Selamat datang di sumber belajar terbaik untuk memahami konsep pecahan senilai! Artikel ini secara khusus dirancang untuk siswa kelas 4 SD yang sedang bergulat dengan materi matematika yang fundamental ini. Kami memahami bahwa pecahan senilai seringkali menjadi tantangan, namun dengan pendekatan yang tepat dan latihan yang konsisten, penguasaan materi ini akan menjadi lebih mudah. Di sini, Anda akan menemukan kumpulan contoh soal matematika kelas 4 SD pecahan senilai yang bervariasi, mulai dari pilihan ganda untuk menguji pemahaman konsep dasar, soal isian singkat untuk melatih ketepatan, hingga soal uraian yang mendorong pemikiran analitis dan kemampuan menjelaskan. Setiap soal telah disusun dengan cermat untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya menghafal, tetapi benar-benar memahami bagaimana menemukan pecahan senilai, menyederhanakan pecahan, dan mengenali hubungan antara berbagai pecahan. Tujuan utama dari latihan soal ini adalah untuk memperkuat pemahaman siswa tentang konsep inti pecahan senilai, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mereka, serta membangun kepercayaan diri dalam menghadapi ujian atau tugas sekolah. Dengan berlatih secara teratur menggunakan soal-soal ini, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi pola, menerapkan rumus, dan pada akhirnya, menguasai materi pecahan senilai dengan lebih baik. Artikel ini juga menjadi panduan praktis bagi orang tua dan guru dalam mendukung proses belajar mengajar di rumah maupun di sekolah. Mari selami dunia pecahan senilai dan raih keberhasilan belajar!
Berikut adalah 30 contoh soal matematika tentang pecahan senilai untuk kelas 4 SD, lengkap dengan kunci jawabannya.
—
## Soal Pilihan Ganda
1. Apa yang dimaksud dengan pecahan senilai?
a. Pecahan yang memiliki pembilang yang sama
b. Pecahan yang memiliki penyebut yang sama
c. Pecahan yang memiliki nilai yang sama meskipun angkanya berbeda
d. Pecahan yang tidak bisa disederhanakan
Jawaban: c
2. Manakah pecahan yang senilai dengan 1/2?
a. 2/3
b. 3/4
c. 2/4
d. 1/4
Jawaban: c
3. Untuk membuat 2/5 menjadi pecahan senilai, kita bisa mengalikan pembilang dan penyebut dengan angka yang sama. Jika kita mengalikan dengan 2, pecahan senilai yang didapat adalah…
a. 4/5
b. 2/10
c. 4/10
d. 2/7
Jawaban: c
4. Pecahan senilai dari 3/6 adalah…
a. 1/3
b. 2/4
c. 3/9
d. 6/9
Jawaban: b
5. Jika 1/3 = x/6, maka nilai x adalah…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 6
Jawaban: b
6. Manakah di antara pecahan berikut yang TIDAK senilai dengan 1/4?
a. 2/8
b. 3/12
c. 4/16
d. 5/15
Jawaban: d
7. Pecahan 6/9 dapat disederhanakan menjadi pecahan senilai dengan membagi pembilang dan penyebut dengan angka yang sama. Angka tersebut adalah…
a. 2
b. 3
c. 6
d. 9
Jawaban: b
8. Berapa pecahan senilai dari 1/5 jika pembilang dan penyebutnya dikalikan 3?
a. 3/5
b. 1/15
c. 3/15
d. 5/15
Jawaban: c
9. Pecahan 8/10 senilai dengan…
a. 2/5
b. 4/5
c. 8/100
d. 10/8
Jawaban: b
10. Jika kita memiliki pizza yang dibagi menjadi 8 potong, dan kita makan 4 potong, maka kita makan 4/8 bagian. Pecahan senilai dari 4/8 adalah…
a. 1/4
b. 1/2
c. 2/4
d. Semua benar
Jawaban: d
11. Pecahan 9/12 senilai dengan…
a. 2/3
b. 3/4
c. 1/2
d. 6/9
Jawaban: b
12. Untuk menemukan pecahan senilai dari 10/20, kita bisa membagi pembilang dan penyebut dengan…
a. 2
b. 5
c. 10
d. Semua benar
Jawaban: d
13. Mana pasangan pecahan yang senilai?
a. 1/2 dan 3/5
b. 2/3 dan 4/6
c. 3/4 dan 6/10
d. 1/5 dan 2/15
Jawaban: b
14. Pecahan 7/7 senilai dengan…
a. 0
b. 1
c. 1/7
d. 7
Jawaban: b
15. Jika 2/7 = 4/y, maka nilai y adalah…
a. 7
b. 14
c. 16
d. 28
Jawaban: b
16. Mana yang merupakan bentuk paling sederhana dari 12/18?
a. 6/9
b. 4/6
c. 2/3
d. 1/2
Jawaban: c
17. Sebuah papan dibagi menjadi 10 bagian. Jika 6 bagian diwarnai, pecahan yang diwakili adalah 6/10. Pecahan senilai dari 6/10 adalah…
a. 1/2
b. 2/5
c. 3/5
d. 6/100
Jawaban: c
18. Pecahan 1/1 adalah…
a. Hanya memiliki satu pecahan senilai.
b. Senilai dengan 2/2, 3/3, dst.
c. Tidak memiliki pecahan senilai.
d. Tidak termasuk pecahan.
Jawaban: b
19. Jika kita ingin mencari pecahan senilai dari 1/6 dengan penyebut 18, maka pembilangnya adalah…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 6
Jawaban: c
20. Manakah pernyataan yang benar tentang pecahan senilai?
a. Pecahan senilai selalu memiliki pembilang dan penyebut yang sama.
b. Pecahan senilai didapatkan dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang berbeda.
c. Pecahan senilai mewakili jumlah yang sama tetapi mungkin ditulis dengan angka yang berbeda.
d. Pecahan senilai hanya berlaku untuk pecahan yang lebih kecil dari 1.
Jawaban: c
—
## Soal Isian Singkat
1. Pecahan senilai dari 1/4 dengan pembilang 3 adalah …
Jawaban: 3/12
2. Untuk mendapatkan pecahan senilai dari 2/3 menjadi 6/9, pembilang dan penyebut harus dikalikan dengan angka …
Jawaban: 3
3. Bentuk sederhana dari pecahan 15/20 adalah …
Jawaban: 3/4
4. Pecahan 5/10 senilai dengan 1/…
Jawaban: 2
5. Jika 3/5 = x/10, maka nilai x adalah …
Jawaban: 6
—
## Soal Uraian
1. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri apa yang dimaksud dengan “pecahan senilai”. Berikan satu contoh.
Jawaban: Pecahan senilai adalah pecahan-pecahan yang terlihat berbeda (memiliki angka pembilang dan penyebut yang berbeda), tetapi memiliki nilai atau jumlah yang sama. Contoh: 1/2 dan 2/4.
2. Bagaimana cara menemukan tiga pecahan senilai dari 1/2? Jelaskan langkah-langkahnya.
Jawaban: Untuk menemukan pecahan senilai, kita bisa mengalikan atau membagi pembilang (angka di atas) dan penyebut (angka di bawah) dengan angka yang sama (selain nol).
Langkah-langkah untuk 1/2:
1. Kalikan dengan 2: (1×2)/(2×2) = 2/4
2. Kalikan dengan 3: (1×3)/(2×3) = 3/6
3. Kalikan dengan 4: (1×4)/(2×4) = 4/8
Jadi, tiga pecahan senilai dari 1/2 adalah 2/4, 3/6, dan 4/8.
3. Berikan contoh dua pecahan yang tidak senilai dan jelaskan mengapa keduanya tidak senilai.
Jawaban: Contoh: 1/3 dan 2/5.
Kedua pecahan ini tidak senilai karena jika kita mencoba mengalikan pembilang dan penyebut 1/3 dengan angka yang sama, kita tidak akan mendapatkan 2/5. Misalnya, 1×2=2, tetapi 3×2=6 (bukan 5). Ini berarti mereka mewakili jumlah bagian yang berbeda dari keseluruhan.
4. Ani memiliki sebuah kue yang dipotong menjadi 6 bagian. Dia memakan 3 potong. Budi memiliki kue yang sama, dipotong menjadi 4 bagian. Berapa potong kue yang harus Budi makan agar jumlah kuenya sama dengan yang dimakan Ani? Tunjukkan pecahan senilainya.
Jawaban:
Ani memakan 3 potong dari 6, jadi Ani memakan 3/6 kue.
Untuk mengetahui berapa potong yang Budi makan, kita cari pecahan senilai dari 3/6 dengan penyebut 4.
Pertama, sederhanakan 3/6 menjadi bentuk paling sederhana: 3/6 dibagi 3/3 = 1/2.
Sekarang, kita cari pecahan senilai dari 1/2 dengan penyebut 4: (1×2)/(2×2) = 2/4.
Jadi, Budi harus makan 2 potong dari 4 bagian agar jumlah kuenya sama dengan Ani.
Pecahan senilainya adalah 3/6 = 2/4.
5. Apakah pecahan 4/8 dan 6/12 adalah pecahan senilai? Buktikan jawabanmu dengan cara menyederhanakan kedua pecahan tersebut ke bentuk paling sederhana.
Jawaban: Ya, pecahan 4/8 dan 6/12 adalah pecahan senilai.
Pembuktian:
– Untuk 4/8: Bagi pembilang dan penyebut dengan FPB-nya, yaitu 4.
4 ÷ 4 = 1
8 ÷ 4 = 2
Jadi, 4/8 disederhanakan menjadi 1/2.
– Untuk 6/12: Bagi pembilang dan penyebut dengan FPB-nya, yaitu 6.
6 ÷ 6 = 1
12 ÷ 6 = 2
Jadi, 6/12 disederhanakan menjadi 1/2.
Karena kedua pecahan memiliki bentuk paling sederhana yang sama (1/2), maka mereka adalah pecahan senilai.