Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 12 SMA Semester 1

Posted on

Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 12 SMA Semester 1

Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Inggris kelas 12 SMA semester 1 adalah momen krusial bagi setiap siswa. Persiapan yang matang menjadi kunci utama untuk meraih nilai terbaik dan pemahaman yang mendalam. Artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal UAS Bahasa Inggris kelas 12 SMA semester 1 yang komprehensif, dirancang untuk membantu Anda menguji pemahaman tata bahasa, kosa kata, pemahaman membaca, dan keterampilan menulis. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, siswa dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, membiasakan diri dengan format soal ujian, serta membangun kepercayaan diri. Soal-soal ini mencakup berbagai topik penting yang umumnya diajarkan di kurikulum kelas 12, seperti tenses, passive voice, conditional sentences, reported speech, modals, cause and effect, expressions of agreement/disagreement, dan teks fungsional. Manfaatkan contoh soal ini sebagai panduan belajar efektif agar Anda siap menghadapi UAS dengan percaya diri dan sukses.


Latihan Soal Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 12 SMA Semester 1

1. Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat berikut: ‘By the time he arrived, she ____ (leave) already.’

  • A. has left
  • B. had left
  • C. was leaving
  • D. leaves

2. Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat berikut: ‘The report ____ (write) by the students yesterday.’

  • A. is written
  • B. was written
  • C. has been written
  • D. will be written

3. Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat berikut: ‘If you study hard, you ____ (pass) the exam.’

  • A. would pass
  • B. will pass
  • C. pass
  • D. passed

4. Pilihlah jawaban yang paling tepat untuk melengkapi kalimat berikut: ‘If I ____ (have) a lot of money, I would travel the world.’

  • A. had
  • B. have
  • C. would have
  • D. having

5. Ubah kalimat langsung berikut menjadi Reported Speech: ‘She said, ‘I am going to Jakarta tomorrow.’ The reported speech is: She said that she ____ to Jakarta the following day.’

  • A. was going
  • B. is going
  • C. went
  • D. had gone

6. Pilihlah modal yang paling tepat untuk melengkapi kalimat berikut: ‘Students ____ (must/should) submit their assignments on time.’

  • A. must
  • B. should
  • C. can
  • D. might

7. Pilihlah modal yang paling tepat untuk melengkapi kalimat berikut: ‘It ____ (may/might) rain later, so bring an umbrella.’

  • A. must
  • B. can
  • C. may
  • D. would

8. Pilihlah kata penghubung yang paling tepat: ‘He was late ____ (because/due to) the heavy traffic.’

  • A. because
  • B. due to
  • C. so
  • D. therefore

9. Pilihlah kata penghubung yang paling tepat: ‘____ (Although/In spite of) it was raining, they went for a walk.’

  • A. In spite of
  • B. Despite
  • C. Although
  • D. However

10. Pilihlah ungkapan persetujuan yang paling tepat: ‘A: ‘The movie was fantastic!’ B: ‘____”

  • A. I totally disagree.
  • B. I couldn’t agree more.
  • C. That’s a good point, but…
  • D. I’m not sure about that.

11. Pilihlah ungkapan ketidaksetujuan yang paling tepat: ‘A: ‘Smoking should be banned everywhere.’ B: ‘____”

  • A. Exactly!
  • B. You’re absolutely right.
  • C. I’m afraid I don’t agree.
  • D. That’s true.

12. Pilihlah bentuk kata kerja yang benar: ‘She enjoys ____ (read) novels.’

  • A. read
  • B. to read
  • C. reading
  • D. reads

13. Pilihlah kata ganti relatif (relative pronoun) yang tepat: ‘This is the book ____ (which/who) I borrowed from the library.’

  • A. who
  • B. whom
  • C. whose
  • D. which

14. Apa sinonim dari kata ‘diligent’?

  • A. Lazy
  • B. Hard-working
  • C. Careless
  • D. Slow

15. Apa antonim dari kata ‘ancient’?

  • A. Old
  • B. Modern
  • C. Historic
  • D. Traditional

16. Baca pengumuman berikut dan jawab pertanyaannya: ‘ANNOUNCEMENT To all students, The school library will be closed for renovation from December 1st to December 15th. We apologize for any inconvenience. Please return all borrowed books before November 30th. Thank you, School Management’. What is the main purpose of this announcement?

  • A. To inform about new books.
  • B. To announce a new librarian.
  • C. To notify about library closure.
  • D. To invite students to the library.

17. Baca iklan berikut dan jawab pertanyaannya: ‘ADVERTISEMENT Grand Opening Sale! Amazing discounts on all electronics at Tech World Store! Laptops, smartphones, TVs, and more! Visit us at Jl. Merdeka No. 10. Promo valid until end of month!’. What kind of products are being advertised?

  • A. Clothing
  • B. Books
  • C. Electronics
  • D. Food

18. Baca surat berikut dan jawab pertanyaannya: ‘Dear Aunt Rina, How are you? I hope you are doing well. I’m writing to invite you to my graduation party next Saturday. It will be at my house starting at 7 PM. I really hope you can come! Love, Siska’. What is Siska’s purpose in writing the letter?

  • A. To ask for money.
  • B. To share news about her school.
  • C. To invite Aunt Rina to a party.
  • D. To apologize for not visiting.

19. Baca teks recount berikut dan jawab pertanyaannya: ‘Yesterday, my family and I went to the beach. We built sandcastles, swam in the ocean, and had a delicious picnic. It was a perfect sunny day, and we enjoyed every moment.’ What did the family do at the beach?

  • A. They went hiking.
  • B. They visited a museum.
  • C. They built sandcastles and swam.
  • D. They had a barbecue at home.

20. Baca teks deskriptif berikut dan jawab pertanyaannya: ‘The Eiffel Tower is a famous landmark in Paris, France. It is an iron lattice tower on the Champ de Mars. It was built in 1889 and is one of the most recognizable structures in the world.’ What is the main characteristic described about the Eiffel Tower?

  • A. Its location in Rome.
  • B. Its age and material.
  • C. Its current owner.
  • D. Its primary function as a residence.

21. Identifikasi jenis tense yang digunakan dalam kalimat berikut: ‘They have been waiting for an hour.’

22. Ubah kalimat aktif berikut menjadi kalimat pasif: ‘My brother painted the fence last week.’

23. Lengkapi kalimat kondisional berikut: ‘If I had known about the problem, I ____ (help) you.’

24. Berikan satu contoh kalimat menggunakan modal ‘should’ untuk memberikan saran.

25. Ubah kalimat tanya tidak langsung berikut menjadi reported speech: ‘She asked, ‘Where is the nearest bank?”

26. Diskusikan kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring (online learning) bagi siswa SMA. Berikan argumen yang kuat untuk setiap poin.

27. Deskripsikan tempat favorit Anda dan jelaskan mengapa tempat tersebut istimewa bagi Anda. Sertakan detail yang membuat pembaca dapat membayangkan tempat tersebut.

28. Ceritakan sebuah peristiwa paling berkesan dalam hidup Anda dan pelajaran apa yang Anda petik dari peristiwa tersebut.

29. Identifikasi salah satu masalah lingkungan yang signifikan di komunitas Anda dan ajukan solusi konkret untuk mengatasinya.

30. Bandingkan dan kontraskan dua jenis buku yang berbeda (misalnya, fiksi dan non-fiksi, atau dua genre fiksi seperti fantasi dan sains fiksi). Jelaskan perbedaan dan persamaan utamanya.

31. Jodohkan idiom bahasa Inggris berikut dengan artinya yang tepat.

Cocokkan data berikut:

  • Break a leg — Good luck
  • Bite the bullet — Endure a difficult situation
  • Hit the road — Leave a place
  • Once in a blue moon — Very rarely
  • Spill the beans — Reveal a secret

32. Jodohkan kata-kata berikut dengan sinonimnya yang paling tepat.

Cocokkan data berikut:

  • Diligent — Hard-working
  • Abundant — Plentiful
  • Fragile — Delicate
  • Benevolent — Kind
  • Obscure — Unclear

Kunci Jawaban dan Pembahasan

No. 1 (Multiple Choice)

B. had left

No. 2 (Multiple Choice)

B. was written

No. 3 (Multiple Choice)

B. will pass

No. 4 (Multiple Choice)

A. had

No. 5 (Multiple Choice)

A. was going

No. 6 (Multiple Choice)

A. must

No. 7 (Multiple Choice)

C. may

No. 8 (Multiple Choice)

B. due to

No. 9 (Multiple Choice)

C. Although

No. 10 (Multiple Choice)

B. I couldn’t agree more.

No. 11 (Multiple Choice)

C. I’m afraid I don’t agree.

No. 12 (Multiple Choice)

C. reading

No. 13 (Multiple Choice)

D. which

No. 14 (Multiple Choice)

B. Hard-working

No. 15 (Multiple Choice)

B. Modern

No. 16 (Multiple Choice)

C. To notify about library closure.

No. 17 (Multiple Choice)

C. Electronics

No. 18 (Multiple Choice)

C. To invite Aunt Rina to a party.

No. 19 (Multiple Choice)

C. They built sandcastles and swam.

No. 20 (Multiple Choice)

B. Its age and material.

No. 21 (Short Answer)

Present Perfect Continuous.

No. 22 (Short Answer)

The fence was painted by my brother last week.

No. 23 (Short Answer)

would have helped.

No. 24 (Short Answer)

You should study harder for the exam.

No. 25 (Short Answer)

She asked where the nearest bank was.

No. 26 (Essay)

Kelebihan pembelajaran daring meliputi fleksibilitas waktu dan tempat, akses ke sumber belajar yang lebih luas, dan pengembangan kemandirian siswa. Siswa dapat belajar sesuai ritme mereka sendiri dan mengakses materi kapan saja. Namun, kekurangannya termasuk kurangnya interaksi sosial langsung, potensi distraksi di rumah, masalah koneksi internet, dan kurangnya disiplin diri pada beberapa siswa. Pembelajaran daring juga dapat menyebabkan kelelahan mata karena terlalu lama menatap layar dan membatasi kegiatan praktikum yang membutuhkan interaksi fisik.

No. 27 (Essay)

Tempat favorit saya adalah sebuah kafe kecil di sudut jalan yang tenang, dengan interior bergaya vintage dan aroma kopi yang selalu tercium. Dindingnya dihiasi lukisan abstrak dan rak buku penuh novel klasik. Cahaya redup dari lampu gantung menciptakan suasana hangat dan nyaman. Tempat ini istimewa karena menjadi ‘pelarian’ saya dari hiruk pikuk kota. Di sana, saya bisa menikmati secangkir kopi, membaca buku, atau sekadar mengamati orang berlalu lalang tanpa merasa terburu-buru. Suasananya yang tenang membantu saya fokus saat belajar atau merenung, dan seringkali menjadi inspirasi. Baristanya juga ramah dan selalu mengingat pesanan saya.

No. 28 (Essay)

Peristiwa paling berkesan dalam hidup saya adalah saat saya berhasil memenangkan lomba debat bahasa Inggris tingkat provinsi. Awalnya, saya merasa sangat gugup dan kurang percaya diri, apalagi lawan-lawan saya sangat tangguh. Saya menghabiskan berminggu-minggu untuk riset, latihan pidato, dan membangun argumen. Ada saatnya saya ingin menyerah karena merasa tidak mampu. Namun, dukungan dari guru pembimbing dan teman-teman tim membuat saya terus berjuang. Saat nama tim saya diumumkan sebagai pemenang, rasa bangga dan haru meluap. Pelajaran yang saya petik adalah bahwa kerja keras, ketekunan, dan kepercayaan pada diri sendiri adalah kunci untuk mengatasi tantangan. Kemenangan bukan hanya tentang piala, tetapi juga tentang proses belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat.

No. 29 (Essay)

Salah satu masalah lingkungan signifikan di komunitas saya adalah penumpukan sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik. Banyak warga masih membuang sampah sembarangan atau tidak memilahnya, menyebabkan saluran air tersumbat saat musim hujan dan pencemaran tanah. Solusi konkret untuk mengatasi masalah ini meliputi: Pertama, mengadakan kampanye edukasi rutin tentang pentingnya memilah sampah dan dampak buruk sampah plastik. Kedua, menyediakan tempat sampah terpilah (organik, anorganik, B3) di setiap sudut permukiman dan fasilitas umum. Ketiga, bekerja sama dengan bank sampah lokal atau perusahaan daur ulang untuk memudahkan pengumpulan dan pengolahan sampah plastik. Keempat, mendorong penggunaan tas belanja reusable dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai melalui program insentif atau regulasi lokal. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kesadaran masyarakat meningkat dan pengelolaan sampah menjadi lebih efektif.

No. 30 (Essay)

Perbandingan Fiksi dan Non-Fiksi: Perbedaan utama terletak pada dasarnya. Buku fiksi adalah karya imajinatif yang diciptakan oleh penulis, dengan karakter, plot, dan latar yang tidak selalu berdasarkan kenyataan. Tujuannya seringkali untuk hiburan, eksplorasi emosi, atau penyampaian pesan moral secara implisit. Contohnya novel, cerpen, dongeng. Sebaliknya, buku non-fiksi didasarkan pada fakta, data, dan kejadian nyata. Tujuannya adalah untuk menginformasikan, mendidik, atau menganalisis suatu topik. Contohnya biografi, buku sejarah, buku sains, panduan. Persamaan: Keduanya dapat memberikan wawasan, mengajarkan nilai-nilai, dan memperkaya kosa kata pembaca. Keduanya juga memerlukan struktur narasi yang baik agar mudah dipahami, meskipun dengan pendekatan yang berbeda. Fiksi membangun ‘dunia’ dan ‘konflik’, sementara non-fiksi membangun ‘argumen’ atau ‘penjelasan’. Keduanya sama-sama alat untuk menyampaikan ide dan pengetahuan, baik secara langsung maupun tersirat.

No. 31 (Matching)

Setiap idiom memiliki makna yang sesuai di kolom kanan.

No. 32 (Matching)

Setiap kata memiliki sinonim yang sesuai di kolom kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *