Memahami perkalian adalah salah satu fondasi penting dalam pembelajaran matematika tingkat lanjut. Untuk membantu putra-putri Anda di kelas 2 SD menguasai konsep ini dengan mudah dan menyenangkan, kami hadirkan koleksi contoh soal matematika kelas 2 SD perkalian yang dirancang khusus. Artikel ini menyajikan berbagai jenis soal yang berorientasi pada pemahaman dasar perkalian sebagai penjumlahan berulang, mulai dari soal-soal sederhana hingga aplikasi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang relevan dengan dunia anak. Tema pembelajaran yang diangkat meliputi pengenalan simbol perkalian, menghafal fakta dasar perkalian angka kecil, serta bagaimana mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah perkalian dalam bentuk cerita. Tujuan utama dari latihan soal ini adalah untuk membangun kepercayaan diri anak dalam menghadapi operasi perkalian, memperkuat pemahaman konsep, dan memberikan kesempatan praktik yang cukup agar mereka mahir tanpa merasa terbebani. Dengan latihan yang terstruktur dan bervariasi, anak-anak tidak hanya akan menghafal, tetapi juga benar-benar mengerti esensi perkalian. Latihan soal ini juga berfungsi sebagai alat bantu yang efektif bagi orang tua dan guru dalam memonitor perkembangan belajar anak, serta mengidentifikasi area mana yang mungkin memerlukan perhatian lebih. Mari jadikan belajar perkalian lebih interaktif dan efektif dengan kumpulan soal yang kami sediakan ini!
Tentu, berikut adalah 30 contoh soal matematika kelas 2 SD tentang perkalian, lengkap dengan kunci jawabannya dan format yang diminta.
—
# Soal Pilihan Ganda
1. Hasil dari 2 x 5 adalah…
a. 5
b. 7
c. 10
d. 12
Jawaban: c
2. Bentuk penjumlahan berulang dari 3 x 4 adalah…
a. 3 + 3 + 3
b. 4 + 4 + 4
c. 3 + 4
d. 4 + 4 + 4 + 4
Jawaban: b
3. Ada 4 keranjang apel. Setiap keranjang berisi 3 apel. Jumlah semua apel adalah…
a. 7 apel
b. 10 apel
c. 12 apel
d. 15 apel
Jawaban: c
4. Jika 1 pensil harganya Rp 2.000, berapa harga 3 pensil?
a. Rp 3.000
b. Rp 4.000
c. Rp 5.000
d. Rp 6.000
Jawaban: d
5. 5 x 4 = …
a. 9
b. 15
c. 20
d. 25
Jawaban: c
6. Angka yang tepat untuk mengisi titik-titik: 2 x … = 8
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
Jawaban: c
7. Berapa banyak kaki yang dimiliki 3 ekor ayam?
a. 3 kaki
b. 4 kaki
c. 5 kaki
d. 6 kaki
Jawaban: d
8. Doni memiliki 2 kotak kelereng. Setiap kotak berisi 7 kelereng. Jumlah kelereng Doni seluruhnya adalah…
a. 9
b. 10
c. 12
d. 14
Jawaban: d
9. Hasil dari 3 x 6 adalah…
a. 9
b. 12
c. 15
d. 18
Jawaban: d
10. Bentuk perkalian dari 5 + 5 + 5 adalah…
a. 3 x 5
b. 5 x 3
c. 5 + 3
d. 15
Jawaban: a
11. Jika kamu punya 4 set spidol, dan setiap set berisi 5 spidol. Berapa total spidolmu?
a. 9
b. 15
c. 20
d. 25
Jawaban: c
12. 10 x 2 = …
a. 10
b. 12
c. 20
d. 22
Jawaban: c
13. Ibu membeli 3 kantong permen. Setiap kantong berisi 8 permen. Total permen yang dibeli ibu adalah…
a. 11
b. 18
c. 21
d. 24
Jawaban: d
14. 4 x 7 = …
a. 11
b. 21
c. 28
d. 32
Jawaban: c
15. Bentuk penjumlahan berulang dari 5 x 2 adalah…
a. 5 + 5
b. 2 + 2 + 2 + 2 + 2
c. 5 + 2
d. 2 + 5
Jawaban: a
16. Ada 6 kelompok bunga. Setiap kelompok ada 3 bunga. Berapa total bunga?
a. 9
b. 12
c. 18
d. 24
Jawaban: c
17. Hasil dari 4 x 5 adalah sama dengan…
a. 5 + 5 + 5 + 5
b. 4 + 4 + 4 + 4
c. 4 + 5
d. 5 x 5
Jawaban: a
18. Ani memiliki 2 kotak pensil. Setiap kotak berisi 10 pensil. Berapa banyak pensil Ani seluruhnya?
a. 10
b. 12
c. 20
d. 22
Jawaban: c
19. Jika setiap sepeda memiliki 2 roda, berapa banyak roda yang dimiliki 5 sepeda?
a. 5
b. 7
c. 10
d. 12
Jawapan: c
20. 3 x 9 = …
a. 12
b. 18
c. 24
d. 27
Jawaban: d
—
# Soal Isian Singkat
1. Hasil dari 4 x 2 adalah …
Jawaban: 8
2. Ibu membeli 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 6 pensil. Jumlah semua pensil yang dibeli ibu adalah …
Jawaban: 18
3. Tuliskan bentuk perkalian dari 7 + 7 + 7.
Jawaban: 3 x 7 (atau 7 x 3)
4. Jika 1 permen harganya Rp 1.000, berapa harga 5 permen? Rp …
Jawaban: 5.000
5. Berapa banyak jari pada 4 tangan? … jari.
Jawaban: 20
—
# Soal Uraian
1. Jelaskan apa itu perkalian dengan bahasamu sendiri! Berikan satu contoh.
Jawaban: Perkalian adalah penjumlahan berulang. Contoh: 3 x 2 artinya 2 + 2 + 2 = 6.
2. Pak Budi memiliki 5 kandang ayam. Setiap kandang berisi 4 ekor ayam. Berapa total ayam Pak Budi? Tuliskan kalimat matematikanya dan hasilnya!
Jawaban: Kalimat matematika: 5 x 4 = 20. Total ayam Pak Budi adalah 20 ekor.
3. Mengapa 2 x 3 hasilnya sama dengan 3 x 2? Jelaskan!
Jawaban: Karena perkalian memiliki sifat komutatif (pertukaran). 2 x 3 artinya 3 + 3 = 6. Sedangkan 3 x 2 artinya 2 + 2 + 2 = 6. Hasilnya sama.
4. Ani memiliki 3 kantong kue. Setiap kantong berisi 5 kue. Setelah itu, Ani memakan 2 kue. Berapa sisa kue Ani sekarang? Tuliskan langkah-langkah penyelesaiannya.
Jawaban:
1. Hitung total kue awal: 3 x 5 = 15 kue.
2. Kurangi dengan kue yang dimakan: 15 – 2 = 13 kue.
Sisa kue Ani sekarang adalah 13 kue.
5. Gambarlah 4 kelompok benda, di mana setiap kelompok memiliki 3 benda. Kemudian tuliskan bentuk perkalian dan hasilnya.
Jawaban:
(Siswa dapat menggambar seperti ini, misalnya lingkaran atau kotak)
Kelompok 1: ***
Kelompok 2: ***
Kelompok 3: ***
Kelompok 4: ***
Bentuk perkalian: 4 x 3 = 12.