
Selamat datang di bank soal Bahasa Inggris SMA Kelas 10 Semester 1! Persiapan menghadapi ujian Bahasa Inggris adalah kunci untuk meraih nilai terbaik. Kumpulan soal ini dirancang khusus untuk membantu siswa-siswi kelas 10 menguasai materi Bahasa Inggris yang diajarkan pada semester pertama. Anda akan menemukan berbagai jenis soal, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, uraian, hingga mencocokkan, yang mencakup topik-topik penting seperti perkenalan diri dan orang lain, teks deskriptif, teks recount, teks naratif sederhana, serta tata bahasa dasar seperti Simple Present Tense, Present Continuous Tense, dan Simple Past Tense. Latihan soal secara rutin tidak hanya akan memperkaya kosakata dan pemahaman tata bahasa Anda, tetapi juga melatih kemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan singkat untuk mempermudah proses belajar Anda. Gunakan bank soal ini sebagai panduan belajar yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mencapai hasil yang memuaskan dalam pelajaran Bahasa Inggris.
Contoh Soal soal bahasa inggris sma kelas 10 semester 1
1. Hello, my name is Budi. Nice to meet you.
Hi Budi, I’m Ani. _______
- A. A. How are you?
- B. B. Nice to meet you too.
- C. C. Where are you from?
- D. D. What is your name?
- E. E. See you later.
Penjelasan: Ini adalah respons yang umum dan sopan saat seseorang memperkenalkan diri dan mengatakan ‘Nice to meet you.’
2. Excuse me, are you Mr. Handoko?
Yes, I am. _______
- A. A. How do you do?
- B. B. Who are you?
- C. C. What is your profession?
- D. D. Nice to meet you.
- E. E. Where do you live?
Penjelasan: Setelah memastikan identitas, ungkapan ‘Nice to meet you’ adalah respons yang tepat untuk memulai percakapan atau interaksi.
3. Rina: This is my friend, Lia.
Sinta: Hi Lia. _______
Lia: I’m from Bandung.
- A. A. What do you do?
- B. B. Where do you come from?
- C. C. How old are you?
- D. D. Do you like Bandung?
- E. E. What is your hobby?
Penjelasan: Lia menjawab ‘I’m from Bandung,’ yang menunjukkan bahwa pertanyaan sebelumnya menanyakan asal atau tempat tinggal.
4. It’s getting late. I have to go now. Goodbye!
_______
- A. A. Hello!
- B. B. Good morning!
- C. C. See you later!
- D. D. Thank you!
- E. E. How are you?
Penjelasan: ‘See you later’ adalah ungkapan perpisahan yang umum dan sesuai dengan konteks ‘Goodbye!’.
5. Thank you for helping me with my homework.
_______
- A. A. You’re welcome.
- B. B. No, thank you.
- C. C. I’m sorry.
- D. D. That’s too bad.
- E. E. Never mind.
Penjelasan: ‘You’re welcome’ adalah respons standar untuk ungkapan terima kasih.
6. Baca teks berikut.
“My cat, Miko, is a beautiful Persian cat. He has soft, white fur and big blue eyes. Miko loves to play with a small red ball and often chases laser pointers. He is very friendly and loves to cuddle with me on the sofa.”
Apa topik utama dari teks di atas?
- A. A. Hobi Miko.
- B. B. Jenis kucing.
- C. C. Deskripsi tentang Miko.
- D. D. Warna bulu Miko.
- E. E. Makanan kesukaan Miko.
Penjelasan: Teks tersebut secara keseluruhan mendeskripsikan ciri-ciri dan kebiasaan kucing bernama Miko.
7. Berdasarkan teks di atas, apa warna mata Miko?
- A. A. Merah.
- B. B. Hijau.
- C. C. Biru.
- D. D. Cokelat.
- E. E. Hitam.
Penjelasan: Dalam teks disebutkan, “He has soft, white fur and big blue eyes.”
8. Kata “friendly” dalam teks di atas memiliki arti yang paling dekat dengan…
- A. A. Galak.
- B. B. Pendiam.
- C. C. Ramah.
- D. D. Malu-malu.
- E. E. Sibuk.
Penjelasan: “Friendly” berarti ramah atau bersahabat.
9. Apa tujuan utama dari teks deskriptif seperti teks tentang Miko?
- A. A. Menceritakan pengalaman.
- B. B. Menghibur pembaca.
- C. C. Memberi informasi tentang suatu hal secara detail.
- D. D. Mempersuasi pembaca.
- E. E. Menjelaskan cara membuat sesuatu.
Penjelasan: Tujuan utama teks deskriptif adalah untuk menggambarkan seseorang, tempat, atau benda secara detail agar pembaca dapat membayangkannya.
10. Generic structure dari Descriptive Text adalah…
- A. A. Orientation – Events – Reorientation.
- B. B. Goal – Materials – Steps.
- C. C. Identification – Description.
- D. D. Complication – Resolution.
- E. E. Thesis – Arguments – Reiteration.
Penjelasan: Struktur umum teks deskriptif adalah Identifikasi (pengenalan objek) dan Deskripsi (ciri-ciri detail objek).
11. Baca teks berikut.
“Last summer, my family and I went to Bali for a holiday. We stayed in a beautiful villa near Seminyak beach. On the first day, we visited Tanah Lot Temple and watched the amazing sunset. The next day, we tried surfing lessons, which was really fun but tiring. We also explored Ubud Monkey Forest and enjoyed the local cuisine. It was an unforgettable trip.”
Apa kegiatan utama yang dilakukan penulis dan keluarganya di Bali?
- A. A. Belajar memasak.
- B. B. Berselancar.
- C. C. Mendaki gunung.
- D. D. Mengunjungi museum.
- E. E. Berbelanja.
Penjelasan: Teks menyebutkan, “The next day, we tried surfing lessons,” yang merupakan salah satu kegiatan utama.
12. Berdasarkan teks di atas, kapan penulis dan keluarganya pergi ke Bali?
- A. A. Musim dingin lalu.
- B. B. Musim semi lalu.
- C. C. Musim panas lalu.
- D. D. Musim gugur lalu.
- E. E. Liburan sekolah.
Penjelasan: Teks diawali dengan “Last summer,” yang berarti musim panas lalu.
13. Tempat apa yang mereka kunjungi untuk melihat matahari terbenam?
- A. A. Seminyak beach.
- B. B. Ubud Monkey Forest.
- C. C. Tanah Lot Temple.
- D. D. Kuta beach.
- E. E. Gunung Batur.
Penjelasan: Dalam teks disebutkan, “On the first day, we visited Tanah Lot Temple and watched the amazing sunset.”
14. Apa tujuan utama dari teks recount seperti teks liburan di Bali?
- A. A. Memberikan instruksi.
- B. B. Menceritakan kembali kejadian di masa lalu.
- C. C. Mempromosikan tempat wisata.
- D. D. Memberikan opini.
- E. E. Menjelaskan fenomena alam.
Penjelasan: Teks recount bertujuan untuk menceritakan kembali pengalaman atau kejadian yang terjadi di masa lalu secara berurutan.
15. Ciri kebahasaan yang paling menonjol pada teks recount adalah penggunaan…
- A. A. Simple Present Tense.
- B. B. Future Tense.
- C. C. Simple Past Tense.
- D. D. Present Perfect Tense.
- E. E. Passive Voice.
Penjelasan: Teks recount fokus pada peristiwa masa lalu, sehingga dominan menggunakan Simple Past Tense.
16. My mother usually _______ breakfast for us every morning.
- A. A. cook
- B. B. cooks
- C. C. cooking
- D. D. cooked
- E. E. to cook
Penjelasan: Kata “usually” dan “every morning” menunjukkan kebiasaan, sehingga menggunakan Simple Present Tense. Subjek “My mother” (she) membutuhkan kata kerja dengan akhiran -s.
17. Look! The children _______ in the park right now.
- A. A. play
- B. B. played
- C. C. are playing
- D. D. plays
- E. E. were playing
Penjelasan: Frasa “Look!” dan “right now” menunjukkan kejadian sedang berlangsung, sehingga menggunakan Present Continuous Tense (are + V-ing).
18. They _______ to Jakarta last week for a business trip.
- A. A. go
- B. B. goes
- C. C. going
- D. D. went
- E. E. gone
Penjelasan: Kata “last week” menunjukkan waktu di masa lalu, sehingga menggunakan Simple Past Tense dari “go” yaitu “went”.
19. The old man walks very _______ because of his knee pain.
- A. A. slow
- B. B. slowly
- C. C. slower
- D. D. slowest
- E. E. slow down
Penjelasan: Kata kerja “walks” membutuhkan adverb (kata keterangan) untuk menjelaskan bagaimana ia berjalan. “Slowly” adalah adverb dari “slow”.
20. Which sentence is grammatically correct?
- A. A. She is go to school every day.
- B. B. They doesn’t like spicy food.
- C. C. He always finishes his homework on time.
- D. D. We are watch TV last night.
- E. E. I am studying English yesterday.
Penjelasan: A. Seharusnya “She goes to school every day.” B. Seharusnya “They don’t like spicy food.” C. Benar. “He” (third person singular) + “always” (adverb of frequency) + “finishes” (Simple Present Tense verb with -es). D. Seharusnya “We watched TV last night.” (Simple Past) atau “We are watching TV now.” (Present Continuous). E. Seharusnya “I studied English yesterday.” (Simple Past) atau “I am studying English now.” (Present Continuous).
21. My father _______ (work) as a teacher in a high school.
Penjelasan: “My father” adalah subjek tunggal orang ketiga, dan kalimat ini menyatakan fakta atau kebiasaan, sehingga menggunakan Simple Present Tense.
22. Listen! Someone _______ (knock) on the door.
Penjelasan: Kata “Listen!” menunjukkan bahwa aksi sedang berlangsung saat ini, sehingga menggunakan Present Continuous Tense.
23. We _______ (visit) our grandparents in the village two days ago.
Penjelasan: Frasa “two days ago” menunjukkan waktu di masa lalu, sehingga menggunakan Simple Past Tense.
24. The little girl has a _______ (pretty) voice. She sings beautifully.
Penjelasan: Kata kerja “has” diikuti oleh sebuah kata benda “voice” yang membutuhkan kata sifat (adjective) untuk menggambarkannya.
25. Bacalah kutipan berikut:
“Once upon a time, in a faraway land, lived a beautiful princess. She was cursed by an evil witch and could only be saved by a true love’s kiss.”
Kutipan ini kemungkinan besar diambil dari jenis teks apa?
Penjelasan: Ciri-ciri seperti “Once upon a time,” karakter fantasi (princess, evil witch), dan alur cerita tentang kutukan dan penyelamatan adalah karakteristik utama dari narrative text.
26. Perkenalan diri.
Tuliskan sebuah paragraf singkat (3-5 kalimat) untuk memperkenalkan diri Anda kepada teman baru, meliputi nama, asal, dan hobi.
Penjelasan: Jawaban harus mencakup nama, asal, dan hobi dalam format perkenalan yang singkat dan jelas.
27. Deskripsi tempat.
Deskripsikan tempat favorit Anda (5-7 kalimat), sebutkan mengapa tempat itu menjadi favorit Anda dan apa saja yang bisa ditemukan di sana.
Penjelasan: Jawaban harus mendeskripsikan tempat favorit, alasan favorit, dan hal-hal yang ada di sana, menggunakan kalimat deskriptif yang baik.
28. Menceritakan pengalaman.
Ceritakan secara singkat pengalaman tak terlupakan Anda saat liburan terakhir (5-7 kalimat), fokus pada apa yang Anda lakukan dan rasakan.
Penjelasan: Jawaban harus menceritakan pengalaman liburan di masa lalu, menggunakan Simple Past Tense, dan menjelaskan kegiatan serta perasaan.
29. Narasi singkat.
Buatlah sebuah narasi singkat (5-7 kalimat) tentang seekor hewan ajaib yang bisa berbicara dan petualangan kecilnya.
Penjelasan: Jawaban harus berupa narasi singkat dengan tokoh hewan ajaib yang bisa berbicara, memiliki alur cerita sederhana, dan menggunakan Simple Past Tense.
30. Perbedaan tenses.
Jelaskan perbedaan antara Simple Present Tense dan Present Continuous Tense, berikan masing-masing satu contoh kalimat.
Penjelasan: Jawaban harus menjelaskan fungsi masing-masing tense dan memberikan contoh kalimat yang jelas.
31. Cocokkan kata-kata di kolom kiri dengan definisinya di kolom kanan.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Friendly … ( … ) … Suka berinteraksi dan bersahabat dengan orang lain.
- Explore … ( … ) … Melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk menemukan atau mempelajari sesuatu.
- Memorable … ( … ) … Sesuatu yang mudah diingat atau layak untuk diingat.
- Cuddle … ( … ) … Memeluk dengan lembut dan penuh kasih sayang.
- Cuisine … ( … ) … Gaya atau metode memasak, terutama yang khas dari suatu daerah atau negara.
Penjelasan: Memastikan setiap kata kunci dipasangkan dengan definisi yang paling tepat.
32. Cocokkan bagian kalimat di kolom kiri dengan bagian yang tepat di kolom kanan untuk membentuk kalimat yang benar.
Pasangkan pernyataan berikut:
- She always … ( … ) … drinks coffee in the morning.
- They are … ( … ) … watching a movie right now.
- Last year, we … ( … ) … visited a beautiful beach.
- My brother … ( … ) … plays football every weekend.
- The cat is … ( … ) … sleeping on the sofa.
Penjelasan: Memastikan setiap bagian kalimat membentuk kalimat yang gramatikal dan memiliki makna yang koheren.