
Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Inggris di kelas 11 SMA semester 2 merupakan tahapan krusial bagi setiap siswa. Persiapan yang matang adalah kunci utama untuk meraih nilai memuaskan dan mengukur pemahaman materi yang telah diajarkan. Artikel ini hadir sebagai solusi dengan menyajikan kumpulan contoh soal UAS Bahasa Inggris kelas 11 SMA semester 2 yang komprehensif dan terstruktur. Soal-soal ini dirancang khusus untuk mencakup berbagai topik penting seperti grammar (tenses, conditionals, passive voice), reading comprehension (analytical exposition, hortatory exposition, cause and effect), vocabulary, serta pemahaman akan teks fungsional dan monolog. Dengan berlatih secara rutin menggunakan contoh soal ini, siswa tidak hanya akan terbiasa dengan format ujian, tetapi juga dapat mengidentifikasi area kelemahan dan memperkuatnya. Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kepercayaan diri, mengulang materi secara efektif, dan memastikan Anda siap menghadapi UAS sesungguhnya. Raih nilai terbaik Anda dengan persiapan maksimal!
Latihan Soal Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 11 SMA Semester 2
1. If I had a lot of money, I ____ around the world.
- A. will travel
- B. would travel
- C. travel
- D. traveled
2. The new bridge ____ next year.
- A. will be built
- B. is built
- C. built
- D. has been built
3. “I am studying English now,” she said. She said that she ____ English then.
- A. was studying
- B. is studying
- C. studied
- D. had studied
4. They ____ in Jakarta for ten years.
- A. live
- B. lived
- C. have lived
- D. are living
5. Tujuan utama teks analytical exposition adalah untuk ____.
- A. membujuk pembaca
- B. menghibur pembaca
- C. menyajikan pandangan penulis tentang suatu isu
- D. menceritakan pengalaman
6. Bagian mana dari hortatory exposition yang berisi ajakan atau saran?
- A. Thesis
- B. Arguments
- C. Reiteration
- D. Conclusion
7. Which of the following words is NOT a cause and effect connector?
- A. because
- B. as a result
- C. therefore
- D. although
8. I don’t know ____ he will come or not.
- A. that
- B. if
- C. what
- D. which
9. The man ____ helped me was very kind.
- A. whom
- B. whose
- C. which
- D. who
10. The word “crucial” in “Preparation is crucial for success” is closest in meaning to ____.
- A. unimportant
- B. vital
- C. optional
- D. simple
11. If I had known about the party, I ____.
- A. would come
- B. would have come
- C. will come
- D. came
12. The work ____ by tomorrow.
- A. must finish
- B. must be finished
- C. must have finished
- D. finished
13. “Where do you live?” he asked. He asked me ____.
- A. where I lived
- B. where do I live
- C. where I live
- D. where did I live
14. By the time I arrived, she ____ already ____.
- A. had / left
- B. has / left
- C. was / leaving
- D. is / leaving
15. Struktur generik teks analytical exposition adalah ____.
- A. Orientation – Complication – Resolution
- B. Thesis – Arguments – Reiteration
- C. Thesis – Arguments – Recommendation
- D. Goal – Steps
16. Bagian thesis dalam hortatory exposition biasanya berisi ____.
- A. pandangan umum penulis tentang masalah
- B. bukti-bukti pendukung
- C. ajakan untuk bertindak
- D. solusi dari masalah
17. He failed the exam ____ he didn’t study hard enough.
- A. due to
- B. because
- C. as a result
- D. therefore
18. ____ he said was completely true.
- A. That
- B. What
- C. Which
- D. How
19. I met a girl ____ brother is a famous artist.
- A. who
- B. whom
- C. whose
- D. which
20. The government launched a new “initiative” to promote tourism. The word “initiative” means ____.
- A. problem
- B. plan
- C. obstacle
- D. criticism
21. Jelaskan perbedaan utama antara teks analytical exposition dan hortatory exposition!
22. Berikan satu contoh kalimat conditional sentence type 1 dan jelaskan maknanya!
23. Ubahlah kalimat aktif berikut menjadi kalimat pasif: “The students are cleaning the classroom.”
24. Apa fungsi dari noun clause? Berikan satu contoh kalimatnya!
25. Sebutkan tiga konjungsi yang umum digunakan untuk menyatakan hubungan sebab-akibat (cause and effect)!
26. Tuliskan sebuah teks analytical exposition singkat (3-4 kalimat) tentang pentingnya membaca buku!
27. Jelaskan bagaimana cara menggunakan reported speech dengan benar, berikan contoh untuk pernyataan (statement) dan pertanyaan (question)!
28. Jelaskan ketiga tipe conditional sentences, termasuk struktur dan penggunaannya!
29. Analisis struktur generik teks hortatory exposition dan jelaskan setiap bagiannya!
30. Diskusikan peran relative clauses dalam membuat kalimat lebih presisi dan informatif. Berikan dua contoh!
31. Jodohkan istilah tata bahasa berikut dengan definisinya yang tepat!
Cocokkan data berikut:
- Conditional Sentence — Kalimat yang menyatakan sebab-akibat hipotetis
- Passive Voice — Struktur kalimat di mana subjek menerima tindakan
- Reported Speech — Cara melaporkan perkataan orang lain secara tidak langsung
- Analytical Exposition — Teks yang menyajikan argumen untuk meyakinkan pembaca tentang suatu isu
- Hortatory Exposition — Teks yang bertujuan meyakinkan dan mengajak pembaca untuk bertindak
32. Jodohkan bagian dari teks exposition dengan fungsinya!
Cocokkan data berikut:
- Thesis — Pernyataan posisi atau pandangan penulis
- Arguments — Bukti atau alasan pendukung pandangan penulis
- Recommendation — Ajakan atau saran untuk bertindak
- Cause — Alasan terjadinya suatu peristiwa
- Effect — Akibat dari suatu peristiwa
Kunci Jawaban dan Pembahasan
No. 1 (Multiple Choice)
B. would travel
No. 2 (Multiple Choice)
A. will be built
No. 3 (Multiple Choice)
A. was studying
No. 4 (Multiple Choice)
C. have lived
No. 5 (Multiple Choice)
C. menyajikan pandangan penulis tentang suatu isu
No. 6 (Multiple Choice)
C. Reiteration
No. 7 (Multiple Choice)
D. although
No. 8 (Multiple Choice)
B. if
No. 9 (Multiple Choice)
D. who
No. 10 (Multiple Choice)
B. vital
No. 11 (Multiple Choice)
B. would have come
No. 12 (Multiple Choice)
B. must be finished
No. 13 (Multiple Choice)
A. where I lived
No. 14 (Multiple Choice)
A. had / left
No. 15 (Multiple Choice)
B. Thesis – Arguments – Reiteration
No. 16 (Multiple Choice)
A. pandangan umum penulis tentang masalah
No. 17 (Multiple Choice)
B. because
No. 18 (Multiple Choice)
B. What
No. 19 (Multiple Choice)
C. whose
No. 20 (Multiple Choice)
B. plan
No. 21 (Short Answer)
Teks analytical exposition bertujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa suatu isu penting untuk diperhatikan dengan menyajikan argumen-argumen yang mendukung pandangan penulis. Sementara itu, hortatory exposition tidak hanya meyakinkan, tetapi juga mengajak pembaca untuk melakukan tindakan tertentu atau mengadopsi pandangan penulis.
No. 22 (Short Answer)
Contoh: “If it rains, I will stay at home.” Maknanya adalah kondisi ini (hujan) mungkin terjadi di masa depan, dan jika terjadi, konsekuensinya (tinggal di rumah) juga akan terjadi.
No. 23 (Short Answer)
“The classroom is being cleaned by the students.”
No. 24 (Short Answer)
Noun clause berfungsi sebagai kata benda dalam sebuah kalimat. Ia bisa menjadi subjek, objek, atau pelengkap. Contoh: “What he said surprised everyone.” (Sebagai subjek)
No. 25 (Short Answer)
Because, since, as, due to, owing to, therefore, consequently, as a result.
No. 26 (Essay)
Reading books is undoubtedly crucial for personal development. Firstly, it broadens our knowledge and understanding of various subjects, enabling us to learn new things every day. Secondly, reading enhances critical thinking skills as we analyze arguments and evaluate information presented in texts. Therefore, making reading a regular habit is highly beneficial for intellectual growth and overall well-being.
No. 27 (Essay)
Reported speech (kalimat tidak langsung) digunakan untuk melaporkan apa yang dikatakan seseorang tanpa mengulang kata-kata aslinya. Perubahan meliputi tense (mundur satu tingkat), pronoun, dan kata keterangan waktu/tempat. Contoh Statement: Direct: “I am happy.” Reported: “He said that he was happy.” Contoh Question: Direct: “Are you coming?” Reported: “She asked if I was coming.” Direct: “Where do you live?” Reported: “He asked where I lived.”
No. 28 (Essay)
Type 1 (Real Conditional): Menggambarkan situasi yang mungkin terjadi di masa depan. Struktur: If + Simple Present, Simple Future (will + V1). Contoh: “If it rains, I will bring an umbrella.” Type 2 (Unreal Present/Future Conditional): Menggambarkan situasi hipotetis atau tidak mungkin terjadi di masa sekarang/masa depan. Struktur: If + Simple Past, would + V1. Contoh: “If I had a car, I would drive to work.” Type 3 (Unreal Past Conditional): Menggambarkan situasi hipotetis di masa lalu yang tidak terjadi, seringkali mengungkapkan penyesalan. Struktur: If + Past Perfect, would have + V3. Contoh: “If I had studied harder, I would have passed the exam.”
No. 29 (Essay)
Struktur generik hortatory exposition terdiri dari: Thesis: Berisi pandangan penulis mengenai suatu isu yang ingin diangkat, biasanya disampaikan di awal teks. Ini adalah pernyataan posisi penulis. Arguments: Bagian ini berisi serangkaian argumen atau alasan yang mendukung thesis penulis. Setiap argumen harus didukung oleh bukti atau penjelasan yang logis. Recommendation/Reiteration: Bagian akhir yang berisi ajakan, saran, atau rekomendasi kepada pembaca untuk melakukan tindakan tertentu atau mengadopsi pandangan penulis. Ini adalah penegasan kembali posisi penulis dengan dorongan untuk bertindak.
No. 30 (Essay)
Relative clauses (klausa relatif) berperan penting dalam memberikan informasi tambahan tentang kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) dalam sebuah kalimat, sehingga membuat kalimat menjadi lebih presisi, jelas, dan informatif tanpa perlu membuat kalimat baru. Mereka menghubungkan dua gagasan menjadi satu kalimat yang lebih kompleks dan padat makna. Contoh 1: “The student who won the competition is very smart.” (Menjelaskan siswa yang mana) Contoh 2: “I read a book which was written by Andrea Hirata.” (Menjelaskan buku yang mana)
No. 31 (Matching)
Jodohkan istilah tata bahasa di kolom kiri dengan definisi yang tepat di kolom kanan. Conditional Sentence = Kalimat yang menyatakan sebab-akibat hipotetis; Passive Voice = Struktur kalimat di mana subjek menerima tindakan; Reported Speech = Cara melaporkan perkataan orang lain secara tidak langsung; Analytical Exposition = Teks yang menyajikan argumen untuk meyakinkan pembaca tentang suatu isu; Hortatory Exposition = Teks yang bertujuan meyakinkan dan mengajak pembaca untuk bertindak.
No. 32 (Matching)
Jodohkan bagian dari teks exposition di kolom kiri dengan fungsinya yang sesuai di kolom kanan. Thesis = Pernyataan posisi atau pandangan penulis; Arguments = Bukti atau alasan pendukung pandangan penulis; Recommendation = Ajakan atau saran untuk bertindak; Cause = Alasan terjadinya suatu peristiwa; Effect = Akibat dari suatu peristiwa.