)

Gen – Unit dasar pewarisan sifat; Alela – Bentuk alternatif dari suatu gen; Kromosom – Struktur pembawa gen yang terdapat di inti sel; Mutasi – Perubahan materi genetik yang bersifat mendadak; Homozigot – Individu dengan dua alel yang sama untuk suatu gen.

No. 32 (Matching)

Kultur Jaringan – Teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif in vitro; PCR – Teknik untuk melipatgandakan sekuens DNA tertentu; Plasmid – DNA sirkuler kecil yang sering digunakan sebagai vektor kloning; Enzim Restriksi – Enzim yang memotong DNA pada sekuens spesifik; Kloning – Proses menghasilkan organisme yang identik secara genetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *