contoh soal matematika
contoh soal matematika

Contoh Soal Matematika Kelas 8 Smp Statistika

Posted on

Statistika adalah salah satu cabang matematika yang sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari, mengajarkan kita bagaimana mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data. Untuk siswa kelas 8 SMP, penguasaan materi statistika sangat fundamental, tidak hanya untuk nilai di sekolah tetapi juga untuk melatih kemampuan berpikir analitis. Memahami konsep-konsep dasar seperti mean (rata-rata), median (nilai tengah), dan modus (nilai yang paling sering muncul), serta cara menyajikan data dalam berbagai bentuk diagram, adalah kunci keberhasilan.

Artikel ini dirancang khusus untuk membantu Anda menguasai materi tersebut melalui serangkaian contoh soal matematika kelas 8 SMP statistika yang komprehensif. Kami menyajikan berbagai jenis soal, mulai dari pilihan ganda hingga uraian, yang mencakup seluruh cakupan materi statistika kelas 8. Setiap soal dilengkapi dengan pembahasan yang detail dan mudah dipahami, sehingga Anda tidak hanya mengetahui jawaban yang benar, tetapi juga mengerti langkah-langkah penyelesaiannya secara mendalam. Tujuan utama dari latihan soal ini adalah untuk memperkuat pemahaman konsep, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, dan mempersiapkan Anda menghadapi ulangan harian, ujian tengah semester, hingga ujian akhir dengan percaya diri.

Dengan berlatih menggunakan kumpulan soal ini, Anda akan terbiasa dengan pola-pola soal yang sering muncul, mampu menganalisis data dengan lebih cermat, dan menyajikan informasi statistik secara efektif. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengasah kemampuan statistika Anda dan mencapai prestasi terbaik di mata pelajaran Matematika. Mari jelajahi contoh soal matematika kelas 8 SMP statistika ini dan buktikan bahwa statistika itu menyenangkan dan mudah dikuasai!


Tentu, berikut adalah 30 contoh soal matematika kelas 8 SMP tentang statistika, lengkap dengan kunci jawabannya dan sesuai format yang diminta.

# Soal Pilihan Ganda

1. Data nilai ulangan matematika 5 siswa adalah 70, 80, 60, 90, 70. Berapakah modus dari data tersebut?
a. 60
b. 70
c. 80
d. 90
Jawaban: b

2. Apa yang dimaksud dengan median dalam suatu kumpulan data?
a. Nilai rata-rata dari semua data.
b. Nilai yang paling sering muncul dalam data.
c. Nilai tengah dari data yang telah diurutkan.
d. Selisih antara nilai tertinggi dan terendah.
Jawaban: c

3. Sebuah data terdiri dari angka 5, 8, 3, 10, 4. Jika data tersebut diurutkan dari yang terkecil, urutan yang benar adalah…
a. 3, 4, 5, 8, 10
b. 10, 8, 5, 4, 3
c. 3, 5, 4, 8, 10
d. 4, 3, 5, 8, 10
Jawaban: a

4. Jika nilai rata-rata (mean) dari 3, 5, x, 7 adalah 6, berapakah nilai x?
a. 5
b. 6
c. 7
d. 9
Jawaban: d

5. Jangkauan (range) dari data 15, 12, 18, 10, 20 adalah…
a. 5
b. 8
c. 10
d. 12
Jawaban: c

6. Dalam sebuah diagram batang, tinggi batang menunjukkan…
a. Jenis kategori
b. Frekuensi atau jumlah data
c. Waktu pengamatan
d. Nama data
Jawaban: b

7. Berikut adalah data jumlah buku yang dipinjam di perpustakaan selama seminggu: Senin 20, Selasa 25, Rabu 15, Kamis 30, Jumat 35. Jenis diagram yang paling tepat untuk menunjukkan tren peminjaman buku harian adalah…
a. Diagram lingkaran
b. Diagram batang
c. Diagram garis
d. Diagram gambar
Jawaban: c

8. Kuartil bawah (Q₁) dari data 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 adalah…
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
Jawaban: a

9. Selisih antara kuartil atas (Q₃) dan kuartil bawah (Q₁) disebut…
a. Jangkauan
b. Jangkauan Antarkuartil
c. Simpangan Kuartil
d. Median
Jawaban: b

10. Suatu survei menunjukkan 40% siswa menyukai olahraga, 30% menyukai seni, dan sisanya menyukai sains. Jika total siswa 200, berapa banyak siswa yang menyukai sains?
a. 40 siswa
b. 60 siswa
c. 80 siswa
d. 100 siswa
Jawaban: b

11. Dari data 2, 4, 6, 8, 10, berapakah rata-ratanya?
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
Jawaban: b

12. Data berikut menunjukkan nilai ulangan: 7, 8, 6, 7, 9, 8, 5, 7. Berapa banyak siswa yang mendapatkan nilai 7?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Jawaban: c

13. Jika sebuah diagram lingkaran dibagi menjadi beberapa sektor, besar sudut untuk setiap sektor dihitung berdasarkan…
a. Jumlah seluruh data
b. Frekuensi setiap kategori dibagi total frekuensi, dikalikan 360°
c. Nilai median data
d. Nilai modus data
Jawaban: b

14. Data usia karyawan: 25, 30, 28, 32, 25, 30. Modus dari data tersebut adalah…
a. 25 dan 30
b. 25
c. 30
d. Tidak ada modus
Jawaban: a

**15. Perhatikan tabel frekuensi berikut:
| Nilai | Frekuensi |
|——-|———–|
| 6 | 3 |
| 7 | 5 |
| 8 | 4 |
| 9 | 2 |
Berapakah total frekuensi (jumlah data) dari tabel tersebut?**
a. 4
b. 14
c. 16
d. 18
Jawaban: b

16. Kuartil atas (Q₃) dari data 10, 12, 14, 16, 18, 20 adalah…
a. 12
b. 14
c. 18
d. 20
Jawaban: c

17. Dalam penyajian data, diagram batang sangat efektif untuk menunjukkan…
a. Perubahan data dari waktu ke waktu
b. Perbandingan antar kategori data
c. Proporsi bagian terhadap keseluruhan
d. Sebaran data secara umum
Jawaban: b

18. Berikut adalah langkah pertama yang benar dalam mencari median suatu kumpulan data:
a. Menghitung rata-rata data.
b. Menentukan nilai tertinggi dan terendah.
c. Mengurutkan data dari nilai terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
d. Mencari nilai yang paling sering muncul.
Jawaban: c

19. Sebuah toko mencatat penjualan sepatu dalam seminggu: 10, 15, 12, 10, 18, 15, 10. Modusnya adalah…
a. 10
b. 15
c. 18
d. Tidak ada modus
Jawaban: a

20. Data yang dikumpulkan dari hasil pengukuran atau perhitungan disebut data…
a. Kualitatif
b. Sekunder
c. Kuantitatif
d. Primer
Jawaban: c

# Soal Isian Singkat

1. Data berat badan (dalam kg) siswa adalah 40, 42, 38, 45, 40. Modus dari data tersebut adalah … kg.
Jawaban: 40

2. Jika rata-rata dari 4, 6, dan x adalah 5, maka nilai x adalah …
Jawapan: 5

3. Jangkauan (range) dari data 10, 12, 8, 15, 7, 13 adalah …
Jawaban: 8

4. Nilai tengah dari data yang sudah diurutkan disebut …
Jawaban: Median

5. Untuk menghitung persentase suatu kategori dalam diagram lingkaran, frekuensi kategori tersebut dibagi dengan total frekuensi, kemudian dikalikan dengan … %
Jawaban: 100

# Soal Uraian

1. Jelaskan perbedaan antara mean, median, dan modus pada suatu kumpulan data!
Jawaban:
* Mean (Rata-rata): Jumlah semua nilai data dibagi dengan banyaknya data. Merupakan ukuran pemusatan yang peka terhadap nilai ekstrem.
* Median (Nilai Tengah): Nilai yang berada di tengah setelah data diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar (atau sebaliknya). Jika jumlah data genap, median adalah rata-rata dua nilai tengah. Median tidak peka terhadap nilai ekstrem.
* Modus: Nilai atau kategori yang paling sering muncul dalam suatu kumpulan data. Suatu data bisa memiliki satu modus (unimodal), lebih dari satu modus (multimodal), atau tidak memiliki modus sama sekali.

2. Diberikan data nilai ulangan matematika 6 siswa: 7, 8, 6, 9, 7, 5. Hitunglah median dari data tersebut!
Jawaban:
1. Urutkan data dari terkecil ke terbesar: 5, 6, 7, 7, 8, 9.
2. Karena jumlah data genap (6 data), median adalah rata-rata dua nilai tengah. Dua nilai tengah tersebut adalah data ke-3 (7) dan data ke-4 (7).
3. Median = (7 + 7) ÷ 2 = 14 ÷ 2 = 7.
Jadi, median dari data tersebut adalah 7.

3. Sebuah toko menjual es krim dengan rasa Cokelat, Stroberi, Vanila, dan Kopi. Dalam sehari terjual 30 es krim Cokelat, 20 Stroberi, 25 Vanila, dan 5 Kopi. Buatlah tabel frekuensi dari data penjualan es krim tersebut.
Jawaban:
| Rasa Es Krim | Jumlah Penjualan (Frekuensi) |
|————–|——————————|
| Cokelat | 30 |
| Stroberi | 20 |
| Vanila | 25 |
| Kopi | 5 |
| Total | 80 |

4. Data tinggi badan (dalam cm) 8 siswa adalah 150, 155, 148, 160, 152, 155, 145, 150. Tentukanlah jangkauan (range) dari data tersebut!
Jawaban:
1. Cari nilai tertinggi dari data: Nilai tertinggi = 160 cm.
2. Cari nilai terendah dari data: Nilai terendah = 145 cm.
3. Jangkauan = Nilai tertinggi – Nilai terendah
Jangkauan = 160 – 145 = 15 cm.
Jadi, jangkauan dari data tinggi badan tersebut adalah 15 cm.

5. Jelaskan kapan diagram garis lebih cocok digunakan daripada diagram batang dalam penyajian data! Berikan satu contoh situasinya.
Jawaban:
Diagram garis lebih cocok digunakan ketika kita ingin menunjukkan perubahan atau tren data dari waktu ke waktu secara kontinu. Garis menghubungkan titik-titik data yang berurutan, sehingga pola kenaikan, penurunan, atau stabilitas data dapat terlihat dengan jelas.

Contoh situasi:
* Perkembangan jumlah penduduk suatu kota dari tahun ke tahun.
* Perubahan suhu udara harian dalam seminggu.
* Fluktuasi harga saham dari waktu ke waktu.
* Pertumbuhan tinggi tanaman setiap bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *