Contoh Soal Menyunting Teks: Tingkatkan Kemampuan Ejaan dan Tata Bahasa Anda!

Posted on

Contoh Soal Menyunting Teks: Tingkatkan Kemampuan Ejaan dan Tata Bahasa Anda!

Menguasai kemampuan menyunting teks adalah kunci untuk menghasilkan tulisan yang tidak hanya benar secara ejaan dan tata bahasa, tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan. Artikel ini menyediakan berbagai contoh soal menyunting teks yang komprehensif, dirancang untuk menguji dan meningkatkan pemahaman Anda tentang kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mulai dari kesalahan ejaan, penggunaan tanda baca, pilihan kata, hingga struktur kalimat, setiap soal akan membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki kekeliruan umum. Latihan ini sangat cocok bagi pelajar, mahasiswa, profesional, atau siapa saja yang ingin mengasah keterampilan menulis dan menyunting agar tulisan mereka lebih presisi, jelas, dan profesional. Mari kita mulai latih kemampuan menyunting teks Anda sekarang juga!


1. Pilihlah kalimat yang penulisannya benar sesuai kaidah Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD)!

  • a. A. Ibu membeli sayur-sayuran di pasar tradisional.
  • b. B. Ibu membeli sayur sayuran di pasar tradisional.
  • c. C. Ibu membeli sayur2an di pasar tradisional.
  • d. D. Ibu membeli sayur-sayuran dipasar tradisional.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

2. Kata serapan yang penulisannya benar adalah…

  • a. A. Atlit
  • b. B. Apotik
  • c. C. Nasihat
  • d. D. Sistim
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

3. Penggunaan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat…

  • a. A. Oleh karena itu semua siswa harus belajar giat.
  • b. B. Dia sangat rajin, namun sering terlambat.
  • c. C. Saya suka buah apel, jeruk, dan pisang.
  • d. D. Kakak bertanya kepada adik ‘Kamu mau ikut?’
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

4. Kalimat berikut yang tidak efektif adalah…

  • a. A. Para hadirin sekalian dipersilakan duduk.
  • b. B. Rapat itu akan dilaksanakan besok pagi.
  • c. C. Dia belajar dengan sangat rajin.
  • d. D. Buku itu sangat tebal sekali.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

5. Penulisan gabungan kata berikut yang benar adalah…

  • a. A. Tanggungjawab
  • b. B. Mata pelajaran
  • c. C. Olahraga
  • d. D. Kerjasama
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

6. Pilihlah kalimat yang menggunakan kata depan ‘di’ dengan benar!

  • a. A. Buku itu diletakkan dimeja.
  • b. B. Kami akan berangkat kekampus.
  • c. C. Dia sedang berada di rumah.
  • d. D. Surat itu ditujukan kepada siapa.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

7. Kalimat yang mengandung kesalahan penulisan huruf kapital adalah…

  • a. A. Dia lahir pada Bulan Januari.
  • b. B. Presiden Republik Indonesia akan berkunjung.
  • c. C. Bahasa Inggris adalah pelajaran favoritku.
  • d. D. Saya tinggal di Jalan Sudirman.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

8. Kesalahan ejaan pada kalimat ‘Anak itu sangat jenius sekali.’ adalah…

  • a. A. Penggunaan kata ‘anak’
  • b. B. Penggunaan kata ‘itu’
  • c. C. Penggunaan kata ‘sangat’ dan ‘sekali’
  • d. D. Penggunaan tanda titik (.)
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

9. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat ‘Pemerintah _____ kebijakan baru untuk mengatasi kemacetan.’ adalah…

  • a. A. mensosialisasikan
  • b. B. mensosialisir
  • c. C. mensosialisasikan
  • d. D. mensosialisasikan
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

10. Penulisan angka dan lambang bilangan yang benar adalah…

  • a. A. Abad ke-21
  • b. B. Abad ke 21
  • c. C. Abad ke-dua puluh satu
  • d. D. Abad ke21
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

11. Kalimat manakah yang memiliki struktur yang paling jelas dan ringkas?

  • a. A. Untuk dapat mencapai kesuksesan, kita harus berusaha keras.
  • b. B. Guna mencapai kesuksesan, kita harus berusaha keras.
  • c. C. Demi kesuksesan, kita harus berusaha keras.
  • d. D. Agar sukses, kita harus berusaha keras.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

12. Perhatikan kalimat berikut: ‘Meskipun sudah diperingatkan, dia tetap saja melanggar peraturan.’ Penggunaan konjungsi pada kalimat tersebut berfungsi untuk menyatakan hubungan…

  • a. A. Penambahan
  • b. B. Pertentangan
  • c. C. Sebab-akibat
  • d. D. Pilihan
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

13. Pilihlah kalimat yang tidak mengandung pleonasme (penggunaan kata berlebihan)!

  • a. A. Dia maju ke depan untuk menerima penghargaan.
  • b. B. Mundur ke belakang perlahan-lahan.
  • c. C. Untuk itu, marilah kita tingkatkan kualitas diri.
  • d. D. Hanya tinggal sisa sedikit saja.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

14. Kesalahan penulisan kata ‘analisa’ yang benar menurut EYD adalah…

  • a. A. Analisa
  • b. B. Analisis
  • c. C. Analisis
  • d. D. Analisa
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

15. Penggunaan tanda titik dua (:) yang tepat terdapat pada kalimat…

  • a. A. Kebutuhan pokok: beras, gula, dan minyak.
  • b. B. Ketua: Budi, Sekretaris: Ani, Bendahara: Cici.
  • c. C. Mereka memerlukan: buku, pensil, dan pulpen.
  • d. D. Ibu berkata: ‘Jangan lupa belajar!’
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

16. Kalimat yang menggunakan kata ‘pun’ secara benar adalah…

  • a. A. Walaupun hujan, dia tetap berangkat.
  • b. B. Saya pun ikut pergi ke sana.
  • c. C. Apapun yang terjadi, kita harus kuat.
  • d. D. Sekalipun demikian, dia tidak menyerah.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

17. Perbaikan yang tepat untuk kalimat ‘Di dalam rapat itu membicarakan tentang masalah lingkungan.’ adalah…

  • a. A. Rapat itu membahas masalah lingkungan.
  • b. B. Di dalam rapat itu dibicarakan masalah lingkungan.
  • c. C. Rapat itu membicarakan tentang masalah lingkungan.
  • d. D. Dalam rapat itu dibicarakan tentang masalah lingkungan.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

18. Pilihlah kalimat yang menggunakan kata ‘ada’ sebagai predikat secara tepat.

  • a. A. Di sana ada banyak siswa.
  • b. B. Masalah itu ada pada dirinya.
  • c. C. Ada dua buku di meja.
  • d. D. Saya ada di rumah.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

19. Manakah penulisan judul yang benar?

  • a. A. Kumpulan Cerpen Dari Penulis Terkenal
  • b. B. Kumpulan Cerpen dari Penulis Terkenal
  • c. C. Kumpulan Cerpen Dari penulis Terkenal
  • d. D. Kumpulan Cerpen dari penulis Terkenal
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

20. Kalimat ‘Ia sedang belajar di perpustakaan, membaca buku sejarah.’ dapat diperbaiki menjadi lebih efektif dengan menghilangkan pengulangan kata yang tidak perlu, yaitu…

  • a. A. Ia belajar di perpustakaan, membaca buku sejarah.
  • b. B. Ia sedang belajar di perpustakaan, buku sejarah.
  • c. C. Ia sedang di perpustakaan, membaca buku sejarah.
  • d. D. Ia belajar di perpustakaan, buku sejarah dibaca.
Kunci Jawaban:
Penjelasan: undefined

21. Jelaskan perbedaan penulisan ‘di’ sebagai awalan dan ‘di’ sebagai kata depan, serta berikan masing-masing satu contoh!

Kunci Jawaban: Kata ‘di’ sebagai awalan ditulis serangkai dengan kata dasarnya (kata kerja pasif), contoh: ‘dimakan’, ‘ditulis’. Kata ‘di’ sebagai kata depan ditulis terpisah (menunjukkan tempat), contoh: ‘di rumah’, ‘di sekolah’.

22. Sebutkan tiga kesalahan umum dalam penggunaan tanda baca koma (,)!

Kunci Jawaban: 1. Tidak menggunakan koma sebelum konjungsi antarkalimat (misalnya ‘namun’, ‘jadi’, ‘oleh karena itu’). 2. Menggunakan koma antara subjek dan predikat. 3. Tidak menggunakan koma dalam pemerian atau perincian lebih dari dua unsur.

23. Apa yang dimaksud dengan pleonasme dalam konteks menyunting teks?

Kunci Jawaban: Pleonasme adalah penggunaan kata-kata secara berlebihan atau tidak perlu dalam sebuah kalimat, sehingga menimbulkan kesan mubazir dan tidak efektif, misalnya ‘maju ke depan’, ‘mundur ke belakang’, ‘sangat sekali’.

24. Berikan contoh satu kalimat tidak efektif dan perbaikannya!

Kunci Jawaban: Kalimat tidak efektif: ‘Bagi para siswa-siswi diharapkan untuk dapat hadir.’ Perbaikan: ‘Para siswa diharapkan hadir.’ atau ‘Siswa-siswi diharapkan hadir.’

25. Bagaimana cara menentukan apakah suatu kata harus ditulis kapital atau tidak?

Kunci Jawaban: Kata ditulis kapital jika merupakan awal kalimat, nama diri (orang, tempat, lembaga), nama bulan, hari, tahun, peristiwa sejarah, judul, singkatan nama gelar, atau kata sapaan. Selain itu, huruf kapital juga digunakan pada huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat.

26. Suntinglah paragraf berikut ini secara menyeluruh (ejaan, tanda baca, tata bahasa, pilihan kata) agar menjadi paragraf yang baik dan benar:

‘Pada hari sabtu, 20 Maret 2023, seluruh siswa-siswi kelas XI akan mengadakan study tour ke museum sejarah nasional. Mereka sangat antusias sekali, karena ini adalah pengalaman yang pertama kali bagi kebanyakan mereka. Oleh karena itu, semua siswa harus mempersiapkan diri dengan baik. Diharap semua siswa membawa alat tulis dan buku catatan untuk mencatat hal-hal penting.’

Kunci Jawaban:

27. Jelaskan setidaknya empat aspek yang perlu diperhatikan saat menyunting sebuah naskah panjang agar kualitas tulisan terjaga dan pesan tersampaikan dengan efektif!

Kunci Jawaban: Empat aspek yang perlu diperhatikan saat menyunting naskah panjang antara lain: 1. **Ejaan dan Tanda Baca**: Memastikan semua kata dieja dengan benar sesuai KBBI dan EYD, serta penggunaan tanda baca (titik, koma, titik dua, tanda tanya, dll.) sudah tepat. 2. **Tata Bahasa dan Struktur Kalimat**: Memeriksa kesesuaian subjek-predikat, penggunaan konjungsi, dan memastikan kalimat-kalimat tidak ambigu, efektif, serta memiliki struktur yang jelas. 3. **Pilihan Kata (Diksi)**: Memastikan penggunaan kata-kata tepat, tidak berlebihan (pleonasme), dan sesuai dengan konteks serta target pembaca. Menghindari pengulangan kata yang monoton. 4. **Kohesi dan Koherensi Antarparagraf**: Memastikan alur ide antarparagraf saling terkait dan logis, menggunakan transisi yang mulus, sehingga pembaca dapat mengikuti jalan pikiran penulis tanpa kesulitan. 5. **Kesesuaian Isi dengan Tujuan**: Memastikan seluruh isi naskah relevan dengan tujuan penulisan dan tidak ada informasi yang salah atau menyesatkan.

28. Mengapa penting bagi seorang penulis untuk melakukan penyuntingan mandiri (self-editing) sebelum menyerahkan tulisannya kepada orang lain atau mempublikasikannya?

Kunci Jawaban: Penyuntingan mandiri sangat penting karena beberapa alasan: 1. **Meningkatkan Kualitas Awal**: Penulis dapat menemukan dan memperbaiki kesalahan dasar (ejaan, tanda baca, tata bahasa) yang mungkin terlewat saat menulis, sehingga naskah yang diserahkan sudah dalam kondisi lebih baik. 2. **Memastikan Kejelasan Pesan**: Penulis dapat mengevaluasi apakah pesannya sudah tersampaikan dengan jelas, tidak ambigu, dan sesuai dengan tujuan awal. 3. **Menghemat Waktu Editor Lain**: Dengan melakukan penyuntingan mandiri, editor atau pembaca lain tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan dasar, melainkan bisa fokus pada aspek yang lebih mendalam seperti struktur, argumen, atau gaya. 4. **Membangun Kredibilitas**: Tulisan yang rapi dan minim kesalahan menunjukkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail dari penulisnya, yang pada gilirannya membangun kredibilitas. 5. **Pengembangan Diri**: Proses penyuntingan mandiri membantu penulis belajar dari kesalahannya sendiri dan meningkatkan kemampuan menulis di masa depan.

29. Analisis dan perbaiki kalimat berikut agar lebih efektif dan mudah dipahami: ‘Meskipun harga kebutuhan pokok itu naik, tetapi daya beli masyarakat tidak mengalami penurunan yang signifikan.’

Kunci Jawaban:

30. Diskusikan dampak kesalahan ejaan dan tata bahasa terhadap kredibilitas seorang penulis atau sebuah institusi yang menerbitkan tulisan tersebut!

Kunci Jawaban: Kesalahan ejaan dan tata bahasa, sekecil apa pun, dapat memiliki dampak signifikan terhadap kredibilitas seorang penulis atau institusi. Pertama, hal itu menciptakan kesan **tidak profesional dan kurang teliti**. Pembaca mungkin meragukan kualitas pekerjaan atau informasi yang disajikan jika penulis tidak mampu menyajikan tulisan yang benar secara dasar. Kedua, dapat menyebabkan **kesalahpahaman atau ambiguitas**. Kesalahan tata bahasa atau tanda baca dapat mengubah makna kalimat, sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak diterima dengan benar oleh pembaca. Ketiga, **menurunkan kepercayaan**. Dalam konteks bisnis atau akademik, tulisan yang penuh kesalahan dapat membuat pembaca kehilangan kepercayaan terhadap kompetensi atau keahlian penulis/institusi tersebut. Keempat, **menggambarkan kurangnya perhatian terhadap detail**. Ini bisa menjadi masalah besar terutama dalam industri yang membutuhkan ketelitian tinggi. Secara keseluruhan, kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat merusak reputasi, menghambat komunikasi efektif, dan pada akhirnya mengurangi dampak positif yang seharusnya dihasilkan oleh sebuah tulisan.

31. Jodohkan istilah-istilah penyuntingan teks berikut dengan definisinya yang tepat!

Cocokkan pernyataan berikut:

  • Diksi — (…)
  • Kohesi — (…)
  • Koherensi — (…)
  • Pleonasme — (…)
  • Ambiguitas — (…)
Kunci Jawaban:

  • Diksi = Pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaan untuk mengungkapkan gagasan
  • Kohesi = Keterkaitan antarunsur dalam kalimat atau paragraf yang ditandai oleh penggunaan konjungsi, referensi, atau substitusi
  • Koherensi = Keterpaduan makna antarbagian dalam sebuah tulisan sehingga membentuk satu kesatuan ide yang utuh
  • Pleonasme = Penggunaan kata-kata yang berlebihan atau tidak perlu dalam sebuah kalimat
  • Ambiguitas = Sifat atau keadaan bermakna ganda, sehingga menimbulkan keraguan atau ketidakjelasan

32. Jodohkan jenis kesalahan penulisan dengan contoh perbaikannya yang tepat!

Cocokkan pernyataan berikut:

  • Kesalahan ejaan kata serapan — (…)
  • Kesalahan penggunaan huruf kapital — (…)
  • Kesalahan penggunaan kata depan — (…)
  • Kesalahan kalimat tidak efektif — (…)
  • Kesalahan tanda baca koma — (…)
Kunci Jawaban:

  • Kesalahan ejaan kata serapan = Dari ‘apotik’ menjadi ‘apotek’
  • Kesalahan penggunaan huruf kapital = Dari ‘ibu kota’ menjadi ‘Ibu Kota’
  • Kesalahan penggunaan kata depan = Dari ‘dimeja’ menjadi ‘di meja’
  • Kesalahan kalimat tidak efektif = Dari ‘sangat cantik sekali’ menjadi ‘sangat cantik’ atau ‘cantik sekali’
  • Kesalahan tanda baca koma = Dari ‘Oleh karena itu semua siswa’ menjadi ‘Oleh karena itu, semua siswa’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *