Bank Soal Bahasa Inggris Recount Text SMP/SMA Lengkap dengan Kunci Jawaban

Posted on

Bank Soal Bahasa Inggris Recount Text SMP/SMA Lengkap dengan Kunci Jawaban

Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris recount text terlengkap! Memahami recount text adalah keterampilan penting dalam belajar Bahasa Inggris, terutama untuk siswa SMP dan SMA. Recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa lalu secara kronologis. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi atau menghibur pembaca. Struktur umum recount text meliputi orientation (pengenalan), events (rangkaian peristiwa), dan re-orientation (kesimpulan/komentar pribadi). Dengan menguasai recount text, Anda akan lebih mudah memahami berbagai jenis bacaan dan juga lebih percaya diri dalam menulis pengalaman pribadi. Soal-soal latihan ini dirancang untuk menguji pemahaman Anda tentang struktur, ciri kebahasaan, tujuan, dan detail spesifik dari recount text. Melalui latihan ini, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk ujian. Mari kita mulai asah kemampuanmu!


Contoh Soal soal bahasa inggris recount text

1. Apa tujuan utama penulis menulis teks recount tentang liburan?

  • A. Untuk menghibur pembaca dengan cerita fiksi.
  • B. Untuk menceritakan kembali pengalaman liburan penulis di Bali.
  • C. Untuk memberikan informasi tentang tempat wisata di Bali.
  • D. Untuk meyakinkan pembaca agar berlibur ke Bali.
  • E. Untuk mendeskripsikan keindahan Bali secara umum.
Kunci Jawaban: Untuk menceritakan kembali pengalaman liburan penulis di Bali.

Penjelasan: Tujuan utama recount text adalah menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang telah terjadi di masa lalu.

2. Bagian ‘Last summer, my family and I went to Bali for a holiday. It was our first time visiting the island, and we were all very excited.’ termasuk dalam struktur recount text apa?

  • A. Events
  • B. Re-orientation
  • C. Orientation
  • D. Complication
  • E. Resolution
Kunci Jawaban: Orientation

Penjelasan: Orientation adalah bagian awal yang memperkenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana peristiwa itu terjadi.

3. Manakah dari kata berikut yang merupakan kata kerja bentuk lampau (past tense verb)?

  • A. Goes
  • B. Buying
  • C. Bought
  • D. Will buy
  • E. Buy
Kunci Jawaban: Bought

Penjelasan: Kata ‘bought’ adalah bentuk lampau (V2) dari kata kerja ‘buy’.

4. Jika sebuah recount text menceritakan perjalanan ke museum, bagian yang menjelaskan aktivitas di dalam museum (melihat koleksi, menonton film) termasuk dalam struktur apa?

  • A. Orientation
  • B. Re-orientation
  • C. Events
  • D. Complication
  • E. Resolution
Kunci Jawaban: Events

Penjelasan: Events adalah bagian yang menceritakan rangkaian peristiwa secara kronologis.

5. Kata ‘fascinated’ dalam konteks recount text sering berarti…

  • A. bosan
  • B. tertarik
  • C. bingung
  • D. takut
  • E. marah
Kunci Jawaban: tertarik

Penjelasan: ‘Fascinated’ berarti sangat tertarik atau terpukau oleh sesuatu.

6. Kapan perjalanan sekolah ke Museum Nasional berlangsung jika teks diawali dengan ‘Last month, our class went on a field trip to the National Museum.’?

  • A. Minggu lalu
  • B. Bulan lalu
  • C. Tahun lalu
  • D. Dua hari yang lalu
  • E. Kemarin
Kunci Jawaban: Bulan lalu

Penjelasan: Informasi ini terdapat pada kalimat pembuka: ‘Last month’ berarti bulan lalu.

7. Dalam sebuah recount text, apa yang dilakukan siswa setelah menjelajahi aula utama museum jika teks menyebutkan ‘After exploring the main halls, we had lunch at the museum’s cafeteria.’?

  • A. Membeli kartu pos
  • B. Menonton film dokumenter
  • C. Makan siang di kafetaria
  • D. Bertanya kepada pemandu
  • E. Melihat pameran kerangka dinosaurus
Kunci Jawaban: Makan siang di kafetaria

Penjelasan: Urutan peristiwa disebutkan sebagai ‘After exploring the main halls, we had lunch at the museum’s cafeteria’.

8. Kata kerja bentuk lampau yang tidak ditemukan dalam teks recount yang menceritakan peristiwa masa lalu adalah…

  • A. Went
  • B. Gathered
  • C. Arrived
  • D. Divided
  • E. Learns
Kunci Jawaban: Learns

Penjelasan: ‘Learns’ adalah bentuk present tense. Bentuk lampaunya adalah ‘learned’.

9. Bagian mana dari teks recount yang merupakan ‘re-orientation’?

  • A. Last month, our class went on a field trip to the National Museum.
  • B. When we arrived at the museum, our teacher divided us into small groups.
  • C. We saw ancient tools, traditional costumes, and historical documents.
  • D. It was a very educational and enjoyable day.
  • E. After exploring the main halls, we had lunch at the museum’s cafeteria.
Kunci Jawaban: It was a very educational and enjoyable day.

Penjelasan: Re-orientation adalah bagian penutup yang berisi komentar pribadi atau kesan penulis tentang peristiwa yang diceritakan.

10. Pilih kalimat yang merupakan contoh penggunaan ‘time conjunction’ yang tepat dalam recount text.

  • A. She is happy because she won the prize.
  • B. Although it was raining, we continued our journey.
  • C. First, I woke up, then I brushed my teeth.
  • D. He studies hard so that he can pass the exam.
  • E. I don’t know whether he will come or not.
Kunci Jawaban: First, I woke up, then I brushed my teeth.

Penjelasan: ‘First’ dan ‘then’ adalah konjungsi waktu yang sering digunakan untuk menunjukkan urutan peristiwa dalam recount text.

11. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan ciri kebahasaan recount text?

  • A. Menggunakan past tense.
  • B. Menggunakan action verbs.
  • C. Menggunakan chronological order.
  • D. Menggunakan banyak kata sifat deskriptif.
  • E. Menggunakan future tense.
Kunci Jawaban: Menggunakan future tense.

Penjelasan: Recount text menceritakan peristiwa masa lalu, sehingga dominan menggunakan past tense, bukan future tense.

12. Jika Anda ingin menceritakan pengalaman pribadi tentang kecelakaan kecil yang Anda alami, jenis recount text apa yang paling sesuai?

  • A. Factual Recount
  • B. Personal Recount
  • C. Imaginative Recount
  • D. Historical Recount
  • E. Biographical Recount
Kunci Jawaban: Personal Recount

Penjelasan: Personal recount menceritakan pengalaman pribadi penulis.

13. Kalimat ‘My family and I visited the zoo last Sunday.’ termasuk dalam bagian struktur recount text?

  • A. Events
  • B. Re-orientation
  • C. Orientation
  • D. Complication
  • E. Resolution
Kunci Jawaban: Orientation

Penjelasan: Kalimat ini memperkenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana, yang merupakan ciri khas orientation.

14. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat: ‘After school, I ______ home and immediately changed my clothes.’ adalah…

  • A. go
  • B. goes
  • C. went
  • D. going
  • E. gone
Kunci Jawaban: went

Penjelasan: Kalimat ini menceritakan peristiwa di masa lalu, sehingga membutuhkan kata kerja bentuk lampau (past tense).

15. Apa fungsi utama dari ‘re-orientation’ dalam recount text?

  • A. Memperkenalkan karakter utama.
  • B. Menceritakan urutan peristiwa.
  • C. Memberikan kesimpulan atau komentar pribadi penulis.
  • D. Menyajikan masalah yang dihadapi.
  • E. Menjelaskan latar belakang cerita.
Kunci Jawaban: Memberikan kesimpulan atau komentar pribadi penulis.

Penjelasan: Re-orientation adalah bagian akhir yang berisi penutup atau komentar personal penulis.

16. Manakah dari kalimat berikut yang menggunakan ‘adverb of time’ dengan benar dalam konteks recount text?

  • A. She is always happy.
  • B. He rarely visits his grandparents.
  • C. Yesterday, I met my old friend.
  • D. They will arrive soon.
  • E. We usually eat dinner at 7 PM.
Kunci Jawaban: Yesterday, I met my old friend.

Penjelasan: ‘Yesterday’ adalah adverb of time yang menunjukkan waktu lampau, cocok untuk recount text.

17. Sebuah teks yang menceritakan kembali biografi seseorang termasuk jenis recount text apa?

  • A. Personal Recount
  • B. Factual Recount
  • C. Imaginative Recount
  • D. Biographical Recount
  • E. Historical Recount
Kunci Jawaban: Biographical Recount

Penjelasan: Biographical recount adalah jenis recount yang menceritakan biografi seseorang.

18. Pilih kalimat yang TIDAK menggunakan past tense.

  • A. They played football yesterday.
  • B. She wrote a letter to her mother.
  • C. We visited our grandparents last week.
  • D. He always reads books.
  • E. I watched a movie last night.
Kunci Jawaban: He always reads books.

Penjelasan: Kalimat ini menggunakan simple present tense (‘reads’) dan adverb of frequency (‘always’), menunjukkan kebiasaan, bukan peristiwa masa lalu.

19. Apa arti dari ‘chronological order’ dalam recount text?

  • A. Urutan acak
  • B. Urutan berdasarkan kepentingan
  • C. Urutan waktu kejadian
  • D. Urutan dari yang paling tidak penting
  • E. Urutan berdasarkan abjad
Kunci Jawaban: Urutan waktu kejadian

Penjelasan: Recount text menceritakan peristiwa sesuai urutan waktu terjadinya.

20. Yang manakah dari konjungsi berikut yang paling sering digunakan untuk menunjukkan urutan peristiwa dalam recount text?

  • A. Because
  • B. Although
  • C. If
  • D. Then
  • E. However
Kunci Jawaban: Then

Penjelasan: ‘Then’ adalah konjungsi waktu yang umum digunakan untuk menghubungkan peristiwa-peristiwa secara berurutan dalam recount text.

21. Recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa ______.

Kunci Jawaban: lalu

Penjelasan: Recount text berfokus pada kejadian yang sudah terjadi.

22. Bagian awal dari recount text yang memperkenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana peristiwa itu terjadi disebut ______.

Kunci Jawaban: Orientation

Penjelasan: Orientation adalah pengenalan dalam recount text.

23. Kata kerja bentuk lampau dari ‘eat’ adalah ______.

Kunci Jawaban: ate

Penjelasan: ‘Ate’ adalah bentuk V2 dari ‘eat’.

24. Untuk menghubungkan urutan peristiwa, recount text sering menggunakan konjungsi seperti ‘first’, ‘then’, ‘after that’, dan ______.

Kunci Jawaban: finally

Penjelasan: ‘Finally’ adalah konjungsi waktu yang sering digunakan untuk menutup rangkaian peristiwa.

25. Jika sebuah recount text bertujuan untuk memberikan informasi faktual tentang suatu kejadian, jenis recount tersebut adalah ______ recount.

Kunci Jawaban: Factual

Penjelasan: Factual recount menceritakan peristiwa berdasarkan fakta.

26. Sebutkan dan jelaskan tiga struktur umum dari recount text!

Kunci Jawaban: Tiga struktur umum recount text adalah: 1. Orientation: Bagian pengenalan yang memberikan informasi dasar tentang siapa yang terlibat, apa yang terjadi, kapan, dan di mana peristiwa itu berlangsung. 2. Events: Rangkaian peristiwa yang diceritakan kembali secara kronologis. 3. Re-orientation: Bagian penutup yang berisi komentar pribadi penulis atau kesimpulan dari cerita.

Penjelasan: Penjelasan mengenai struktur recount text.

27. Apa perbedaan utama antara recount text dan narrative text?

Kunci Jawaban: Perbedaan utama terletak pada tujuan dan fokusnya. Recount text bertujuan untuk menceritakan kembali peristiwa yang benar-benar terjadi atau pengalaman nyata secara kronologis, tanpa ada komplikasi atau resolusi yang dramatis. Sedangkan narrative text bertujuan untuk menghibur pembaca dengan cerita fiksi atau non-fiksi yang memiliki konflik/komplikasi dan resolusi.

Penjelasan: Perbedaan mendasar antara kedua jenis teks.

28. Baca teks berikut: ‘Last Saturday, I went to the zoo with my younger sister. We saw many animals like lions, tigers, and elephants. My sister was very happy when she fed the giraffes. We also watched a bird show. It was a tiring but fun day.’ Sebutkan minimal tiga ciri kebahasaan recount text yang ada dalam teks di atas!

Kunci Jawaban: Tiga ciri kebahasaan recount text yang ada dalam teks tersebut adalah: 1. Menggunakan past tense (went, saw, was, fed, watched). 2. Menggunakan action verbs (went, saw, fed, watched). 3. Menggunakan adverb of time (Last Saturday).

Penjelasan: Mengidentifikasi ciri kebahasaan dari contoh teks.

29. Tuliskan sebuah paragraf singkat (minimal 3 kalimat) recount text tentang pengalaman Anda saat liburan sekolah!

Kunci Jawaban: Last December, my family and I visited my grandparents in their village. It was a long journey, but we were excited to see them. We spent a week there, helping them in the garden and playing with our cousins. One day, we went fishing in the river and caught some small fish. I really enjoyed the peaceful atmosphere and the fresh air. It was a memorable holiday.

Penjelasan: Contoh recount text singkat tentang pengalaman liburan.

30. Mengapa penggunaan past tense sangat penting dalam recount text?

Kunci Jawaban: Penggunaan past tense sangat penting dalam recount text karena recount text bertujuan untuk menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang sudah terjadi di masa lampau. Past tense membantu menunjukkan bahwa kejadian-kejadian tersebut telah selesai dan merupakan bagian dari masa lalu, sehingga pembaca dapat memahami kronologi peristiwa dengan jelas.

Penjelasan: Pentingnya past tense dalam recount text.

31. Cocokkan bagian struktur recount text dengan penjelasannya!

Pasangkan pernyataan berikut:

  • Orientation … ( … ) … Bagian pembuka yang memperkenalkan peserta, waktu, dan tempat.
  • Events … ( … ) … Rangkaian peristiwa yang diceritakan secara berurutan.
  • Re-orientation … ( … ) … Komentar pribadi atau kesimpulan penulis di akhir cerita.
Kunci Jawaban: Orientation – Bagian pembuka yang memperkenalkan peserta, waktu, dan tempat.; Events – Rangkaian peristiwa yang diceritakan secara berurutan.; Re-orientation – Komentar pribadi atau kesimpulan penulis di akhir cerita.

Penjelasan: Mencocokkan struktur recount text dengan definisi yang benar.

32. Cocokkan kata kerja bentuk dasar dengan bentuk past tense-nya!

Pasangkan pernyataan berikut:

  • Go … ( … ) … Went
  • See … ( … ) … Saw
  • Write … ( … ) … Wrote
  • Eat … ( … ) … Ate
Kunci Jawaban: Go – Went; See – Saw; Write – Wrote; Eat – Ate

Penjelasan: Mencocokkan kata kerja bentuk dasar dengan bentuk lampaunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *