contoh soal hots literasi numerasi

Posted on

Literasi numerasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari, menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk grafik, tabel, bagan, dan sebagainya, lalu menggunakan informasi tersebut untuk mengambil keputusan. Dalam Kurikulum Merdeka, literasi numerasi menjadi salah satu kompetensi esensial yang harus dikuasai peserta didik jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) Kelas VII-IX. Soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) literasi numerasi dirancang untuk menguji kemampuan berpikir kritis, analitis, evaluatif, dan kreatif siswa dalam menghadapi situasi nyata yang melibatkan konsep matematika. Materi ini akan menyajikan contoh soal HOTS literasi numerasi yang kontekstual, mendorong siswa untuk tidak hanya menghafal rumus, tetapi juga memahami dan menerapkan konsep matematika secara mendalam untuk memecahkan masalah kompleks di kehidupan sehari-hari.


A. Pilihan Ganda

1. Seorang pedagang buah membeli 50 kg apel dengan harga Rp15.000,00 per kg. Pedagang tersebut memperkirakan 10% dari apel tersebut akan busuk dan tidak bisa dijual. Jika pedagang ingin mendapatkan keuntungan 20% dari total modal awal, berapakah harga jual per kg apel yang harus ditetapkan untuk apel yang masih bagus?

  • Rp18.000,00
  • Rp19.000,00
  • Rp20.000,00
  • Rp21.000,00
  • Rp22.000,00
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Rp20.000,00

Pembahasan: Soal ini membutuhkan analisis beberapa tahapan: menghitung total modal, menghitung jumlah apel yang bisa dijual setelah dikurangi yang busuk, menghitung target keuntungan, dan terakhir menentukan harga jual per kg. Ini menguji kemampuan menganalisis data, menghitung persentase, dan merencanakan strategi penjualan (C4).

2. Sebuah toko elektronik memberikan diskon 25% untuk semua barang dan tambahan diskon 10% jika pembayaran dilakukan secara tunai. Ibu membeli sebuah televisi dengan harga awal Rp4.000.000,00 dan membayarnya secara tunai. Ayah membeli sebuah kulkas dengan harga awal Rp3.000.000,00 dan membayarnya dengan kartu kredit (tanpa diskon tambahan). Selisih uang yang dibayarkan Ibu dan Ayah adalah…

  • Rp250.000,00
  • Rp300.000,00
  • Rp350.000,00
  • Rp400.000,00
  • Rp450.000,00
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Rp300.000,00

Pembahasan: Peserta didik harus menganalisis dua skenario diskon yang berbeda dan menghitung total harga untuk masing-masing, kemudian menemukan selisihnya. Ini melibatkan pemahaman diskon bertingkat dan perbandingan (C4).

3. Data penjualan minuman di sebuah kafe selama seminggu disajikan dalam diagram batang. Rata-rata penjualan harian adalah 80 gelas. Jika penjualan pada hari Sabtu adalah 120 gelas dan Minggu adalah 150 gelas, berapakah rata-rata penjualan pada lima hari kerja (Senin-Jumat)? (Asumsikan total penjualan 7 hari = 7 x 80 gelas)

  • 50 gelas
  • 55 gelas
  • 60 gelas
  • 65 gelas
  • 70 gelas
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 60 gelas

Pembahasan: Soal ini meminta peserta didik untuk menganalisis data rata-rata dan total penjualan untuk kemudian menghitung rata-rata sub-kumpulan data. Ini menguji pemahaman konsep rata-rata dan kemampuan memecahkan masalah mundur (C4).

4. Sebuah taman berbentuk persegi panjang dengan panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Di sekeliling taman akan ditanami bunga dengan jarak antar bunga 1 meter. Setiap 5 meter akan dipasang lampu taman. Berapakah total biaya yang dibutuhkan jika harga satu bibit bunga Rp5.000,00 dan satu lampu taman Rp75.000,00?

  • Rp2.000.000,00
  • Rp2.150.000,00
  • Rp2.300.000,00
  • Rp2.450.000,00
  • Rp2.600.000,00
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Rp2.150.000,00

Pembahasan: Soal ini menuntut peserta didik untuk menghitung keliling taman, jumlah bunga, dan jumlah lampu yang dibutuhkan, kemudian mengkombinasikan perhitungan biaya. Ini menguji kemampuan menganalisis masalah geometri dan aritmatika dalam konteks nyata (C4).

5. Seorang arsitek membuat denah rumah dengan skala 1:200. Jika luas kamar tidur pada denah adalah 4 cm x 3 cm, dan luas ruang tamu pada denah adalah 6 cm x 5 cm, berapakah selisih luas sebenarnya antara ruang tamu dan kamar tidur dalam meter persegi?

  • 12 m²
  • 18 m²
  • 24 m²
  • 36 m²
  • 48 m²
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 36 m²

Pembahasan: Peserta didik harus memahami konsep skala untuk luas, bukan hanya panjang. Perhitungan harus dilakukan dengan mengubah dimensi denah ke dimensi sebenarnya terlebih dahulu, atau mengubah luas denah ke luas sebenarnya dengan faktor skala kuadrat. Ini menguji kemampuan menganalisis dan menerapkan konsep skala pada luas (C4).

6. Sebuah perusahaan taksi online menerapkan tarif dasar Rp7.000,00 dan tarif per kilometer Rp3.500,00. Untuk perjalanan di atas 10 km, ada diskon 10% dari total tarif setelah dihitung per kilometer. Jika Pak Budi menempuh jarak 15 km, berapakah total biaya yang harus dibayar?

  • Rp50.750,00
  • Rp51.500,00
  • Rp52.250,00
  • Rp53.000,00
  • Rp54.000,00
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Rp50.750,00

Pembahasan: Soal ini meminta peserta didik untuk menganalisis tarif bertingkat dan diskon yang berlaku pada kondisi tertentu. Perhitungan harus dilakukan secara berurutan dan cermat (C4).

7. Tiga sahabat, Andi, Budi, dan Cici, ingin patungan membeli hadiah ulang tahun untuk teman mereka seharga Rp450.000,00. Andi menyumbang 2/5 dari total harga, Budi menyumbang Rp150.000,00, dan sisanya ditanggung Cici. Berapakah persentase sumbangan Cici dari total harga hadiah?

  • 20%
  • 25%
  • 30%
  • 33,3%
  • 35%
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 20%

Pembahasan: Peserta didik harus menganalisis kontribusi masing-masing individu dalam bentuk pecahan dan nominal, kemudian menghitung sisa kontribusi Cici, dan mengubahnya menjadi persentase dari total harga. Ini menguji kemampuan mengkonversi bentuk bilangan dan menghitung persentase (C4).

8. Sebuah resep kue membutuhkan 250 gram tepung terigu, 100 gram gula, dan 50 gram mentega untuk membuat 10 porsi. Jika Ibu ingin membuat 25 porsi kue, dan ia hanya memiliki 600 gram tepung terigu, berapa gram mentega maksimal yang bisa digunakan agar perbandingan bahan tetap terjaga dan tidak ada bahan yang terbuang sia-sia?

  • 100 gram
  • 120 gram
  • 125 gram
  • 150 gram
  • 175 gram
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 120 gram

Pembahasan: Soal ini menuntut peserta didik untuk menganalisis perbandingan bahan dan menentukan 'bahan pembatas'. Meskipun ingin membuat 25 porsi, ketersediaan tepung yang terbatas akan menjadi penentu maksimal bahan lain yang bisa digunakan. Ini menguji kemampuan menganalisis rasio dan proporsi serta membuat keputusan berdasarkan ketersediaan (C5).

9. Sebuah tangki air berbentuk tabung memiliki jari-jari 70 cm dan tinggi 1,5 meter. Tangki tersebut akan diisi air menggunakan ember berkapasitas 15 liter. Jika pengisian dilakukan dengan debit 3 ember per menit, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi tangki hingga penuh? (Gunakan π = 22/7)

  • 1 jam 20 menit
  • 1 jam 30 menit
  • 1 jam 40 menit
  • 1 jam 50 menit
  • 2 jam
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 1 jam 50 menit

Pembahasan: Peserta didik harus menghitung volume tabung dalam liter, kemudian membagi dengan kapasitas per menit. Ini melibatkan konversi satuan (cm ke m, liter ke cm³), perhitungan volume tabung, dan perhitungan debit. Menguji kemampuan analisis dan pemecahan masalah multi-step (C4).

10. Tabel berikut menunjukkan hasil survei kepuasan pelanggan terhadap layanan internet di sebuah kota. Survei dilakukan pada 200 pelanggan. Jika kategori 'Sangat Puas' dan 'Puas' dianggap sebagai pelanggan yang loyal, dan perusahaan ingin meningkatkan jumlah pelanggan loyal hingga 75% dari total pelanggan, berapa minimal tambahan pelanggan yang harus beralih ke kategori 'Puas' atau 'Sangat Puas' dari kategori lainnya?

  • 30 pelanggan
  • 40 pelanggan
  • 50 pelanggan
  • 60 pelanggan
  • 70 pelanggan
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 50 pelanggan

Pembahasan: Peserta didik harus menganalisis data persentase, menghitung jumlah pelanggan loyal saat ini, menentukan target jumlah pelanggan loyal, dan mencari selisihnya. Ini menguji kemampuan menganalisis data statistik dan merencanakan target (C4).

11. Sebuah toko buku menjual 3 jenis buku: novel, komik, dan buku pelajaran. Perbandingan penjualan novel : komik adalah 3:2, dan perbandingan penjualan komik : buku pelajaran adalah 4:5. Jika total penjualan ketiga jenis buku tersebut adalah 280 eksemplar, berapakah selisih penjualan novel dan buku pelajaran?

  • 30 eksemplar
  • 40 eksemplar
  • 50 eksemplar
  • 60 eksemplar
  • 70 eksemplar
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 40 eksemplar

Pembahasan: Soal ini mengharuskan peserta didik untuk menyamakan rasio gabungan dari tiga kuantitas (novel:komik:buku pelajaran), kemudian menghitung jumlah masing-masing jenis buku, dan terakhir mencari selisihnya. Ini menguji kemampuan menganalisis dan mengkombinasikan rasio (C4).

12. Sebuah peternakan ayam memiliki persediaan pakan yang cukup untuk 100 ekor ayam selama 30 hari. Jika peternak menjual 20 ekor ayam, dan ingin persediaan pakan habis dalam waktu 35 hari, berapa banyak pakan yang harus ditambahkan per hari agar target tercapai? (Asumsi konsumsi pakan per ayam per hari tetap)

  • Tidak perlu menambah pakan
  • Kurangi pakan 5% per hari
  • Tambahkan pakan 10% dari kebutuhan awal per hari
  • Tambahkan pakan 15% dari kebutuhan awal per hari
  • Tambahkan pakan 20% dari kebutuhan awal per hari
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Tidak perlu menambah pakan

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis hubungan berbalik nilai dan proporsionalitas. Dengan berkurangnya jumlah ayam, persediaan pakan akan cukup untuk waktu yang lebih lama. Peserta didik harus menghitung ulang durasi pakan yang tersedia untuk 80 ayam dan membandingkannya dengan target 35 hari. Ini menguji kemampuan mengevaluasi kondisi dan membuat kesimpulan (C5).

13. Sebuah proyek pembangunan jalan ditargetkan selesai dalam 40 hari oleh 15 pekerja. Setelah 10 hari berjalan, proyek dihentikan selama 5 hari karena cuaca buruk. Jika proyek ingin selesai tepat waktu, berapa tambahan pekerja yang dibutuhkan?

  • 3 pekerja
  • 4 pekerja
  • 5 pekerja
  • 6 pekerja
  • 7 pekerja
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 5 pekerja

Pembahasan: Soal ini melibatkan konsep perbandingan berbalik nilai dalam konteks manajemen proyek. Peserta didik harus menghitung sisa pekerjaan, sisa waktu, dan kemudian menentukan jumlah pekerja yang dibutuhkan. Ini menguji kemampuan menganalisis dan mengadaptasi rencana (C4).

14. Sebuah kolam renang berukuran panjang 25 m, lebar 10 m, dan kedalaman 2 m. Kolam tersebut akan dikuras dan dicat ulang. Biaya pengecatan dinding dan dasar kolam adalah Rp50.000,00 per meter persegi. Berapakah total biaya pengecatan kolam tersebut?

  • Rp25.000.000,00
  • Rp30.000.000,00
  • Rp35.000.000,00
  • Rp40.000.000,00
  • Rp45.000.000,00
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Rp45.000.000,00

Pembahasan: Peserta didik harus menghitung luas permukaan yang akan dicat (luas dasar + luas 4 dinding), bukan volume. Ini menguji pemahaman konsep luas permukaan balok dalam konteks nyata dan perhitungan biaya (C4).

15. Data survei menunjukkan bahwa 60% siswa SMP Suka Belajar memiliki hobi membaca, 45% hobi berolahraga, dan 20% memiliki hobi membaca sekaligus berolahraga. Jika jumlah siswa SMP Suka Belajar adalah 200 orang, berapakah jumlah siswa yang tidak memiliki hobi membaca maupun berolahraga?

  • 30 siswa
  • 35 siswa
  • 40 siswa
  • 45 siswa
  • 50 siswa
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 30 siswa

Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman konsep himpunan dan persentase. Peserta didik perlu menggunakan prinsip inklusi-eksklusi untuk menemukan jumlah siswa yang memiliki setidaknya satu hobi, kemudian menguranginya dari total siswa. Ini melibatkan analisis data persentase dan penerapan konsep himpunan (C4).

16. Seorang investor membeli saham A seharga Rp10.000,00 per lembar sebanyak 100 lembar. Setelah satu bulan, harga saham A naik 15%. Investor tersebut kemudian menjual 50 lembar sahamnya. Dua minggu kemudian, harga saham A turun 10% dari harga setelah kenaikan pertama. Jika investor menjual sisa sahamnya, berapa total keuntungan atau kerugian yang didapat investor dari transaksi saham ini?

  • Untung Rp100.000,00
  • Untung Rp125.000,00
  • Untung Rp150.000,00
  • Rugi Rp100.000,00
  • Rugi Rp125.000,00
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Untung Rp125.000,00

Pembahasan: Soal ini membutuhkan analisis transaksi saham bertahap dengan perubahan harga. Peserta didik harus menghitung harga jual pada dua waktu berbeda dan membandingkannya dengan modal awal. Ini menguji kemampuan menganalisis data keuangan dan menghitung persentase keuntungan/kerugian (C4).

17. Sebuah produsen pakaian ingin membuat celana jeans. Untuk membuat 100 celana jeans, dibutuhkan 120 meter kain. Jika produsen tersebut mendapatkan pesanan 250 celana jeans, dan mereka ingin menyelesaikan pesanan tersebut dalam waktu 10 hari, berapa meter kain yang harus disediakan per hari agar produksi berjalan lancar tanpa kekurangan bahan?

  • 25 meter
  • 30 meter
  • 35 meter
  • 40 meter
  • 45 meter
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 30 meter

Pembahasan: Peserta didik harus menganalisis rasio kain per celana, menghitung total kain yang dibutuhkan, dan kemudian membagi dengan jumlah hari untuk mendapatkan kebutuhan harian. Ini menguji kemampuan menganalisis proporsi dan merencanakan kebutuhan sumber daya (C4).

18. Grafik di bawah menunjukkan suhu rata-rata bulanan di kota A selama satu tahun. Jika suhu rata-rata tahunan di kota A adalah 28°C, dan diketahui data suhu untuk 10 bulan adalah 27°C, 28°C, 29°C, 27°C, 30°C, 28°C, 26°C, 29°C, 27°C, 30°C. Berapakah rata-rata suhu untuk dua bulan sisanya?

  • 27,5°C
  • 28°C
  • 28,5°C
  • 29°C
  • 29,5°C
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 29°C

Pembahasan: Soal ini meminta peserta didik untuk menganalisis data rata-rata secara keseluruhan dan sebagian. Mereka harus menghitung total suhu selama setahun, total suhu 10 bulan, kemudian mencari total suhu 2 bulan sisa, dan terakhir menghitung rata-ratanya. Ini menguji kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah rata-rata yang lebih kompleks (C4).

19. Sebuah yayasan sosial menerima donasi beras sebanyak 600 kg. Beras tersebut akan dibagikan kepada 150 kepala keluarga. Namun, sebelum dibagikan, 1/10 dari total beras tersebut rusak. Untuk memastikan setiap kepala keluarga menerima jumlah beras yang sama, berapa kg beras yang akan diterima oleh setiap kepala keluarga?

  • 3,0 kg
  • 3,2 kg
  • 3,4 kg
  • 3,6 kg
  • 3,8 kg
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: 3,6 kg

Pembahasan: Peserta didik harus menghitung jumlah beras yang masih layak, kemudian membagi rata kepada jumlah kepala keluarga. Ini melibatkan perhitungan pecahan, pengurangan, dan pembagian dalam konteks distribusi (C4).

20. Pak Ali menabung di bank sebesar Rp5.000.000,00 dengan bunga tunggal 8% per tahun. Setelah 9 bulan, Pak Ali mengambil seluruh uangnya. Berapakah total uang yang diterima Pak Ali?

  • Rp5.200.000,00
  • Rp5.250.000,00
  • Rp5.300.000,00
  • Rp5.350.000,00
  • Rp5.400.000,00
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: Rp5.300.000,00

Pembahasan: Soal ini menguji pemahaman bunga tunggal dan perhitungan bunga untuk periode waktu yang tidak genap satu tahun. Peserta didik harus menghitung bunga proporsional untuk 9 bulan dan menambahkannya ke modal awal. Ini adalah aplikasi konsep persentase dan waktu (C4).

B. Isian Singkat

1. Sebuah bus berangkat dari kota A pukul 08.00 menuju kota B dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Di tengah perjalanan, bus berhenti selama 30 menit. Jika jarak kota A ke kota B adalah 270 km, pukul berapa bus tiba di kota B?

Jawaban: Pukul 13.00

2. Sebuah supermarket sedang mengadakan promo beli 2 gratis 1 untuk produk biskuit. Harga satu biskuit adalah Rp12.000,00. Jika Ibu ingin membeli 7 buah biskuit, berapa total uang yang harus Ibu bayarkan?

Jawaban: Rp60.000,00

3. Dalam sebuah kelas, 70% siswa lulus ujian Matematika dan 80% siswa lulus ujian Bahasa Indonesia. Jika 10% siswa tidak lulus kedua ujian tersebut, berapakah persentase siswa yang lulus kedua ujian?

Jawaban: 60%

4. Sebuah sumur bor dapat mengisi tandon air berkapasitas 1.000 liter dalam waktu 20 menit. Jika sumur tersebut digunakan untuk mengisi 3 tandon air yang masing-masing berkapasitas 750 liter, berapa waktu total yang dibutuhkan (dalam menit)?

Jawaban: 45 menit

5. Sebuah peta memiliki skala 1:1.500.000. Jika jarak sebenarnya antara dua kota adalah 90 km, berapa cm jarak kedua kota tersebut pada peta?

Jawaban: 6 cm

C. Uraian

1. Pemerintah berencana membangun jembatan baru untuk menghubungkan dua desa yang terpisah sungai. Ada dua opsi desain jembatan: Opsi A membutuhkan biaya pembangunan Rp50 miliar dan diperkirakan selesai dalam 2 tahun dengan masa pakai 30 tahun. Opsi B membutuhkan biaya pembangunan Rp70 miliar dan diperkirakan selesai dalam 3 tahun dengan masa pakai 50 tahun. Masyarakat desa lebih memilih jembatan yang memiliki biaya per tahun penggunaan paling efisien. Sebagai seorang ahli pembangunan, desain manakah yang akan Anda rekomendasikan kepada pemerintah? Jelaskan alasan Anda secara matematis dan pertimbangan lainnya.

Contoh Jawaban: Untuk mengevaluasi efisiensi biaya per tahun penggunaan, kita perlu menghitung biaya per tahun untuk masing-masing opsi setelah jembatan selesai dibangun. Opsi A: Biaya pembangunan Rp50 miliar, masa pakai 30 tahun. Biaya per tahun = Rp50 miliar / 30 tahun = Rp1.666.666.666,67 per tahun. Opsi B: Biaya pembangunan Rp70 miliar, masa pakai 50 tahun. Biaya per tahun = Rp70 miliar / 50 tahun = Rp1.400.000.000,00 per tahun. Berdasarkan perhitungan biaya per tahun penggunaan, Opsi B lebih efisien karena memiliki biaya per tahun yang lebih rendah (Rp1.4 miliar dibandingkan Rp1.67 miliar). Oleh karena itu, saya akan merekomendasikan Opsi B. Pertimbangan lainnya: 1. **Daya Tahan/Masa Pakai:** Opsi B memiliki masa pakai yang jauh lebih lama (50 tahun vs 30 tahun), yang berarti investasi jangka panjang yang lebih baik dan mengurangi frekuensi pembangunan ulang. 2. **Kualitas Material/Desain:** Meskipun biaya awal lebih tinggi, masa pakai yang lebih lama mungkin menunjukkan penggunaan material yang lebih berkualitas atau desain yang lebih kokoh, yang dapat mengurangi biaya perawatan jangka panjang. 3. **Dampak Sosial-Ekonomi:** Meskipun Opsi B membutuhkan waktu pembangunan lebih lama (3 tahun vs 2 tahun), manfaat jangka panjang dari jembatan yang lebih tahan lama dan efisien secara biaya akan lebih besar bagi masyarakat desa. Pemerintah juga perlu mempertimbangkan dampak ekonomi selama masa pembangunan dan bagaimana meminimalkannya. Kesimpulan: Secara matematis, Opsi B lebih efisien dalam jangka panjang. Dengan mempertimbangkan aspek daya tahan dan potensi biaya perawatan, Opsi B adalah pilihan yang lebih baik meskipun memerlukan investasi awal yang lebih besar dan waktu pembangunan yang lebih lama.

2. Seorang siswa ingin membeli laptop baru. Ia memiliki anggaran Rp7.000.000,00. Ada tiga toko yang menawarkan laptop dengan spesifikasi yang sama: Toko A memberikan diskon 15% dari harga normal Rp8.000.000,00. Toko B memberikan potongan harga langsung Rp1.000.000,00 dari harga normal Rp7.800.000,00. Toko C memberikan cashback 5% dari harga normal Rp7.500.000,00. Toko mana yang harus dipilih siswa tersebut agar mendapatkan harga termurah dan sesuai dengan anggaran? Jelaskan langkah-langkah perhitungan Anda.

Contoh Jawaban: Langkah-langkah perhitungan untuk setiap toko: **Toko A:** * Harga normal: Rp8.000.000,00 * Diskon: 15% * Besar diskon: 15% x Rp8.000.000,00 = Rp1.200.000,00 * Harga setelah diskon: Rp8.000.000,00 – Rp1.200.000,00 = Rp6.800.000,00 **Toko B:** * Harga normal: Rp7.800.000,00 * Potongan harga: Rp1.000.000,00 * Harga setelah potongan: Rp7.800.000,00 – Rp1.000.000,00 = Rp6.800.000,00 **Toko C:** * Harga normal: Rp7.500.000,00 * Cashback: 5% * Besar cashback: 5% x Rp7.500.000,00 = Rp375.000,00 * Harga yang dibayar (sebelum cashback): Rp7.500.000,00 * Harga efektif (setelah cashback): Rp7.500.000,00 – Rp375.000,00 = Rp7.125.000,00 **Perbandingan Harga dan Anggaran:** * Toko A: Rp6.800.000,00 (sesuai anggaran) * Toko B: Rp6.800.000,00 (sesuai anggaran) * Toko C: Rp7.125.000,00 (melebihi anggaran Rp7.000.000,00) **Kesimpulan:** Siswa tersebut harus memilih **Toko A atau Toko B** karena keduanya menawarkan harga termurah yaitu Rp6.800.000,00 dan masih sesuai dengan anggaran yang dimiliki (Rp7.000.000,00). Toko C tidak dapat dipilih karena harga efektifnya melebihi anggaran.

3. Sebuah perusahaan minuman kemasan ingin mengurangi penggunaan plastik dalam produksinya. Saat ini, setiap botol minuman menggunakan 20 gram plastik. Perusahaan menargetkan pengurangan plastik sebesar 15% dalam setahun. Jika perusahaan memproduksi 10.000 botol minuman setiap hari, berapa kilogram plastik yang dapat dihemat perusahaan dalam satu bulan (30 hari) setelah target tercapai? Jelaskan dampak penghematan ini terhadap lingkungan.

Contoh Jawaban: Langkah-langkah perhitungan: 1. **Jumlah plastik per botol setelah pengurangan:** * Pengurangan plastik: 15% dari 20 gram = 0,15 x 20 gram = 3 gram. * Plastik per botol setelah pengurangan: 20 gram – 3 gram = 17 gram. 2. **Penghematan plastik per botol:** 3 gram. 3. **Penghematan plastik per hari:** * Produksi harian: 10.000 botol. * Total penghematan per hari: 10.000 botol x 3 gram/botol = 30.000 gram = 30 kg. 4. **Penghematan plastik per bulan (30 hari):** * Total penghematan per bulan: 30 kg/hari x 30 hari = 900 kg. Jadi, perusahaan dapat menghemat **900 kilogram** plastik dalam satu bulan setelah target tercapai. **Dampak penghematan ini terhadap lingkungan:** Penghematan 900 kg plastik per bulan merupakan kontribusi yang signifikan terhadap lingkungan. Dampak positifnya meliputi: * **Pengurangan sampah plastik:** Lebih sedikit sampah plastik yang berakhir di tempat pembuangan akhir, lautan, atau lingkungan alami. * **Penurunan polusi:** Mengurangi polusi tanah, air, dan udara yang disebabkan oleh produksi dan pembuangan plastik. * **Konservasi sumber daya:** Mengurangi kebutuhan akan bahan baku minyak bumi yang digunakan untuk membuat plastik. * **Perlindungan ekosistem:** Melindungi satwa liar dari ancaman tersedak atau terjerat sampah plastik. * **Mendukung keberlanjutan:** Menunjukkan komitmen perusahaan terhadap praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, yang juga dapat meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen.

4. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi bulanan di kota X pada bulan Januari adalah 0,5%, Februari 0,8%, dan Maret 0,6%. Seorang pedagang makanan di kota X berencana menaikkan harga jual produknya. Jika pedagang tersebut ingin memastikan pendapatannya tidak tergerus inflasi (minimal sama dengan tingkat inflasi kumulatif), berapa persentase minimal kenaikan harga yang harus diterapkan pedagang tersebut? Jelaskan mengapa inflasi penting diperhatikan oleh pedagang.

Contoh Jawaban: Langkah-langkah perhitungan: 1. **Hitung inflasi kumulatif:** Inflasi tidak bisa langsung dijumlahkan. Kita harus menghitung faktor pengali inflasi. * Januari: 1 + 0,005 = 1,005 * Februari: 1 + 0,008 = 1,008 * Maret: 1 + 0,006 = 1,006 * Inflasi kumulatif = (1,005) x (1,008) x (1,006) = 1,01918424 * Persentase inflasi kumulatif = (1,01918424 – 1) x 100% = 1,918424%. Jadi, persentase minimal kenaikan harga yang harus diterapkan pedagang adalah sekitar **1,92%** (dibulatkan dua desimal) agar pendapatannya tidak tergerus inflasi. **Mengapa inflasi penting diperhatikan oleh pedagang:** Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus. Bagi pedagang, inflasi sangat penting diperhatikan karena: 1. **Daya Beli Konsumen:** Inflasi mengurangi daya beli uang. Jika harga produk pedagang tidak naik, keuntungan riil mereka akan menurun karena biaya operasional (bahan baku, gaji karyawan, sewa) kemungkinan juga meningkat seiring inflasi. 2. **Biaya Produksi/Operasional:** Kenaikan harga bahan baku, biaya transportasi, dan upah pekerja adalah konsekuensi langsung dari inflasi. Jika pedagang tidak menyesuaikan harga jual, margin keuntungan mereka akan menyusut, bahkan bisa menyebabkan kerugian. 3. **Keberlangsungan Usaha:** Dengan tidak memperhatikan inflasi, pedagang berisiko mengalami penurunan keuntungan yang berkelanjutan, yang pada akhirnya dapat mengancam keberlangsungan usaha mereka. 4. **Penentuan Harga yang Tepat:** Memahami inflasi membantu pedagang menentukan strategi harga yang tepat, yaitu menaikkan harga secara proporsional agar tetap kompetitif dan menjaga profitabilitas tanpa kehilangan pelanggan.

5. Anda adalah ketua panitia acara bazar sekolah. Anda memiliki dana sebesar Rp5.000.000,00. Anda berencana menyewa 10 stand, membeli bahan baku makanan untuk 5 stand, dan membeli dekorasi. Biaya sewa stand adalah Rp200.000,00 per stand. Bahan baku makanan untuk satu stand rata-rata Rp350.000,00. Jika sisa dana akan digunakan untuk membeli dekorasi, berapa maksimal anggaran yang bisa Anda alokasikan untuk dekorasi? Buatlah daftar pengeluaran dan sisa dana yang dialokasikan untuk dekorasi.

Contoh Jawaban: Langkah-langkah perhitungan: 1. **Total biaya sewa stand:** * Jumlah stand: 10 * Biaya per stand: Rp200.000,00 * Total biaya sewa: 10 x Rp200.000,00 = Rp2.000.000,00 2. **Total biaya bahan baku makanan:** * Jumlah stand makanan: 5 * Biaya bahan baku per stand: Rp350.000,00 * Total biaya bahan baku: 5 x Rp350.000,00 = Rp1.750.000,00 3. **Total pengeluaran awal:** * Rp2.000.000,00 (sewa stand) + Rp1.750.000,00 (bahan baku) = Rp3.750.000,00 4. **Sisa dana untuk dekorasi:** * Total dana: Rp5.000.000,00 * Sisa dana: Rp5.000.000,00 – Rp3.750.000,00 = Rp1.250.000,00 **Daftar Pengeluaran dan Alokasi Dekorasi:** * Sewa 10 stand: Rp2.000.000,00 * Bahan baku makanan untuk 5 stand: Rp1.750.000,00 * **Maksimal anggaran untuk dekorasi: Rp1.250.000,00** Jadi, Anda bisa mengalokasikan maksimal Rp1.250.000,00 untuk dekorasi.

D. Mencocokkan

Set 1. Pasangkan situasi masalah berikut dengan konsep numerasi yang paling relevan untuk menyelesaikannya.

Menghitung keuntungan dari penjualan barang dengan diskon bertingkat.=>Persentase dan Operasi Hitung Campuran
Menentukan jumlah bahan yang tepat untuk resep yang diperbesar atau diperkecil.=>Rasio dan Proporsi
Memperkirakan waktu tempuh perjalanan berdasarkan jarak dan kecepatan rata-rata.=>Perbandingan Senilai dan Satuan Waktu
Menganalisis data survei kepuasan pelanggan yang disajikan dalam diagram lingkaran.=>Statistika dan Interpretasi Data
Menghitung biaya pengecatan dinding dan lantai sebuah ruangan.=>Geometri (Luas Permukaan) dan Pengukuran

Set 2. Pasangkan pernyataan di kolom kiri dengan interpretasi atau tindakan yang tepat di kolom kanan.

Inflasi bulanan mencapai 1,5%.=>Daya beli uang menurun, harga barang cenderung naik.
Rasio siswa laki-laki dan perempuan di kelas adalah 2:3.=>Jumlah siswa perempuan lebih banyak dari laki-laki.
Skala peta menunjukkan 1:100.000.=>1 cm di peta sama dengan 1 km di lapangan sebenarnya.
Suku bunga deposito bank adalah 6% per tahun.=>Uang yang disimpan akan bertambah 6% setiap tahun dari modal awal.
Median dari data nilai ujian adalah 75.=>Setengah dari peserta ujian mendapatkan nilai 75 atau lebih, setengahnya lagi 75 atau kurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *