
Mempersiapkan diri untuk ujian IELTS adalah langkah krusial bagi siapa pun yang berencana untuk belajar, bekerja, atau bermigrasi ke negara berbahasa Inggris. Ujian ini menguji kemampuan berbahasa Inggris Anda dalam empat aspek utama: Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Untuk mencapai skor yang Anda impikan, latihan yang konsisten dan terarah sangatlah penting. Bank soal IELTS Bahasa Inggris ini dirancang khusus untuk membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda, serta membiasakan diri dengan format dan jenis pertanyaan yang akan Anda hadapi. Dengan beragam soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif. Mulai dari tata bahasa, kosakata, hingga pemahaman teks dan kemampuan menulis esai, setiap soal telah disusun untuk memaksimalkan persiapan Anda. Manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kepercayaan diri dan strategi Anda sebelum menghadapi ujian IELTS yang sesungguhnya.
Contoh Soal soal bahasa inggris ielts
1. By the time I arrived at the station, the train _______.
- A. had already left
- B. has already left
- C. already left
- D. was already leaving
Penjelasan: Menggunakan ‘past perfect’ (had + V3) untuk menyatakan tindakan yang selesai sebelum tindakan lain di masa lampau.
2. Choose the word that is closest in meaning to ‘ubiquitous’.
- A. rare
- B. common
- C. unique
- D. scarce
Penjelasan: ‘Ubiquitous’ berarti ada di mana-mana atau sangat umum.
3. If I _______ enough money, I _______ a new car.
- A. had / would buy
- B. have / will buy
- C. had / will buy
- D. have / would buy
Penjelasan: Ini adalah conditional type 2, digunakan untuk situasi hipotetis di masa kini atau mendatang. Struktur: If + Past Simple, would + V1.
4. The company decided to _______ the project due to budget constraints.
- A. commence
- B. terminate
- C. initiate
- D. sustain
Penjelasan: Untuk menghentikan atau membatalkan proyek karena keterbatasan anggaran, kata yang tepat adalah ‘terminate’.
5. _______ sun rises in _______ east.
- A. The / the
- B. A / the
- C. The / a
- D. A / a
Penjelasan: Menggunakan ‘the’ untuk benda unik seperti matahari dan arah mata angin.
6. Despite the advanced technology, predicting earthquakes remains an _______ task.
- A. effortless
- B. insignificant
- C. unpredictable
- D. arduous
Penjelasan: ‘Arduous’ berarti sulit dan melelahkan, cocok untuk tugas yang menantang seperti memprediksi gempa bumi.
7. The woman _______ car was stolen reported it to the police.
- A. who
- B. whom
- C. whose
- D. which
Penjelasan: ‘Whose’ digunakan untuk menunjukkan kepemilikan.
8. Choose the word that is opposite in meaning to ‘benevolent’.
- A. kind
- B. generous
- C. malevolent
- D. compassionate
Penjelasan: ‘Benevolent’ berarti baik hati, sedangkan ‘malevolent’ berarti jahat atau berniat buruk.
9. She is very good _______ playing the piano.
- A. at
- B. on
- C. in
- D. with
Penjelasan: Frasa yang benar adalah ‘good at’ untuk menunjukkan kemampuan dalam melakukan sesuatu.
10. _______ the heavy rain, the football match was not cancelled.
- A. Despite
- B. Although
- C. Because of
- D. Due to
Penjelasan: ‘Despite’ diikuti oleh noun phrase (the heavy rain), sedangkan ‘although’ diikuti oleh klausa.
11. I need to _______ my passport before my trip next month.
- A. renew
- B. do up
- C. run out
- D. look into
Penjelasan: ‘Renew’ berarti memperbarui. ‘Do up’ (memperbaiki/mendekorasi), ‘run out’ (kehabisan), ‘look into’ (menyelidiki) tidak sesuai konteks.
12. The report _______ by the committee last week.
- A. was approved
- B. approved
- C. is approved
- D. has approved
Penjelasan: Kalimat ini dalam bentuk pasif (‘report’ adalah objek yang menerima tindakan) dan terjadi di masa lampau (‘last week’), sehingga menggunakan ‘was approved’.
13. The government has implemented stringent measures to _______ the spread of the virus.
- A. facilitate
- B. mitigate
- C. exacerbate
- D. promote
Penjelasan: ‘Mitigate’ berarti mengurangi dampak atau keparahan sesuatu. Kata ini sering digunakan dalam konteks akademis.
14. You _______ smoke in public places; it’s against the law.
- A. mustn’t
- B. don’t have to
- C. shouldn’t
- D. can’t
Penjelasan: ‘Mustn’t’ menunjukkan larangan atau kewajiban untuk tidak melakukan sesuatu yang diatur oleh hukum atau aturan.
15. A recent study suggests that spending time in nature can significantly reduce stress levels and improve overall well-being. This is attributed to various factors, including exposure to natural light, physical activity, and a reduction in exposure to urban stressors. Which of the following best summarizes the main idea?
- A. Urban stressors are harmful to health.
- B. Nature offers several health benefits.
- C. Physical activity is crucial for well-being.
- D. Natural light exposure reduces stress.
Penjelasan: Kalimat ini paling baik merangkum ide utama paragraf yang membahas manfaat alam secara umum, bukan hanya satu faktor spesifik.
16. There isn’t _______ milk left in the fridge.
- A. many
- B. much
- C. a few
- D. several
Penjelasan: ‘Much’ digunakan untuk kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable nouns) seperti ‘milk’ dalam kalimat negatif.
17. The company is trying to _______ a new market.
- A. break into
- B. break up
- C. break down
- D. break off
Penjelasan: ‘Break into a market’ adalah kolokasi yang berarti berhasil memasuki pasar baru.
18. I look forward to _______ you soon.
- A. see
- B. seeing
- C. saw
- D. seen
Penjelasan: Frasa ‘look forward to’ selalu diikuti oleh gerund (verb-ing).
19. Which word is more formal for ‘get better’?
- A. improve
- B. recover
- C. ameliorate
- D. enhance
Penjelasan: ‘Ameliorate’ adalah sinonim yang lebih formal dan akademis untuk ‘improve’ atau ‘make better’, sering digunakan dalam konteks IELTS.
20. Which sentence has a similar meaning to: ‘Despite his illness, he managed to finish the race’?
- A. He finished the race because he was ill.
- B. Although he was ill, he finished the race.
- C. He was ill, so he couldn’t finish the race.
- D. He finished the race and then became ill.
Penjelasan: Kedua kalimat menggunakan konjungsi atau preposisi yang menunjukkan kontras (‘despite’ dan ‘although’) dan menyampaikan makna yang sama.
21. She said, ‘I am going to the library tomorrow.’ (Change to reported speech) She said that she was going to the library _______.
Penjelasan: Dalam reported speech, ‘tomorrow’ berubah menjadi ‘the next day’ atau ‘the following day’.
22. The lack of proper facilities can _______ the development of children. (Use the correct form of ‘hinder’)
Penjelasan: Kata kerja ‘hinder’ berarti menghambat. Bentuk dasarnya sudah tepat di sini.
23. The police are trying to _______ the cause of the accident. (Fill in the blank with a phrasal verb meaning ‘investigate’)
Penjelasan: ‘Look into’ adalah phrasal verb yang berarti menyelidiki.
24. It is _______ to assume that all problems have simple solutions. (Use an adjective meaning ‘unwise’ or ‘unreasonable’)
Penjelasan: Kata sifat yang tepat untuk menggambarkan asumsi yang tidak bijaksana adalah ‘unwise’ atau ‘unreasonable’.
25. _______ had I left the house than it started to rain. (Complete the sentence using an inversion structure)
Penjelasan: Struktur inversi seperti ‘Hardly/Scarcely…than’ atau ‘No sooner…than’ digunakan untuk menunjukkan bahwa satu peristiwa terjadi segera setelah yang lain.
26. Bayangkan Anda diminta untuk mendeskripsikan sebuah grafik garis yang menunjukkan tren populasi penduduk kota A dan kota B selama 50 tahun terakhir. Jelaskan poin-poin penting apa saja yang akan Anda soroti dalam pendahuluan dan paragraf utama Anda.
Penjelasan: Jawaban harus mencakup identifikasi tujuan grafik, gambaran umum, dan detail spesifik yang relevan untuk deskripsi data.
27. Beberapa orang berpendapat bahwa pemerintah harus memprioritaskan investasi dalam energi terbarukan daripada bahan bakar fosil. Sejauh mana Anda setuju atau tidak setuju dengan pernyataan ini? Berikan alasan dan contoh yang relevan untuk mendukung pandangan Anda.
Penjelasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan memberikan opini yang didukung argumen dan contoh, khas Writing Task 2.
28. Deskripsikan pengalaman Anda mengunjungi tempat bersejarah yang menarik. Anda harus menjelaskan kapan dan di mana Anda mengunjunginya, siapa yang bersama Anda, apa yang membuat tempat itu menarik, dan bagaimana perasaan Anda setelah kunjungan tersebut. (Berikan poin-poin utama yang akan Anda bahas).
Penjelasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan menyusun narasi dan memberikan detail yang relevan, mirip dengan Speaking Part 2.
29. Identifikasi dan jelaskan jenis kesalahan tata bahasa yang paling umum dilakukan oleh penutur Bahasa Indonesia saat menulis esai IELTS dalam Bahasa Inggris.
Penjelasan: Menuntut pemahaman tentang tantangan spesifik penutur Bahasa Indonesia dalam Bahasa Inggris.
30. Jelaskan perbedaan makna dan penggunaan antara ‘affect’ dan ‘effect’. Berikan contoh kalimat untuk masing-masing.
Penjelasan: Memahami perbedaan antara kata-kata yang sering tertukar adalah penting untuk akurasi dalam Writing dan Speaking.
31. Cocokkan kata-kata berikut dengan definisi yang paling sesuai.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Pervasive … ( … ) … Menyebar luas atau ada di mana-mana
- Conducive … ( … ) … Mendukung atau mempromosikan sesuatu
- Detrimental … ( … ) … Berbahaya atau merugikan
- Inherent … ( … ) … Melekat atau merupakan bagian yang tak terpisahkan
Penjelasan: Memahami kosakata tingkat lanjut sangat penting untuk IELTS.
32. Cocokkan phrasal verb dengan makna yang benar.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Put off … ( … ) … Menunda
- Bring up … ( … ) … Mengajukan topik atau membesarkan anak
- Call off … ( … ) … Membatalkan
- Take on … ( … ) … Menerima tanggung jawab atau mempekerjakan
Penjelasan: Phrasal verbs adalah bagian penting dari kosakata Bahasa Inggris yang sering diuji.