Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Semester 2

Posted on

Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Semester 2

Persiapkan diri Anda menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Semester 2 dengan koleksi soal latihan terlengkap ini. Artikel ini menyajikan berbagai jenis soal yang dirancang untuk menguji pemahaman Anda tentang materi pelajaran Bahasa Indonesia yang telah dipelajari sepanjang semester kedua. Mulai dari pemahaman teks, tata bahasa, penulisan, hingga kemampuan apresiasi sastra, semua aspek penting tercakup di sini. Dengan 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, 5 soal uraian, dan 2 soal mencocokkan, Anda akan mendapatkan gambaran menyeluruh tentang format dan tipe soal yang mungkin muncul dalam UAS sesungguhnya. Latihan intensif dengan contoh soal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda, mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, dan memastikan Anda siap meraih nilai terbaik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan Bahasa Indonesia Anda dan mencapai kesuksesan di UAS!

A. Pilihan Ganda

  1. Bacalah teks berikut! ‘Setiap pagi, Rani membantu ibunya menyiram bunga di taman. Bunga-bunga itu tampak segar dan berwarna-warni. Ada mawar merah, melati putih, dan anggrek ungu. Rani sangat senang melihat keindahan taman bunga ibunya.’ Apa gagasan utama paragraf di atas?

    • A. Rani membantu ibunya.
    • B. Bunga-bunga di taman.
    • C. Keindahan taman bunga Rani.
    • D. Kegiatan Rani setiap pagi.
    Kunci Jawaban: D. Kegiatan Rani setiap pagi.

  2. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut adalah: ‘Adi _____ buku cerita di perpustakaan.’

    • A. membeli
    • B. membaca
    • C. menulis
    • D. menjual
    Kunci Jawaban: B. membaca

  3. Sinonim dari kata ‘pandai’ adalah…

    • A. bodoh
    • B. malas
    • C. pintar
    • D. ceroboh
    Kunci Jawaban: C. pintar

  4. Kalimat yang menggunakan tanda baca koma (,) dengan benar adalah…

    • A. Ibu membeli sayur, buah, dan beras.
    • B. Ibu, membeli sayur buah, dan beras.
    • C. Ibu membeli sayur buah dan beras.
    • D. Ibu membeli sayur buah, dan, beras.
    Kunci Jawaban: A. Ibu membeli sayur, buah, dan beras.

  5. ‘Ani pergi ke pasar. Dia membeli sayuran.’ Kata ganti ‘Dia’ pada kalimat kedua mengacu pada siapa?

    • A. Pasar
    • B. Sayuran
    • C. Ani
    • D. Ibu
    Kunci Jawaban: C. Ani

  6. Perhatikan pantun berikut! Jalan-jalan ke kota hujan, Jangan lupa membeli talas. Rajinlah belajar di masa depan, Agar cita-cita dapat terbalas. Amanat dari pantun di atas adalah…

    • A. Pentingnya berbelanja di kota hujan.
    • B. Jangan lupa membeli talas.
    • C. Kita harus rajin belajar agar cita-cita tercapai.
    • D. Masa depan yang cerah.
    Kunci Jawaban: C. Kita harus rajin belajar agar cita-cita tercapai.

  7. Kata ‘memperbaiki’ memiliki imbuhan…

    • A. me-
    • B. per-i
    • C. mem-i
    • D. memper-i
    Kunci Jawaban: D. memper-i

  8. Yang bukan termasuk jenis surat pribadi adalah…

    • A. Surat undangan ulang tahun
    • B. Surat lamaran pekerjaan
    • C. Surat izin tidak masuk sekolah
    • D. Surat untuk teman
    Kunci Jawaban: B. Surat lamaran pekerjaan

  9. Bacalah pengumuman berikut! ‘Kepada seluruh siswa kelas 6, harap berkumpul di lapangan sekolah pukul 07.00 WIB untuk kegiatan kerja bakti. Dimohon membawa alat kebersihan masing-masing.’ Siapa yang dituju dalam pengumuman tersebut?

    • A. Seluruh guru
    • B. Seluruh siswa
    • C. Seluruh siswa kelas 6
    • D. Kepala sekolah
    Kunci Jawaban: C. Seluruh siswa kelas 6

  10. Kalimat berikut yang merupakan kalimat aktif adalah…

    • A. Bola ditendang oleh Rio.
    • B. Rio menendang bola.
    • C. Bola tertendang.
    • D. Bola akan ditendang.
    Kunci Jawaban: B. Rio menendang bola.

  11. Antonim dari kata ‘mahal’ adalah…

    • A. murah
    • B. tinggi
    • C. banyak
    • D. sedikit
    Kunci Jawaban: A. murah

  12. Peribahasa yang berarti ‘bekerja keras tidak akan sia-sia’ adalah…

    • A. Ada udang di balik batu.
    • B. Bagai pinang dibelah dua.
    • C. Tiada rotan akar pun jadi.
    • D. Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya.
    Kunci Jawaban: D. Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya.

  13. Tanda baca yang digunakan untuk mengakhiri kalimat tanya adalah…

    • A. Titik (.)
    • B. Koma (,)
    • C. Tanda tanya (?)
    • D. Tanda seru (!)
    Kunci Jawaban: C. Tanda tanya (?)

  14. Kata dasar dari ‘kebersihan’ adalah…

    • A. bersih
    • B. kebersih
    • C. bersihan
    • D. kebersihan
    Kunci Jawaban: A. bersih

  15. Kalimat ajakan yang benar adalah…

    • A. Mari kita jaga kebersihan lingkungan!
    • B. Apakah kamu sudah makan?
    • C. Buanglah sampah pada tempatnya.
    • D. Lingkungan bersih itu indah.
    Kunci Jawaban: A. Mari kita jaga kebersihan lingkungan!

  16. Tema cerita yang tepat untuk judul ‘Petualangan Si Kancil dan Buaya’ adalah…

    • A. Pendidikan
    • B. Persahabatan
    • C. Fabel
    • D. Sejarah
    Kunci Jawaban: C. Fabel

  17. Kata baku dari ‘apotik’ adalah…

    • A. apotik
    • B. apotek
    • C. apoteker
    • D. apotekeran
    Kunci Jawaban: B. apotek

  18. Penulisan nama tempat yang benar adalah…

    • A. Jalan Merdeka No. 10
    • B. jalan Merdeka No. 10
    • C. Jalan merdeka No. 10
    • D. jalan merdeka No. 10
    Kunci Jawaban: A. Jalan Merdeka No. 10

  19. Kalimat yang menggunakan kata depan ‘di’ sebagai awalan adalah…

    • A. Buku itu dibaca oleh kakak.
    • B. Adik bermain di taman.
    • C. Makanan itu dimakan kucing.
    • D. Dia pergi ke sekolah.
    Kunci Jawaban: A. Buku itu dibaca oleh kakak.

  20. Bacalah puisi berikut! Sungai mengalir jernih, Ikan-ikan menari riang, Pohon rindang di tepi, Menambah indah pemandangan. Suasana yang digambarkan dalam puisi di atas adalah…

    • A. Sedih
    • B. Gembira
    • C. Tenang dan indah
    • D. Mencekam
    Kunci Jawaban: C. Tenang dan indah

B. Isian Singkat

  1. Sebutkan tiga jenis tanda baca yang kamu ketahui!

    Kunci Jawaban: Titik, koma, tanda tanya, tanda seru, titik dua, tanda petik, dll. (Sebutkan 3 saja)

  2. Apa fungsi utama dari sebuah paragraf pembuka dalam sebuah karangan?

    Kunci Jawaban: Untuk memperkenalkan topik atau gagasan utama yang akan dibahas dalam karangan secara keseluruhan, serta menarik minat pembaca.

  3. Ubahlah kalimat pasif berikut menjadi kalimat aktif: ‘Buku itu dibaca oleh Rina.’

    Kunci Jawaban: Rina membaca buku itu.

  4. Tuliskan satu contoh kalimat perintah!

    Kunci Jawaban: Tutuplah pintu itu! / Jangan membuang sampah sembarangan! (Contoh lain yang relevan)

  5. Apa perbedaan antara fakta dan opini?

    Kunci Jawaban: Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya, sedangkan opini adalah pendapat atau pandangan seseorang yang belum tentu benar.

C. Uraian

  1. Jelaskan pengertian dan ciri-ciri pantun! Berikan satu contoh pantun nasihat beserta maknanya!

    Kunci Jawaban: Pantun adalah bentuk puisi lama Indonesia yang terdiri dari empat baris, bersajak a-b-a-b, setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata. Dua baris pertama disebut sampiran, dan dua baris terakhir disebut isi. Ciri-ciri: 4 baris, sajak a-b-a-b, 8-12 suku kata per baris, ada sampiran dan isi. Contoh: Pergi ke pasar membeli batik, Jangan lupa membeli paku. Jika ingin menjadi yang terbaik, Rajinlah belajar di bangku. Makna: Kita harus rajin belajar jika ingin meraih prestasi atau menjadi yang terbaik.

  2. Bagaimana cara menulis surat pribadi yang baik dan benar? Sebutkan bagian-bagian penting dalam surat pribadi!

    Kunci Jawaban: Cara menulis surat pribadi yang baik dan benar meliputi: menggunakan bahasa yang santai namun sopan, jelas, dan mudah dimengerti; mencantumkan tanggal surat; salam pembuka; isi surat; salam penutup; nama dan tanda tangan pengirim. Bagian-bagian penting: Tempat dan tanggal surat, salam pembuka, kalimat pembuka, isi surat, kalimat penutup, salam penutup, nama pengirim.

  3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ide pokok atau gagasan utama dalam sebuah paragraf! Mengapa penting untuk menemukan ide pokok saat membaca?

    Kunci Jawaban: Ide pokok atau gagasan utama adalah inti atau dasar permasalahan yang mendasari sebuah paragraf. Ini adalah kalimat atau frasa yang menjadi fokus pembahasan dalam paragraf tersebut. Penting untuk menemukan ide pokok karena membantu pembaca memahami inti informasi yang disampaikan, meringkas bacaan, dan menghubungkan antarparagraf untuk memahami keseluruhan teks.

  4. Tuliskan sebuah cerita pendek (minimal 3 paragraf) tentang pengalaman liburanmu yang paling berkesan! Perhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca yang benar.

    Kunci Jawaban: Contoh jawaban: Liburan ke pantai bersama keluarga. Kegiatan yang dilakukan, perasaan, hal menarik, dll. (Jawaban bervariasi, namun harus memenuhi kriteria: minimal 3 paragraf, tentang pengalaman liburan, dan menggunakan ejaan serta tanda baca yang benar.)

  5. Jelaskan perbedaan antara kalimat efektif dan kalimat tidak efektif! Berikan masing-masing satu contoh!

    Kunci Jawaban: Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan gagasan, pesan, atau informasi secara tepat, ringkas, dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang bertele-tele, ambigu, atau tidak jelas sehingga sulit dipahami. Contoh kalimat efektif: ‘Siswa-siswi sedang belajar.’ Contoh kalimat tidak efektif: ‘Para siswa-siswi sedang melakukan aktivitas belajar.’ (Kata ‘para’ dan ‘siswa-siswi’ redundan, ‘melakukan aktivitas belajar’ bisa disingkat ‘belajar’).

D. Menjodohkan

  1. Cocokkanlah kata-kata berikut dengan antonimnya!

    Kolom A Kolom B
    Panas Dingin
    Besar Kecil
    Siang Malam
    Cepat Lambat
    Kunci Jawaban: Panas-Dingin, Besar-Kecil, Siang-Malam, Cepat-Lambat

  2. Cocokkanlah jenis teks berikut dengan ciri-cirinya!

    Kolom A Kolom B
    Teks Narasi Menceritakan suatu peristiwa atau kejadian
    Teks Deskripsi Menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa secara rinci
    Teks Persuasi Bertujuan mengajak atau mempengaruhi pembaca
    Teks Eksposisi Menjelaskan suatu informasi atau pengetahuan
    Kunci Jawaban: Teks Narasi-Menceritakan suatu peristiwa atau kejadian, Teks Deskripsi-Menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa secara rinci, Teks Persuasi-Bertujuan mengajak atau mempengaruhi pembaca, Teks Eksposisi-Menjelaskan suatu informasi atau pengetahuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *