Materi ini dirancang untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa Sekolah Dasar (SD) sesuai Kurikulum Merdeka. Soal-soal ini mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi dari berbagai situasi nyata, bukan sekadar menghafal. Topik yang dibahas mencakup Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn, semuanya disajikan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
A. Pilihan Ganda
1. Seorang anak bernama Rio melihat tetangganya, Pak Budi, sering membuang sampah plastik ke sungai. Rio tahu bahwa tindakan ini buruk bagi lingkungan. Jika Rio ingin membantu Pak Budi berhenti membuang sampah ke sungai, tindakan mana yang paling efektif dilakukan Rio sebagai seorang anak SD?
- A. Diam saja karena takut dimarahi Pak Budi.
- B. Melaporkan Pak Budi ke polisi agar dihukum.
- C. Mengajak teman-teman untuk ikut memarahi Pak Budi.
- D. Membuat poster tentang bahaya membuang sampah ke sungai dan menempelkannya di dekat rumah Pak Budi, lalu berbicara baik-baik dengan Pak Budi tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai.
- E. Ikut membuang sampah ke sungai agar tidak sendirian.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Membuat poster tentang bahaya membuang sampah ke sungai dan menempelkannya di dekat rumah Pak Budi, lalu berbicara baik-baik dengan Pak Budi tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai.
Pembahasan: Pilihan D menunjukkan kemampuan mengevaluasi berbagai tindakan dan memilih strategi yang paling persuasif dan edukatif, sesuai dengan kemampuan anak SD untuk mempengaruhi perubahan positif tanpa konfrontasi agresif. Ini adalah contoh berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah sosial (C5-Mengevaluasi).
2. Di sebuah kebun, ada 3 baris tanaman cabai. Setiap baris memiliki 15 tanaman. Petani ingin memindahkan semua tanaman cabai ke 5 pot besar dengan jumlah tanaman yang sama di setiap pot. Berapa banyak tanaman cabai yang akan ada di setiap pot?
- A. 3 tanaman
- B. 5 tanaman
- C. 9 tanaman
- D. 12 tanaman
- E. 15 tanaman
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. 9 tanaman
Pembahasan: Siswa harus menganalisis masalah ini dengan dua langkah: pertama menghitung total tanaman (3 baris x 15 tanaman = 45 tanaman), lalu membagi total tanaman dengan jumlah pot (45 tanaman / 5 pot = 9 tanaman per pot). Ini melibatkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah multi-langkah (C4-Menganalisis).
3. Sekolah 'Cerdas Bangsa' mengadakan kampanye hemat air. Mereka memasang poster di setiap kamar mandi yang bertuliskan 'Matikan Keran Setelah Digunakan'. Namun, setelah seminggu, penggunaan air di sekolah masih tinggi. Mengapa kampanye ini mungkin kurang efektif, dan apa solusi paling kreatif yang bisa diusulkan untuk meningkatkan efektivitasnya?
- A. Kampanye kurang efektif karena siswa tidak bisa membaca. Solusinya adalah melarang siswa menggunakan kamar mandi.
- B. Kampanye kurang efektif karena hanya berupa tulisan. Solusinya adalah menambahkan gambar ilustrasi anak yang mematikan keran dan mengadakan lomba membuat yel-yel hemat air.
- C. Kampanye kurang efektif karena air di sekolah memang banyak. Solusinya adalah tidak perlu berhemat air.
- D. Kampanye kurang efektif karena siswa lupa. Solusinya adalah menyuruh guru untuk menunggu di setiap kamar mandi.
- E. Kampanye kurang efektif karena hanya untuk anak-anak. Solusinya adalah hanya orang dewasa yang boleh berhemat air.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Kampanye kurang efektif karena hanya berupa tulisan. Solusinya adalah menambahkan gambar ilustrasi anak yang mematikan keran dan mengadakan lomba membuat yel-yel hemat air.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan analisis terhadap kelemahan kampanye (hanya teks) dan menawarkan solusi kreatif (gambar, lomba yel-yel) yang lebih menarik dan partisipatif bagi anak-anak SD, sehingga meningkatkan kemungkinan perubahan perilaku (C6-Mengkreasi).
4. Di desa 'Makmur Sejahtera', setiap musim hujan tiba, jalan desa selalu tergenang air dan berlumpur, sehingga sulit dilewati. Warga desa sudah berkali-kali membersihkan selokan, tetapi genangan tetap muncul. Setelah diteliti, ternyata ada banyak sampah plastik yang menyumbat saluran air di ujung desa. Jika kamu adalah kepala desa, strategi paling tepat apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini secara berkelanjutan?
- A. Memerintahkan warga untuk membersihkan selokan setiap hari tanpa henti.
- B. Membangun jalan baru yang lebih tinggi tanpa memedulikan saluran air.
- C. Mengadakan kerja bakti rutin untuk membersihkan selokan dan membuat program bank sampah agar warga termotivasi untuk tidak membuang sampah sembarangan.
- D. Membiarkan saja karena itu masalah alam.
- E. Meminta bantuan dari desa tetangga untuk membersihkan selokan di desa sendiri.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengadakan kerja bakti rutin untuk membersihkan selokan dan membuat program bank sampah agar warga termotivasi untuk tidak membuang sampah sembarangan.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis akar masalah (sampah menyumbat) dan mengevaluasi solusi yang tidak hanya membersihkan tetapi juga mencegah masalah berulang dengan melibatkan partisipasi masyarakat secara berkelanjutan melalui program bank sampah. Ini adalah pemikiran holistik dan strategis (C5-Mengevaluasi).
5. Seorang pedagang buah memiliki 24 buah apel dan 36 buah jeruk. Ia ingin membagi semua buah tersebut ke dalam beberapa keranjang sehingga setiap keranjang berisi jumlah apel dan jeruk yang sama banyak. Berapa jumlah keranjang terbanyak yang bisa ia siapkan?
- A. 4 keranjang
- B. 6 keranjang
- C. 8 keranjang
- D. 12 keranjang
- E. 18 keranjang
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. 12 keranjang
Pembahasan: Siswa perlu menganalisis masalah ini sebagai pencarian Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari 24 dan 36. FPB dari 24 dan 36 adalah 12. Ini menunjukkan kemampuan menganalisis masalah matematika dan menerapkan konsep yang tepat (C4-Menganalisis).
6. Lani ingin menanam bunga di halaman rumahnya. Ia memiliki dua jenis bibit bunga: mawar yang suka banyak sinar matahari dan anggrek yang suka tempat teduh. Lani hanya memiliki satu pot besar yang bisa diletakkan di bawah pohon mangga yang rindang. Jika Lani hanya bisa menanam satu jenis bunga di pot tersebut, bunga mana yang sebaiknya ia pilih dan mengapa?
- A. Mawar, karena bunga mawar lebih indah.
- B. Anggrek, karena potnya besar.
- C. Mawar, karena mawar akan tumbuh subur di bawah pohon mangga.
- D. Anggrek, karena anggrek akan tumbuh lebih baik di tempat teduh di bawah pohon mangga.
- E. Keduanya, karena mereka sama-sama bunga.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: D. Anggrek, karena anggrek akan tumbuh lebih baik di tempat teduh di bawah pohon mangga.
Pembahasan: Siswa harus menganalisis kebutuhan masing-masing tanaman dan mencocokkannya dengan kondisi lingkungan yang tersedia (tempat teduh). Ini melibatkan kemampuan menganalisis informasi dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan data (C4-Menganalisis).
7. Di sebuah hutan, terjadi kebakaran hebat. Banyak hewan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanannya. Jika kamu adalah petugas penyelamat hewan, tindakan mana yang harus diprioritaskan untuk menyelamatkan hewan-hewan tersebut?
- A. Membiarkan hewan-hewan mencari tempat tinggal baru sendiri.
- B. Segera mencari dan merawat hewan yang terluka serta menyediakan makanan dan air di tempat yang aman.
- C. Membangun rumah baru untuk hewan di tengah hutan yang terbakar.
- D. Mengumpulkan semua hewan dan memindahkannya ke kebun binatang.
- E. Menyalahkan manusia yang menyebabkan kebakaran.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Segera mencari dan merawat hewan yang terluka serta menyediakan makanan dan air di tempat yang aman.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan prioritas tindakan dalam situasi darurat, yaitu penyelamatan langsung dan penyediaan kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup. Ini adalah kemampuan mengevaluasi urgensi dan efektivitas tindakan (C5-Mengevaluasi).
8. Sebuah toko buku menjual 120 pensil dalam sehari. Jika harga satu pensil adalah Rp 2.500, berapa total pendapatan toko buku dari penjualan pensil dalam seminggu?
- A. Rp 300.000
- B. Rp 2.100.000
- C. Rp 3.000.000
- D. Rp 1.500.000
- E. Rp 2.500.000
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Rp 2.100.000
Pembahasan: Siswa harus melakukan beberapa langkah perhitungan: menghitung pendapatan harian (120 pensil x Rp 2.500 = Rp 300.000) lalu mengalikannya dengan jumlah hari dalam seminggu (Rp 300.000 x 7 hari = Rp 2.100.000). Ini menguji kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah matematika kompleks (C4-Menganalisis).
9. Di kelas 5 SD 'Harapan Bangsa', ada seorang siswa baru bernama Anton yang berasal dari daerah lain dan memiliki logat bicara yang berbeda. Beberapa teman mengejek Anton karena logatnya. Sebagai ketua kelas, tindakan apa yang paling bijaksana dan mencerminkan nilai Pancasila yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini?
- A. Memarahi teman-teman yang mengejek Anton.
- B. Meminta Anton untuk mengubah logat bicaranya.
- C. Mengajak teman-teman untuk memahami dan menghargai perbedaan logat Anton, menjelaskan bahwa perbedaan adalah kekayaan bangsa, serta mengajak Anton berbaur dalam kegiatan kelas.
- D. Diam saja karena itu bukan urusan ketua kelas.
- E. Melaporkan teman-teman yang mengejek ke guru tanpa mencoba menyelesaikan masalah terlebih dahulu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengajak teman-teman untuk memahami dan menghargai perbedaan logat Anton, menjelaskan bahwa perbedaan adalah kekayaan bangsa, serta mengajak Anton berbaur dalam kegiatan kelas.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengevaluasi solusi konflik sosial dan memilih tindakan yang paling sesuai dengan nilai-nilai Pancasila (persatuan Indonesia, kemanusiaan yang adil dan beradab) serta mempromosikan inklusi dan toleransi (C5-Mengevaluasi).
10. Sebuah keluarga berencana melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Mereka memiliki persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk 3 hari. Namun, tiba-tiba mereka harus memperpanjang perjalanan menjadi 5 hari. Jika mereka tidak bisa membeli persediaan tambahan di jalan, bagaimana cara paling efektif agar makanan dan minuman mereka cukup untuk 5 hari?
- A. Membuang sebagian makanan agar tidak terlalu berat.
- B. Makan dan minum lebih banyak di hari pertama.
- C. Mengurangi porsi makan dan minum setiap hari secara merata.
- D. Hanya makan dan minum di hari terakhir.
- E. Meminta makanan dari pengendara lain.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengurangi porsi makan dan minum setiap hari secara merata.
Pembahasan: Siswa harus menganalisis situasi keterbatasan sumber daya dan mengevaluasi strategi pengelolaan yang paling logis dan efektif untuk memastikan persediaan cukup hingga akhir perjalanan. Ini adalah pemecahan masalah praktis (C5-Mengevaluasi).
11. Di sebuah taman, terdapat 45 pohon bunga mawar. Setiap bunga mawar memiliki 5 kelopak. Jika 1/3 dari total bunga mawar tersebut layu, berapa banyak kelopak bunga mawar yang masih segar?
- A. 75 kelopak
- B. 150 kelopak
- C. 225 kelopak
- D. 125 kelopak
- E. 100 kelopak
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. 150 kelopak
Pembahasan: Siswa perlu menganalisis beberapa langkah: menghitung jumlah bunga yang layu (45 / 3 = 15 bunga), menghitung jumlah bunga yang masih segar (45 – 15 = 30 bunga), lalu menghitung total kelopak bunga segar (30 bunga x 5 kelopak = 150 kelopak). Ini menguji kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah multi-langkah (C4-Menganalisis).
12. Sebuah desa sering mengalami banjir bandang setiap musim hujan karena penggundulan hutan di daerah hulu. Warga desa berencana untuk menanam kembali pohon di daerah hulu. Selain menanam pohon, tindakan kreatif apa lagi yang bisa diusulkan untuk mengurangi risiko banjir secara jangka panjang?
- A. Membangun tanggul besar di sekitar desa.
- B. Memindahkan semua warga ke desa lain.
- C. Membuat biopori di setiap rumah dan mengedukasi warga tentang pentingnya tidak membuang sampah sembarangan agar saluran air tidak tersumbat.
- D. Meminta pemerintah untuk melarang hujan turun.
- E. Membiarkan saja dan berdoa agar tidak terjadi banjir.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Membuat biopori di setiap rumah dan mengedukasi warga tentang pentingnya tidak membuang sampah sembarangan agar saluran air tidak tersumbat.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan pemikiran kreatif yang komprehensif, tidak hanya mengatasi masalah dari hulu (penanaman pohon) tetapi juga dari hilir (biopori, edukasi sampah) untuk solusi yang lebih holistik dan berkelanjutan dalam mengurangi risiko banjir (C6-Mengkreasi).
13. Pada suatu hari yang panas, kamu melihat seekor kucing tergeletak lemas di tepi jalan. Kamu menduga kucing itu kehausan. Apa tindakan pertama yang paling tepat dan aman yang harus kamu lakukan?
- A. Langsung menggendong kucing itu untuk dibawa pulang.
- B. Memberikan makanan yang kamu punya.
- C. Mencoba memberikan air minum dengan hati-hati dan mengamati reaksinya.
- D. Mengabaikannya karena bukan kucingmu.
- E. Berteriak meminta bantuan orang dewasa dari kejauhan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mencoba memberikan air minum dengan hati-hati dan mengamati reaksinya.
Pembahasan: Pilihan C adalah tindakan yang paling tepat berdasarkan dugaan masalah (kehausan) dan dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan keamanan diri dan hewan. Ini menunjukkan kemampuan menganalisis situasi dan mengambil tindakan yang responsif dan bertanggung jawab (C4-Menganalisis).
14. Sekolahmu akan mengadakan pentas seni. Ada dua kelompok yang ingin tampil, yaitu kelompok tari tradisional dan kelompok musik modern. Keduanya memiliki waktu persiapan yang sama dan jumlah anggota yang hampir sama. Jika kamu adalah ketua panitia, bagaimana cara terbaik untuk memutuskan kelompok mana yang akan tampil agar semua merasa adil dan tidak ada yang kecewa?
- A. Memilih kelompok tari tradisional karena lebih mencerminkan budaya.
- B. Memilih kelompok musik modern karena lebih disukai anak muda.
- C. Mengadakan musyawarah dengan perwakilan kedua kelompok untuk mencari solusi terbaik, misalnya tampil bergantian atau menggabungkan penampilan.
- D. Mengundi siapa yang akan tampil.
- E. Membatalkan pentas seni.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengadakan musyawarah dengan perwakilan kedua kelompok untuk mencari solusi terbaik, misalnya tampil bergantian atau menggabungkan penampilan.
Pembahasan: Pilihan C adalah solusi yang paling adil dan demokratis, sesuai dengan nilai musyawarah dalam Pancasila. Ini melibatkan kemampuan mengevaluasi berbagai opsi dan menciptakan solusi yang kompromi dan inklusif (C5-Mengevaluasi, C6-Mengkreasi).
15. Sebuah resep kue membutuhkan 250 gram tepung terigu, 100 gram gula, dan 50 gram mentega untuk membuat 10 buah kue. Jika kamu ingin membuat 30 buah kue, berapa banyak tepung terigu yang kamu butuhkan?
- A. 250 gram
- B. 500 gram
- C. 750 gram
- D. 1000 gram
- E. 1250 gram
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. 750 gram
Pembahasan: Siswa harus menganalisis perbandingan jumlah kue yang ingin dibuat dengan resep asli (30 kue / 10 kue = 3 kali lipat). Kemudian mengalikan jumlah tepung terigu yang dibutuhkan dengan faktor perbandingan tersebut (250 gram x 3 = 750 gram). Ini adalah aplikasi perbandingan dan pemecahan masalah (C4-Menganalisis).
16. Di sebuah kota, terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi udara semakin parah. Pemerintah kota berencana untuk mengurangi polusi ini. Ide kreatif apa yang paling mungkin berhasil jika diterapkan oleh pemerintah kota?
- A. Melarang semua warga memiliki kendaraan pribadi.
- B. Meminta warga untuk tidak bernapas di luar rumah.
- C. Mengembangkan transportasi umum yang nyaman dan terjangkau, serta menggalakkan penggunaan sepeda dan jalan kaki.
- D. Menanam pohon di dalam rumah warga.
- E. Menutup semua pabrik di kota.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengembangkan transportasi umum yang nyaman dan terjangkau, serta menggalakkan penggunaan sepeda dan jalan kaki.
Pembahasan: Pilihan C adalah solusi kreatif dan berkelanjutan yang mengatasi akar masalah (ketergantungan pada kendaraan pribadi) dengan memberikan alternatif yang menarik dan ramah lingkungan. Ini menunjukkan kemampuan mengkreasi solusi inovatif (C6-Mengkreasi).
17. Bayu memiliki sebuah kotak berisi kelereng. 1/4 dari kelereng berwarna merah, 1/2 berwarna biru, dan sisanya berwarna hijau. Jika total kelereng merah ada 10 buah, berapa banyak kelereng hijau di dalam kotak?
- A. 5 buah
- B. 10 buah
- C. 15 buah
- D. 20 buah
- E. 40 buah
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. 10 buah
Pembahasan: Siswa harus menganalisis pecahan dan menghubungkannya dengan jumlah sebenarnya. Jika 1/4 kelereng = 10 buah, maka total kelereng adalah 40 buah (10 x 4). Kelereng biru adalah 1/2 dari 40, yaitu 20 buah. Sisanya adalah kelereng hijau: 40 – 10 (merah) – 20 (biru) = 10 buah. Ini adalah kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah pecahan (C4-Menganalisis).
18. Andi melihat seorang nenek kesulitan menyeberang jalan yang ramai. Nenek tersebut membawa banyak barang belanjaan. Apa yang sebaiknya Andi lakukan untuk membantu nenek tersebut, sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan?
- A. Menonton saja sambil menunggu nenek berhasil menyeberang.
- B. Berteriak menyuruh nenek cepat menyeberang.
- C. Menghampiri nenek, menawarkan bantuan untuk menyeberang sambil memegang tangannya atau membawakan sebagian barangnya.
- D. Memotret nenek dan mengunggahnya ke media sosial.
- E. Memanggil polisi untuk membantu nenek.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menghampiri nenek, menawarkan bantuan untuk menyeberang sambil memegang tangannya atau membawakan sebagian barangnya.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan empati, inisiatif, dan tindakan nyata yang mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan dan tolong-menolong. Ini adalah kemampuan mengevaluasi situasi sosial dan bertindak sesuai etika (C5-Mengevaluasi).
19. Jika kamu memiliki 3 buah kotak pensil. Kotak pertama berisi 12 pensil, kotak kedua berisi 8 pensil, dan kotak ketiga berisi 16 pensil. Kamu ingin memindahkan pensil-pensil tersebut agar setiap kotak memiliki jumlah pensil yang sama banyak. Berapa pensil yang harus kamu pindahkan dari kotak ketiga ke kotak lain agar semua kotak sama banyak?
- A. 2 pensil
- B. 4 pensil
- C. 6 pensil
- D. 8 pensil
- E. 10 pensil
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. 4 pensil
Pembahasan: Siswa harus menganalisis masalah ini dengan dua langkah: pertama menghitung total pensil (12 + 8 + 16 = 36 pensil), lalu membagi total pensil dengan jumlah kotak (36 pensil / 3 kotak = 12 pensil per kotak). Kemudian, tentukan berapa yang harus dipindahkan dari kotak ketiga (16 – 12 = 4 pensil). Ini adalah kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah keseimbangan (C4-Menganalisis).
20. Sebuah desa ingin membangun jembatan baru untuk memudahkan akses warga. Namun, ada dua lokasi yang diusulkan: Lokasi A lebih dekat ke pusat desa tetapi tanahnya kurang stabil, sedangkan Lokasi B agak jauh tetapi tanahnya lebih kokoh dan biayanya sedikit lebih mahal. Jika kamu adalah ketua tim pembangunan, lokasi mana yang akan kamu pilih dan mengapa?
- A. Lokasi A, karena lebih dekat meskipun tanahnya kurang stabil.
- B. Lokasi B, karena meskipun agak jauh dan sedikit lebih mahal, keamanan dan ketahanan jembatan lebih terjamin untuk jangka panjang.
- C. Tidak membangun jembatan sama sekali.
- D. Membangun jembatan di kedua lokasi.
- E. Memilih lokasi secara acak.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Lokasi B, karena meskipun agak jauh dan sedikit lebih mahal, keamanan dan ketahanan jembatan lebih terjamin untuk jangka panjang.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan kemampuan mengevaluasi dua opsi berdasarkan kriteria penting (keamanan, ketahanan jangka panjang) meskipun ada konsekuensi (jarak, biaya). Ini adalah pengambilan keputusan yang bijaksana dan bertanggung jawab (C5-Mengevaluasi).
B. Isian Singkat
1. Jelaskan satu cara kreatif yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengurangi sampah plastik yang menumpuk, selain dengan membuangnya ke tempat sampah.
Jawaban: Menggunakan kembali botol plastik bekas sebagai pot tanaman, membuat kerajinan dari kemasan plastik, atau membawa tas belanja sendiri dari rumah saat berbelanja.
2. Sebuah kelas memiliki 30 siswa. Jika 2/5 dari siswa tersebut adalah laki-laki, berapa jumlah siswa perempuan di kelas itu?
Jawaban: 18 siswa perempuan. (2/5 dari 30 = 12 laki-laki, jadi 30 – 12 = 18 perempuan).
3. Di lingkungan tempat tinggalmu, sering terjadi pemadaman listrik. Tuliskan satu usulan tindakan nyata yang bisa dilakukan warga secara bersama-sama untuk menghemat listrik dan mengurangi beban penggunaan.
Jawaban: Mengadakan kampanye hemat listrik di lingkungan, mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak digunakan, atau menggunakan lampu hemat energi secara serentak.
4. Kamu melihat temanmu menyontek saat ujian. Apa yang akan kamu lakukan untuk membantu temanmu tanpa merugikan dirimu sendiri atau teman lain?
Jawaban: Mengingatkan teman secara pribadi setelah ujian bahwa menyontek itu tidak jujur dan merugikan diri sendiri, serta menawarkan bantuan belajar untuk ujian berikutnya.
5. Jika kamu menemukan dompet berisi uang dan kartu identitas di jalan, apa langkah pertama yang paling bertanggung jawab yang harus kamu lakukan?
Jawaban: Mencari alamat pemilik dari kartu identitas atau menyerahkan dompet tersebut ke pos polisi atau kantor keamanan terdekat.
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah seorang pemimpin proyek kecil di sekolah untuk membuat taman baca. Jelaskan langkah-langkah yang akan kamu lakukan mulai dari perencanaan, penggalangan dana, hingga pelaksanaan, agar taman baca tersebut bisa terwujud dan bermanfaat bagi banyak siswa. Sertakan tantangan yang mungkin kamu hadapi dan bagaimana kamu mengatasinya.
Contoh Jawaban: Sebagai pemimpin proyek taman baca, langkah pertama adalah 'Perencanaan'. Saya akan mengadakan pertemuan dengan beberapa teman untuk mendiskusikan ide, membuat daftar buku yang dibutuhkan, dan mendesain tata letak taman baca. Selanjutnya adalah 'Penggalangan Dana'. Kami bisa membuat proposal untuk diajukan ke kepala sekolah, orang tua siswa, atau mengadakan acara bazar kecil di sekolah. 'Pelaksanaan' meliputi membeli buku, menyiapkan tempat (misalnya mengecat dinding, menata rak buku, menanam beberapa tanaman hias), dan mempromosikan taman baca kepada seluruh siswa. Tantangan yang mungkin muncul adalah kurangnya dana atau partisipasi. Untuk mengatasinya, saya akan mencari sponsor tambahan, mengajak lebih banyak teman untuk bergabung, dan mengadakan kegiatan menarik di taman baca agar siswa tertarik berkunjung.
2. Di kota tempat tinggalmu, jumlah kendaraan bermotor semakin banyak, menyebabkan kemacetan dan polusi udara. Jika kamu adalah seorang penemu cilik, ide transportasi masa depan seperti apa yang akan kamu ciptakan untuk mengatasi masalah ini? Jelaskan cara kerjanya dan apa keunggulannya dibandingkan kendaraan yang ada sekarang.
Contoh Jawaban: Jika saya penemu cilik, saya akan menciptakan 'Bus Terbang Tenaga Surya'. Cara kerjanya adalah bus ini tidak berjalan di darat, melainkan terbang di atas jalan menggunakan baling-baling bertenaga surya yang terpasang di atapnya. Energi matahari akan mengisi baterai bus sepanjang hari. Keunggulannya adalah tidak menyebabkan kemacetan karena tidak menggunakan jalan raya, tidak menimbulkan polusi udara karena menggunakan energi bersih matahari, dan bisa mengangkut banyak orang sehingga lebih efisien daripada mobil pribadi. Bus ini juga dilengkapi sensor untuk menghindari tabrakan di udara.
3. Sekolahmu berencana mengadakan kegiatan 'Hari Tanpa Sampah Plastik' setiap hari Jumat. Menurutmu, mengapa kegiatan ini penting dan bagaimana cara paling efektif untuk memastikan semua warga sekolah (siswa, guru, staf) benar-benar ikut serta dan kegiatan ini berjalan sukses secara berkelanjutan?
Contoh Jawaban: Kegiatan 'Hari Tanpa Sampah Plastik' sangat penting karena sampah plastik sulit terurai dan merusak lingkungan. Ini juga melatih kita untuk lebih peduli bumi. Agar sukses dan berkelanjutan, pertama, 'Edukasi Menyeluruh': adakan sosialisasi tentang bahaya plastik dan manfaat kegiatan ini kepada semua warga sekolah. Kedua, 'Contoh dari Pimpinan': guru dan kepala sekolah harus menjadi contoh dengan tidak membawa plastik. Ketiga, 'Fasilitas Pendukung': sediakan tempat sampah terpilah dan galon air minum agar siswa bisa mengisi ulang botol minumnya. Keempat, 'Inovasi': adakan lomba kreasi dari sampah non-plastik atau penghargaan bagi kelas paling sedikit sampah plastiknya. Ini akan memotivasi partisipasi dan menumbuhkan kebiasaan baik.
4. Jelaskan bagaimana nilai 'Persatuan Indonesia' dalam Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolahmu, terutama saat menghadapi perbedaan pendapat atau konflik antar teman. Berikan contoh konkret.
Contoh Jawaban: Nilai 'Persatuan Indonesia' berarti kita harus menjaga kerukunan, menghargai perbedaan, dan menyelesaikan masalah bersama demi kebaikan bersama. Di sekolah, saat ada perbedaan pendapat tentang kegiatan kelas, misalnya memilih tema pentas seni, daripada berdebat dan terpecah, kita bisa menerapkan persatuan dengan 'Musyawarah'. Contoh konkretnya, jika ada dua kelompok ingin tema berbeda, ketua kelas bisa mengumpulkan perwakilan kedua kelompok, mendengarkan alasan masing-masing, lalu mencari jalan tengah atau menggabungkan ide yang bisa diterima semua. Intinya, mencari solusi yang tidak merugikan satu pihak dan mengutamakan kebersamaan, bukan memaksakan kehendak.
5. Di halaman belakang rumahmu, kamu menemukan sebuah area tanah kosong yang cukup luas. Rencanakan sebuah proyek 'kebun mini' yang bisa kamu buat di sana. Jelaskan jenis tanaman apa yang akan kamu tanam, mengapa memilih tanaman tersebut, dan bagaimana cara kamu merawatnya agar kebun minimu berhasil dan menghasilkan.
Contoh Jawaban: Saya akan membuat 'kebun mini sayuran' di tanah kosong itu. Saya akan menanam bayam, kangkung, dan tomat. Saya memilih sayuran ini karena mudah tumbuh di iklim Indonesia, cepat panen, dan bisa langsung dimakan atau dijual. Cara merawatnya: pertama, 'Menyiapkan Tanah': menggemburkan tanah dan memberinya pupuk kompos. Kedua, 'Menanam Bibit': menanam bibit sayuran dengan jarak yang cukup. Ketiga, 'Penyiraman Rutin': menyiram setiap pagi dan sore. Keempat, 'Penyiangan Gulma': membersihkan rumput liar agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Kelima, 'Pemberian Pupuk': memberikan pupuk organik secara berkala. Dengan perawatan ini, kebun mini saya pasti berhasil dan menghasilkan sayuran segar.
D. Mencocokkan
Set 1. Cocokkan masalah di kolom kiri dengan solusi paling efektif di kolom kanan.
| Genangan air di jalan saat hujan karena selokan tersumbat. | => | Mengadakan kerja bakti membersihkan selokan dan membuat program bank sampah. |
| Banyak siswa membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah. | => | Menyediakan tempat sampah terpilah dan mengadakan lomba kebersihan kelas. |
| Sering terjadi pemadaman listrik di rumah. | => | Menggunakan lampu hemat energi dan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan. |
| Teman kesulitan memahami pelajaran matematika. | => | Menawarkan bantuan untuk belajar bersama dan menjelaskan materi dengan cara yang berbeda. |
| Udara di sekitar rumah terasa panas dan pengap. | => | Menanam lebih banyak pohon dan tanaman di halaman rumah. |
Set 2. Cocokkan situasi di kolom kiri dengan tindakan yang mencerminkan nilai HOTS di kolom kanan.
| Melihat seorang kakek kesulitan membawa barang belanjaan berat. | => | Menghampiri dan menawarkan bantuan untuk membawakan barangnya. |
| Mengamati tanaman di pot layu meskipun sudah disiram. | => | Menganalisis apakah tanaman tersebut kekurangan sinar matahari atau terlalu banyak air. |
| Di kelas ada konflik karena perbedaan pendapat tentang tugas kelompok. | => | Mengajak semua anggota kelompok berdiskusi untuk mencari solusi terbaik yang disepakati bersama. |
| Mencoba membuat layang-layang sendiri tetapi tidak bisa terbang. | => | Mengevaluasi desain layang-layang, bahan yang digunakan, dan cara meluncurkannya. |
| Mendapatkan tugas membuat cerita fantasi yang menarik. | => | Menciptakan tokoh, latar, dan alur cerita yang unik dan belum pernah ada. |