
Memahami recount text adalah salah satu keterampilan penting dalam pelajaran Bahasa Inggris di jenjang SMA/MA. Teks recount bertujuan untuk menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa lalu secara kronologis. Kemampuan ini tidak hanya berguna untuk nilai akademik, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagi cerita atau pengalaman. Bank soal recount text ini dirancang khusus untuk membantu siswa SMA/MA menguasai berbagai aspek recount text, mulai dari struktur generik, fitur kebahasaan, hingga jenis-jenisnya. Dengan mengerjakan soal-soal pilihan ganda, isian singkat, uraian, dan mencocokkan, siswa akan dilatih untuk mengidentifikasi informasi penting, memahami tujuan teks, serta menganalisis penggunaan tata bahasa yang relevan. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan mendalam, sehingga memudahkan siswa untuk belajar mandiri dan memperbaiki pemahaman mereka. Persiapkan dirimu menghadapi ujian dengan latihan soal recount text terbaik ini!
Contoh Soal soal recount text sma
1. Bacalah teks berikut untuk soal no. 1-5!A Day at Borobudur TempleLast month, my family and I went on a trip to Yogyakarta. Our main destination was Borobudur Temple, a magnificent Buddhist temple and a UNESCO World Heritage site. It was a clear, sunny morning when we left our hotel.We arrived at the temple complex around 8 AM. The air was fresh and the view was breathtaking. After buying tickets, we started our exploration. We slowly ascended the temple’s nine platforms, admiring the intricate carvings and statues of Buddha. My dad explained some of the stories depicted on the reliefs. We took countless photos, especially from the top levels, where the panoramic view of the surrounding hills was spectacular.We spent about three hours exploring the temple. Before leaving, we bought some souvenirs from the local vendors. It was an amazing experience to witness such a grand historical and cultural masterpiece. We all felt very grateful for the opportunity to visit Borobudur.Apa tujuan utama penulis recount text di atas?
- A. A. Untuk meyakinkan pembaca agar mengunjungi Candi Borobudur.
- B. B. Untuk menjelaskan cara mencapai Candi Borobudur.
- C. C. Untuk menceritakan pengalaman pribadi mengunjungi Candi Borobudur.
- D. D. Untuk mendeskripsikan keindahan Candi Borobudur secara umum.
- E. E. Untuk mempromosikan pariwisata Yogyakarta.
Penjelasan: Tujuan recount text adalah untuk menceritakan kembali pengalaman atau peristiwa yang terjadi di masa lalu secara kronologis. Pilihan C paling tepat menggambarkan tujuan ini.
2. Bagian manakah dari teks ‘A Day at Borobudur Temple’ yang merupakan ‘Orientation’?
- A. A. Paragraf 1
- B. B. Paragraf 2
- C. C. Paragraf 3
- D. D. Paragraf 1 dan 2
- E. E. Paragraf 2 dan 3
Penjelasan: Orientation adalah bagian pembuka yang mengenalkan siapa, apa, kapan, dan di mana peristiwa itu terjadi. Paragraf pertama memenuhi kriteria ini.
3. Kata kerja bentuk lampau (past tense) yang ditemukan pada kalimat ‘We slowly ascended the temple’s nine platforms’ adalah…
- A. A. slowly
- B. B. ascended
- C. C. temple’s
- D. D. nine
- E. E. platforms
Penjelasan: ‘Ascended’ adalah bentuk past tense dari ‘ascend’, yang berarti naik. Ini menunjukkan kegiatan yang sudah terjadi di masa lalu.
4. Kapan keluarga penulis tiba di kompleks candi?
- A. A. Saat matahari terbit
- B. B. Sekitar pukul 8 pagi
- C. C. Di sore hari
- D. D. Setelah makan siang
- E. E. Di malam hari
Penjelasan: Teks menyebutkan ‘We arrived at the temple complex around 8 AM.’
5. Apa yang dilakukan penulis dan keluarganya sebelum meninggalkan candi?
- A. A. Makan siang di restoran
- B. B. Menonton pertunjukan budaya
- C. C. Berenang di kolam
- D. D. Membeli suvenir
- E. E. Mendaki puncak candi lagi
Penjelasan: Teks menyatakan ‘Before leaving, we bought some souvenirs from the local vendors.’
