contoh soal matematika
contoh soal matematika

Contoh Soal Matematika Smp Untuk Olimpiade

Posted on

Apakah Anda seorang siswa SMP yang siap menguji kemampuan matematika Anda ke level selanjutnya? Atau mungkin Anda adalah orang tua/guru yang mencari materi berkualitas untuk membimbing calon juara olimpiade? Artikel ini adalah sumber yang tepat untuk Anda! Kami menyajikan kumpulan contoh soal matematika SMP untuk olimpiade yang dirancang khusus untuk menantang dan mengembangkan pola pikir analitis. Berbeda dengan soal-soal pelajaran biasa, soal-soal olimpiade menuntut pemahaman konsep yang mendalam, kreativitas dalam pemecahan masalah, serta kemampuan berpikir logis dan strategis.

Fokus pembelajaran dalam latihan soal ini mencakup berbagai tema kunci yang sering muncul dalam kompetisi matematika tingkat SMP, seperti teori bilangan (keterbagian, faktorisasi, modulo), aljabar (persamaan dan pertidaksamaan non-standar, sistem persamaan), geometri (bangun datar dan ruang, kesebangunan, kekongruenan, teorema khusus), serta kombinatorika (prinsip dasar pencacahan, peluang sederhana). Setiap soal dirancang untuk mendorong Anda berpikir di luar kotak, menganalisis masalah dari berbagai sudut pandang, dan menemukan solusi yang elegan.

Tujuan utama dari latihan soal ini bukan hanya untuk menghafal rumus, melainkan untuk membangun fondasi pemecahan masalah yang kuat. Dengan rutin berlatih contoh soal matematika SMP untuk olimpiade ini, Anda akan terlatih untuk menghadapi tekanan kompetisi, meningkatkan ketelitian, dan yang terpenting, menumbuhkan kecintaan terhadap matematika sebagai sebuah disiplin ilmu yang menarik dan penuh tantangan. Siapkan diri Anda untuk mengasah otak, menaklukkan setiap soal, dan meraih prestasi terbaik di ajang olimpiade matematika!


Berikut adalah 30 contoh soal matematika tingkat SMP untuk olimpiade, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, dan 5 soal uraian, lengkap dengan kunci jawabannya.

## Soal Pilihan Ganda

1. Jika `a` dan `b` adalah bilangan bulat positif sehingga `a + b = 20` dan `a * b` adalah maksimal, maka nilai dari `|a – b|` adalah…
a. 0
b. 1
c. 2
d. 3
Jawaban: a

2. Berapa banyak faktor positif dari 2024?
a. 8
b. 12
c. 16
d. 20
Jawaban: c

3. Sebuah bilangan bulat `N` dibagi 5 bersisa 3, dan dibagi 7 bersisa 5. Sisa `N` jika dibagi 35 adalah…
a. 2
b. 3
c. 18
d. 28
Jawaban: d

4. Jika `x + 1/x = 3`, maka nilai dari `x² + 1/x²` adalah…
a. 5
b. 7
c. 9
d. 11
Jawaban: b

5. Diketahui `f(x) = ax + b`. Jika `f(2) = 7` dan `f(4) = 13`, maka nilai `f(5)` adalah…
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
Jawaban: b

6. Dua buah bilangan prima memiliki selisih 2. Jika hasil kali kedua bilangan tersebut adalah 143, maka jumlah kedua bilangan tersebut adalah…
a. 20
b. 22
c. 24
d. 26
Jawaban: c

7. Jika `2³ × 3² × 5¹ = K`, maka `K / (12 × 15)` adalah…
a. 2
b. 3
c. 5
d. 6
Jawaban: a

8. Dalam sebuah pesta, setiap orang berjabat tangan dengan setiap orang lainnya tepat satu kali. Jika terjadi 66 jabat tangan, berapa banyak orang yang menghadiri pesta tersebut?
a. 10
b. 11
c. 12
d. 13
Jawaban: c

9. Sebuah segitiga memiliki panjang sisi 8 cm, 15 cm, dan 17 cm. Luas segitiga tersebut adalah…
a. 30 cm²
b. 60 cm²
c. 90 cm²
d. 120 cm²
Jawaban: b

10. Sebuah kubus memiliki volume 64 cm³. Jika semua sisinya diperbesar 2 kali lipat, maka volume kubus yang baru adalah…
a. 128 cm³
b. 256 cm³
c. 512 cm³
d. 1024 cm³
Jawaban: c

11. Jika `3^(x+1) = 81`, maka nilai `x` adalah…
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban: b

12. Urutan pecahan dari yang terkecil hingga terbesar untuk `1/2, 2/3, 3/5` adalah…
a. `1/2, 3/5, 2/3`
b. `3/5, 1/2, 2/3`
c. `1/2, 2/3, 3/5`
d. `2/3, 3/5, 1/2`
Jawaban: a

13. Berapakah sisa pembagian `7^2024` oleh 5?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban: a

14. Tiga buah bilangan genap berurutan berjumlah 72. Bilangan genap terbesar adalah…
a. 22
b. 24
c. 26
d. 28
Jawaban: c

15. Dalam suatu kelas, 60% siswa laki-laki dan 40% siswa perempuan. Jika 25% siswa laki-laki memakai kacamata dan 50% siswa perempuan memakai kacamata, persentase seluruh siswa yang memakai kacamata adalah…
a. 30%
b. 35%
c. 40%
d. 75%
Jawaban: b

16. Sebuah lingkaran memiliki keliling 44 cm. Luas lingkaran tersebut adalah (gunakan `π = 22/7`)…
a. 77 cm²
b. 154 cm²
c. 308 cm²
d. 616 cm²
Jawaban: b

17. Jika `(2a + 3b) / (a + b) = 4`, maka nilai `a / b` adalah…
a. 1/2
b. 1
c. 3/2
d. 2
Jawaban: b

18. Jumlah digit-digit dari bilangan `10²⁰²⁴ – 2024` adalah…
a. 18206
b. 18215
c. 18224
d. 18233
Jawaban: d

19. Jika `x` adalah bilangan prima, dan `x² + 4x + 4` adalah bilangan kuadrat sempurna, maka nilai `x` adalah…
a. 2
b. 3
c. 5
d. 7
Jawaban: Tidak ada jawaban yang tepat. `x² + 4x + 4 = (x+2)²` yang sudah pasti kuadrat sempurna. Pertanyaan mungkin bermaksud `x² + 4x + 4` adalah bilangan prima atau memiliki sifat tertentu lainnya. Jika pertanyaan adalah “Jika `x` adalah bilangan prima, maka `x² + 4x + 4` adalah…” maka semua nilai `x` akan membuat ekspresi tersebut kuadrat sempurna. Mengasumsikan ada kesalahan dalam soal dan maksudnya mencari `x` sehingga `x² + 4x + 4` adalah bilangan tertentu, misalnya `k²` untuk `k` bilangan prima. Jika demikian, `(x+2)²` adalah bilangan prima kuadrat. Ini hanya mungkin jika `x+2` adalah bilangan prima.
Mari kita coba menafsirkan ulang: mungkin maksudnya `x² + 4x + 4` adalah bilangan *kuadrat dari bilangan prima lain* atau *kuadrat dari bilangan prima itu sendiri*.
Jika `x` prima, `(x+2)²`. `x+2` tidak selalu prima.
Contoh: `x=3`, `(3+2)² = 5² = 25`. `25` bukan prima.
Jika `x=2`, `(2+2)² = 4² = 16`. `16` bukan prima.
Sebuah bilangan kuadrat sempurna tidak akan pernah menjadi bilangan prima kecuali 1, yang bukan prima.
Jadi, soal ini memiliki ambiguitas atau tidak memiliki jawaban yang masuk akal berdasarkan pilihan yang ada dan pengertian bilangan prima.
Revisi Soal 19 (untuk memastikan ada jawaban):
19. Jika `x` adalah bilangan bulat positif, dan `x² + 4x + 4` adalah bilangan kuadrat dari sebuah bilangan prima, maka nilai `x` adalah…
a. 1
b. 3
c. 5
d. 7
Jawaban (dengan revisi soal): b.
Penjelasan: `x² + 4x + 4 = (x+2)²`. Jika `(x+2)²` adalah kuadrat dari sebuah bilangan prima `p`, maka `(x+2)² = p²`, sehingga `x+2 = p`.
Kita mencari `x` sehingga `x+2` adalah bilangan prima.
a. Jika `x=1`, maka `x+2 = 3` (prima). Maka `(1+2)² = 3² = 9`. 9 adalah kuadrat dari bilangan prima (3).
b. Jika `x=3`, maka `x+2 = 5` (prima). Maka `(3+2)² = 5² = 25`. 25 adalah kuadrat dari bilangan prima (5).
c. Jika `x=5`, maka `x+2 = 7` (prima). Maka `(5+2)² = 7² = 49`. 49 adalah kuadrat dari bilangan prima (7).
d. Jika `x=7`, maka `x+2 = 9` (bukan prima).
Pilihan ganda meminta satu jawaban. Jika `x` adalah bilangan bulat positif, ada beberapa kemungkinan. Jika `x` juga prima, maka:
Jika `x=2`, `x+2=4` (bukan prima).
Jika `x=3`, `x+2=5` (prima). Jadi `(3+2)² = 25`, yang merupakan kuadrat dari bilangan prima 5.
Jika `x=5`, `x+2=7` (prima). Jadi `(5+2)² = 49`, yang merupakan kuadrat dari bilangan prima 7.
Jika `x=7`, `x+2=9` (bukan prima).
Karena ada lebih dari satu jawaban jika `x` juga prima (3 dan 5), mari kita revisi lagi agar lebih spesifik.
Revisi Soal 19 (agar lebih menantang dan unik):
19. Jika `x` adalah bilangan prima, dan `x² + 4x + 4` adalah kuadrat dari bilangan prima lain (bukan `x`), maka nilai `x` adalah…
a. 2
b. 3
c. 5
d. 7
Jawaban (dengan revisi soal): b
Penjelasan: `x² + 4x + 4 = (x+2)²`. Kita ingin `x+2 = p` di mana `p` adalah bilangan prima dan `p ≠ x`.
Jika `x=2`, maka `x+2=4`. 4 bukan prima.
Jika `x=3`, maka `x+2=5`. 5 adalah prima, dan `5 ≠ 3`. Jadi `x=3` adalah jawaban yang memenuhi.
Jika `x=5`, maka `x+2=7`. 7 adalah prima, dan `7 ≠ 5`. Ini juga memenuhi!
Okay, jika demikian, pilihan ganda akan memiliki lebih dari satu jawaban.
Mari kita asumsikan soal aslinya adalah “kuadrat sempurna” dan `x` adalah bilangan prima yang membuat *seluruh ekspresi menjadi bilangan prima*. Ini mustahil karena `(x+2)²` hanya prima jika `x+2=1`, yang membuat `x=-1` (bukan prima).

Final Revisi Soal 19 (untuk memastikan satu jawaban unik dan relevan olimpiade):
19. Jika `x` adalah bilangan bulat positif, dan `x² + 4x + 4` adalah kuadrat dari bilangan prima terkecil, maka nilai `x` adalah…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban: b
Penjelasan: `x² + 4x + 4 = (x+2)²`. Bilangan prima terkecil adalah 2. Kuadrat dari bilangan prima terkecil adalah `2² = 4`.
Jadi, kita ingin `(x+2)² = 4`.
`x+2 = 2` (karena `x` positif, `x+2` juga positif).
`x = 0`. Ini tidak sesuai dengan “bilangan bulat positif”.
Oke, saya harus lebih hati-hati dengan soal ini. Sepertinya contoh soal ini menuntut pemikiran mendalam tentang sifat bilangan, yang bagus untuk olimpiade.
Mari kita buat soal yang lebih standar untuk olimpiade SMP.

19. Sebuah jam menunjukkan pukul 04.30. Besar sudut terkecil yang dibentuk oleh jarum jam dan jarum menit adalah…
a. 30°
b. 45°
c. 60°
d. 75°
Jawaban: b

20. Berapa banyak pasangan bilangan bulat positif `(x, y)` yang memenuhi persamaan `xy – 3x – 2y = 0`?
a. 0
b. 1
c. 2
d. 3
Jawaban: c

## Soal Isian Singkat

1. Tentukan nilai dari `(2/3 + 3/4) / (1/2 – 1/3)`.
Jawaban: 17/2

2. Jika `A = 2³ × 3² × 5` dan `B = 2² × 3 × 7`, maka KPK dari `A` dan `B` adalah…
Jawaban: 2520

3. Sebuah bilangan genap empat digit `4A7B` habis dibagi 9. Digit `A` dan `B` berbeda. Nilai terbesar dari `A + B` adalah…
Jawaban: 16

4. Jika `x, y, z` adalah bilangan bulat positif dan `x + y + z = 10`, maka nilai maksimum dari `xyz` adalah…
Jawaban: 36

5. Diketahui pola barisan bilangan 1, 4, 9, 16, … . Suku ke-10 dari barisan tersebut adalah…
Jawaban: 100

## Soal Uraian

1. Tentukan semua bilangan bulat positif `n` sehingga `n² – 1` adalah bilangan prima.
Jawaban:
`n² – 1` dapat difaktorkan menjadi `(n – 1)(n + 1)`.
Agar `(n – 1)(n + 1)` menjadi bilangan prima, salah satu faktornya harus 1, dan faktor lainnya harus bilangan prima itu sendiri.
Karena `n` adalah bilangan bulat positif, maka `n – 1 ≥ 0`.
Kasus 1: `n – 1 = 1`
Maka `n = 2`.
Jika `n = 2`, maka `n + 1 = 3`.
Maka `n² – 1 = (2 – 1)(2 + 1) = 1 × 3 = 3`.
`3` adalah bilangan prima. Jadi, `n = 2` adalah solusi.

Kasus 2: `n + 1 = 1`
Maka `n = 0`. Namun, `n` harus bilangan bulat positif. Jadi `n = 0` tidak memenuhi.

Sehingga, satu-satunya bilangan bulat positif `n` yang memenuhi adalah `n = 2`.

2. Sebuah persegi panjang memiliki panjang `(2x + 3)` cm dan lebar `(x + 1)` cm. Jika kelilingnya adalah 32 cm, tentukan luas persegi panjang tersebut.
Jawaban:
Keliling persegi panjang adalah `2(panjang + lebar)`.
`32 = 2((2x + 3) + (x + 1))`
`32 = 2(3x + 4)`
`16 = 3x + 4`
`12 = 3x`
`x = 4`

Panjang persegi panjang adalah `2x + 3 = 2(4) + 3 = 8 + 3 = 11` cm.
Lebar persegi panjang adalah `x + 1 = 4 + 1 = 5` cm.

Luas persegi panjang adalah `panjang × lebar`.
`Luas = 11 cm × 5 cm = 55 cm²`.
Jadi, luas persegi panjang tersebut adalah 55 cm².

3. Buktikan bahwa hasil kali tiga bilangan bulat positif berurutan selalu habis dibagi 6.
Jawaban:
Misalkan tiga bilangan bulat positif berurutan adalah `n`, `n + 1`, dan `n + 2`.
Kita perlu menunjukkan bahwa `n(n + 1)(n + 2)` selalu habis dibagi 6.
Agar habis dibagi 6, bilangan tersebut harus habis dibagi 2 dan habis dibagi 3.

Pembuktian habis dibagi 2:
Dalam setiap tiga bilangan bulat berurutan, pasti ada setidaknya satu bilangan genap.
Jika `n` genap, maka `n(n + 1)(n + 2)` genap.
Jika `n` ganjil, maka `n + 1` pasti genap. Maka `n(n + 1)(n + 2)` genap.
Jadi, `n(n + 1)(n + 2)` selalu habis dibagi 2.

Pembuktian habis dibagi 3:
Dalam setiap tiga bilangan bulat berurutan, pasti ada tepat satu bilangan yang habis dibagi 3.
Kasus 1: `n` habis dibagi 3. Maka `n(n + 1)(n + 2)` habis dibagi 3.
Kasus 2: `n` bersisa 1 jika dibagi 3. Maka `n + 2` akan habis dibagi 3 (karena `n + 2 = (3k + 1) + 2 = 3k + 3 = 3(k + 1)`). Jadi `n(n + 1)(n + 2)` habis dibagi 3.
Kasus 3: `n` bersisa 2 jika dibagi 3. Maka `n + 1` akan habis dibagi 3 (karena `n + 1 = (3k + 2) + 1 = 3k + 3 = 3(k + 1)`). Jadi `n(n + 1)(n + 2)` habis dibagi 3.
Jadi, `n(n + 1)(n + 2)` selalu habis dibagi 3.

Karena `n(n + 1)(n + 2)` habis dibagi 2 dan juga habis dibagi 3, dan 2 serta 3 adalah bilangan prima yang berbeda (faktor prima dari 6), maka `n(n + 1)(n + 2)` selalu habis dibagi `2 × 3 = 6`.
Terbukti.

4. Sebuah kolam berbentuk tabung memiliki jari-jari alas 7 meter dan tinggi 2 meter. Kolam tersebut diisi air hingga 3/4 volumenya. Berapa liter air yang ada di dalam kolam? (Gunakan `π = 22/7`)
Jawaban:
Volume tabung dihitung dengan rumus `V = π × r² × t`.
`r = 7` meter
`t = 2` meter
`V = (22/7) × 7² × 2`
`V = (22/7) × 49 × 2`
`V = 22 × 7 × 2`
`V = 308` meter³

Air diisi hingga 3/4 volumenya:
`Volume air = (3/4) × V`
`Volume air = (3/4) × 308`
`Volume air = 3 × (308 ÷ 4)`
`Volume air = 3 × 77`
`Volume air = 231` meter³

Untuk mengubah meter³ ke liter, kita tahu bahwa `1 meter³ = 1000 liter`.
`Volume air = 231 × 1000` liter
`Volume air = 231000` liter.

Jadi, ada 231.000 liter air di dalam kolam.

5. Tentukan nilai `A`, `B`, dan `C` dari penjumlahan berikut, di mana setiap huruf mewakili satu digit yang berbeda (0-9).
“`
A B C
+ A C B
——-
1 3 0 0
“`
Jawaban:
Dari soal, kita memiliki penjumlahan:
“`
A B C
+ A C B
——-
1 3 0 0
“`
Mari kita analisis berdasarkan kolom (dari kanan ke kiri):

Kolom Satuan: `C + B` menghasilkan digit 0 di tempat satuan, berarti `C + B` bisa 10 atau 20. Karena `B` dan `C` adalah digit tunggal, `C + B` maksimal `9 + 8 = 17`. Jadi, `C + B = 10`. Kita memiliki simpanan 1 ke kolom puluhan.
(1) C + B = 10

Kolom Puluhan: `B + C + 1` (simpanan dari kolom satuan) menghasilkan digit 0 di tempat puluhan.
Dari (1), kita tahu `B + C = 10`.
Jadi, `10 + 1 = 11`. Ini berarti digit di tempat puluhan adalah 1, dan ada simpanan 1 ke kolom ratusan.
Namun, hasil penjumlahannya adalah 0. Ini berarti digit 0 di tempat puluhan bukan dari `B+C+1` itu sendiri, melainkan hasil modulo 10. `B+C+1 = 11`, sehingga digit satuannya adalah 1. Ini kontradiksi dengan soal yang hasilnya 0.

Ada kesalahan pemahaman atau soal memiliki kondisi khusus. Mari kita cek kembali.
`A B C`
`A C B`
`——-`
`1 3 0 0`

Kolom Satuan: `C + B = 0` atau `10` atau `20`. Karena `B, C` adalah digit berbeda, `B ≠ C`. Max `9+8=17`.
Maka `C + B = 10`. Simpan 1 ke kolom puluhan.

Kolom Puluhan: `B + C + 1` (simpanan). Kita tahu `B + C = 10`.
Jadi, `10 + 1 = 11`.
Ini berarti digit di tempat puluhan adalah 1, dan simpan 1 ke kolom ratusan.
Tapi hasil penjumlahannya adalah `0` di kolom puluhan.
Ini menunjukkan ada kesalahan dalam pemahaman atau representasi.

Mari kita tulis ulang sebagai persamaan:
`100A + 10B + C`
`+ 100A + 10C + B`
`——————`
`200A + 11B + 11C = 1300`

Bagi dengan 11:
`200A/11 + B + C = 1300/11`
Ini menunjukkan bahwa `200A` dan `1300` harus habis dibagi 11 jika `B+C` adalah bilangan bulat.
`1300 / 11 = 118` dengan sisa 2. Jadi `1300` tidak habis dibagi 11.
Ini berarti representasi `200A + 11B + 11C = 1300` tidak tepat jika kita hanya menjumlahkan angka-angkanya tanpa mempertimbangkan carries/simpanan.

Kita harus pakai metode kolom dengan simpanan.
1. `C + B = 10 + 10k` (dengan `k` adalah carry ke kolom puluhan, di sini `k=0` atau `1` jika `C,B` adalah digit. `C+B = 10` (carry 1))
2. `B + C + 1 = 10 + 10m` (dengan `m` adalah carry ke kolom ratusan, di sini `m=1` karena `B+C+1 = 11`)
3. `A + A + 1 = 13` (dari `m=1`, hasil 3 di kolom ratusan dan 1 di kolom ribuan)

Mari kita coba lagi dengan hati-hati.
1. Kolom Satuan:
`C + B = 0 (mod 10)`
Artinya `C + B = 10` (karena `C, B` adalah digit berbeda, `C+B` tidak bisa 0 atau 20).
Simpanan (carry) ke kolom puluhan adalah 1.

2. Kolom Puluhan:
`B + C + 1 (simpanan) = 0 (mod 10)`
Kita tahu `B + C = 10`.
Jadi `10 + 1 = 11`.
`11 = 1 (mod 10)`. Ini berarti digit di kolom puluhan seharusnya 1, bukan 0.
Ini adalah konflik dengan soal `1 3 0 0`.

Ada kemungkinan soalnya adalah seperti ini (misalnya `1 3 3 0` atau `1 3 1 0`):
“`
A B C
+ A C B
——-
1 3 1 0
“`
Jika ini yang dimaksud, maka:
1. `C + B = 10` (carry 1)
2. `B + C + 1 = 11`. Jadi digit di puluhan adalah 1, dan carry ke ratusan adalah 1.
3. `A + A + 1 = 13`.
`2A + 1 = 13`
`2A = 12`
`A = 6`

Sekarang kita punya `A=6` dan `B+C=10`.
`A, B, C` harus digit yang berbeda.
`A=6`.
Kita cari `B, C` yang berbeda dan tidak sama dengan 6, serta `B+C=10`.
Kemungkinan `(B, C)`:
– `(1, 9)` atau `(9, 1)`
– `(2, 8)` atau `(8, 2)`
– `(3, 7)` atau `(7, 3)`
– `(4, 6)` atau `(6, 4)` (Ini tidak boleh karena `A=6` dan `B≠A`, `C≠A`)
– `(5, 5)` (Ini tidak boleh karena `B≠C`)

Jadi, pasangan yang mungkin untuk `(B, C)` adalah `(1, 9), (9, 1), (2, 8), (8, 2), (3, 7), (7, 3)`.

Asumsi soal aslinya memang `1 3 0 0` dan tidak ada kesalahan cetak. Ini berarti soal tersebut memiliki syarat khusus atau tidak mungkin.
Namun, soal olimpiade biasanya dirancang untuk memiliki solusi. Kemungkinan besar ada sedikit kesalahan penulisan dalam soal aslinya (misalnya, angka 1 di kolom puluhan).

Jika kita harus memaksa agar `1300` benar, maka itu berarti digit `B+C+carry` harus menghasilkan `0` di tempat puluhan.
Jika `C+B = 10` (carry 1)
Maka `B+C+1 = 10+1 = 11`. Ini berarti digit puluhan adalah 1, bukan 0.
Ini adalah *kontradiksi fundamental* dengan `1 3 0 0`.

Jika ini adalah soal jebakan, jawabannya adalah “Tidak ada solusi” atau “Tidak mungkin”.
Namun, dalam konteks olimpiade, biasanya ada solusi. Asumsi umum adalah bahwa ada kesalahan ketik kecil.
Asumsi yang paling masuk akal adalah bahwa digit di kolom puluhan adalah 1, bukan 0. Jadi hasilnya adalah `1310`.
Dengan asumsi `1310`:
`A=6`.
`B+C=10`. `A, B, C` berbeda.
Contoh: `A=6, B=1, C=9`.
` 6 1 9`
`+ 6 9 1`
`——-`
`1 3 1 0`
Ini bekerja.

Jika soal benar-benar `1 3 0 0` dan tidak ada kesalahan ketik, maka tidak ada solusi yang memenuhi.
Namun, sebagai pembuat soal, saya akan memberikan jawaban dengan asumsi soalnya adalah `1310` karena `1300` menghasilkan kontradiksi.

Jawaban (dengan asumsi hasil penjumlahan adalah `1 3 1 0`):
Dari penjumlahan:
“`
A B C
+ A C B
——-
1 3 1 0
“`
1. Kolom Satuan: `C + B = 10`. (carry 1)
2. Kolom Puluhan: `B + C + 1` (carry) = `10 + 1 = 11`. Jadi, digit puluhan adalah 1, dan ada carry 1 ke kolom ratusan.
3. Kolom Ratusan: `A + A + 1` (carry) = `13`.
`2A + 1 = 13`
`2A = 12`
`A = 6`

Kita tahu `A = 6` dan `B + C = 10`.
`A`, `B`, `C` harus digit yang berbeda.
Kita bisa memilih `B` dan `C` dari pasangan yang jumlahnya 10, tetapi tidak boleh ada yang sama dengan `A = 6`.
Contoh pasangan `(B, C)` yang memenuhi:
– `B = 1, C = 9` (Maka `A=6, B=1, C=9`)
– `B = 2, C = 8` (Maka `A=6, B=2, C=8`)
– `B = 3, C = 7` (Maka `A=6, B=3, C=7`)
– `B = 7, C = 3` (Maka `A=6, B=7, C=3`)
Dan seterusnya.

Salah satu solusi yang mungkin adalah `A = 6`, `B = 1`, `C = 9`.
` 6 1 9`
`+ 6 9 1`
`——-`
`1 3 1 0`

Karena pertanyaan meminta “nilai A, B, dan C” (plural), ini menunjukkan ada satu set nilai yang diminta.
Jika harus memberikan satu set, maka `A=6`, `B=1`, `C=9` (atau permutasi `B` dan `C`).

Final Jawaban untuk Soal Uraian 5, dengan penjelasan penyesuaian asumsi soal:
Jawaban:
Berdasarkan soal yang diberikan:
“`
A B C
+ A C B
——-
1 3 0 0
“`
Mari kita analisis penjumlahan ini dari kolom satuan:

1. Kolom Satuan: `C + B` harus menghasilkan digit 0 di tempat satuan. Karena `B` dan `C` adalah digit yang berbeda dan `0 ≤ B, C ≤ 9`, maka nilai `C + B` yang mungkin adalah 10 (tidak mungkin 0 karena `B ≠ C`, dan tidak mungkin 20 karena `9+8=17`).
Jadi, `B + C = 10`. (Ada simpanan 1 ke kolom puluhan).

2. Kolom Puluhan: Penjumlahan di kolom puluhan adalah `B + C + (simpanan dari satuan)`.
Menggunakan `B + C = 10` dan simpanan 1, kita dapatkan `10 + 1 = 11`.
Ini berarti digit di tempat puluhan seharusnya 1, dan ada simpanan 1 ke kolom ratusan.
Namun, hasil penjumlahan pada soal menunjukkan digit 0 di kolom puluhan (1300). Ini adalah sebuah kontradiksi.

Oleh karena itu, jika soal `1 3 0 0` benar adanya, maka tidak ada solusi untuk `A, B, C` yang memenuhi kondisi tersebut.
Namun, dalam konteks soal olimpiade, umumnya soal dirancang untuk memiliki solusi. Ada kemungkinan terjadi kesalahan pengetikan pada soal, dan yang dimaksud adalah `1 3 1 0`. Jika kita berasumsi bahwa hasil penjumlahan adalah `1 3 1 0`, maka:

Asumsi hasil penjumlahan adalah 1 3 1 0:
“`
A B C
+ A C B
——-
1 3 1 0
“`
1. Kolom Satuan: `C + B = 10`. (Simpanan 1 ke kolom puluhan).
2. Kolom Puluhan: `B + C + 1` (simpanan) = `10 + 1 = 11`. Maka digit di tempat puluhan adalah 1, dan ada simpanan 1 ke kolom ratusan. Ini konsisten dengan `1 3 1 0`.
3. Kolom Ratusan: `A + A + 1` (simpanan) = `13`.
`2A + 1 = 13`
`2A = 12`
`A = 6`

Dengan `A = 6` dan `B + C = 10`, serta `A, B, C` harus digit yang berbeda.
Kita perlu mencari `B` dan `C` sehingga `B ≠ C` dan `B, C ≠ 6`.
Beberapa kemungkinan pasangan `(B, C)`:
– Jika `B = 1`, maka `C = 9`. Ini memenuhi (`1 ≠ 9`, `1 ≠ 6`, `9 ≠ 6`).
– Jika `B = 2`, maka `C = 8`. Ini memenuhi (`2 ≠ 8`, `2 ≠ 6`, `8 ≠ 6`).
– Jika `B = 3`, maka `C = 7`. Ini memenuhi (`3 ≠ 7`, `3 ≠ 6`, `7 ≠ 6`).
– Dan kebalikannya (misal `B=9, C=1`).

Sebagai salah satu contoh solusi yang valid: `A = 6, B = 1, C = 9`.
Verifikasi:
` 6 1 9`
`+ 6 9 1`
`——-`
`1 3 1 0`

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *