contoh soal matematika
contoh soal matematika

Contoh Soal Matematika Sd Kurikulum Merdeka

Posted on

Mencari contoh soal matematika SD Kurikulum Merdeka yang inovatif dan relevan? Artikel ini hadir sebagai solusi tepat bagi para guru, orang tua, dan siswa yang ingin mendalami serta menguasai konsep matematika sesuai semangat Kurikulum Merdeka. Kami menyajikan berbagai latihan soal yang tidak hanya menguji kemampuan hitung, tetapi juga melatih penalaran, pemecahan masalah, dan aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari. Soal-soal dirancang untuk mencakup Capaian Pembelajaran (CP) di berbagai fase, mulai dari pengenalan bilangan, operasi hitung dasar, geometri sederhana, pengukuran, hingga konsep aljabar awal yang sesuai dengan tingkatan SD.

Setiap contoh soal matematika SD Kurikulum Merdeka dalam kumpulan ini difokuskan pada pengembangan kompetensi esensial seperti berpikir kritis, kreatif, dan mandiri. Alih-alih hafalan rumus semata, siswa akan diajak untuk memahami ‘mengapa’ di balik setiap konsep dan mencari solusi dengan berbagai pendekatan. Tema pembelajaran diambil dari konteks yang akrab dengan dunia anak-anak, membuat proses belajar lebih menyenangkan dan bermakna. Tujuan utama dari latihan soal ini adalah untuk membantu siswa mengukur sejauh mana pemahaman mereka, mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian lebih, serta mempersiapkan diri menghadapi asesmen formatif maupun sumatif dengan percaya diri. Dengan beragam variasi soal, diharapkan siswa dapat mengembangkan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan matematika, menjadikan matematika bukan sekadar pelajaran, tetapi alat untuk memahami dunia di sekitar mereka.


Berikut adalah 30 contoh soal matematika SD Kurikulum Merdeka dengan rincian 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, dan 5 soal uraian, beserta kunci jawabannya.

## Soal Pilihan Ganda (20 Soal)

1. Hasil dari 125 + 348 adalah …
a. 463
b. 473
c. 483
d. 493
Jawaban: b

2. Pengurangan dari 560 – 235 adalah …
a. 315
b. 325
c. 335
d. 345
Jawaban: b

3. Berapa hasil dari 7 x 8?
a. 49
b. 54
c. 56
d. 63
Jawaban: c

4. Pembagian dari 64 : 8 adalah …
a. 6
b. 7
c. 8
d. 9
Jawaban: c

5. Pada bilangan 4.732, angka 7 menempati nilai tempat …
a. Satuan
b. Puluhan
c. Ratusan
d. Ribuan
Jawaban: c

6. Bilangan yang lebih besar dari 1.500 adalah …
a. 1.499
b. 1.500
c. 1.501
d. 1.050
Jawaban: c

7. Bentuk pecahan paling sederhana dari 4/8 adalah …
a. 1/2
b. 2/4
c. 1/4
d. 3/8
Jawaban: a

8. Bangun datar yang memiliki empat sisi sama panjang dan empat sudut siku-siku adalah …
a. Persegi panjang
b. Segitiga
c. Persegi
d. Lingkaran
Jawaban: c

9. 2 meter sama dengan berapa sentimeter?
a. 20
b. 200
c. 2.000
d. 0,2
Jawaban: b

10. Rani memiliki 15 kelereng, lalu ia diberi lagi 8 kelereng oleh kakaknya. Berapa jumlah kelereng Rani sekarang?
a. 20
b. 21
c. 22
d. 23
Jawaban: d

11. Sebuah bus mengangkut 45 penumpang. Di halte berikutnya, 12 penumpang turun. Berapa sisa penumpang di bus?
a. 30
b. 32
c. 33
d. 35
Jawaban: c

12. Pukul 07.30 pagi, jika ditulis dalam format 24 jam adalah …
a. 07.30
b. 19.30
c. 12.30
d. 00.30
Jawaban: a

13. Bentuk desimal dari 1/2 adalah …
a. 0,1
b. 0,2
c. 0,5
d. 1,2
Jawaban: c

14. Sebuah persegi memiliki sisi 5 cm. Berapa luas persegi tersebut?
a. 10 cm²
b. 15 cm²
c. 20 cm²
d. 25 cm²
Jawaban: d

15. Bilangan 37 jika dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi …
a. 30
b. 35
c. 40
d. 50
Jawaban: c

16. Hasil dari 10 + 5 x 2 adalah …
a. 20
b. 30
c. 25
d. 15
Jawaban: a

17. Bangun ruang yang semua sisinya berbentuk persegi adalah …
a. Kubus
b. Balok
c. Bola
d. Kerucut
Jawaban: a

18. 1 kilogram sama dengan berapa gram?
a. 10
b. 100
c. 1.000
d. 10.000
Jawaban: c

19. Lanjutkan pola bilangan berikut: 2, 4, 6, 8, …
a. 9
b. 10
c. 11
d. 12
Jawaban: b

20. Hasil dari 1/4 + 2/4 adalah …
a. 1/4
b. 2/4
c. 3/4
d. 4/4
Jawaban: c

## Soal Isian Singkat (5 Soal)

21. Angka selanjutnya dari pola 5, 10, 15, 20, … adalah …
Jawaban: 25

22. Bangun persegi memiliki … sudut siku-siku.
Jawaban: 4

23. Jika sekarang pukul 09.00, maka tiga jam kemudian adalah pukul …
Jawaban: 12.00 (atau 12 siang)

24. Ibu membeli buku seharga Rp 7.500,00 dan pensil seharga Rp 2.000,00. Total belanjaan ibu adalah Rp …
Jawaban: 9.500,00 (atau 9.500)

25. Jika ada 10 bola merah dan 5 bola biru, perbandingan bola merah terhadap bola biru adalah …
Jawaban: 2:1 (atau 2 banding 1)

## Soal Uraian (5 Soal)

26. Jelaskan mengapa bilangan 0,5 lebih besar dari 0,25!
Jawaban: Bilangan 0,5 dapat ditulis sebagai 0,50. Jika kita membandingkan 0,50 dengan 0,25, maka 0,50 memiliki nilai yang lebih besar dari 0,25. (Atau, 0,5 adalah setengah, sedangkan 0,25 adalah seperempat, dan setengah lebih besar dari seperempat.)

27. Ayah membeli 3 kotak pensil, setiap kotak berisi 12 pensil. Pensil-pensil tersebut akan dibagikan kepada 4 anaknya sama rata. Berapa banyak pensil yang diterima setiap anak? Tunjukkan langkah-langkahmu!
Jawaban:
* Langkah 1: Hitung total pensil yang dibeli Ayah.
3 kotak × 12 pensil/kotak = 36 pensil
* Langkah 2: Bagikan total pensil kepada 4 anaknya.
36 pensil : 4 anak = 9 pensil/anak
* Jadi, setiap anak menerima 9 pensil.

28. Apa perbedaan utama antara bangun datar persegi dan persegi panjang?
Jawaban: Perbedaan utamanya adalah pada panjang sisinya. Persegi memiliki empat sisi yang panjangnya sama, sedangkan persegi panjang memiliki dua pasang sisi yang berhadapan sama panjang (panjang dan lebar), namun panjang sisi yang satu (panjang) dan yang lain (lebar) biasanya berbeda.

29. Ibu memotong sebuah kue menjadi 8 bagian sama besar. Adik makan 3 bagian dan kakak makan 2 bagian. Berapa bagian kue yang tersisa? Tuliskan dalam bentuk pecahan.
Jawaban:
* Total bagian kue yang dimakan: 3/8 (Adik) + 2/8 (Kakak) = 5/8 bagian.
* Bagian kue yang tersisa: 8/8 (seluruh kue) – 5/8 (yang dimakan) = 3/8 bagian.
* Jadi, sisa kue adalah 3/8 bagian.

30. Jelaskan mengapa penting untuk menggunakan alat ukur yang standar (misalnya penggaris atau meteran) saat mengukur panjang suatu benda, daripada menggunakan jengkal tangan atau langkah kaki?
Jawaban: Penting untuk menggunakan alat ukur standar karena ukuran jengkal tangan atau langkah kaki setiap orang berbeda-beda. Ini akan menghasilkan pengukuran yang tidak konsisten dan tidak akurat. Penggaris atau meteran memiliki satuan ukur yang baku (seperti sentimeter atau meter) yang sama dan diakui secara universal, sehingga hasil pengukurannya akan selalu akurat dan bisa dipahami oleh siapa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *