
Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris SMA kelas 11 semester 2 terlengkap! Kumpulan soal ini dirancang khusus untuk membantu siswa-siswi menghadapi ujian akhir semester dengan percaya diri. Materi yang tercakup meliputi Analytical Exposition Text, Explanation Text, Passive Voice, Conditional Sentences Type 2 & 3, Reported Speech, Cause and Effect, serta Relative Clauses. Dengan 32 soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, Anda akan mendapatkan pengalaman latihan yang komprehensif. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan singkat, memastikan Anda memahami konsep-konsep penting. Tingkatkan kemampuan tata bahasa, kosakata, dan pemahaman bacaan Anda agar siap meraih nilai terbaik di ujian Bahasa Inggris semester 2 ini. Mari mulai berlatih sekarang!
Contoh Soal soal bahasa inggris sma kelas 11 semester 2
1. The following text is an example of an analytical exposition text, EXCEPT…
- A. A speech about the importance of reading.
- B. An essay arguing against bullying in schools.
- C. A newspaper editorial advocating for environmental protection.
- D. A recipe for making a cake.
- E. A review of a new movie, stating why it is good or bad.
Penjelasan: Pilihan D (A recipe for making a cake) adalah contoh procedure text, bukan analytical exposition text yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca tentang suatu argumen.
2. Which of the following sentences uses the Passive Voice correctly?
- A. She is cooking dinner.
- B. The bridge was built last year.
- C. They have finished the project.
- D. He will write a letter.
- E. We are watching a movie.
Penjelasan: Dalam kalimat pasif, objek dari kalimat aktif menjadi subjek, dan kata kerja utama diubah ke bentuk past participle (V₃) dengan bantuan ‘to be’. Pilihan B adalah satu-satunya yang menggunakan struktur pasif yang benar (was built).
3. If I had known about the party, I ______ there.
- A. will go
- B. would go
- C. would have gone
- D. go
- E. had gone
Penjelasan: Ini adalah Conditional Sentence Type 3, yang digunakan untuk menyatakan situasi hipotetis di masa lalu yang tidak terjadi. Strukturnya adalah ‘If + S + had + V₃, S + would have + V₃’.
4. My teacher asked me, ‘Why were you late yesterday?’
In reported speech, this would be: My teacher asked me ______.
- A. why I had been late the day before.
- B. why had I been late yesterday.
- C. why I was late yesterday.
- D. why was I late the day before.
- E. why I have been late the day before.
Penjelasan: Saat mengubah pertanyaan langsung ke reported speech, urutan kata berubah menjadi subjek + kata kerja (bukan urutan pertanyaan). ‘Yesterday’ berubah menjadi ‘the day before’ atau ‘the previous day’.
5. The main purpose of an Explanation Text is to ______.
- A. persuade the reader to do something.
- B. tell a story.
- C. describe how or why something happens.
- D. present an argument for or against an issue.
- E. give instructions on how to do something.
Penjelasan: Explanation text bertujuan untuk menjelaskan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi, fokus pada proses atau fenomena.
6. The heavy rain ______ the road slippery, ______ many accidents occurred.
- A. because / so that
- B. caused / consequently
- C. due to / therefore
- D. resulted in / as a result of
- E. made / because
Penjelasan: Kata ’caused’ menunjukkan sebab, dan ‘consequently’ menunjukkan akibat. Ini adalah struktur umum untuk hubungan sebab-akibat.
7. The man ______ car was stolen reported it to the police.
- A. who
- B. whom
- C. whose
- D. which
- E. that
Penjelasan: Kata ‘whose’ digunakan untuk menunjukkan kepemilikan (mobil milik siapa).
8. If I were a bird, I ______ fly around the world.
- A. will
- B. would
- C. can
- D. could have
- E. might
Penjelasan: Ini adalah Conditional Sentence Type 2, yang digunakan untuk menyatakan situasi tidak nyata atau hipotetis di masa sekarang. Strukturnya adalah ‘If + S + V₂/were, S + would + V₁’.
9. She said, ‘I am going to Jakarta tomorrow.’
In reported speech, this would be: She said that ______.
- A. she is going to Jakarta tomorrow.
- B. she was going to Jakarta tomorrow.
- C. she was going to Jakarta the next day.
- D. she had gone to Jakarta the next day.
- E. she will go to Jakarta the next day.
Penjelasan: Dalam reported speech, ‘am going’ menjadi ‘was going’ (perubahan tenses), dan ‘tomorrow’ menjadi ‘the next day’ atau ‘the following day’.
10. The new stadium ______ by a famous architect.
- A. designed
- B. is designing
- C. has designed
- D. was designed
- E. is design
Penjelasan: Kalimat ini dalam bentuk pasif. ‘Was designed’ adalah bentuk pasif past simple, yang sesuai untuk menceritakan tindakan yang sudah selesai.
11. The word ‘crucial’ in ‘It is crucial to wear a mask during the pandemic’ is closest in meaning to ______.
- A. unimportant
- B. difficult
- C. very important
- D. optional
- E. simple
Penjelasan: ‘Crucial’ berarti sangat penting atau mendesak, yang sinonim dengan ‘very important’.
12. Which of the following transition words is used to introduce an effect?
- A. Because
- B. Since
- C. Due to
- D. Owing to
- E. Consequently
Penjelasan: ‘Consequently’ adalah kata transisi yang digunakan untuk memperkenalkan akibat atau hasil dari suatu tindakan atau peristiwa.
13. An analytical exposition text typically has a thesis, arguments, and a ______.
- A. reiteration
- B. orientation
- C. complication
- D. resolution
- E. abstract
Penjelasan: Struktur umum analytical exposition text adalah Thesis (pendahuluan), Arguments (argumen-argumen pendukung), dan Reiteration/Conclusion (penegasan kembali tesis/kesimpulan).
14. If she ______ harder, she would have passed the exam.
- A. studied
- B. studies
- C. had studied
- D. would study
- E. has studied
Penjelasan: Ini adalah Conditional Sentence Type 3. Bagian ‘if’ menggunakan past perfect (had + V₃).
15. He told me, ‘Don’t open the door!’
In reported speech, this would be: He told me ______.
- A. to not open the door.
- B. not to open the door.
- C. don’t open the door.
- D. if I didn’t open the door.
- E. that I didn’t open the door.
Penjelasan: Untuk perintah negatif dalam reported speech, kita menggunakan ‘not to + V₁’.
16. The car ______ is parked over there belongs to my uncle.
- A. which
- B. who
- C. whom
- D. whose
- E. where
Penjelasan: ‘Which’ digunakan untuk merujuk pada benda atau hewan.
17. The government has implemented stricter regulations ______ reduce pollution.
- A. because
- B. in order to
- C. as a result
- D. consequently
- E. due to
Penjelasan: ‘In order to’ atau ‘to’ digunakan untuk menyatakan tujuan.
18. The phenomenon of global warming ______ by human activities.
- A. is caused
- B. causes
- C. has caused
- D. caused
- E. will cause
Penjelasan: Kalimat ini dalam bentuk pasif. ‘Is caused’ adalah bentuk pasif present simple yang tepat untuk fakta umum atau keadaan saat ini.
19. He asked, ‘Are you coming to the party?’
In reported speech, this would be: He asked ______.
- A. if you are coming to the party.
- B. if I am coming to the party.
- C. if I was coming to the party?
- D. if I was coming to the party.
- E. whether I am coming to the party.
Penjelasan: Untuk pertanyaan Ya/Tidak dalam reported speech, kita menggunakan ‘if’ atau ‘whether’. ‘Are you coming’ (present continuous) berubah menjadi ‘I was coming’ (past continuous).
20. My phone battery ran out, ______ I couldn’t call you.
- A. because
- B. due to
- C. owing to
- D. therefore
- E. since
Penjelasan: ‘Therefore’ digunakan untuk menunjukkan akibat atau kesimpulan dari suatu pernyataan sebelumnya.
21. Complete the sentence: ‘The letter ______ (write) by my sister yesterday.’
Penjelasan: Kalimat ini membutuhkan bentuk pasif ‘past simple’ karena ada keterangan waktu ‘yesterday’. Subjek ‘the letter’ adalah tunggal, jadi menggunakan ‘was’ + V₃.
22. Change into reported speech: ‘She said, ‘I have finished my homework.”
Penjelasan: Tense ‘present perfect’ (have finished) berubah menjadi ‘past perfect’ (had finished) dalam reported speech.
23. What type of text usually explains ‘how’ or ‘why’ something occurs?
Penjelasan: Explanation text adalah jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan proses atau fenomena, menjawab pertanyaan ‘bagaimana’ atau ‘mengapa’.
24. Complete the conditional sentence: ‘If I won the lottery, I ______ (buy) a new house.’
Penjelasan: Ini adalah Conditional Sentence Type 2 (situasi tidak nyata di masa sekarang). Bagian ‘result clause’ menggunakan ‘would’ + V₁.
25. Fill in the blank with a relative pronoun: ‘This is the book ______ I borrowed from the library.’
Penjelasan: ‘Which’ atau ‘that’ digunakan sebagai relative pronoun untuk merujuk pada benda (book).
26. Explain the difference between an Analytical Exposition Text and an Explanation Text. Give an example for each.
Explanation Text bertujuan untuk menjelaskan bagaimana atau mengapa suatu fenomena atau proses terjadi. Strukturnya meliputi General Statement, Sequenced Explanation, dan Concluding Statement (opsional). Contoh: Teks yang menjelaskan ‘Bagaimana proses terjadinya hujan’.
Penjelasan: Jawaban menguraikan perbedaan tujuan dan struktur kedua jenis teks, serta memberikan contoh yang relevan untuk memperjelas.
27. Change the following sentences into Passive Voice:
a. The students are cleaning the classroom.
b. My mother made this delicious cake.
b. This delicious cake was made by my mother.
Penjelasan: a. Kalimat aktif dalam present continuous (are cleaning) menjadi pasif ‘is being cleaned’.
b. Kalimat aktif dalam simple past (made) menjadi pasif ‘was made’.
28. You want to convince your school principal that the school cafeteria needs healthier food options. Write a short paragraph (3-4 sentences) using elements of an Analytical Exposition Text.
Saya percaya bahwa kantin sekolah kita perlu menyediakan pilihan makanan yang lebih sehat. Makanan bergizi sangat penting untuk konsentrasi dan kinerja akademik siswa. Saat ini, banyak pilihan yang tersedia tinggi gula dan lemak, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Oleh karena itu, saya mengusulkan agar kantin mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak buah, sayuran, dan opsi protein tanpa lemak.
Penjelasan: Paragraf ini memulai dengan tesis, diikuti oleh argumen pendukung (pentingnya gizi, masalah dengan pilihan saat ini), dan diakhiri dengan saran, mencerminkan struktur dasar Analytical Exposition.
29. Rewrite the following direct speech into reported speech:
a. He said, ‘I will visit my grandparents next week.’
b. She asked, ‘Where did you go last night?’
b. She asked where I had gone the previous night.
Penjelasan: a. ‘Will visit’ menjadi ‘would visit’, ‘next week’ menjadi ‘the following week’.
b. ‘Did you go’ (past simple) menjadi ‘had gone’ (past perfect), ‘last night’ menjadi ‘the previous night’. Urutan kata berubah menjadi subjek + kata kerja.
30. Describe a process (e.g., how photosynthesis works, how a rainbow is formed) in 3-5 sentences using language typical of an Explanation Text.
Penjelasan: Jawaban ini menjelaskan proses fotosintesis secara berurutan, menggunakan bahasa yang jelas dan faktual, sesuai dengan karakteristik Explanation Text.
31. Cocokkan kata-kata berikut dengan definisi yang tepat:
Pasangkan pernyataan berikut:
- 1. Thesis … ( … ) … C. Pernyataan utama yang diyakini atau dipertahankan.
- 2. Consequence … ( … ) … A. Hasil atau akibat dari suatu tindakan atau peristiwa.
- 3. Persuade … ( … ) … E. Meyakinkan seseorang untuk percaya atau melakukan sesuatu.
- 4. Phenomenon … ( … ) … B. Fakta atau kejadian yang dapat diamati.
- 5. Reiteration … ( … ) … D. Penegasan kembali suatu argumen atau kesimpulan.
Penjelasan: Pencocokan kosakata dengan definisi yang sesuai.
32. Cocokkan bagian awal kalimat dengan bagian akhir yang tepat untuk membentuk kalimat yang benar:
Pasangkan pernyataan berikut:
- 1. If I had studied harder, … ( … ) … B. I would have passed the exam.
- 2. The traffic was very heavy, … ( … ) … D. consequently, we arrived late.
- 3. If she were rich, … ( … ) … A. she would travel the world.
- 4. He didn’t come to school … ( … ) … C. because he was sick.
- 5. This is the student … ( … ) … E. whose essay won the competition.
Penjelasan: Pencocokan ini menguji pemahaman tentang Conditional Sentences dan Cause & Effect.