
Mempersiapkan diri menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Inggris kelas 9 semester 2 adalah langkah krusial bagi setiap siswa. Artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal yang komprehensif, dirancang khusus untuk membantu Anda menguji pemahaman materi dan meningkatkan kesiapan. Dengan beragam jenis soal seperti pilihan ganda, isian singkat, esai, dan menjodohkan, Anda akan terbiasa dengan format ujian sesungguhnya. Latihan soal UAS Bahasa Inggris ini mencakup topik-topik penting seperti passive voice, conditional sentences, report text, narrative text, dan berbagai struktur tata bahasa lainnya yang diajarkan di kelas 9. Mempraktikkan soal-soal ini secara rutin tidak hanya akan memperkuat ingatan Anda terhadap materi, tetapi juga membangun kepercayaan diri untuk meraih nilai terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengukur kemampuan Anda dan mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian lebih. Mari taklukkan UAS Bahasa Inggris dengan persiapan matang!
Latihan Soal contoh soal uas bahasa inggris kelas 9 semester 2
1. The students ______ by the teacher for being late.
- A. punish
- B. punished
- C. were punished
- D. punishing
2. If it rains tomorrow, we ______ the picnic.
- A. will cancel
- B. cancel
- C. cancelled
- D. would cancel
3. Which of the following is NOT a characteristic of a Report Text?
- A. General facts
- B. Specific participants
- C. Present tense
- D. Scientific terms
4. What is the moral value of the story ‘The Ant and the Grasshopper’?
- A. Laziness is good.
- B. Hard work pays off.
- C. Friendship is important.
- D. Never trust anyone.
5. My family and I went to Bali last summer. We visited many beautiful beaches and temples. This sentence is part of the ______ section of a recount text.
- A. Orientation
- B. Events
- C. Re-orientation
- D. Coda
6. He said, ‘I am going to Jakarta tomorrow.’ The indirect speech is…
- A. He said that he was going to Jakarta tomorrow.
- B. He said that he was going to Jakarta the next day.
- C. He said that I was going to Jakarta tomorrow.
- D. He said that he went to Jakarta the next day.
7. ______ she was tired, she continued to study for the exam.
- A. Because
- B. So
- C. Although
- D. And
8. The synonym of ‘huge’ is…
- A. small
- B. tiny
- C. enormous
- D. little
9. She sings very ______.
- A. beautiful
- B. beautifully
- C. beauty
- D. more beautiful
10. I ______ never ______ such a beautiful sunset before.
- A. have, seen
- B. had, seen
- C. am, seeing
- D. was, seeing
11. A: ‘I think studying in groups is more effective.’ B: ‘______. We can share ideas and help each other.’
- A. I don’t think so
- B. I totally agree
- C. I’m not sure
- D. That’s a bad idea
12. Would you like ______ some tea?
- A. drink
- B. to drink
- C. drinking
- D. drank
13. You are a student, ______?
- A. are you
- B. aren’t you
- C. do you
- D. don’t you
14. The book is ______ the table.
- A. in
- B. on
- C. at
- D. under
15. My sister loves cats. ______ plays with ______ every day.
- A. She, them
- B. Her, they
- C. She, they
- D. Her, them
16. The traffic was heavy, ______ we arrived late.
- A. because
- B. so
- C. due to
- D. as a result of
17. Mount Everest is ______ mountain in the world.
- A. the high
- B. higher
- C. the highest
- D. more high
18. You ______ submit your assignment by Friday.
- A. can
- B. should
- C. must
- D. might
19. The cake ______ by my mother yesterday.
- A. was baked
- B. baked
- C. bakes
- D. is baked
20. If I ______ a bird, I would fly around the world.
- A. am
- B. was
- C. were
- D. have been
21. Jelaskan fungsi utama dari Report Text!
22. Ubah kalimat berikut ke dalam bentuk passive voice: ‘My brother built this house in 2005.’
23. Berikan satu contoh kalimat Conditional Sentence Type 1!
24. Apa tujuan utama dari Recount Text?
25. Sebutkan tiga konjungsi umum dan berikan contoh penggunaannya dalam kalimat!
26. Jelaskan struktur dari Narrative Text dan berikan contoh singkat untuk setiap bagiannya!
27. Jelaskan perbedaan antara direct speech dan indirect speech, serta berikan contoh bagaimana mengubah kalimat direct speech ke indirect speech!
28. Tulis sebuah paragraf singkat (5-7 kalimat) yang mendeskripsikan hewan favoritmu menggunakan fakta-fakta (mirip Report Text)!
29. Bayangkan kamu memenangkan sebuah kompetisi. Tulis sebuah recount text singkat (sekitar 7-10 kalimat) tentang apa yang terjadi!
30. Diskusikan pentingnya belajar Bahasa Inggris di era globalisasi saat ini!
31. Jodohkan istilah-istilah berikut dengan definisi yang tepat!
Cocokkan data berikut:
- Passive Voice — Subjek menerima tindakan
- Conditional Sentence — Kalimat pengandaian dengan klausa ‘if’
- Report Text — Teks yang menyajikan informasi faktual umum
- Narrative Text — Teks yang menceritakan kisah dengan plot
32. Jodohkan kata-kata berikut dengan sinonimnya!
Cocokkan data berikut:
- Beautiful — Pretty
- Intelligent — Smart
- Ancient — Old
- Delicious — Tasty
- Happy — Joyful
Kunci Jawaban dan Pembahasan
No. 1 (Multiple Choice)
C. were punished
No. 2 (Multiple Choice)
A. will cancel
No. 3 (Multiple Choice)
B. Specific participants
No. 4 (Multiple Choice)
B. Hard work pays off.
No. 5 (Multiple Choice)
A. Orientation
No. 6 (Multiple Choice)
B. He said that he was going to Jakarta the next day.
No. 7 (Multiple Choice)
C. Although
No. 8 (Multiple Choice)
C. enormous
No. 9 (Multiple Choice)
B. beautifully
No. 10 (Multiple Choice)
A. have, seen
No. 11 (Multiple Choice)
B. I totally agree
No. 12 (Multiple Choice)
B. to drink
No. 13 (Multiple Choice)
B. aren’t you
No. 14 (Multiple Choice)
B. on
No. 15 (Multiple Choice)
A. She, them
No. 16 (Multiple Choice)
B. so
No. 17 (Multiple Choice)
C. the highest
No. 18 (Multiple Choice)
C. must
No. 19 (Multiple Choice)
A. was baked
No. 20 (Multiple Choice)
C. were
No. 21 (Short Answer)
Fungsi utama Report Text adalah untuk menyajikan informasi faktual tentang suatu objek, tempat, atau fenomena secara umum. Teks ini menggambarkan sesuatu seperti apa adanya berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian.
No. 22 (Short Answer)
This house was built by my brother in 2005.
No. 23 (Short Answer)
If you study hard, you will pass the exam. (Jika kamu belajar keras, kamu akan lulus ujian.)
No. 24 (Short Answer)
Tujuan utama Recount Text adalah untuk menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang terjadi di masa lampau secara kronologis, dengan tujuan menghibur pembaca atau memberikan informasi.
No. 25 (Short Answer)
1. And (dan): Menghubungkan dua ide yang setara. Contoh: She likes apples and bananas. 2. But (tetapi): Menunjukkan pertentangan. Contoh: He is rich but unhappy. 3. Because (karena): Menunjukkan sebab. Contoh: I am tired because I didn’t sleep well.
No. 26 (Essay)
Struktur Narrative Text umumnya terdiri dari:1. Orientation (Orientasi): Pengenalan tokoh, latar waktu, dan latar tempat. Contoh: ‘Once upon a time, in a small village near a dense forest, lived a kind-hearted girl named Lily.’ (Dahulu kala, di sebuah desa kecil dekat hutan lebat, hiduplah seorang gadis baik hati bernama Lily.)2. Complication (Komplikasi): Munculnya masalah atau konflik yang dihadapi tokoh. Contoh: ‘One day, while picking flowers, Lily got lost and encountered a fierce wolf.’ (Suatu hari, saat memetik bunga, Lily tersesat dan bertemu serigala buas.)3. Resolution (Resolusi): Penyelesaian masalah atau konflik. Contoh: ‘Fortunately, a brave hunter appeared and saved Lily from the wolf.’ (Untungnya, seorang pemburu pemberani muncul dan menyelamatkan Lily dari serigala.)4. Re-orientation (Opsional): Pelajaran moral atau pesan yang bisa diambil dari cerita. Contoh: ‘From that day on, Lily always remembered to be careful when venturing into the forest.’ (Sejak hari itu, Lily selalu ingat untuk berhati-hati saat menjelajah hutan.)
No. 27 (Essay)
Direct speech (kalimat langsung) adalah ucapan yang disampaikan persis seperti aslinya, biasanya ditandai dengan tanda kutip. Contoh: ‘She said, “I am busy.”‘ Indirect speech (kalimat tidak langsung) adalah ucapan yang dilaporkan atau diceritakan kembali oleh orang lain, tanpa menggunakan tanda kutip, dan seringkali mengalami perubahan tenses, pronoun, dan keterangan waktu/tempat. Untuk mengubah direct speech ke indirect speech, tenses biasanya mundur satu tingkat (misal present simple menjadi past simple), pronoun disesuaikan, dan keterangan waktu/tempat berubah (misal ‘tomorrow’ menjadi ‘the next day’).Contoh perubahan:Direct speech: ‘He said, “I will go to London tomorrow.”‘Indirect speech: ‘He said that he would go to London the next day.’
No. 28 (Essay)
Gajah adalah hewan favorit saya. Mereka adalah mamalia darat terbesar yang dikenal karena belalai panjang dan gadingnya yang besar. Gajah hidup di berbagai habitat di Afrika dan Asia, termasuk savana, hutan, dan gurun. Mereka adalah herbivora, memakan rumput, daun, buah, dan kulit pohon. Gajah dikenal sebagai hewan yang sangat cerdas dan memiliki ingatan yang luar biasa, serta struktur sosial yang kompleks. Sayangnya, populasi gajah terancam oleh perburuan dan hilangnya habitat.
No. 29 (Essay)
Last Saturday, I participated in a storytelling competition at my school. I had practiced for weeks, memorizing my story and perfecting my gestures. When it was my turn, I felt incredibly nervous, but I took a deep breath and started telling the tale of ‘Malin Kundang’. I tried my best to express every emotion and make eye contact with the judges. After all contestants had performed, the judges announced the winners. My heart pounded as they called out the third and second place. And then, to my absolute surprise and joy, my name was announced as the first-place winner! I couldn’t believe it. I walked onto the stage with a huge smile, receiving my trophy and certificate. It was an unforgettable day, a reward for all my hard work.
No. 30 (Essay)
Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris menjadi sangat penting dan krusial. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari bisnis, pendidikan, teknologi, hingga diplomasi. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kita dapat mengakses informasi global yang lebih luas, seperti artikel ilmiah, berita internasional, dan konten digital. Ini juga membuka banyak peluang karir, memungkinkan kita untuk bekerja di perusahaan multinasional atau berkomunikasi dengan kolega dari berbagai negara. Selain itu, Bahasa Inggris memfasilitasi perjalanan dan pertukaran budaya, memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang berbeda dan memperkaya pemahaman kita tentang dunia. Singkatnya, Bahasa Inggris adalah jembatan menuju pengetahuan, peluang, dan konektivitas global.
No. 31 (Matching)
Passive Voice: Subjek menerima tindakan; Conditional Sentence: Kalimat pengandaian dengan klausa ‘if’; Report Text: Teks yang menyajikan informasi faktual umum; Narrative Text: Teks yang menceritakan kisah dengan plot.
No. 32 (Matching)
Beautiful: Pretty; Intelligent: Smart; Ancient: Old; Delicious: Tasty; Happy: Joyful.
