Materi ini dirancang untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dalam Kurikulum Merdeka, berfokus pada pemahaman dan penerapan konsep pemanfaatan sumber daya alam serta tanggung jawab terhadap lingkungan. Melalui berbagai kasus nyata dan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), siswa diajak untuk menganalisis masalah, mengevaluasi solusi, dan menciptakan ide-ide kreatif terkait keberlanjutan lingkungan. Pembelajaran ini akan membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif dalam menghadapi isu-isu lingkungan di sekitar mereka.
A. Pilihan Ganda
1. Di desa 'Hijau Lestari', sebagian besar penduduknya adalah petani yang mengandalkan air dari sungai untuk mengairi sawah. Namun, akhir-akhir ini volume air sungai menurun drastis dan airnya terlihat keruh. Setelah diselidiki, ternyata ada perusahaan pabrik tekstil baru di hulu sungai yang membuang limbah cairnya langsung ke sungai tanpa pengolahan. Sebagai seorang siswa yang peduli lingkungan, tindakan apa yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini agar tidak merugikan masyarakat dan lingkungan dalam jangka panjang?
- A. Menyuruh para petani untuk mencari sumber air lain dan tidak lagi menggunakan air sungai.
- B. Melakukan demonstrasi besar-besaran di depan pabrik setiap hari sampai pabrik tutup.
- C. Melaporkan masalah ini kepada pemerintah daerah atau dinas lingkungan hidup agar segera ditindaklanjuti dan mencari solusi bersama.
- D. Mengajak teman-teman untuk menimbun limbah pabrik dengan tanah agar tidak terlihat.
- E. Membiarkan saja karena itu masalah orang dewasa dan bukan tanggung jawab anak-anak.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Melaporkan masalah ini kepada pemerintah daerah atau dinas lingkungan hidup agar segera ditindaklanjuti dan mencari solusi bersama.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis masalah dan mengevaluasi solusi yang paling efektif dan bertanggung jawab. Melibatkan pihak berwenang adalah langkah yang paling tepat untuk mencari solusi yang berkelanjutan dan sesuai hukum, bukan sekadar solusi sementara atau tindakan yang merugikan pihak lain.
2. Keluarga Budi sering membuang sisa makanan langsung ke tempat sampah tanpa memisahkannya. Akibatnya, sampah dapur mereka cepat menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap. Ibu Budi ingin mengurangi jumlah sampah dan membuat lingkungan rumah lebih bersih. Jika kamu adalah Budi, ide apa yang paling kreatif dan bermanfaat yang bisa kamu usulkan kepada ibumu untuk mengatasi masalah sisa makanan ini?
- A. Membuang sisa makanan ke sungai terdekat agar cepat hilang.
- B. Mengajak ibu untuk membeli makanan jadi agar tidak ada sisa makanan.
- C. Mengumpulkan sisa makanan untuk dijadikan kompos yang bisa menyuburkan tanaman di kebun.
- D. Menyuruh ibu untuk membakar sisa makanan setiap hari di halaman rumah.
- E. Mengajak ibu untuk membuang sisa makanan di rumah tetangga.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengumpulkan sisa makanan untuk dijadikan kompos yang bisa menyuburkan tanaman di kebun.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengkreasi solusi inovatif dan berkelanjutan (C6). Mengubah sisa makanan menjadi kompos adalah cara cerdas untuk mengurangi sampah sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan dan tanaman.
3. Di sekolah 'Pelita Bangsa', setiap jam istirahat banyak siswa membeli minuman kemasan botol plastik. Setelah selesai minum, botol-botol plastik itu sering dibuang sembarangan, membuat sampah menumpuk di tempat sampah dan kadang berserakan di halaman. Kepala sekolah ingin mengurangi sampah plastik di sekolah. Sebagai anggota 'Tim Lingkungan Sekolah', program apa yang paling efektif untuk mengurangi sampah botol plastik dan meningkatkan kesadaran siswa?
- A. Melarang semua siswa membawa botol plastik ke sekolah.
- B. Membeli tempat sampah yang sangat besar agar semua botol plastik bisa masuk.
- C. Mengadakan lomba kreasi dari botol plastik bekas setiap bulan dan mewajibkan siswa membawa botol minum sendiri dari rumah.
- D. Menyuruh petugas kebersihan untuk membersihkan semua sampah setiap jam istirahat.
- E. Meminta guru untuk menghukum siswa yang membuang sampah sembarangan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengadakan lomba kreasi dari botol plastik bekas setiap bulan dan mewajibkan siswa membawa botol minum sendiri dari rumah.
Pembahasan: Pilihan C adalah solusi kreatif (C6) yang menggabungkan edukasi (lomba kreasi daur ulang) dengan kebiasaan baik (membawa botol minum sendiri). Ini tidak hanya mengurangi sampah tetapi juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi siswa secara aktif.
4. Keluarga Pak RT Joni tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk. Mereka sering mengeluhkan tagihan listrik yang tinggi setiap bulannya. Padahal, mereka merasa sudah cukup hemat dalam penggunaan listrik. Setelah diperhatikan, ternyata banyak lampu di rumah mereka yang menyala di siang hari dan AC sering dinyalakan meskipun cuaca tidak terlalu panas. Sebagai tetangga yang peduli, saran apa yang paling tepat untuk membantu Pak RT Joni menghemat listrik?
- A. Mengusulkan agar Pak RT Joni tidak menyalakan lampu sama sekali di malam hari.
- B. Menyarankan Pak RT Joni untuk pindah rumah ke daerah yang lebih sepi agar tagihan listriknya murah.
- C. Menganjurkan Pak RT Joni untuk memanfaatkan cahaya matahari di siang hari dan mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin.
- D. Mengajak Pak RT Joni untuk mencabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan.
- E. Memberi tahu Pak RT Joni untuk meminta diskon listrik kepada PLN.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menganjurkan Pak RT Joni untuk memanfaatkan cahaya matahari di siang hari dan mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis penyebab dan memberikan solusi yang realistis dan efektif (C4). Memanfaatkan cahaya alami dan mengatur suhu AC adalah langkah-langkah hemat energi yang praktis dan langsung berdampak.
5. Di sebuah hutan lindung, terjadi penebangan liar yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, banyak pohon besar tumbang dan ekosistem hutan terganggu. Jika situasi ini terus berlanjut, apa dampak paling parah yang mungkin terjadi bagi lingkungan sekitar dalam jangka panjang?
- A. Harga kayu akan menjadi lebih murah karena banyak pasokan.
- B. Hewan-hewan hutan akan berpindah tempat ke kota dan menjadi hewan peliharaan.
- C. Terjadi banjir bandang dan tanah longsor di musim hujan, serta kekeringan di musim kemarau.
- D. Hutan akan menjadi tempat wisata baru yang menarik.
- E. Udara di sekitar hutan akan menjadi lebih segar karena banyak lahan terbuka.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Terjadi banjir bandang dan tanah longsor di musim hujan, serta kekeringan di musim kemarau.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis konsekuensi jangka panjang dari suatu tindakan (C4). Penebangan hutan secara liar akan menghilangkan penahan air dan pengikat tanah, menyebabkan bencana alam.
6. Sekolahmu akan mengadakan kegiatan 'Hari Lingkungan'. Setiap kelas diminta untuk membuat proyek yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. Kelasmu memutuskan untuk membuat proyek 'Bank Sampah Mini'. Apa tujuan utama dari proyek 'Bank Sampah Mini' ini agar benar-benar bermanfaat bagi sekolah?
- A. Agar sekolah bisa menjual sampah dan mendapatkan uang banyak.
- B. Untuk mengumpulkan sampah agar tidak berserakan di kelas.
- C. Untuk mengajarkan siswa memilah sampah, mendaur ulang, dan menghargai nilai ekonomis sampah yang dapat diolah.
- D. Agar siswa tidak perlu lagi membuang sampah ke tempat sampah umum.
- E. Sebagai tempat menyimpan sampah yang tidak terpakai lagi.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Untuk mengajarkan siswa memilah sampah, mendaur ulang, dan menghargai nilai ekonomis sampah yang dapat diolah.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan pemahaman mendalam tentang tujuan dan manfaat Bank Sampah (C4). Ini tidak hanya tentang mengumpulkan, tetapi juga tentang edukasi, pemilahan, daur ulang, dan nilai ekonomi sampah.
7. Desa 'Makmur Sentosa' memiliki banyak lahan kosong yang tidak terawat. Warga sering mengeluhkan nyamuk yang banyak dan pemandangan yang kurang indah. Pak Kepala Desa ingin mengubah lahan-lahan kosong ini menjadi sesuatu yang bermanfaat dan indah. Sebagai seorang siswa yang cerdas, usulan proyek apa yang paling baik untuk mengatasi masalah ini dan melibatkan seluruh warga desa?
- A. Membangun lapangan futsal di semua lahan kosong.
- B. Menjadikan lahan kosong sebagai tempat pembuangan sampah akhir.
- C. Mengajak warga untuk menanam pohon buah dan sayuran di lahan kosong, serta membuat taman desa kecil.
- D. Memagar semua lahan kosong agar tidak ada yang masuk.
- E. Membiarkan saja lahan kosong tersebut karena tidak ada yang punya ide.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengajak warga untuk menanam pohon buah dan sayuran di lahan kosong, serta membuat taman desa kecil.
Pembahasan: Pilihan C adalah solusi kreatif dan berkelanjutan (C6) yang melibatkan partisipasi masyarakat. Menanam pohon dan sayuran akan membuat lingkungan lebih hijau, mengurangi nyamuk, dan memberikan manfaat pangan.
8. Saat liburan sekolah, kamu dan keluargamu berlibur ke pantai. Kamu melihat banyak sekali sampah plastik berserakan di pasir dan mengotori laut. Padahal, di sekitar pantai sudah disediakan banyak tempat sampah. Menurutmu, mengapa masalah sampah ini masih saja terjadi meskipun fasilitas sudah ada?
- A. Karena tempat sampah yang disediakan kurang besar.
- B. Karena tidak ada petugas kebersihan yang bekerja di pantai.
- C. Karena kurangnya kesadaran pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya dan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan.
- D. Karena sampah-sampah itu terbawa arus laut dari tempat lain.
- E. Karena pemerintah tidak peduli dengan kebersihan pantai.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Karena kurangnya kesadaran pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya dan kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis akar masalah (C4). Meskipun fasilitas ada, perilaku manusia dan kurangnya kesadaran adalah faktor utama penyebab masalah sampah.
9. Di sekolahmu, setiap hari ada sisa makanan di kantin yang tidak habis terjual. Sisa makanan ini seringkali langsung dibuang. Ibu kantin ingin agar sisa makanan ini tidak terbuang sia-sia. Sebagai seorang siswa yang cerdas, ide apa yang paling inovatif untuk memanfaatkan sisa makanan dari kantin sekolah?
- A. Membuang sisa makanan ke tempat sampah yang tertutup rapat.
- B. Mengajak siswa untuk menghabiskan semua makanan di kantin agar tidak ada sisa.
- C. Mengumpulkan sisa makanan yang layak untuk diberikan kepada hewan ternak di sekitar sekolah atau diolah menjadi kompos.
- D. Mengeringkan sisa makanan dan menyimpannya sebagai cadangan.
- E. Meminta ibu kantin untuk tidak berjualan lagi.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengumpulkan sisa makanan yang layak untuk diberikan kepada hewan ternak di sekitar sekolah atau diolah menjadi kompos.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengkreasi solusi yang bermanfaat (C6) untuk mengurangi limbah makanan, baik dengan memberikannya kepada hewan atau mengubahnya menjadi kompos.
10. Desa 'Harmoni Alam' memiliki sumber mata air yang jernih dan melimpah. Namun, beberapa warga menggunakan air secara berlebihan untuk mencuci mobil setiap hari atau menyiram tanaman dengan keran terbuka dalam waktu lama. Jika kebiasaan ini terus berlanjut, apa risiko terbesar yang mungkin dihadapi Desa Harmoni Alam di masa depan?
- A. Air akan menjadi lebih jernih karena sering digunakan.
- B. Warga akan semakin sehat karena banyak menggunakan air.
- C. Sumber mata air bisa kering dan warga akan kesulitan mendapatkan air bersih.
- D. Petani akan kesulitan mengairi sawah karena airnya terlalu banyak.
- E. Pemerintah akan membangun lebih banyak sumur baru.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Sumber mata air bisa kering dan warga akan kesulitan mendapatkan air bersih.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis dampak jangka panjang dari pemborosan sumber daya alam (C4). Penggunaan air berlebihan dapat menguras cadangan air tanah dan mata air.
11. Pemerintah kota menggalakkan program 'Gerakan Menanam Seribu Pohon'. Program ini bertujuan untuk membuat kota lebih hijau dan mengurangi polusi udara. Sebagai warga kota, mengapa program ini sangat penting untuk mendukung kehidupan yang lebih baik?
- A. Agar kota terlihat lebih indah dengan banyak pohon.
- B. Agar banyak tempat untuk berteduh saat panas terik.
- C. Pohon membantu menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, dan menjaga kualitas udara yang kita hirup.
- D. Agar banyak tempat untuk bermain petak umpet.
- E. Agar banyak burung yang bersarang di pohon.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Pohon membantu menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida, dan menjaga kualitas udara yang kita hirup.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis fungsi ekologis pohon dan mengevaluasi pentingnya program penghijauan (C4). Ini menjelaskan manfaat utama pohon bagi lingkungan dan kesehatan manusia.
12. Pada musim kemarau panjang, banyak daerah mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan penghematan air. Kegiatan apa yang paling efektif untuk menghemat air di rumah sehari-hari?
- A. Mandi hanya sekali seminggu.
- B. Membiarkan keran air menyala saat menyikat gigi.
- C. Menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman.
- D. Mencuci baju setiap hari dengan mesin cuci penuh.
- E. Membiarkan air mengalir saat mencuci piring.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiram tanaman.
Pembahasan: Pilihan C adalah contoh solusi kreatif dan praktis untuk menghemat air (C6). Ini adalah bentuk daur ulang air sederhana yang dapat diterapkan di rumah.
13. Di lingkungan tempat tinggalmu, banyak warga yang masih menggunakan kantong plastik sekali pakai saat berbelanja di pasar. Hal ini menyebabkan penumpukan sampah plastik yang sulit terurai. Jika kamu ingin membantu mengurangi penggunaan kantong plastik, tindakan apa yang paling tepat kamu lakukan?
- A. Melarang semua orang menggunakan kantong plastik.
- B. Menyuruh pedagang untuk tidak menyediakan kantong plastik.
- C. Mengajak tetangga untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah setiap kali pergi ke pasar.
- D. Membakar semua sampah plastik yang ada di pasar.
- E. Mengabaikan saja karena itu bukan masalahmu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengajak tetangga untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah setiap kali pergi ke pasar.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengevaluasi solusi yang efektif dan persuasif (C5). Mengajak dan memberi contoh adalah cara yang lebih baik untuk mengubah kebiasaan daripada melarang.
14. Sekolahmu akan mengadakan acara perpisahan. Panitia berencana menggunakan banyak balon plastik dan dekorasi sekali pakai yang akan menjadi sampah setelah acara selesai. Kamu merasa khawatir dengan banyaknya sampah yang akan dihasilkan. Saran apa yang paling baik kamu berikan kepada panitia agar acara tetap meriah namun ramah lingkungan?
- A. Mengusulkan agar acara perpisahan dibatalkan saja.
- B. Menyarankan penggunaan dekorasi dari bahan daur ulang, tanaman hidup, atau kain yang bisa dipakai ulang.
- C. Membiarkan saja panitia menggunakan dekorasi apa pun yang mereka mau.
- D. Mengumpulkan semua sampah dekorasi setelah acara selesai dan membuangnya ke sungai.
- E. Meminta panitia untuk membeli dekorasi yang paling mahal agar terlihat mewah.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Menyarankan penggunaan dekorasi dari bahan daur ulang, tanaman hidup, atau kain yang bisa dipakai ulang.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan kemampuan mengkreasi solusi alternatif yang ramah lingkungan (C6). Menggunakan bahan daur ulang atau yang bisa dipakai ulang adalah cara cerdas untuk mengurangi limbah.
15. Setiap hari, Ayahmu pergi bekerja menggunakan mobil pribadi. Padahal, jarak rumah ke kantor tidak terlalu jauh dan ada transportasi umum yang bisa digunakan. Jika kamu ingin membantu Ayahmu menghemat energi dan mengurangi polusi udara, saran apa yang paling baik kamu berikan?
- A. Meminta Ayahmu untuk tidak pergi bekerja.
- B. Mengusulkan Ayahmu untuk mencoba naik sepeda atau menggunakan transportasi umum seperti bus ke kantor.
- C. Membeli mobil yang lebih besar agar bisa menampung banyak orang.
- D. Membiarkan Ayahmu menggunakan mobil karena itu haknya.
- E. Mengajak Ayahmu untuk balapan mobil setiap hari.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Mengusulkan Ayahmu untuk mencoba naik sepeda atau menggunakan transportasi umum seperti bus ke kantor.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan kemampuan menganalisis pilihan transportasi dan mengevaluasi manfaatnya (C4). Menggunakan sepeda atau transportasi umum adalah cara efektif untuk mengurangi emisi karbon dan menghemat bahan bakar.
16. Di daerah pesisir, banyak hutan bakau yang ditebang untuk dijadikan lahan tambak udang. Padahal, hutan bakau memiliki peran penting sebagai pelindung pantai dari abrasi dan tempat tinggal bagi berbagai jenis hewan laut. Jika penebangan hutan bakau terus berlanjut, apa dampak paling serius yang akan terjadi pada lingkungan pesisir?
- A. Jumlah udang akan semakin banyak dan harganya murah.
- B. Pantai akan semakin aman dari gelombang tinggi.
- C. Garis pantai akan mengalami kemunduran (abrasi), keanekaragaman hayati laut berkurang, dan risiko bencana alam meningkat.
- D. Udara di sekitar pantai akan menjadi lebih segar.
- E. Banyak wisatawan yang akan datang untuk melihat tambak udang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Garis pantai akan mengalami kemunduran (abrasi), keanekaragaman hayati laut berkurang, dan risiko bencana alam meningkat.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis dampak ekologis dari kerusakan hutan bakau (C4). Hutan bakau adalah benteng alami pantai, dan kehilangannya akan menyebabkan abrasi serta hilangnya habitat.
17. Ibu guru menugaskanmu untuk membuat poster tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Poster tersebut harus menarik perhatian teman-teman dan berisi pesan yang kuat. Elemen apa yang paling penting untuk kamu masukkan agar postermu efektif menggerakkan teman-teman?
- A. Gambar pemandangan gunung yang indah.
- B. Tulisan yang sangat kecil sehingga sulit dibaca.
- C. Slogan singkat, gambar yang menarik tentang lingkungan bersih atau kotor, dan ajakan untuk bertindak.
- D. Hanya tulisan 'Jagalah Kebersihan' tanpa gambar.
- E. Gambar kartun yang tidak berhubungan dengan lingkungan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Slogan singkat, gambar yang menarik tentang lingkungan bersih atau kotor, dan ajakan untuk bertindak.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengkreasi media komunikasi yang efektif (C6). Poster yang baik menggabungkan visual yang menarik, pesan yang jelas, dan ajakan untuk bertindak.
18. Di daerahmu, sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir. Hal ini disebabkan oleh penggunaan listrik yang berlebihan oleh masyarakat. Untuk membantu mengatasi masalah ini, apa yang bisa kamu lakukan di rumah agar penggunaan listrik lebih hemat dan efisien?
- A. Menyalakan semua lampu di rumah agar terang benderang.
- B. Mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dan mematikan lampu saat tidak diperlukan.
- C. Membiarkan televisi menyala meskipun tidak ditonton.
- D. Menyalakan AC dengan suhu paling rendah sepanjang hari.
- E. Membuka pintu kulkas terlalu lama.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Mencabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dan mematikan lampu saat tidak diperlukan.
Pembahasan: Pilihan B menunjukkan kemampuan menganalisis kebiasaan penggunaan listrik dan mengevaluasi tindakan penghematan yang efektif (C4). Ini adalah langkah-langkah praktis untuk mengurangi konsumsi listrik.
19. Keluarga Siti sering berlibur ke pegunungan. Setiap kali mereka berkemah, Ayah Siti selalu memastikan untuk tidak meninggalkan sampah sedikit pun dan memadamkan api unggun dengan sempurna sebelum pulang. Mengapa tindakan Ayah Siti ini sangat penting untuk menjaga kelestarian alam di pegunungan?
- A. Agar tidak ada hewan yang memakan sisa makanan.
- B. Agar tidak ada yang tahu kalau mereka pernah berkemah di sana.
- C. Untuk mencegah kebakaran hutan dan menjaga kebersihan serta keindahan alam pegunungan.
- D. Agar tidak ada yang mencuri barang-barang mereka.
- E. Karena Ayah Siti tidak suka melihat sampah.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Untuk mencegah kebakaran hutan dan menjaga kebersihan serta keindahan alam pegunungan.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan menganalisis pentingnya etika lingkungan saat berinteraksi dengan alam (C4). Meninggalkan sampah dan api yang tidak padam dapat menyebabkan kerusakan serius pada ekosistem.
20. Pemerintah sedang mempertimbangkan untuk membangun sebuah bendungan besar di daerah hulu sungai untuk mengatasi masalah kekeringan di musim kemarau dan banjir di musim hujan. Namun, pembangunan bendungan ini akan menenggelamkan beberapa desa dan hutan di sekitarnya. Sebagai seorang pengambil keputusan, bagaimana kamu akan mengevaluasi rencana pembangunan bendungan ini?
- A. Langsung menyetujui karena akan mengatasi kekeringan dan banjir.
- B. Menolak sepenuhnya karena akan menenggelamkan desa dan hutan.
- C. Melakukan kajian mendalam tentang dampak positif dan negatifnya terhadap lingkungan dan masyarakat, mencari alternatif lain, serta memastikan kompensasi yang adil bagi warga terdampak.
- D. Meminta pendapat hanya dari pihak yang mendukung pembangunan bendungan.
- E. Membiarkan masyarakat yang memutuskan sendiri tanpa adanya kajian.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Melakukan kajian mendalam tentang dampak positif dan negatifnya terhadap lingkungan dan masyarakat, mencari alternatif lain, serta memastikan kompensasi yang adil bagi warga terdampak.
Pembahasan: Pilihan C menunjukkan kemampuan mengevaluasi secara komprehensif (C5). Ini melibatkan pertimbangan berbagai aspek (lingkungan, sosial, ekonomi), mencari alternatif, dan memastikan keadilan, bukan hanya fokus pada satu sisi masalah.
B. Isian Singkat
1. Andi melihat Ayahnya membuang oli bekas ke selokan dekat rumah. Jelaskan mengapa tindakan Ayah Andi tersebut dapat membahayakan lingkungan dan makhluk hidup di sekitarnya!
Jawaban: Oli bekas mengandung zat kimia berbahaya yang dapat mencemari air tanah dan air permukaan. Jika masuk ke selokan, oli bisa mengalir ke sungai atau danau, meracuni ikan dan hewan air lainnya, serta merusak ekosistem air. Jika meresap ke tanah, dapat membuat tanah tidak subur dan mencemari sumber air minum.
2. Mengapa kita perlu melakukan daur ulang sampah seperti botol plastik atau kertas? Sebutkan dua manfaat utama dari kegiatan daur ulang!
Jawaban: Kita perlu daur ulang untuk mengurangi jumlah sampah yang menumpuk di tempat pembuangan akhir dan menghemat sumber daya alam. Dua manfaat utamanya adalah: 1) Mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah, 2) Menghemat energi dan bahan baku baru dalam proses produksi barang.
3. Di daerah pedesaan, banyak warga yang membakar sampah rumah tangga di halaman rumah mereka setiap sore. Apa dampak negatif dari kebiasaan membakar sampah terhadap kualitas udara dan kesehatan manusia?
Jawaban: Membakar sampah menghasilkan asap yang mengandung zat-zat berbahaya seperti dioksin, furan, partikel halus, dan karbon monoksida. Asap ini dapat mencemari udara, menyebabkan gangguan pernapasan (asma, ISPA), iritasi mata, dan dalam jangka panjang berisiko menyebabkan kanker pada manusia. Selain itu, juga berkontribusi pada pemanasan global.
4. Seorang petani di daerah pegunungan berencana untuk menebang semua pohon di lahannya untuk diganti dengan tanaman sayuran yang lebih cepat panen. Jika rencana ini dilakukan, apa risiko terbesar yang mungkin terjadi pada lahan petani tersebut dan daerah sekitarnya, terutama saat musim hujan?
Jawaban: Risiko terbesar adalah terjadinya erosi tanah dan tanah longsor. Pohon berfungsi sebagai penahan dan pengikat tanah. Tanpa pohon, tanah akan mudah tergerus air hujan, kehilangan kesuburannya, dan berpotensi menyebabkan longsor yang membahayakan jiwa dan harta benda di bawahnya.
5. Sebutkan tiga cara sederhana yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat penggunaan energi listrik!
Jawaban: Tiga cara sederhana untuk menghemat energi listrik di rumah adalah: 1) Mematikan lampu saat tidak digunakan atau di siang hari, 2) Mencabut peralatan elektronik dari stop kontak jika tidak digunakan (standby), 3) Menggunakan alat elektronik yang hemat energi, 4) Memanfaatkan cahaya matahari dan ventilasi alami sebaik mungkin.
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah seorang pemimpin di sebuah desa yang menghadapi masalah serius terkait pengelolaan sampah plastik. Sampah plastik menumpuk di mana-mana, mencemari sungai, dan membuat desa terlihat kumuh. Susunlah sebuah rencana aksi yang komprehensif (lengkap) untuk mengatasi masalah sampah plastik di desamu, mulai dari langkah awal hingga solusi jangka panjang. Jelaskan setiap langkah yang kamu usulkan!
Contoh Jawaban: Sebagai pemimpin desa, rencana aksi saya untuk mengatasi masalah sampah plastik adalah sebagai berikut:1. **Sosialisasi dan Edukasi:** Langkah awal adalah mengadakan pertemuan dengan warga untuk menjelaskan dampak buruk sampah plastik dan pentingnya pengelolaan sampah. Kami akan memberikan edukasi tentang cara memilah sampah organik dan anorganik (termasuk plastik) dari rumah.2. **Penyediaan Fasilitas Pemilahan Sampah:** Menyediakan tempat sampah terpisah untuk organik dan anorganik (plastik, kertas, logam) di setiap RT atau area publik strategis. Kami juga akan menyediakan kantong sampah khusus untuk memudahkan pemilahan.3. **Pembentukan Bank Sampah Desa:** Membangun Bank Sampah di desa. Warga bisa menyetorkan sampah plastik yang sudah dipilah dan bersih untuk ditimbang, lalu mendapatkan imbalan berupa uang atau kebutuhan pokok. Ini akan memotivasi warga untuk memilah sampah.4. **Program Daur Ulang dan Kreasi:** Mengadakan pelatihan daur ulang sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomis atau kerajinan tangan (misalnya, membuat pot bunga dari botol plastik, tas dari bungkus kopi). Ini akan mengurangi sampah dan menciptakan peluang ekonomi baru.5. **Gerakan 'Kurangi Plastik Sekali Pakai':** Menggalakkan kampanye untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai di pasar desa dan toko-toko kecil. Mendorong warga untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah.6. **Kerja Sama dengan Pihak Luar:** Menjalin kerja sama dengan pengepul sampah, industri daur ulang, atau LSM lingkungan untuk mengelola sampah plastik yang sudah terkumpul di Bank Sampah.7. **Monitoring dan Evaluasi:** Secara berkala, kami akan memantau efektivitas program, mengumpulkan masukan dari warga, dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Rencana ini melibatkan partisipasi aktif warga dan bertujuan menciptakan lingkungan desa yang bersih dan berkelanjutan.
2. Di daerah perkotaan, semakin banyak gedung-gedung tinggi dibangun sehingga lahan hijau semakin berkurang. Menurut pendapatmu, bagaimana dampak berkurangnya lahan hijau terhadap kualitas hidup penduduk kota dan apa solusi kreatif yang bisa diusulkan untuk menambah ruang hijau di tengah keterbatasan lahan?
Contoh Jawaban: Dampak berkurangnya lahan hijau terhadap kualitas hidup penduduk kota sangat signifikan:1. **Peningkatan Suhu Udara:** Pohon dan tanaman membantu menurunkan suhu. Tanpa lahan hijau, kota akan terasa lebih panas (urban heat island effect).2. **Penurunan Kualitas Udara:** Lahan hijau berperan menyerap polutan udara dan menghasilkan oksigen. Berkurangnya lahan hijau berarti udara kota menjadi lebih tercemar dan kualitas pernapasan menurun.3. **Masalah Banjir:** Pohon dan tanah menyerap air hujan. Berkurangnya lahan hijau meningkatkan risiko banjir karena air tidak terserap dengan baik.4. **Penurunan Kualitas Psikologis:** Ruang hijau memberikan tempat relaksasi, rekreasi, dan mengurangi stres. Kehilangannya dapat berdampak negatif pada kesehatan mental warga.Solusi kreatif untuk menambah ruang hijau di tengah keterbatasan lahan:1. **Taman Vertikal (Vertical Garden):** Membangun taman di dinding gedung atau pagar. Ini memanfaatkan ruang vertikal yang tidak terpakai.2. **Roof Garden (Taman Atap):** Mengubah atap gedung menjadi taman. Ini tidak hanya menambah ruang hijau tetapi juga membantu mendinginkan bangunan.3. **Penanaman Pohon di Trotoar dan Median Jalan:** Memaksimalkan penanaman pohon di sepanjang jalan dan pembatas jalan.4. **Komunitas Urban Farming:** Mengajak warga memanfaatkan lahan kosong kecil atau bahkan balkon untuk menanam sayuran atau tanaman hias.5. **Pemanfaatan Lahan Kolong Tol/Jembatan:** Mengubah area kosong di bawah jalan layang atau jembatan menjadi taman kota kecil atau area hijau.6. **Desain Bangunan Hijau:** Mendorong arsitek dan pengembang untuk mengintegrasikan elemen hijau dalam desain bangunan baru, seperti balkon dengan tanaman atau fasad hijau.
3. Kamu adalah seorang peneliti muda yang menemukan bahwa penggunaan sabun deterjen di rumah tangga dapat mencemari air sungai jika limbahnya tidak diolah. Padahal, deterjen sangat dibutuhkan untuk mencuci. Berdasarkan pengetahuanmu, apa yang bisa kamu sarankan kepada masyarakat agar tetap bisa mencuci bersih tanpa merusak lingkungan air? Jelaskan beberapa alternatif atau kebiasaan baru yang bisa diterapkan!
Contoh Jawaban: Sebagai peneliti muda, saya menyarankan beberapa hal kepada masyarakat untuk tetap mencuci bersih tanpa merusak lingkungan air:1. **Gunakan Deterjen Ramah Lingkungan:** Menganjurkan penggunaan deterjen yang mengandung bahan-bahan biodegradable (mudah terurai) dan bebas fosfat. Deterjen jenis ini akan lebih mudah diurai oleh mikroorganisme di air dan tidak menyebabkan eutrofikasi (ledakan alga yang mengurangi oksigen air).2. **Gunakan Deterjen Secukupnya:** Edukasi kepada masyarakat untuk tidak menggunakan deterjen secara berlebihan. Dosis yang tepat sudah cukup untuk membersihkan, dan ini akan mengurangi jumlah limbah deterjen yang masuk ke air.3. **Manfaatkan Tanaman Pembersih Air:** Mengajak masyarakat untuk menanam tanaman air (seperti eceng gondok atau melati air) di saluran pembuangan limbah rumah tangga sebelum masuk ke sungai. Tanaman ini dapat membantu menyerap beberapa polutan.4. **Sistem Pengolahan Air Sederhana:** Jika memungkinkan, dorong pembangunan sistem pengolahan air limbah rumah tangga (IPAL komunal sederhana) di tingkat RT atau desa sebelum dibuang ke sungai. Ini bisa berupa bak pengendapan atau filter alami.5. **Alternatif Alami:** Memperkenalkan kembali cara mencuci tradisional dengan bahan alami seperti lerak atau abu gosok untuk pakaian tertentu, atau cuka/lemon untuk membersihkan noda, meskipun ini mungkin tidak praktis untuk semua jenis cucian.6. **Edukasi Pemilahan Limbah:** Mengajarkan agar limbah cucian tidak dicampur dengan limbah minyak atau bahan kimia lain yang lebih berbahaya.
4. Pemanasan global adalah isu serius yang berdampak pada seluruh dunia. Salah satu penyebab utamanya adalah peningkatan gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. Sebagai seorang siswa, usulkanlah 3 (tiga) tindakan nyata yang paling efektif yang bisa kamu lakukan di sekolah dan di rumah untuk membantu mengurangi dampak pemanasan global!
Contoh Jawaban: Tiga tindakan nyata yang paling efektif yang bisa saya lakukan di sekolah dan di rumah untuk mengurangi dampak pemanasan global adalah:1. **Hemat Energi Listrik:**Di rumah: Mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak digunakan, mencabut charger setelah dipakai, memanfaatkan cahaya matahari di siang hari, dan menggunakan AC atau kipas angin seperlunya.Di sekolah: Memastikan lampu kelas dan kipas angin/AC dimatikan saat jam istirahat atau setelah pelajaran selesai, serta mengajak teman-teman untuk melakukan hal yang sama.2. **Kurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai:**Di rumah: Membawa tas belanja sendiri saat ke pasar, menggunakan botol minum isi ulang, dan menghindari penggunaan sedotan plastik.Di sekolah: Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah dengan wadah yang bisa dipakai ulang, serta menolak membeli makanan/minuman dengan kemasan plastik sekali pakai.3. **Terapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle):**Di rumah: Mengurangi pembelian barang yang tidak perlu (Reduce), menggunakan kembali barang-barang yang masih layak (Reuse) seperti botol kaca atau wadah makanan, dan memilah sampah untuk didaur ulang (Recycle) seperti kertas, plastik, dan kaleng.Di sekolah: Berpartisipasi aktif dalam program bank sampah sekolah, membuat kerajinan dari barang bekas, dan menggunakan kertas secara efisien (misalnya, menggunakan kedua sisi kertas).
5. Di kota 'Maju Jaya', pembangunan terus berjalan pesat. Banyak lahan hijau diubah menjadi bangunan dan jalan. Akibatnya, saat musim hujan, kota ini sering dilanda banjir. Wali Kota 'Maju Jaya' ingin mencari solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir tanpa menghentikan pembangunan. Jika kamu adalah penasihat Wali Kota, solusi inovatif apa yang akan kamu usulkan untuk menyeimbangkan pembangunan dan perlindungan lingkungan?
Contoh Jawaban: Sebagai penasihat Wali Kota, saya akan mengusulkan beberapa solusi inovatif untuk menyeimbangkan pembangunan dan perlindungan lingkungan di kota 'Maju Jaya':1. **Penerapan Konsep Kota Hijau (Green City):** Mendorong pembangunan gedung-gedung dengan konsep 'green building' yang memiliki taman atap (roof garden), dinding hijau (vertical garden), dan sistem pengumpul air hujan. Ini akan menambah ruang hijau dan membantu penyerapan air.2. **Pembangunan Sumur Resapan dan Biopori Massal:** Menggalakkan program pembangunan sumur resapan dan lubang biopori di setiap rumah, fasilitas umum, dan area publik. Ini akan meningkatkan penyerapan air hujan ke dalam tanah, mengurangi genangan, dan mengisi kembali cadangan air tanah.3. **Revitalisasi dan Penciptaan Ruang Terbuka Hijau (RTH):** Meskipun lahan terbatas, kita bisa menciptakan RTH di area yang tidak terpakai, seperti kolong jembatan, pinggir sungai, atau mengganti sebagian trotoar dengan area resapan air berumput. Memaksimalkan penanaman pohon di sepanjang jalan.4. **Pengelolaan Air Hujan Terpadu:** Menerapkan sistem pengelolaan air hujan yang terpadu, di mana air hujan ditampung dan dimanfaatkan kembali untuk menyiram tanaman atau keperluan non-konsumsi lainnya, bukan langsung dibuang ke saluran pembuangan.5. **Pendidikan Lingkungan Berkelanjutan:** Mengintegrasikan pendidikan lingkungan ke dalam kurikulum sekolah dan mengadakan kampanye kesadaran publik secara terus-menerus tentang pentingnya menjaga lingkungan dan partisipasi dalam program-program kota.6. **Peraturan Tata Ruang yang Ketat:** Memperketat peraturan tata ruang yang mewajibkan setiap pembangunan baru untuk menyediakan persentase tertentu dari lahannya sebagai area hijau atau area resapan air.
D. Mencocokkan
Set 1. Cocokkan masalah lingkungan di kolom kiri dengan solusi yang paling tepat di kolom kanan!
| Sampah plastik menumpuk di lingkungan | => | Membawa tas belanja sendiri dan daur ulang |
| Kekeringan di musim kemarau | => | Hemat air dan membuat sumur resapan |
| Polusi udara di perkotaan | => | Menanam pohon dan menggunakan transportasi umum |
| Banjir saat musim hujan | => | Tidak membuang sampah ke sungai dan menjaga hutan |
| Tagihan listrik membengkak | => | Mematikan lampu saat tidak digunakan |
Set 2. Cocokkan sumber daya alam di kolom kiri dengan contoh pemanfaatannya yang berkelanjutan di kolom kanan!
| Air | => | Menggunakan air bekas cucian untuk menyiram tanaman |
| Hutan | => | Melakukan reboisasi dan tebang pilih |
| Minyak Bumi | => | Menggunakan kendaraan umum atau sepeda |
| Sinar Matahari | => | Memanfaatkan untuk mengeringkan pakaian dan penerangan alami |
| Tanah | => | Melakukan rotasi tanaman dan membuat kompos |