6. Ciri kebahasaan utama dari recount text adalah penggunaan…
- A. A. Past tense
- B. B. Present tense
- C. C. Future tense
- D. D. Passive voice
- E. E. Imperative sentences
Penjelasan: Recount text menceritakan peristiwa masa lalu, sehingga dominan menggunakan past tense (kata kerja bentuk lampau).
7. Bagian dari struktur generik recount text yang berisi kesan atau komentar pribadi penulis tentang peristiwa yang diceritakan adalah…
- A. A. Orientation
- B. B. Events
- C. C. Resolution
- D. D. Reorientation
- E. E. Complication
Penjelasan: Reorientation adalah bagian penutup recount text yang berisi komentar pribadi penulis atau kesimpulan dari cerita.
8. Ketika sebuah recount text menceritakan kembali peristiwa sejarah seperti Proklamasi Kemerdekaan, jenis recount text tersebut adalah…
- A. A. Personal Recount
- B. B. Imaginative Recount
- C. C. Factual Recount
- D. D. Procedural Recount
- E. E. Biographical Recount
Penjelasan: Factual recount dapat berupa Historical Recount, yang fokus pada peristiwa sejarah yang benar-benar terjadi.
9. Manakah di antara kalimat berikut yang menggunakan adverb of time (kata keterangan waktu) yang tepat untuk recount text?
- A. A. I will go to Bali tomorrow.
- B. B. We visited Bali last year.
- C. C. She is studying now.
- D. D. They always eat breakfast.
- E. E. He can swim very well.
Penjelasan: ‘Last year’ dengan jelas menunjukkan waktu di masa lampau, yang sesuai untuk recount text.
10. Kata ‘magnificent’ dalam konteks ‘Borobudur Temple, a magnificent Buddhist temple’ memiliki arti yang paling dekat dengan…
- A. A. Small
- B. B. Boring
- C. C. Ordinary
- D. D. Splendid
- E. E. Ruined
Penjelasan: ‘Magnificent’ berarti megah atau luar biasa indah, sangat dekat dengan ‘splendid’ atau ‘grand’.
11. Berikut ini adalah contoh personal recount, KECUALI…
- A. A. ‘My Unforgettable Holiday in Labuan Bajo’
- B. B. ‘A Memorable Day at My Grandparents’ House’
- C. C. ‘My First Experience Riding a Roller Coaster’
- D. D. ‘How I Won the English Speech Contest’
- E. E. ‘Police Report on a Traffic Accident’
Penjelasan: Laporan polisi tentang kecelakaan adalah factual recount, bukan personal recount karena bersifat objektif dan bukan pengalaman pribadi.
12. Urutan kronologis kejadian dalam recount text membantu pembaca untuk…
- A. A. Memahami alur cerita dengan jelas
- B. B. Menentukan karakter utama
- C. C. Menemukan pesan moral cerita
- D. D. Memprediksi akhir cerita
- E. E. Mengidentifikasi konflik cerita
Penjelasan: Urutan kronologis sangat penting agar pembaca dapat mengikuti alur cerita dan memahami peristiwa yang terjadi secara berurutan dan logis.
13. Manakah dari frasa berikut yang BUKAN merupakan fitur kebahasaan recount text?
- A. A. Use of action verbs
- B. B. Use of modal verb ‘will’
- C. C. Use of conjunctions and time connectives
- D. D. Use of adverbs and adverbial phrases
- E. E. Use of past tense
Penjelasan: Penggunaan modal verb ‘will’ menunjukkan future tense, yang tidak dominan dalam recount text yang menceritakan masa lalu.
14. Kalimat ‘We all felt very grateful for the opportunity to visit Borobudur’ dalam teks ‘A Day at Borobudur Temple’ termasuk bagian…
- A. A. Orientation
- B. B. Events
- C. C. Complication
- D. D. Reorientation
- E. E. Resolution
Penjelasan: Kalimat tersebut mengungkapkan perasaan dan kesan penulis di akhir cerita, yang merupakan karakteristik dari reorientation.
15. Jika sebuah recount text menceritakan tentang biografi seseorang, jenis recount tersebut adalah…
- A. A. Personal Recount
- B. B. Factual Recount
- C. C. Historical Recount
- D. D. Imaginative Recount
- E. E. Biographical Recount
Penjelasan: Biographical recount adalah jenis recount text yang menceritakan kembali kehidupan atau bagian dari kehidupan seseorang.
16. Apa fungsi dari time connectives (penghubung waktu) seperti ‘then’, ‘after that’, ‘finally’ dalam recount text?
- A. A. Menunjukkan urutan kejadian
- B. B. Menjelaskan sebab-akibat
- C. C. Memberi contoh
- D. D. Membandingkan dua hal
- E. E. Menyatakan opini pribadi
Penjelasan: Time connectives digunakan untuk menunjukkan urutan kronologis kejadian, membantu pembaca mengikuti alur cerita.
17. Pilihlah kalimat yang menggunakan past continuous tense dengan benar dalam konteks recount text:
- A. A. I will read a book.
- B. B. She was sleeping when I arrived.
- C. C. They have finished their homework.
- D. D. He eats breakfast every morning.
- E. E. We are going to the cinema.
Penjelasan: Past continuous tense (was/were + V-ing) digunakan untuk menyatakan aksi yang sedang berlangsung di masa lalu, seringkali ketika aksi lain terjadi.
18. Recount text yang menceritakan kejadian fiktif atau khayalan penulis disebut…
- A. A. Imaginative Recount
- B. B. Personal Recount
- C. C. Factual Recount
- D. D. Historical Recount
- E. E. Biographical Recount
Penjelasan: Imaginative recount adalah jenis recount text yang tidak berdasarkan kejadian nyata, melainkan hasil imajinasi penulis.
19. Bacalah kalimat berikut: ‘The air was fresh and the view was breathtaking.’ Kata ‘breathtaking’ berarti…
- A. A. Membosankan
- B. B. Menjijikkan
- C. C. Menakjubkan
- D. D. Biasa saja
- E. E. Mengecewakan
Penjelasan: ‘Breathtaking’ berarti sangat indah atau menakjubkan, sehingga membuat seseorang terkesima.
20. Manakah dari pernyataan berikut yang paling tepat menggambarkan karakteristik recount text?
- A. A. Menjelaskan cara melakukan sesuatu.
- B. B. Meyakinkan pembaca tentang suatu opini.
- C. C. Menggambarkan suatu objek atau tempat.
- D. D. Menceritakan kembali peristiwa masa lalu.
- E. E. Menyajikan argumen pro dan kontra.
Penjelasan: Recount text selalu menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang sudah terjadi, dengan fokus pada urutan kronologis kejadian.
21. Ketika kita menulis tentang pengalaman pertama kali naik pesawat, jenis recount text apa yang paling sesuai?
- A. A. Personal Recount
- B. B. Factual Recount
- C. C. Historical Recount
- D. D. Imaginative Recount
- E. E. Procedural Recount
Penjelasan: Menceritakan pengalaman pribadi adalah karakteristik utama dari personal recount.
22. Kalimat mana yang menunjukkan penggunaan past perfect tense yang tepat dalam recount text?
- A. A. They are going to the market.
- B. B. She will visit her aunt.
- C. C. We eat dinner every night.
- D. D. He had already left when I arrived.
- E. E. I am studying English now.
Penjelasan: Past perfect tense (had + V₃) digunakan untuk menyatakan aksi yang terjadi sebelum aksi lain di masa lalu. Pilihan D menunjukkan ini dengan ‘had already left’ sebelum ‘I arrived’.
23. Berikut adalah contoh penggunaan adverb of manner (kata keterangan cara) dalam recount text, KECUALI…
- A. A. She walked slowly.
- B. B. He spoke loudly.
- C. C. They met yesterday.
- D. D. We finished the task carefully.
- E. E. He quickly ran away.
Penjelasan: ‘Yesterday’ adalah adverb of time (kata keterangan waktu), bukan adverb of manner (kata keterangan cara).
24. Dalam recount text, penggunaan kata ganti orang pertama (I, We) sering ditemukan pada jenis…
- A. A. Personal Recount
- B. B. Factual Recount
- C. C. Historical Recount
- D. D. News Item Recount
- E. E. Procedural Recount
Penjelasan: Personal recount fokus pada pengalaman pribadi penulis, sehingga penggunaan kata ganti orang pertama sangat dominan.
25. Jika sebuah recount text melaporkan hasil eksperimen ilmiah secara objektif, jenis recount apa yang paling sesuai?
- A. A. Personal Recount
- B. B. Factual Recount
- C. C. Imaginative Recount
- D. D. Historical Recount
- E. E. Biographical Recount
Penjelasan: Factual recount digunakan untuk melaporkan peristiwa atau kejadian secara objektif dan berdasarkan fakta, seperti laporan ilmiah.
26. Sebutkan salah satu ciri kebahasaan utama dari recount text yang berkaitan dengan waktu kejadian.
Penjelasan: Ciri kebahasaan utama recount text adalah penggunaan past tense karena menceritakan peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu.
27. Apa nama bagian dari recount text yang berisi pengenalan tokoh, tempat, dan waktu kejadian?
Penjelasan: Orientation adalah bagian awal recount text yang berfungsi untuk mengenalkan latar belakang cerita.
28. Sebutkan dua jenis time connectives yang sering digunakan dalam recount text.
Penjelasan: Time connectives seperti ‘then’ dan ‘after that’ digunakan untuk menghubungkan urutan peristiwa dalam recount text.
29. Selain ‘personal recount’, sebutkan satu jenis recount text lainnya.
Penjelasan: Jenis recount text meliputi Personal, Factual, Historical, Biographical, dan Imaginative Recount.
30. Dalam recount text, apa fungsi dari adverbial phrases (frasa keterangan)?
Penjelasan: Adverbial phrases menambah detail tentang kapan, di mana, atau bagaimana suatu peristiwa terjadi, memperkaya deskripsi dalam recount text.
31. Jelaskan perbedaan antara ‘personal recount’ dan ‘factual recount’ dengan memberikan contoh singkat untuk masing-masing.
Penjelasan: Perbedaan utama terletak pada subjek dan objektivitas cerita. Personal recount bersifat subjektif, sedangkan factual recount bersifat objektif.
32. Mengapa urutan kronologis sangat penting dalam recount text? Jelaskan.
Penjelasan: Urutan kronologis memastikan cerita mengalir logis dan mudah dipahami, sesuai dengan tujuan recount text untuk menceritakan kembali peristiwa.
33. Identifikasi dan jelaskan tiga fitur kebahasaan yang dominan dalam recount text.
Penjelasan: Fitur kebahasaan ini esensial untuk membangun cerita yang jelas dan kronologis dalam recount text.
34. Bayangkan kamu baru saja menghadiri festival musik. Tuliskan satu paragraf (minimal 3 kalimat) sebagai bagian ‘Orientation’ dari recount text tentang pengalamanmu.
Penjelasan: Orientation harus mencakup siapa (who), apa (what), kapan (when), dan di mana (where) peristiwa itu terjadi, sebagai pengantar cerita.
35. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ‘Reorientation’ dalam struktur generik recount text dan berikan contoh kalimatnya.
Penjelasan: Reorientation memberikan penutup emosional atau reflektif pada cerita, merangkum perasaan atau pelajaran yang didapat penulis.
36. Cocokkan istilah struktur recount text dengan penjelasannya!
Pasangkan pernyataan berikut:
- Orientation … ( … ) … Bagian pembuka yang mengenalkan siapa, apa, kapan, di mana.
- Events … ( … ) … Urutan kejadian yang diceritakan secara kronologis.
- Reorientation … ( … ) … Bagian penutup yang berisi kesan atau komentar pribadi.
- Past Tense … ( … ) … Bentuk kata kerja yang menunjukkan kejadian masa lalu.
Penjelasan: Pencocokan ini menguji pemahaman tentang elemen-elemen kunci dalam recount text.
37. Cocokkan jenis recount text dengan karakteristiknya!
Pasangkan pernyataan berikut:
- Personal Recount … ( … ) … Menceritakan pengalaman pribadi.
- Factual Recount … ( … ) … Melaporkan kejadian secara objektif.
- Historical Recount … ( … ) … Menceritakan peristiwa sejarah.
- Imaginative Recount … ( … ) … Menceritakan kejadian fiktif.
Penjelasan: Pencocokan ini menguji pemahaman tentang berbagai jenis recount text berdasarkan karakteristik utamanya.