Materi PPKn Kelas 1 SD dalam Kurikulum Merdeka berfokus pada pengenalan nilai-nilai Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari anak. Pembelajaran ini dirancang untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi warga negara yang baik, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran sosial sejak usia dini. Topik meliputi pengenalan lambang negara, sila-sila Pancasila secara sederhana, aturan di rumah dan sekolah, hak dan kewajiban dasar, serta pentingnya kerja sama, toleransi, dan persatuan. Melalui soal HOTS, siswa diajak untuk berpikir kritis, menganalisis situasi, dan menemukan solusi berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam konteks kehidupan nyata.
A. Pilihan Ganda
1. Di kelas, temanmu bernama Budi sering membuang sampah sembarangan di bawah meja. Ibu guru sudah sering mengingatkan. Apa yang sebaiknya kamu lakukan agar kelas tetap bersih dan Budi mengerti pentingnya kebersihan?
- A. Membiarkan saja karena itu bukan sampahmu.
- B. Melaporkan Budi kepada Ibu guru setiap kali dia membuang sampah.
- C. Mengambil sampah Budi dan membuangnya ke tempat sampah tanpa bicara.
- D. Mengajak Budi bersama-sama membuang sampah ke tempatnya dan menjelaskan mengapa tidak boleh membuang sampah sembarangan.
- E. Menjauhi Budi karena dia anak yang kotor.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Mengajak Budi bersama-sama membuang sampah ke tempatnya dan menjelaskan mengapa tidak boleh membuang sampah sembarangan.
Pembahasan: Pilihan ini melatih sikap peduli, bertanggung jawab, dan kemampuan berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah (C6 – Mengkreasi solusi). Siswa tidak hanya pasif atau mengadu, tetapi aktif mengajak dan memberikan pemahaman secara langsung, mencerminkan nilai persatuan dan kepedulian sosial.
2. Saat jam istirahat, kamu melihat temanmu, Siti, sedang kesulitan membuka bekal makanannya. Tangannya terlihat pegal. Apa tindakan yang paling baik kamu lakukan berdasarkan nilai kemanusiaan?
- A. Membiarkannya karena itu bukan urusanmu.
- B. Menertawakan Siti karena tidak bisa membuka bekalnya.
- C. Membantu Siti membuka bekalnya dengan hati-hati.
- D. Menyuruh Siti meminta bantuan teman lain.
- E. Mengambil bekal Siti dan membukanya tanpa izin.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Membantu Siti membuka bekalnya dengan hati-hati.
Pembahasan: Pilihan ini mengajarkan empati dan tolong-menolong yang merupakan bagian dari nilai kemanusiaan yang adil dan beradab (C5 – Mengevaluasi tindakan). Siswa diajak untuk menilai tindakan mana yang paling menunjukkan kepedulian terhadap orang lain.
3. Di rumah, Ibu meminta kamu membantu menyiram tanaman di halaman. Kamu sebenarnya ingin bermain boneka. Jika kamu memilih untuk membantu Ibu, nilai Pancasila apa yang sedang kamu terapkan?
- A. Ketuhanan Yang Maha Esa
- B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
- C. Persatuan Indonesia
- D. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
- E. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Pembahasan: Membantu orang tua adalah bentuk tanggung jawab dan kasih sayang, yang mencerminkan nilai kemanusiaan. Ini juga bisa dikaitkan dengan keadilan sosial dalam konteks pembagian tugas di rumah (C4 – Menganalisis hubungan antara tindakan dan nilai).
4. Saat upacara bendera, semua siswa berdiri tegak menghormati bendera Merah Putih. Tiba-tiba, temanmu bernama Edo malah asyik mengobrol dan tidak ikut hormat. Bagaimana seharusnya sikapmu sebagai warga negara yang baik?
- A. Ikut mengobrol dengan Edo agar tidak sendirian.
- B. Menegur Edo dengan berbisik agar dia ikut hormat.
- C. Membiarkan saja karena bukan urusanmu.
- D. Mendorong Edo agar berdiri tegak.
- E. Melaporkan Edo ke guru setelah upacara selesai.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Menegur Edo dengan berbisik agar dia ikut hormat.
Pembahasan: Pilihan ini menunjukkan inisiatif untuk mengingatkan teman dengan cara yang sopan dan sesuai aturan (tidak mengganggu upacara), mencerminkan nilai persatuan dan tanggung jawab sosial (C5 – Mengevaluasi tindakan yang tepat).
5. Di taman bermain, kamu dan teman-teman ingin bermain ayunan. Hanya ada satu ayunan kosong. Apa yang paling adil kamu lakukan agar semua bisa bermain?
- A. Berebut ayunan dan siapa cepat dia dapat.
- B. Bermain ayunan sendiri sampai puas dan tidak peduli teman lain.
- C. Membuat jadwal bermain ayunan secara bergantian dengan waktu yang sama untuk setiap anak.
- D. Menyuruh teman yang lebih kecil untuk menunggu.
- E. Membiarkan ayunan kosong dan tidak ada yang bermain.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Membuat jadwal bermain ayunan secara bergantian dengan waktu yang sama untuk setiap anak.
Pembahasan: Pilihan ini mengajarkan konsep keadilan dan musyawarah sederhana untuk mencapai kesepakatan yang adil bagi semua, sesuai dengan nilai keadilan sosial dan kerakyatan (C6 – Mengkreasi solusi yang adil).
6. Kamu melihat temanmu menangis karena terjatuh saat berlari. Apa yang seharusnya kamu lakukan untuk menunjukkan sikap peduli?
- A. Meninggalkan temanmu dan melanjutkan bermain.
- B. Menertawakan temanmu yang terjatuh.
- C. Menghampiri temanmu, menanyakan keadaannya, dan menolongnya berdiri.
- D. Menyuruh temanmu bangun sendiri.
- E. Berteriak memanggil guru dari jauh.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menghampiri temanmu, menanyakan keadaannya, dan menolongnya berdiri.
Pembahasan: Tindakan ini menunjukkan empati dan sikap tolong-menolong yang merupakan bagian dari nilai kemanusiaan yang adil dan beradab (C5 – Mengevaluasi tindakan yang paling tepat).
7. Di kelasmu ada teman baru yang berasal dari daerah lain. Dia terlihat sendirian saat istirahat. Apa yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya merasa nyaman dan menjadi bagian dari teman-temanmu?
- A. Tidak peduli dan bermain dengan teman lama saja.
- B. Mengajaknya bergabung bermain bersama teman-temanmu.
- C. Menjauhi teman baru karena dia berbeda.
- D. Membicarakan teman baru itu dengan teman-teman lain.
- E. Menunggu sampai teman baru itu datang mendekat sendiri.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Mengajaknya bergabung bermain bersama teman-temanmu.
Pembahasan: Tindakan ini mencerminkan nilai persatuan dan toleransi, menunjukkan sikap ramah dan menerima perbedaan (C6 – Mengkreasi tindakan inklusif).
8. Saat makan siang di sekolah, kamu membawa bekal sosis, sedangkan temanmu membawa bekal sayur. Kamu merasa bekal sosismu lebih enak. Sikap apa yang paling baik kamu tunjukkan?
- A. Mengejek bekal temanmu karena hanya sayur.
- B. Memamerkan bekal sosismu kepada temanmu.
- C. Menghargai bekal temanmu dan makan bekal masing-masing dengan tenang.
- D. Meminta temanmu menukar bekal denganmu.
- E. Membuang bekal sayur temanmu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menghargai bekal temanmu dan makan bekal masing-masing dengan tenang.
Pembahasan: Pilihan ini mengajarkan sikap menghargai perbedaan dan toleransi terhadap pilihan orang lain, yang merupakan bagian dari nilai persatuan dan keadilan sosial (C5 – Mengevaluasi sikap yang menghargai perbedaan).
9. Kamu menemukan dompet temanmu terjatuh di koridor sekolah. Apa yang harus kamu lakukan?
- A. Mengambil dompet itu dan menyimpannya.
- B. Membuka dompet dan melihat isinya.
- C. Segera menyerahkan dompet itu kepada guru.
- D. Memberikan dompet itu kepada teman lain.
- E. Membiarkan dompet itu tergeletak di lantai.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Segera menyerahkan dompet itu kepada guru.
Pembahasan: Ini mengajarkan kejujuran dan tanggung jawab, serta cara yang benar dalam mengembalikan barang milik orang lain (C5 – Mengevaluasi tindakan yang jujur dan bertanggung jawab).
10. Rumahmu dan rumah temanmu, Rio, berdekatan. Setiap pagi kalian berangkat sekolah bersama. Suatu hari, Rio sakit dan tidak bisa masuk sekolah. Apa yang sebaiknya kamu lakukan saat pulang sekolah?
- A. Langsung pulang ke rumah dan bermain.
- B. Mampir ke rumah Rio untuk menjenguknya sebentar.
- C. Tidak peduli karena Rio tidak masuk sekolah.
- D. Bergosip tentang Rio yang sakit dengan teman lain.
- E. Mengirim surat kepada Rio setelah seminggu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Mampir ke rumah Rio untuk menjenguknya sebentar.
Pembahasan: Tindakan ini menunjukkan kepedulian, empati, dan rasa persahabatan, mencerminkan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab (C6 – Mengkreasi tindakan kepedulian).
11. Di kelas, ada tugas kelompok untuk membuat poster. Masing-masing anggota kelompok memiliki ide yang berbeda. Bagaimana cara terbaik agar poster bisa selesai dengan baik?
- A. Memaksakan ide kita sendiri agar diikuti semua teman.
- B. Bertengkar karena tidak ada yang mau mengalah.
- C. Membiarkan satu teman saja yang mengerjakan poster.
- D. Mendiskusikan semua ide, memilih yang terbaik, atau menggabungkan beberapa ide bersama.
- E. Tidak mengerjakan tugas kelompok sama sekali.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Mendiskusikan semua ide, memilih yang terbaik, atau menggabungkan beberapa ide bersama.
Pembahasan: Ini mengajarkan pentingnya musyawarah dan kerja sama dalam kelompok, sesuai dengan nilai kerakyatan dan persatuan (C6 – Mengkreasi solusi kolaboratif).
12. Kamu sedang antre untuk membeli makanan di kantin. Tiba-tiba ada temanmu yang menyerobot antrean. Apa yang sebaiknya kamu lakukan?
- A. Ikut menyerobot antrean juga.
- B. Mendorong temanmu agar kembali ke belakang.
- C. Mengingatkan temanmu dengan sopan untuk mengantre di belakang.
- D. Diam saja dan membiarkannya.
- E. Berteriak memarahi temanmu di depan umum.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengingatkan temanmu dengan sopan untuk mengantre di belakang.
Pembahasan: Pilihan ini mengajarkan penegakan aturan secara sopan dan bertanggung jawab, mencerminkan nilai keadilan sosial dan ketertiban (C5 – Mengevaluasi tindakan yang menegakkan aturan).
13. Ayahmu sedang mencuci motor di halaman. Kamu melihat Ayah terlihat lelah. Apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu Ayah?
- A. Membiarkan Ayah mencuci motor sendiri.
- B. Masuk ke rumah dan bermain.
- C. Mengambil lap bersih dan membantu mengelap motor Ayah.
- D. Menyuruh Ayah berhenti mencuci motor.
- E. Duduk di samping Ayah dan menonton saja.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengambil lap bersih dan membantu mengelap motor Ayah.
Pembahasan: Tindakan ini menunjukkan inisiatif untuk membantu dan meringankan beban orang tua, mencerminkan nilai kemanusiaan dan tanggung jawab dalam keluarga (C6 – Mengkreasi tindakan membantu).
14. Di sekolahmu ada berbagai macam teman, ada yang rambutnya keriting, ada yang lurus. Ada yang kulitnya sawo matang, ada yang putih. Bagaimana seharusnya sikapmu terhadap perbedaan ini?
- A. Hanya mau berteman dengan yang sama sepertimu.
- B. Mengejek teman yang berbeda.
- C. Menghargai semua perbedaan dan berteman dengan siapa saja.
- D. Menjauhi teman yang berbeda.
- E. Meminta teman-teman untuk menjadi sama sepertimu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menghargai semua perbedaan dan berteman dengan siapa saja.
Pembahasan: Pilihan ini mengajarkan pentingnya toleransi, menghargai keberagaman, dan menjaga persatuan, sesuai dengan nilai Persatuan Indonesia (C5 – Mengevaluasi sikap toleransi).
15. Saat bermain di lapangan, kamu melihat banyak sampah berserakan. Padahal ada tempat sampah di dekat situ. Apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan?
- A. Membiarkan saja sampah-sampah itu.
- B. Menambahkan sampahmu ke tumpukan sampah yang ada.
- C. Mengajak teman-teman untuk memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah.
- D. Menyalahkan orang lain yang membuang sampah.
- E. Pulang dan tidak bermain di lapangan itu lagi.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengajak teman-teman untuk memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah.
Pembahasan: Ini menunjukkan inisiatif, tanggung jawab terhadap lingkungan, dan kemampuan mengajak orang lain untuk berbuat baik, mencerminkan nilai keadilan sosial dan persatuan (C6 – Mengkreasi tindakan pelestarian lingkungan).
16. Saat belajar di kelas, Ibu guru sedang menjelaskan pelajaran. Tiba-tiba kamu merasa ingin ke toilet. Apa yang seharusnya kamu lakukan?
- A. Langsung pergi ke toilet tanpa izin.
- B. Menahan buang air sampai pelajaran selesai.
- C. Mengacungkan tangan dan meminta izin kepada Ibu guru untuk ke toilet.
- D. Berteriak meminta izin kepada Ibu guru.
- E. Menyuruh teman lain untuk meminta izin ke toilet.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengacungkan tangan dan meminta izin kepada Ibu guru untuk ke toilet.
Pembahasan: Pilihan ini mengajarkan tata krama dan ketaatan pada aturan di sekolah, serta cara berkomunikasi yang baik (C5 – Mengevaluasi tindakan yang sesuai aturan).
17. Kamu mendapatkan hadiah mainan baru dari Ayah. Temanmu, Nina, belum pernah punya mainan seperti itu dan terlihat ingin memainkannya. Bagaimana sikapmu yang paling baik?
- A. Tidak meminjamkan mainanmu kepada Nina.
- B. Memamerkan mainanmu dan mengejek Nina.
- C. Mengajak Nina bermain mainan barumu bersama-sama.
- D. Menyuruh Nina membeli mainan sendiri.
- E. Menyembunyikan mainanmu dari Nina.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengajak Nina bermain mainan barumu bersama-sama.
Pembahasan: Tindakan ini menunjukkan sikap berbagi, empati, dan persahabatan, yang selaras dengan nilai kemanusiaan dan keadilan sosial dalam konteks pertemanan (C6 – Mengkreasi tindakan berbagi).
18. Di rumah, Ibu selalu mengajarkanmu untuk berdoa sebelum makan. Apa alasan penting mengapa kita harus berdoa sebelum makan?
- A. Agar makanan jadi lebih banyak.
- B. Agar cepat kenyang.
- C. Sebagai ucapan terima kasih kepada Tuhan atas makanan yang diberikan.
- D. Agar makanan tidak basi.
- E. Agar tidak dimarahi Ibu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Sebagai ucapan terima kasih kepada Tuhan atas makanan yang diberikan.
Pembahasan: Pilihan ini mengajarkan pemahaman tentang nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan rasa syukur dalam kehidupan sehari-hari (C4 – Menganalisis tujuan suatu kebiasaan).
19. Kamu dan teman-teman sedang merencanakan permainan di sekolah. Ada yang ingin bermain petak umpet, ada yang ingin bermain bola. Bagaimana cara terbaik untuk memutuskan permainan apa yang akan dimainkan?
- A. Ikut saja apa kata teman yang paling kuat.
- B. Mengundi secara acak.
- C. Melakukan pemungutan suara atau musyawarah untuk memilih permainan yang paling banyak disukai.
- D. Bermain sendiri-sendiri.
- E. Bertengkar sampai ada yang menang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Melakukan pemungutan suara atau musyawarah untuk memilih permainan yang paling banyak disukai.
Pembahasan: Ini melatih konsep musyawarah dan demokrasi sederhana dalam mengambil keputusan bersama, sesuai dengan nilai kerakyatan (C6 – Mengkreasi cara pengambilan keputusan yang adil).
20. Lambang sila kelima Pancasila adalah padi dan kapas. Apa makna sederhana dari lambang tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari?
- A. Kita harus selalu makan nasi dan memakai baju dari kapas.
- B. Kita harus bekerja keras di sawah dan di kebun.
- C. Kita harus mendapatkan makanan dan pakaian yang cukup secara adil untuk semua orang.
- D. Kita harus menanam padi dan kapas di halaman rumah.
- E. Kita harus menghargai petani.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Kita harus mendapatkan makanan dan pakaian yang cukup secara adil untuk semua orang.
Pembahasan: Pilihan ini menjelaskan makna keadilan sosial dalam konteks kebutuhan dasar manusia, sesuai dengan lambang padi dan kapas (C4 – Menganalisis makna simbol dalam konteks kehidupan).
B. Isian Singkat
1. Di rumah, kamu punya banyak mainan. Adikmu ingin meminjam salah satu mainanmu. Apa yang akan kamu lakukan agar adikmu senang dan mainanmu tetap terawat?
Jawaban: Saya akan meminjamkan mainan kepada adik dengan syarat adik harus bermain hati-hati dan mengembalikan mainan dalam keadaan baik setelah selesai.
2. Saat di jalan, kamu melihat seorang kakek kesulitan menyeberang jalan. Apa yang harus kamu lakukan untuk membantu kakek tersebut?
Jawaban: Saya akan menghampiri kakek dan menawarkan bantuan untuk menyeberangkannya dengan hati-hati.
3. Jika kamu menemukan uang receh di lantai kelas, apa tindakan yang benar yang harus kamu lakukan?
Jawaban: Saya akan mengambil uang receh tersebut dan menyerahkannya kepada Ibu guru agar dapat dikembalikan kepada pemiliknya.
4. Mengapa kita tidak boleh membeda-bedakan teman berdasarkan warna kulit atau rambutnya?
Jawaban: Karena semua teman adalah ciptaan Tuhan yang harus kita hargai, dan kita harus menjaga persatuan serta kerukunan.
5. Sebutkan satu contoh aturan yang ada di rumahmu dan jelaskan mengapa aturan itu penting!
Jawaban: Contoh aturan di rumah saya adalah 'merapikan tempat tidur setelah bangun tidur'. Aturan ini penting agar kamar tidur selalu bersih dan rapi, serta melatih saya menjadi anak yang bertanggung jawab.
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah ketua kelas di kelas 1 SD. Di kelasmu sering ada teman yang lupa membawa pensil atau penghapus. Apa saja langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk membantu teman-temanmu agar tidak sering lupa, dan bagaimana cara kamu memastikan semua teman merasa nyaman dan tidak malu?
Contoh Jawaban: Sebagai ketua kelas, saya akan melakukan beberapa langkah: Pertama, saya akan mengingatkan teman-teman setiap pagi untuk memeriksa perlengkapan sekolah sebelum berangkat. Kedua, saya akan membuat 'kotak persediaan' sederhana di kelas berisi beberapa pensil dan penghapus cadangan yang boleh dipinjam jika ada yang lupa. Ketiga, saya akan berbicara baik-baik kepada teman yang lupa, tidak memarahinya, dan menjelaskan bahwa lupa itu wajar tapi kita harus berusaha mengingatnya. Saya akan memastikan semua teman merasa nyaman karena tujuan saya adalah membantu, bukan menghukum.
2. Di sekolahmu akan diadakan kegiatan menanam pohon di halaman. Semua siswa kelas 1 diminta membawa satu bibit tanaman. Namun, ada temanmu yang berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak bisa membeli bibit. Bagaimana kamu akan menyikapi situasi ini agar temanmu tetap bisa berpartisipasi dan tidak merasa sedih? Jelaskan rencana dan alasanmu!
Contoh Jawaban: Saya akan menyikapi situasi ini dengan semangat kebersamaan dan tolong-menolong. Rencana saya adalah: Pertama, saya akan memberitahu Ibu guru tentang teman saya yang kesulitan membawa bibit. Kedua, saya akan mengajak teman-teman lain yang punya bibit lebih atau bisa berbagi, untuk menyisihkan satu bibit untuk teman yang tidak mampu. Atau saya bisa saja berbagi bibit yang saya bawa jika memungkinkan. Alasan saya melakukan ini adalah agar semua teman bisa ikut kegiatan menanam pohon tanpa ada yang merasa sedih atau berbeda, sesuai dengan nilai keadilan sosial dan persatuan.
3. Jelaskan mengapa sila 'Persatuan Indonesia' sangat penting bagi kita yang memiliki banyak teman dari berbagai daerah dan suku di Indonesia. Berikan contoh nyata bagaimana kamu menerapkan sila ini di lingkungan sekolahmu!
Contoh Jawaban: Sila 'Persatuan Indonesia' sangat penting karena Indonesia punya banyak suku, agama, dan budaya yang berbeda-beda. Dengan bersatu, kita bisa hidup rukun, saling membantu, dan tidak bertengkar. Jika kita tidak bersatu, nanti kita bisa mudah pecah dan tidak damai. Contoh nyata penerapannya di sekolah adalah saya berteman dengan siapa saja tanpa memandang dia dari mana atau apa agamanya. Saya juga tidak mengejek teman yang punya kebiasaan berbeda dan selalu mengajak semua teman untuk bermain bersama.
4. Di rumahmu, kamu dan adikmu sering berebut mainan. Ibu sering menasihati untuk berbagi. Menurutmu, mengapa berbagi mainan itu penting? Apa manfaatnya jika kamu dan adikmu mau berbagi mainan?
Contoh Jawaban: Berbagi mainan itu penting agar saya dan adik bisa bermain bersama dengan rukun dan senang. Jika kami berebut, nanti kami jadi bertengkar dan tidak ada yang happy. Manfaatnya adalah kami jadi bisa bermain lebih banyak jenis mainan, belajar sabar menunggu giliran, dan mainan juga jadi awet karena kami menjaganya bersama-sama. Berbagi juga membuat kami saling menyayangi dan tidak egois.
5. Kamu melihat temanmu sedang kesulitan mengerjakan tugas mewarnai karena pensil warnanya patah semua. Apa saran yang akan kamu berikan kepada temanmu dan tindakan apa yang akan kamu lakukan untuk membantunya menyelesaikan tugas tersebut?
Contoh Jawaban: Saya akan menyarankan teman saya untuk lebih berhati-hati saat menggunakan pensil warna agar tidak mudah patah. Kemudian, saya akan menawarkan pensil warna saya yang tidak patah agar dia bisa melanjutkan mewarnai tugasnya. Saya juga akan membantu dia meraut pensil warna yang masih bisa diraut jika dia kesulitan.
D. Mencocokkan
Set 1. Cocokkan lambang Pancasila dengan sila yang tepat!
| Bintang | => | Ketuhanan Yang Maha Esa |
| Rantai | => | Kemanusiaan yang Adil dan Beradab |
| Pohon Beringin | => | Persatuan Indonesia |
| Kepala Banteng | => | Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan |
| Padi dan Kapas | => | Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia |
Set 2. Cocokkan kegiatan sehari-hari dengan nilai Pancasila yang paling sesuai!
| Berdoa sebelum makan | => | Ketuhanan Yang Maha Esa |
| Membantu teman yang terjatuh | => | Kemanusiaan yang Adil dan Beradab |
| Bermain dengan semua teman tanpa membeda-bedakan | => | Persatuan Indonesia |
| Bermusyawarah memilih ketua kelas | => | Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan |
| Berbagi mainan dengan adik | => | Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia |