soal hots sd pilihan ganda

Posted on

Materi ini dirancang khusus untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dalam kerangka Kurikulum Merdeka, bertujuan untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Soal-soal HOTS mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi, bukan sekadar menghafal. Dengan konteks kehidupan sehari-hari, siswa diajak untuk berpikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam memecahkan masalah. Kumpulan soal ini mencakup berbagai format seperti pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, yang semuanya dirancang untuk mengembangkan kemampuan berpikir di level kognitif C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mengkreasi).


A. Pilihan Ganda

1. Di sebuah desa, Pak Budi memiliki kebun apel yang sangat luas. Setiap musim panen, ia selalu menyisakan beberapa apel busuk dan daun kering di tanah. Tetangganya, Bu Ani, menyarankan agar Pak Budi mengumpulkan sisa-sisa itu dan mengolahnya. Jika Pak Budi mengikuti saran Bu Ani, tindakan paling tepat yang menunjukkan pemanfaatan sampah organik untuk keberlanjutan lingkungan adalah…

  • A. Membakar semua apel busuk dan daun kering agar tidak menumpuk.
  • B. Membuang apel busuk ke sungai terdekat agar hanyut dan tidak mengotori kebun.
  • C. Mengubur apel busuk dan daun kering di dalam tanah untuk dijadikan pupuk kompos.
  • D. Mengumpulkan apel busuk dan daun kering untuk pakan ternak.
  • E. Menjual apel busuk dan daun kering ke pabrik daur ulang plastik.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengubur apel busuk dan daun kering di dalam tanah untuk dijadikan pupuk kompos.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) solusi terbaik untuk masalah lingkungan. Pilihan C adalah yang paling tepat karena mengolah sampah organik menjadi kompos merupakan tindakan berkelanjutan yang mengembalikan nutrisi ke tanah, sesuai dengan prinsip daur ulang alami dan tidak merusak lingkungan seperti membakar atau membuang ke sungai.

2. Sekolah 'Cerdas Mandiri' sedang merencanakan kegiatan akhir tahun. Ada dua pilihan utama: pergi rekreasi ke taman hiburan atau mengadakan pameran karya seni siswa di sekolah. Kepala sekolah meminta pendapat siswa kelas 5. Jika kamu adalah siswa kelas 5 yang ingin mengembangkan kreativitas dan kemampuan berorganisasi teman-temanmu, pilihan kegiatan mana yang akan kamu dukung dan mengapa?

  • A. Rekreasi ke taman hiburan, karena lebih menyenangkan dan tidak membuat lelah.
  • B. Pameran karya seni, karena dapat melatih kreativitas dan kerjasama dalam mempersiapkan acara.
  • C. Rekreasi ke taman hiburan, karena semua teman pasti suka bermain.
  • D. Pameran karya seni, karena biayanya lebih murah daripada ke taman hiburan.
  • E. Rekreasi ke taman hiburan, lalu pameran karya seni di sana.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Pameran karya seni, karena dapat melatih kreativitas dan kerjasama dalam mempersiapkan acara.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) pilihan berdasarkan tujuan tertentu (mengembangkan kreativitas dan organisasi). Pilihan B secara langsung mendukung tujuan tersebut, karena pameran karya seni melibatkan proses kreatif dan membutuhkan kerjasama tim dalam persiapannya, berbeda dengan rekreasi yang lebih bersifat hiburan pasif.

3. Setiap pagi, Rina melihat banyak sampah plastik berserakan di sekitar sungai dekat rumahnya. Ia merasa prihatin karena sampah-sampah itu bisa membahayakan ikan dan mencemari air. Rina ingin melakukan sesuatu, tetapi ia masih siswa SD dan tidak tahu harus mulai dari mana. Sebagai teman Rina, langkah awal paling efektif yang bisa kamu sarankan agar masalah ini mulai teratasi adalah…

  • A. Memarahi orang-orang yang membuang sampah sembarangan.
  • B. Mengajak beberapa teman untuk membersihkan sungai setiap hari.
  • C. Membuat poster ajakan menjaga kebersihan sungai dan menempelkannya di sekitar sungai.
  • D. Melaporkan masalah ini kepada kepala desa atau tokoh masyarakat setempat agar ditindaklanjuti.
  • E. Meminta orang tuanya untuk membersihkan sungai.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membuat poster ajakan menjaga kebersihan sungai dan menempelkannya di sekitar sungai.

Pembahasan: Soal ini meminta siswa untuk menganalisis (C4) dan mengkreasi (C6) solusi awal yang realistis dan efektif bagi anak SD. Pilihan C adalah langkah awal yang paling memungkinkan dilakukan oleh anak SD untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar, yang merupakan akar masalah dari kebiasaan membuang sampah sembarangan. Pilihan lain mungkin terlalu besar cakupannya atau kurang tepat sebagai langkah pertama bagi anak SD.

4. Di kelas 4, guru meminta siswa untuk bekerja kelompok membuat maket lingkungan sekolah yang bersih dan hijau. Kelompok Edo kesulitan karena ada anggota yang tidak mau ikut bekerja dan hanya bermain. Akibatnya, maket mereka tidak selesai tepat waktu dan hasilnya kurang bagus. Pelajaran penting apa yang dapat diambil dari kejadian ini terkait kerja kelompok?

  • A. Kerja kelompok tidak efektif dan lebih baik bekerja sendiri.
  • B. Pentingnya pembagian tugas yang adil dan tanggung jawab setiap anggota.
  • C. Guru harus memberikan nilai yang sama kepada semua anggota kelompok.
  • D. Anggota yang tidak bekerja harus dikeluarkan dari kelompok.
  • E. Maket yang bagus hanya bisa dibuat oleh siswa yang pintar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Pentingnya pembagian tugas yang adil dan tanggung jawab setiap anggota.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) penyebab masalah dan menarik kesimpulan atau pelajaran dari sebuah skenario. Masalah dalam kelompok Edo disebabkan oleh kurangnya partisipasi dan tanggung jawab, sehingga pilihan B adalah pelajaran yang paling relevan dan mendalam untuk meningkatkan efektivitas kerja kelompok.

5. Desa Suka Maju mengalami kekeringan panjang. Sumur-sumur warga mulai mengering dan sawah tidak bisa ditanami. Pemerintah desa berencana membangun bendungan kecil untuk menampung air hujan, tetapi biayanya mahal. Warga diminta untuk menyumbang tenaga dan dana semampu mereka. Jika kamu adalah warga desa yang peduli, tindakan terbaik untuk membantu mengatasi masalah ini adalah…

  • A. Hanya menyumbang dana jika memiliki uang lebih banyak.
  • B. Menunggu pemerintah desa menyelesaikan masalahnya sendiri.
  • C. Ikut serta dalam kerja bakti pembangunan bendungan atau menyumbang sesuai kemampuan.
  • D. Pindah ke desa lain yang tidak mengalami kekeringan.
  • E. Menyalahkan pemerintah desa karena tidak cepat mengatasi masalah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Ikut serta dalam kerja bakti pembangunan bendungan atau menyumbang sesuai kemampuan.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) pilihan tindakan dalam menghadapi masalah bersama. Pilihan C menunjukkan sikap gotong royong dan tanggung jawab sebagai warga desa, yang merupakan solusi paling konstruktif dan realistis untuk masalah kolektif seperti kekeringan. Ini juga melatih empati dan kepedulian sosial.

6. Dani dan teman-temannya sedang bermain di taman. Mereka melihat seorang anak kecil menangis karena balonnya lepas dan terbang tinggi. Dani ingin membantu, tetapi ia tidak bisa menjangkau balon tersebut. Tindakan paling bijaksana yang bisa Dani lakukan untuk membantu anak itu adalah…

  • A. Ikut menangis bersama anak itu.
  • B. Menertawakan anak itu karena ceroboh.
  • C. Mencoba mengejar balon meskipun tidak mungkin terjangkau.
  • D. Menghibur anak itu dan menawarkan untuk membelikan balon baru jika punya uang saku lebih.
  • E. Mengabaikan anak itu dan melanjutkan bermain.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Menghibur anak itu dan menawarkan untuk membelikan balon baru jika punya uang saku lebih.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi dan mengkreasi (C6) solusi yang empatik dan realistis. Pilihan D menunjukkan empati, menawarkan penghiburan, dan solusi yang mungkin, meskipun tidak langsung mengembalikan balon yang hilang. Ini lebih baik daripada mengabaikan atau tindakan yang tidak efektif.

7. Saat pelajaran IPA, guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyakit. Ibu guru juga menunjukkan gambar-gambar lingkungan kotor yang menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Setelah pelajaran, Bima melihat banyak genangan air di pot bunga di halaman rumahnya. Apa tindakan paling tepat yang harus Bima lakukan untuk menerapkan ilmu yang baru didapatnya?

  • A. Membiarkan genangan air karena itu hanya di pot bunga.
  • B. Menutup genangan air dengan daun kering.
  • C. Menguras dan membersihkan pot bunga secara rutin agar tidak ada genangan air.
  • D. Membuang semua pot bunga agar tidak ada genangan air.
  • E. Meminta orang tuanya untuk menyemprotkan obat nyamuk setiap hari.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menguras dan membersihkan pot bunga secara rutin agar tidak ada genangan air.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) informasi dan menerapkan (C3, namun konteksnya HOTS karena harus memilih tindakan terbaik dari beberapa pilihan) pengetahuan dalam situasi nyata. Pilihan C adalah tindakan pencegahan yang paling efektif dan langsung sesuai dengan prinsip 3M Plus (Menguras, Menutup, Mendaur ulang) untuk mencegah sarang nyamuk.

8. Ani memiliki uang saku Rp 5.000 setiap hari. Ia ingin membeli buku cerita seharga Rp 15.000. Jika Ani menyisihkan Rp 2.000 setiap hari, berapa hari yang dibutuhkan Ani untuk bisa membeli buku cerita tersebut?

  • A. 3 hari
  • B. 5 hari
  • C. 7 hari
  • D. 8 hari
  • E. 10 hari
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. 8 hari

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan memecahkan masalah matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari. Ani menyisihkan Rp 2.000 per hari. Untuk mendapatkan Rp 15.000, Ani membutuhkan waktu 15.000 / 2.000 = 7.5 hari. Karena tidak mungkin setengah hari, Ani membutuhkan 8 hari untuk mengumpulkan uang yang cukup.

9. Di sebuah hutan, terjadi kebakaran hebat akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Banyak hewan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanan. Para relawan bergotong royong membantu hewan-hewan yang terluka dan menanam kembali pohon-pohon. Jika kamu adalah salah satu relawan, tindakan paling bijak untuk mencegah kejadian serupa di masa depan adalah…

  • A. Melarang siapapun masuk ke hutan.
  • B. Meningkatkan patroli dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan.
  • C. Membiarkan hutan tumbuh secara alami tanpa campur tangan manusia.
  • D. Membuat pagar tinggi di sekeliling hutan.
  • E. Hanya fokus pada penanaman pohon saja.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Meningkatkan patroli dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) penyebab masalah dan mengkreasi (C6) solusi pencegahan yang komprehensif. Pilihan B mengatasi akar masalah (ulah manusia) dengan kombinasi pengawasan (patroli) dan peningkatan kesadaran (edukasi), yang lebih efektif daripada hanya melarang atau memagari hutan.

10. Warga di perumahan 'Damai Sejahtera' sering mengeluh karena jalan di kompleks mereka rusak parah. Banyak lubang yang membahayakan pengendara sepeda motor dan pejalan kaki. Beberapa warga mengusulkan untuk patungan memperbaiki jalan, sementara yang lain menunggu bantuan dari pemerintah daerah. Menurutmu, tindakan mana yang paling mencerminkan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar?

  • A. Menunggu pemerintah daerah memperbaiki jalan.
  • B. Mengeluh kepada tetangga tanpa melakukan apa-apa.
  • C. Ikut berpartisipasi dalam patungan atau kerja bakti memperbaiki jalan.
  • D. Hanya memperbaiki jalan di depan rumah sendiri.
  • E. Membiarkan jalan rusak sampai ada yang jatuh korban.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Ikut berpartisipasi dalam patungan atau kerja bakti memperbaiki jalan.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang paling sesuai dengan nilai-nilai gotong royong dan kepedulian sosial. Pilihan C adalah manifestasi langsung dari gotong royong dan kepedulian, menunjukkan inisiatif warga untuk menyelesaikan masalah bersama tanpa harus selalu bergantung pada pihak lain.

11. Andi memiliki 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 12 pensil warna. Jika Andi ingin membagikan semua pensil warnanya kepada 4 temannya secara merata, berapa pensil warna yang akan diterima setiap teman?

  • A. 6 pensil
  • B. 8 pensil
  • C. 9 pensil
  • D. 10 pensil
  • E. 12 pensil
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 9 pensil

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan memecahkan masalah matematika dua langkah. Pertama, hitung total pensil: 3 kotak * 12 pensil/kotak = 36 pensil. Kedua, bagi total pensil dengan jumlah teman: 36 pensil / 4 teman = 9 pensil per teman.

12. Sekolahmu akan mengadakan lomba kebersihan antar kelas. Kelasmu dikenal sering kurang rapi dan banyak sampah di laci meja. Sebagai ketua kelas, strategi paling efektif yang akan kamu lakukan untuk memenangkan lomba ini dan menjaga kebersihan kelas secara berkelanjutan adalah…

  • A. Meminta guru untuk menghukum siswa yang membuang sampah sembarangan.
  • B. Membersihkan kelas sendirian setiap hari setelah pulang sekolah.
  • C. Membuat jadwal piket harian yang jelas dan menugaskan setiap siswa bertanggung jawab atas kebersihan lacinya.
  • D. Membeli tempat sampah yang besar agar sampah tidak berserakan.
  • E. Meminta bantuan orang tua untuk membersihkan kelas.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Membuat jadwal piket harian yang jelas dan menugaskan setiap siswa bertanggung jawab atas kebersihan lacinya.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengkreasi (C6) strategi solusi yang efektif dan berkelanjutan. Pilihan C adalah yang paling tepat karena melibatkan partisipasi aktif seluruh siswa, menanamkan rasa tanggung jawab, dan menciptakan kebiasaan baik secara sistematis, bukan hanya solusi sementara.

13. Bencana banjir sering melanda kota tempat tinggal Budi. Banyak rumah terendam dan aktivitas warga terganggu. Salah satu penyebab banjir adalah kebiasaan warga membuang sampah ke sungai. Untuk jangka panjang, tindakan paling tepat yang harus dilakukan pemerintah kota dan warganya untuk mencegah banjir adalah…

  • A. Membangun tanggul sungai yang sangat tinggi.
  • B. Membersihkan sungai secara rutin dan menindak tegas pembuang sampah.
  • C. Memindahkan seluruh warga ke tempat yang lebih tinggi.
  • D. Melarang warga untuk menggunakan sungai sama sekali.
  • E. Hanya mengandalkan doa agar tidak banjir lagi.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Membersihkan sungai secara rutin dan menindak tegas pembuang sampah.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) akar masalah dan mengevaluasi (C5) solusi jangka panjang yang paling efektif. Pilihan B mengatasi penyebab utama banjir (sampah di sungai) dengan tindakan pembersihan dan penegakan aturan, yang merupakan pendekatan komprehensif dan berkelanjutan.

14. Di sekolah 'Pelita Bangsa', beberapa siswa sering mengejek teman mereka yang berasal dari daerah lain karena logat bicaranya berbeda. Hal ini membuat teman yang diejek menjadi sedih dan tidak mau lagi berbicara di depan kelas. Sebagai teman sekelas, bagaimana kamu akan menyikapi situasi ini untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif?

  • A. Ikut mengejek agar tidak dikucilkan.
  • B. Melaporkan siswa yang mengejek kepada guru.
  • C. Menjelaskan kepada teman-teman yang mengejek bahwa perbedaan itu indah dan kita harus saling menghargai.
  • D. Meminta teman yang diejek untuk tidak berbicara di kelas.
  • E. Mengabaikan saja karena itu bukan urusanmu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menjelaskan kepada teman-teman yang mengejek bahwa perbedaan itu indah dan kita harus saling menghargai.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) solusi untuk masalah sosial di sekolah. Pilihan C adalah tindakan proaktif yang mendidik dan mempromosikan nilai-nilai toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman, yang merupakan inti dari lingkungan inklusif. Melaporkan ke guru (B) juga baik, tetapi menjelaskan langsung (C) dapat lebih membangun kesadaran antar siswa.

15. Sebuah taman kota akan direnovasi. Ada dua usulan: pertama, membuat area bermain khusus anak-anak yang modern; kedua, menambah lebih banyak pohon dan area hijau untuk resapan air serta tempat berteduh. Jika tujuan utama renovasi adalah menciptakan taman yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas dalam jangka panjang, usulan mana yang paling tepat dan mengapa?

  • A. Area bermain modern, karena anak-anak akan lebih senang.
  • B. Menambah pohon dan area hijau, karena mendukung kelestarian lingkungan dan kenyamanan semua pengunjung.
  • C. Area bermain modern, karena terlihat lebih bagus dan kekinian.
  • D. Menambah pohon dan area hijau, karena biayanya lebih murah.
  • E. Tidak perlu direnovasi karena sudah cukup bagus.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Menambah pohon dan area hijau, karena mendukung kelestarian lingkungan dan kenyamanan semua pengunjung.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) pilihan berdasarkan kriteria 'manfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas dalam jangka panjang'. Pilihan B secara langsung memenuhi kriteria tersebut dengan memberikan manfaat ekologis (resapan air, oksigen) dan sosial (tempat berteduh, kenyamanan) yang berkelanjutan bagi semua kalangan.

16. Setiap hari Minggu, keluarga Siti selalu berolahraga bersama. Mereka biasanya bersepeda keliling kompleks. Suatu hari, mereka melihat banyak pengendara sepeda motor melaju kencang di jalan kompleks yang seharusnya menjadi area aman bagi anak-anak bermain. Tindakan paling tepat yang bisa dilakukan keluarga Siti untuk mengatasi masalah ini adalah…

  • A. Berhenti bersepeda di kompleks dan mencari tempat lain.
  • B. Membiarkan saja karena itu urusan pengendara motor.
  • C. Melaporkan kepada RT/RW setempat untuk membahas pemasangan rambu batas kecepatan atau polisi tidur.
  • D. Berteriak marah kepada pengendara motor yang melaju kencang.
  • E. Ikut melaju kencang agar tidak tertinggal.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Melaporkan kepada RT/RW setempat untuk membahas pemasangan rambu batas kecepatan atau polisi tidur.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) masalah dan mengkreasi (C6) solusi yang sistematis dan efektif. Pilihan C adalah langkah paling konstruktif dan sesuai prosedur untuk menciptakan perubahan positif dan keamanan di lingkungan kompleks, melibatkan pihak berwenang untuk solusi jangka panjang.

17. Pada hari kemerdekaan, sekolah mengadakan berbagai lomba tradisional. Ada lomba balap karung, makan kerupuk, dan tarik tambang. Roni, seorang siswa kelas 3, sangat ingin ikut lomba tarik tambang tetapi ia merasa badannya kecil dan takut kalah. Sebagai teman Roni, nasihat apa yang paling tepat untuk memotivasinya agar tetap berani mencoba?

  • A. 'Tidak usah ikut saja, nanti kamu pasti kalah.'
  • B. 'Tidak apa-apa kalah, yang penting sudah mencoba dan bersenang-senang!'
  • C. 'Lebih baik ikut lomba balap karung saja yang lebih mudah.'
  • D. 'Kamu harus makan yang banyak biar kuat dan menang.'
  • E. 'Lihat saja temanmu yang besar-besar, mereka pasti menang.'
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. ‘Tidak apa-apa kalah, yang penting sudah mencoba dan bersenang-senang!’

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) nasihat yang paling membangun dan memotivasi. Pilihan B menekankan pada proses, partisipasi, dan pengalaman positif daripada hasil akhir, yang sangat penting untuk membangun mentalitas tumbuh (growth mindset) pada anak-anak dan mendorong mereka untuk berani mencoba hal baru tanpa takut gagal.

18. Pak RT mengumumkan bahwa akan ada kerja bakti membersihkan lingkungan pada hari Sabtu. Semua warga diharapkan hadir dan berpartisipasi. Keluarga Dito sudah memiliki rencana pergi berlibur pada hari itu. Jika keluarga Dito ingin tetap berkontribusi pada kerja bakti, tindakan paling bijaksana yang bisa mereka lakukan adalah…

  • A. Tidak ikut kerja bakti dan pergi berlibur saja.
  • B. Meminta maaf kepada Pak RT dan berjanji akan ikut di lain waktu.
  • C. Menunda liburan mereka dan ikut kerja bakti.
  • D. Menyumbangkan makanan atau minuman untuk konsumsi peserta kerja bakti, atau meminta anggota keluarga lain untuk mewakili.
  • E. Mengirim pesan singkat ke Pak RT bahwa mereka tidak bisa datang.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Menyumbangkan makanan atau minuman untuk konsumsi peserta kerja bakti, atau meminta anggota keluarga lain untuk mewakili.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi dilematis dan mengkreasi (C6) solusi yang menunjukkan tanggung jawab sosial meskipun ada kendala. Pilihan D menawarkan cara alternatif untuk berkontribusi dan menunjukkan kepedulian, meskipun tidak bisa hadir secara fisik. Ini menunjukkan pemikiran fleksibel dan mencari solusi win-win.

19. Di perpustakaan sekolah, Bunga menemukan sebuah buku cerita yang sangat menarik. Ia ingin meminjamnya, tetapi buku tersebut sudah dipesan oleh teman lain. Bunga merasa sedikit kecewa. Apa tindakan yang paling mencerminkan sikap menghargai hak orang lain dan tanggung jawab sebagai pembaca?

  • A. Mengambil buku itu secara diam-diam saat temannya tidak ada.
  • B. Menyembunyikan buku itu agar temannya tidak bisa menemukannya.
  • C. Menunggu giliran untuk meminjam buku tersebut setelah temannya selesai membacanya.
  • D. Mengeluh kepada petugas perpustakaan agar buku itu diberikan kepadanya.
  • E. Mencoret-coret buku itu karena tidak bisa meminjamnya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menunggu giliran untuk meminjam buku tersebut setelah temannya selesai membacanya.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang sesuai dengan etika dan norma sosial. Pilihan C adalah tindakan yang paling tepat karena menunjukkan sikap sabar, menghargai hak orang lain yang sudah memesan, dan mematuhi aturan perpustakaan. Ini melatih kesadaran akan hak dan kewajiban dalam lingkungan sosial.

20. Setiap hari, sepulang sekolah, Dinda selalu melihat nenek tua penjual kue di pinggir jalan. Nenek itu terlihat lelah dan kuenya belum banyak terjual. Dinda merasa iba dan ingin membantu. Jika Dinda memiliki uang saku lebih, tindakan paling baik yang dapat Dinda lakukan adalah…

  • A. Membeli semua kue nenek agar nenek bisa cepat pulang.
  • B. Meminta teman-temannya untuk juga membeli kue nenek.
  • C. Mengajak nenek pulang ke rumahnya untuk beristirahat.
  • D. Memberi uang kepada nenek tanpa membeli kuenya.
  • E. Mengabaikan nenek karena ia tidak punya banyak uang.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Meminta teman-temannya untuk juga membeli kue nenek.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) situasi dan mengkreasi (C6) solusi yang realistis dan memberikan dampak positif yang lebih luas. Meminta teman-teman untuk membeli kue (B) tidak hanya membantu nenek menjual dagangannya, tetapi juga melibatkan lebih banyak orang dalam tindakan kebaikan, menciptakan dampak sosial yang lebih besar daripada hanya membeli sendiri atau memberi uang tanpa berdagang.

B. Isian Singkat

1. Mengapa penting bagi siswa SD untuk belajar mengidentifikasi masalah di lingkungan sekitar mereka?

Jawaban: Penting karena melatih kepekaan sosial, kemampuan berpikir kritis, dan inisiatif untuk mencari solusi. Dengan mengidentifikasi masalah sejak dini, siswa belajar menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan proaktif dalam menjaga serta memperbaiki lingkungan mereka.

2. Jelaskan mengapa kerjasama tim sangat dibutuhkan dalam sebuah proyek sekolah yang besar, seperti membuat mading atau pementasan drama?

Jawaban: Kerja sama tim sangat dibutuhkan karena proyek besar memiliki banyak bagian yang harus dikerjakan. Dengan kerja sama, tugas dapat dibagi rata, setiap anggota bisa berkontribusi sesuai keahliannya, saling membantu jika ada kesulitan, dan hasil akhir akan lebih baik serta selesai tepat waktu. Ini juga melatih keterampilan komunikasi dan toleransi.

3. Jika kamu menemukan temanmu menyontek saat ujian, tindakan apa yang akan kamu lakukan dan mengapa?

Jawaban: Saya akan mencoba berbicara secara pribadi dengan teman tersebut setelah ujian, menjelaskan mengapa menyontek itu tidak baik, tidak jujur, dan merugikan dirinya sendiri di masa depan. Saya juga akan menyarankan untuk belajar lebih giat. Jika dia terus menyontek, saya mungkin perlu melaporkannya kepada guru, karena menyontek merusak integritas ujian dan merugikan siswa lain yang jujur.

4. Bagaimana cara paling efektif bagi seorang siswa SD untuk menghemat energi listrik di rumah?

Jawaban: Cara paling efektif adalah dengan mematikan lampu saat tidak digunakan atau saat siang hari, mencabut charger handphone/laptop setelah penuh, mematikan televisi atau perangkat elektronik lain jika tidak ada yang menonton/menggunakan, dan membuka jendela agar cahaya dan udara alami masuk sehingga tidak perlu menyalakan lampu atau AC/kipas terlalu sering.

5. Mengapa penting untuk menghargai perbedaan pendapat dalam diskusi kelompok, meskipun pendapat teman berbeda jauh dengan pendapatmu?

Jawaban: Penting untuk menghargai perbedaan pendapat karena setiap orang memiliki sudut pandang dan pengalaman yang berbeda. Dengan mendengarkan pendapat yang berbeda, kita bisa mendapatkan ide-ide baru, melihat masalah dari berbagai sisi, dan menemukan solusi yang lebih baik atau lebih komprehensif. Ini juga melatih toleransi dan sikap saling menghargai.

C. Uraian

1. Bayangkan sekolahmu akan mengadakan 'Hari Tanpa Plastik'. Rancanglah tiga kegiatan kreatif yang bisa dilakukan siswa kelasmu untuk mendukung program ini, dan jelaskan mengapa kegiatan tersebut efektif dalam mengurangi penggunaan plastik di sekolah!

Contoh Jawaban: Siswa dapat merancang tiga kegiatan kreatif: 1) Lomba membuat kerajinan dari sampah daur ulang (misalnya botol plastik bekas menjadi pot bunga, kantong plastik menjadi tas belanja). Ini efektif karena mengubah sampah plastik menjadi barang berguna, mengurangi sampah baru, dan meningkatkan kesadaran daur ulang. 2) Kampanye 'Bawa Bekal Sendiri, Tanpa Plastik'. Siswa diajak membawa bekal makanan dan minuman dengan wadah yang bisa dipakai ulang (tupperware, botol minum). Ini efektif mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dari jajanan kantin atau kemasan makanan. 3) Membuat 'Bank Sampah Mini' di kelas. Siswa mengumpulkan sampah plastik kering dari rumah atau sekolah, lalu menukarkannya dengan poin atau hadiah kecil di akhir bulan. Ini efektif mendorong pemilahan sampah dan mengubah perilaku siswa untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta menyadari nilai ekonomis sampah plastik.

2. Di lingkungan tempat tinggalmu, banyak anak-anak lebih suka bermain gadget daripada bermain di luar. Akibatnya, mereka kurang bergerak dan jarang bersosialisasi langsung. Sebagai seorang siswa SD yang peduli, ide-ide apa yang bisa kamu usulkan kepada teman-temanmu atau Pak RT untuk mengatasi masalah ini? Jelaskan alasanmu!

Contoh Jawaban: Saya akan mengusulkan beberapa ide: 1) Mengadakan 'Pekan Permainan Tradisional' setiap sore di lapangan desa. Kita bisa bermain petak umpet, gobak sodor, atau kelereng bersama. Alasannya, ini menarik minat anak-anak untuk bermain di luar, bergerak aktif, dan belajar bersosialisasi secara langsung tanpa gadget. 2) Mengajak teman-teman membuat klub 'Penjelajah Alam Mini' untuk menjelajahi taman atau kebun di sekitar rumah, mengamati tumbuhan dan hewan. Ini melatih rasa ingin tahu, kecintaan pada alam, dan aktivitas fisik. 3) Mengusulkan kepada Pak RT untuk mengadakan lomba olahraga kecil antar RT atau antar kelompok anak-anak, seperti lomba lari atau tarik tambang. Lomba akan memotivasi anak-anak untuk berlatih dan bersaing secara sehat, mengurangi waktu bermain gadget, dan mempererat tali persaudaraan.

3. Bandingkan dua cara belajar, yaitu belajar kelompok dan belajar mandiri. Jelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta kapan waktu yang paling tepat untuk menggunakan setiap cara belajar tersebut!

Contoh Jawaban: Belajar kelompok memiliki kelebihan seperti bisa saling berbagi ide, membantu teman yang kesulitan, dan melatih kemampuan berkomunikasi serta berdiskusi. Kekurangannya, terkadang bisa menjadi tidak fokus karena banyak bercanda atau ada anggota yang tidak aktif. Belajar kelompok paling tepat digunakan saat mengerjakan proyek, memecahkan soal sulit bersama, atau persiapan presentasi. Sementara itu, belajar mandiri memiliki kelebihan seperti bisa lebih fokus, mengatur waktu belajar sendiri, dan mendalami materi sesuai kecepatan pribadi. Kekurangannya, jika ada materi yang tidak dimengerti, sulit untuk langsung bertanya dan bisa merasa bosan. Belajar mandiri paling tepat untuk memahami materi baru, mengulang pelajaran, atau mengerjakan tugas individu yang memerlukan konsentrasi tinggi.

4. Lingkungan sekolahmu memiliki halaman yang cukup luas, tetapi masih terlihat gersang dan kurang rindang. Jika kamu diberi kesempatan untuk merancang 'Taman Impian Sekolah', gambarkan seperti apa taman itu dan sebutkan minimal tiga elemen penting yang akan kamu masukkan beserta manfaatnya!

Contoh Jawaban: Taman Impian Sekolah saya akan menjadi tempat yang indah, sejuk, dan inspiratif. Tiga elemen penting yang akan saya masukkan adalah: 1) Pohon-pohon peneduh besar seperti pohon mangga atau rambutan di beberapa sudut. Manfaatnya, memberikan keteduhan saat siang hari, menghasilkan oksigen, dan membuat udara lebih sejuk, sehingga siswa bisa belajar atau bermain dengan nyaman. 2) Kebun sayur mini atau apotek hidup. Siswa bisa menanam berbagai sayuran atau tanaman obat. Manfaatnya, sebagai media belajar IPA langsung, mengajarkan tentang pertanian dan manfaat tumbuhan, serta menghasilkan panen yang bisa dimanfaatkan. 3) Area duduk santai dengan bangku-bangku berwarna-warni dan rak buku kecil (pojok baca). Manfaatnya, menjadi tempat siswa beristirahat, membaca buku, atau berdiskusi kelompok di luar kelas, yang mendorong minat baca dan interaksi sosial di lingkungan yang asri.

5. Di era digital ini, banyak informasi tersebar di internet, baik yang benar maupun yang salah (hoaks). Bagaimana cara kamu sebagai siswa SD agar tidak mudah percaya pada informasi hoaks yang kamu temui di media sosial atau internet? Sebutkan minimal tiga langkah yang bisa kamu lakukan!

Contoh Jawaban: Tiga langkah yang bisa saya lakukan agar tidak mudah percaya hoaks adalah: 1) Selalu bertanya kepada orang dewasa yang dipercaya (orang tua, guru) jika menemukan informasi yang aneh atau mencurigakan. Mereka bisa membantu memeriksa kebenaran informasi tersebut. 2) Memeriksa sumber berita atau informasi. Apakah berasal dari situs berita yang terpercaya atau hanya dari akun media sosial yang tidak jelas? Informasi dari sumber yang tidak jelas cenderung tidak dapat dipercaya. 3) Membandingkan informasi dengan sumber lain. Jika hanya ada satu sumber yang mengatakan hal tersebut, apalagi dengan bahasa yang provokatif, kemungkinan besar itu hoaks. Jika banyak sumber terpercaya yang melaporkan hal yang sama, baru bisa lebih yakin. Jangan langsung menyebarkan informasi sebelum yakin kebenarannya.

D. Mencocokkan

Set 1. Cocokkan masalah lingkungan di kolom kiri dengan solusi yang paling tepat di kolom kanan!

Banyak sampah plastik di sungai=>Mengadakan kerja bakti pembersihan sungai dan edukasi daur ulang
Tanah di halaman sekolah gersang=>Menanam pohon dan tanaman hias
Banyak genangan air setelah hujan=>Membuat lubang biopori untuk resapan air
Udara di sekitar rumah terasa panas=>Menanam lebih banyak tumbuhan hijau
Suara bising dari kendaraan di jalan=>Menanam pohon-pohon tinggi sebagai peredam suara

Set 2. Cocokkan sikap atau perilaku baik di kolom kiri dengan manfaatnya bagi diri sendiri atau lingkungan di kolom kanan!

Menabung uang saku=>Melatih kemandirian finansial dan mencapai tujuan pembelian
Membantu teman yang kesulitan belajar=>Meningkatkan rasa empati dan solidaritas sosial
Membuang sampah pada tempatnya=>Menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah penyakit
Mendengarkan pendapat orang lain=>Membuka wawasan dan belajar menghargai perbedaan
Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai=>Menjaga kelestarian lingkungan dari pencemaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *