
Selamat datang para siswa kelas 7! Ujian Akhir Semester (UAS) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) semester 2 akan segera tiba. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri secara optimal, artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal UAS IPS kelas 7 semester 2 lengkap dengan berbagai tipe soal yang sering muncul. Persiapan yang matang adalah kunci utama untuk meraih nilai terbaik dan memahami materi secara komprehensif. Mata pelajaran IPS tidak hanya sekadar hafalan, tetapi juga menuntut pemahaman mendalam tentang berbagai aspek kehidupan sosial, mulai dari interaksi antarindividu, aktivitas ekonomi masyarakat, pemanfaatan potensi sumber daya alam, hingga kekayaan keragaman budaya dan sosial di Indonesia. Dengan berlatih soal-soal ini secara rutin, Anda akan terbiasa dengan format ujian, mampu mengidentifikasi area materi yang perlu diperkuat, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi setiap tantangan soal. Artikel ini dirancang untuk menjadi panduan belajar yang efektif, memastikan Anda menguasai konsep-konsep penting dan siap menghadapi UAS dengan prima. Mari manfaatkan kesempatan ini untuk mengulang materi penting dan memastikan Anda siap menghadapi UAS dengan prima. Semoga berhasil!
Latihan Soal contoh soal uas ips kelas 7 semester 2
1. Proses sosial yang melibatkan dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama disebut…
- A. Interaksi sosial
- B. Konflik sosial
- C. Sosialisasi
- D. Asimilasi
2. Salah satu bentuk interaksi sosial disosiatif adalah…
- A. Kerja sama
- B. Akomodasi
- C. Kompetisi
- D. Asimilasi
3. Lembaga sosial yang berfungsi mengatur hubungan kekerabatan dan keturunan adalah…
- A. Lembaga pendidikan
- B. Lembaga keluarga
- C. Lembaga ekonomi
- D. Lembaga politik
4. Perubahan status sosial seseorang dari satu lapisan ke lapisan lain yang sederajat disebut…
- A. Mobilitas sosial horizontal
- B. Mobilitas sosial vertikal
- C. Mobilitas sosial antargenerasi
- D. Mobilitas sosial intragenerasi
5. Kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa disebut…
- A. Konsumsi
- B. Produksi
- C. Distribusi
- D. Investasi
6. Berikut ini yang termasuk dalam sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah…
- A. Minyak bumi
- B. Batu bara
- C. Air
- D. Gas alam
7. Salah satu faktor pendorong terjadinya keberagaman budaya di Indonesia adalah…
- A. Letak geografis
- B. Persamaan iklim
- C. Kesamaan ras
- D. Sistem pemerintahan yang sama
8. Pola perilaku yang diakui dan disetujui oleh masyarakat serta berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut…
- A. Norma sosial
- B. Nilai sosial
- C. Kebiasaan
- D. Lembaga sosial
9. Indonesia memiliki potensi sumber daya kemaritiman yang besar, salah satunya adalah…
- A. Pertambangan batu bara
- B. Perikanan dan kelautan
- C. Perkebunan kelapa sawit
- D. Industri manufaktur
10. Kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen disebut…
- A. Distribusi
- B. Produksi
- C. Konsumsi
- D. Pemasaran
11. Salah satu dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya adalah…
- A. Peningkatan kerja sama internasional
- B. Kemajuan teknologi informasi
- C. Peningkatan kualitas pendidikan
- D. Lunturnya nilai-nilai budaya lokal
12. Lembaga yang berperan dalam proses pembentukan kepribadian dan pengetahuan individu adalah…
- A. Lembaga agama
- B. Lembaga pendidikan
- C. Lembaga ekonomi
- D. Lembaga politik
13. Upaya pelestarian lingkungan hidup yang dapat dilakukan oleh individu adalah…
- A. Mengurangi penggunaan kantong plastik
- B. Membangun pabrik baru
- C. Menebang hutan secara liar
- D. Membuang sampah sembarangan
14. Ciri utama masyarakat majemuk atau multikultural adalah…
- A. Homogenitas budaya
- B. Kesamaan bahasa
- C. Adanya perbedaan suku, agama, ras, dan golongan
- D. Tingkat ekonomi yang seragam
15. Faktor yang bukan merupakan penghambat mobilitas sosial adalah…
- A. Diskriminasi
- B. Kemiskinan
- C. Perbedaan ras dan agama
- D. Motivasi yang kuat
16. Perhatikan pernyataan berikut:1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia.2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.3. Membangun infrastruktur yang memadai.Pernyataan di atas merupakan upaya dalam rangka…
- A. Mengatasi konflik sosial
- B. Mewujudkan pembangunan berkelanjutan
- C. Menjaga stabilitas politik
- D. Melestarikan budaya lokal
17. Salah satu contoh kegiatan konsumsi adalah…
- A. Petani menanam padi
- B. Pabrik memproduksi pakaian
- C. Siswa membeli buku pelajaran
- D. Pedagang menjual sayuran
18. Sikap menghargai perbedaan antar individu atau kelompok dalam masyarakat disebut…
- A. Egoisme
- B. Toleransi
- C. Fanatisme
- D. Individualisme
19. Bentuk interaksi sosial yang mengarah pada persatuan dan kerja sama disebut…
- A. Asosiatif
- B. Disosiatif
- C. Kontravensi
- D. Konflik
20. Sumber daya alam yang terbentuk dari sisa-sisa makhluk hidup yang terkubur jutaan tahun yang lalu disebut…
- A. Sumber daya air
- B. Sumber daya hutan
- C. Sumber daya udara
- D. Sumber daya energi fosil
21. Jelaskan pengertian interaksi sosial!
22. Sebutkan 3 jenis mobilitas sosial!
23. Apa yang dimaksud dengan produksi dalam kegiatan ekonomi?
24. Sebutkan 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui!
25. Apa fungsi utama lembaga keluarga?
26. Jelaskan perbedaan antara interaksi sosial asosiatif dan disosiatif beserta contoh masing-masing!
27. Analisis dampak positif dan negatif dari keberagaman budaya di Indonesia!
28. Bagaimana peran pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi dan sosial di masyarakat?
29. Jelaskan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan!
30. Mengapa penting bagi setiap warga negara untuk memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya?
31. Jodohkanlah lembaga sosial berikut dengan fungsi utamanya!
Cocokkan data berikut:
- Lembaga Keluarga — Fungsi Reproduksi
- Lembaga Pendidikan — Fungsi Sosialisasi
- Lembaga Ekonomi — Fungsi Produksi
- Lembaga Agama — Fungsi Pengaturan Moral
32. Jodohkanlah istilah aktivitas ekonomi dengan definisinya yang tepat!
Cocokkan data berikut:
- Produksi — Kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna barang/jasa
- Distribusi — Kegiatan menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen
- Konsumsi — Kegiatan menggunakan atau menghabiskan nilai guna barang/jasa
- Produsen — Pihak yang melakukan produksi
- Konsumen — Pihak yang melakukan konsumsi
Kunci Jawaban dan Pembahasan
No. 1 (Multiple Choice)
A
No. 2 (Multiple Choice)
C
No. 3 (Multiple Choice)
B
No. 4 (Multiple Choice)
A
No. 5 (Multiple Choice)
B
No. 6 (Multiple Choice)
C
No. 7 (Multiple Choice)
A
No. 8 (Multiple Choice)
D
No. 9 (Multiple Choice)
B
No. 10 (Multiple Choice)
A
No. 11 (Multiple Choice)
D
No. 12 (Multiple Choice)
B
No. 13 (Multiple Choice)
A
No. 14 (Multiple Choice)
C
No. 15 (Multiple Choice)
D
No. 16 (Multiple Choice)
B
No. 17 (Multiple Choice)
C
No. 18 (Multiple Choice)
B
No. 19 (Multiple Choice)
A
No. 20 (Multiple Choice)
D
No. 21 (Short Answer)
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok, yang saling memengaruhi satu sama lain.
No. 22 (Short Answer)
Tiga jenis mobilitas sosial adalah: mobilitas sosial vertikal (naik atau turun), mobilitas sosial horizontal (bergeser status tapi sederajat), dan mobilitas sosial antargenerasi (perubahan status antar generasi).
No. 23 (Short Answer)
Produksi adalah kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
No. 24 (Short Answer)
Tiga contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah: air, udara, dan sinar matahari.
No. 25 (Short Answer)
Fungsi utama lembaga keluarga antara lain adalah fungsi reproduksi, sosialisasi, afeksi (kasih sayang), ekonomi, dan perlindungan.
No. 26 (Essay)
Interaksi sosial asosiatif adalah bentuk interaksi yang mengarah pada kerja sama, persatuan, dan peningkatan solidaritas. Contohnya: kerja bakti membersihkan lingkungan, gotong royong membangun rumah, atau musyawarah mufakat. Sementara itu, interaksi sosial disosiatif adalah bentuk interaksi yang mengarah pada perpecahan, pertentangan, atau konflik. Contohnya: persaingan antar tim olahraga, pertikaian antarkelompok, atau demonstrasi yang berujung ricuh.
No. 27 (Essay)
Dampak positif keberagaman budaya di Indonesia antara lain: memperkaya khazanah budaya nasional, menjadi daya tarik wisata, menumbuhkan sikap toleransi dan saling menghargai, serta memperkuat identitas bangsa. Namun, keberagaman juga dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak dikelola dengan baik, seperti: potensi konflik antarsuku atau agama, munculnya sikap etnosentrisme (menganggap budayanya paling baik), dan kesulitan dalam mencapai konsensus akibat perbedaan pandangan yang tajam.
No. 28 (Essay)
Pemerintah memiliki peran vital dalam menjaga stabilitas ekonomi dan sosial. Dalam ekonomi, pemerintah dapat mengatur kebijakan fiskal dan moneter, mengendalikan inflasi, menciptakan lapangan kerja, serta memastikan distribusi sumber daya yang adil. Dalam sosial, pemerintah berperan dalam menegakkan hukum, menyediakan layanan publik (pendidikan, kesehatan), melindungi hak-hak warga negara, serta memfasilitasi dialog dan penyelesaian konflik untuk menjaga kerukunan antarwarga.
No. 29 (Essay)
Upaya mengatasi pencemaran lingkungan dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain: 1) Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. 2) Penerapan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah. 3) Penggunaan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. 4) Penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku pencemaran. 5) Reboisasi dan penghijauan untuk menjaga kualitas udara dan tanah. 6) Inovasi teknologi ramah lingkungan dalam industri.
No. 30 (Essay)
Penting bagi setiap warga negara untuk memiliki kesadaran akan hak dan kewajibannya karena hal ini merupakan fondasi terciptanya masyarakat yang harmonis, adil, dan tertib. Dengan memahami hak, warga negara dapat menuntut perlindungan dan pemenuhan kebutuhannya dari negara. Sementara itu, dengan memahami kewajiban, warga negara akan bertanggung jawab dalam menjalankan perannya, berkontribusi pada pembangunan, dan tidak melanggar hak orang lain. Kesadaran ini mencegah terjadinya anarki, konflik, dan memastikan setiap individu berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
No. 31 (Matching)
Lembaga Keluarga berfungsi untuk Reproduksi. Lembaga Pendidikan berfungsi untuk Sosialisasi. Lembaga Ekonomi berfungsi untuk Produksi. Lembaga Agama berfungsi untuk Pengaturan Moral.
No. 32 (Matching)
Produksi adalah kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna barang/jasa. Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang/jasa dari produsen ke konsumen. Konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau menghabiskan nilai guna barang/jasa. Produsen adalah pihak yang melakukan produksi. Konsumen adalah pihak yang melakukan konsumsi.