bank soal hots sd kelas 2 lengkap

Posted on

Materi ini dirancang khusus untuk siswa kelas 2 SD, berfokus pada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) melalui soal-soal yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Soal-soal ini tidak hanya menguji ingatan, tetapi juga kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi dari berbagai situasi. Dengan mengerjakan soal-soal ini, siswa diajak untuk berpikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam memecahkan masalah, sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.


A. Pilihan Ganda

1. Di hari Minggu, Toni membantu ibunya menyiram tanaman di kebun. Ada 8 pot bunga mawar dan 5 pot bunga melati. Toni ingin memberikan pupuk cair pada semua pot bunga. Setiap pot membutuhkan 1 sendok pupuk. Jika Toni hanya memiliki 10 sendok pupuk, apa yang sebaiknya Toni lakukan agar semua tanaman mendapatkan pupuk?

  • A. Menyiram semua tanaman dengan air saja.
  • B. Memberi pupuk pada bunga mawar saja.
  • C. Meminta ibu membeli pupuk tambahan agar semua tanaman cukup.
  • D. Memberi pupuk pada bunga melati saja.
  • E. Mencampur pupuk dengan air agar jumlahnya lebih banyak.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Meminta ibu membeli pupuk tambahan agar semua tanaman cukup.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) masalah. Siswa harus menghitung total kebutuhan pupuk (8+5=13) dan membandingkannya dengan ketersediaan (10). Kemudian, siswa harus mengevaluasi solusi terbaik untuk memastikan semua tanaman mendapatkan pupuk, yaitu dengan mencari tambahan pupuk, bukan mengurangi jatah atau mencampur dengan air yang bisa mengubah konsentrasi pupuk.

2. Lani memiliki 12 buah permen. Ia ingin membagikan permennya kepada 3 temannya secara rata. Namun, sebelum dibagikan, Lani memakan 3 buah permen miliknya. Bagaimana cara Lani membagikan permennya sekarang agar setiap teman mendapatkan jumlah yang sama dan tidak ada sisa?

  • A. Membagikan 3 permen untuk setiap teman.
  • B. Membagikan 4 permen untuk setiap teman.
  • C. Membagikan 2 permen untuk setiap teman.
  • D. Membagikan 5 permen untuk setiap teman.
  • E. Lani tidak bisa membagikannya secara rata karena permennya kurang.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. Membagikan 3 permen untuk setiap teman.

Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) perubahan jumlah permen (12-3=9) dan kemudian mengevaluasi (C5) cara pembagian yang rata kepada 3 teman (9:3=3). Jawaban ini menunjukkan pemahaman konsep pembagian dan penyelesaian masalah dalam konteks nyata.

3. Pada hari Sabtu, Rina dan keluarganya pergi ke pasar. Rina melihat ada 4 keranjang berisi jeruk. Setiap keranjang berisi 7 buah jeruk. Rina ingin membeli semua jeruk tersebut untuk dibagikan kepada tetangga. Jika Rina memiliki 25 kantong plastik kecil, apakah kantong plastik yang dimiliki Rina cukup untuk membungkus setiap jeruk dalam satu kantong?

  • A. Cukup, karena jumlah kantong lebih banyak dari jeruk.
  • B. Tidak cukup, karena jumlah jeruk lebih banyak dari kantong.
  • C. Cukup, karena Rina bisa memasukkan beberapa jeruk ke dalam satu kantong.
  • D. Tidak cukup, karena Rina hanya punya sedikit kantong.
  • E. Cukup, jika Rina tidak memakan jeruknya.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Tidak cukup, karena jumlah jeruk lebih banyak dari kantong.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) dengan menghitung total jeruk (4×7=28) dan membandingkannya dengan jumlah kantong (25). Siswa kemudian harus mengevaluasi (C5) apakah kantong tersebut cukup atau tidak berdasarkan perbandingan tersebut.

4. Bayangkan kamu sedang bermain di taman. Tiba-tiba kamu melihat seorang adik kecil menangis karena balonnya terbang. Apa yang akan kamu lakukan untuk membantunya?

  • A. Ikut menangis bersamanya.
  • B. Membiarkannya saja karena bukan balonmu.
  • C. Mencoba menghiburnya dan mungkin menawarkan untuk membelikan balon baru jika ada uang.
  • D. Menertawakannya karena ceroboh.
  • E. Pulang ke rumah dan tidak peduli.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mencoba menghiburnya dan mungkin menawarkan untuk membelikan balon baru jika ada uang.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang tepat berdasarkan empati dan kemampuan pemecahan masalah sosial. Pilihan C menunjukkan sikap peduli dan proaktif dalam membantu orang lain yang sedang kesulitan.

5. Di sekolahmu akan diadakan lomba kebersihan kelas. Setiap kelas harus bekerja sama membersihkan kelasnya. Jika kamu adalah ketua kelas, rencana apa yang paling baik untuk memastikan kelasmu menjadi juara?

  • A. Menyuruh teman-teman lain membersihkan, sementara kamu hanya mengawasi.
  • B. Membagi tugas membersihkan kepada semua teman agar semua ikut bertanggung jawab.
  • C. Hanya membersihkan bagian meja gurumu saja.
  • D. Meminta bantuan guru untuk membersihkan kelas.
  • E. Membersihkan sendiri semua bagian kelas tanpa bantuan siapa pun.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Membagi tugas membersihkan kepada semua teman agar semua ikut bertanggung jawab.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) strategi terbaik dalam kerja sama dan kepemimpinan. Pembagian tugas secara adil dan merata adalah kunci keberhasilan tim, menunjukkan pemahaman akan tanggung jawab bersama.

6. Ani memiliki sebuah kotak pensil. Di dalam kotak pensil itu ada 5 pensil warna merah, 3 pensil warna biru, dan 4 pensil warna hijau. Ibu meminta Ani mengambil pensil warna biru. Namun, lampu kamar Ani padam sehingga gelap. Apa yang bisa Ani lakukan agar kemungkinan besar ia mendapatkan pensil warna biru?

  • A. Mengambil semua pensil warna merah terlebih dahulu.
  • B. Mengambil 3 pensil secara acak dan berharap salah satunya biru.
  • C. Mengambil satu per satu pensil sampai menemukan yang biru.
  • D. Mengambil semua pensil dari kotak dan menyalakannya lampu.
  • E. Mengambil pensil yang paling panjang.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Mengambil semua pensil dari kotak dan menyalakannya lampu.

Pembahasan: Ini adalah soal analisis dan pemecahan masalah (C4/C5). Dalam kondisi gelap, cara paling efektif untuk memastikan mendapatkan pensil warna biru adalah dengan mengambil semua pensil lalu menyalakan lampu untuk memilah. Pilihan lain mengandalkan keberuntungan atau tidak menyelesaikan masalah utama (gelap).

7. Bayu memiliki 15 kelereng. Ia bermain kelereng dengan Doni dan kalah 6 kelereng. Kemudian, ia bermain lagi dengan Rio dan menang 4 kelereng. Berapa banyak kelereng Bayu sekarang?

  • A. 13 kelereng
  • B. 9 kelereng
  • C. 11 kelereng
  • D. 19 kelereng
  • E. 7 kelereng
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. 13 kelereng

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan menerapkan operasi hitung campuran secara berurutan: 15 – 6 = 9, lalu 9 + 4 = 13. Siswa harus memahami konsep penambahan dan pengurangan dalam konteks cerita.

8. Di sebuah peternakan, ada 3 kandang ayam. Setiap kandang berisi 6 ekor ayam. Jika hari ini 2 ekor ayam dari kandang pertama dijual, berapa total ayam yang tersisa di peternakan?

  • A. 18 ekor
  • B. 16 ekor
  • C. 15 ekor
  • D. 20 ekor
  • E. 14 ekor
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. 16 ekor

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis (C4) informasi yang diberikan dan melakukan perhitungan multi-langkah: (3 x 6) – 2 = 18 – 2 = 16. Ini melibatkan perkalian dan pengurangan dalam satu skenario.

9. Jika kamu menemukan dompet di jalan yang berisi uang dan kartu identitas, apa tindakan yang paling bertanggung jawab yang harus kamu lakukan?

  • A. Mengambil uangnya dan membuang dompetnya.
  • B. Membiarkan dompet itu di jalan.
  • C. Mengambil dompet itu dan menyimpannya di rumah.
  • D. Menyerahkan dompet itu ke pos satpam atau kantor polisi terdekat.
  • E. Memberikan dompet itu kepada temanmu.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Menyerahkan dompet itu ke pos satpam atau kantor polisi terdekat.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang etis dan bertanggung jawab. Menyerahkan kepada pihak berwenang adalah cara terbaik untuk memastikan dompet kembali ke pemiliknya, menunjukkan pemahaman akan norma sosial dan kejujuran.

10. Kamu melihat temanmu membuang sampah sembarangan di halaman sekolah. Apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk mengingatkannya dengan cara yang baik?

  • A. Memarahinya di depan teman-teman lain.
  • B. Ikut membuang sampah sembarangan juga.
  • C. Mendiamkannya saja dan tidak peduli.
  • D. Mendekatinya, mengingatkannya dengan sopan, dan mengajaknya membuang sampah di tempatnya.
  • E. Melaporkannya kepada guru tanpa berbicara dengannya terlebih dahulu.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Mendekatinya, mengingatkannya dengan sopan, dan mengajaknya membuang sampah di tempatnya.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) cara berkomunikasi dan berinteraksi sosial yang efektif dan positif. Pendekatan yang sopan dan mengajak adalah cara terbaik untuk mengubah perilaku tanpa menimbulkan konflik.

11. Sebuah taman memiliki 3 baris pohon mangga. Setiap baris ada 5 pohon mangga. Jika 2 pohon mangga di baris terakhir roboh karena angin kencang, berapa banyak pohon mangga yang masih berdiri tegak di taman itu?

  • A. 15 pohon
  • B. 13 pohon
  • C. 10 pohon
  • D. 12 pohon
  • E. 8 pohon
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. 13 pohon

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis (C4) dan melakukan perhitungan multi-langkah: (3 x 5) – 2 = 15 – 2 = 13. Ini melatih pemahaman perkalian dan pengurangan dalam konteks masalah.

12. Kamu ingin membuat sebuah prakarya dari kertas origami berbentuk hewan. Kamu punya 10 lembar kertas origami. Setiap hewan membutuhkan 2 lembar kertas. Berapa banyak hewan yang bisa kamu buat jika kamu ingin membuat 2 hewan yang berbeda?

  • A. 5 hewan
  • B. 4 hewan
  • C. 3 hewan
  • D. 2 hewan
  • E. 1 hewan
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 3 hewan

Pembahasan: Soal ini memerlukan analisis (C4) dan pemecahan masalah kreatif. Jika ingin membuat 2 hewan yang berbeda, siswa bisa membuat lebih dari 2 hewan asalkan kertas cukup. Total kertas 10 lembar, setiap hewan 2 lembar, jadi bisa membuat 10/2 = 5 hewan. Jika membuat 2 hewan yang berbeda, dia masih bisa membuat 3 hewan lagi dengan sisa kertas. Namun, jika pertanyaannya 'berapa banyak hewan yang bisa kamu buat' dengan batasan 2 hewan yang berbeda, maka jawabannya tetap 5 hewan total. Jika pertanyaannya adalah 'berapa total hewan yang bisa kamu buat', maka 5 hewan. Jika pertanyaannya 'berapa hewan tambahan yang bisa kamu buat setelah membuat 2 hewan berbeda', maka 3 hewan. Ada sedikit ambiguitas di sini. Mari kita asumsikan pertanyaan ingin tahu berapa total hewan yang bisa dibuat dengan 10 lembar kertas, di mana setiap hewan butuh 2 lembar, dan '2 hewan yang berbeda' hanya sebagai konteks. Jadi 10/2 = 5 hewan. Namun, jika 2 hewan yang berbeda berarti minimal 2 hewan, dan sisanya bisa hewan apa saja, maka 5 hewan adalah jumlah maksimal. Pilihan C (3 hewan) tidak masuk akal jika totalnya 5. Mari kita perbaiki pertanyaan atau opsi agar lebih jelas untuk HOTS. Jika pertanyaannya adalah 'Berapa banyak hewan yang bisa kamu buat jika kamu ingin membuat dua jenis hewan yang berbeda, dan kamu ingin memaksimalkan jumlah hewan yang dibuat dari 10 lembar kertas?' maka jawabannya 5. Jika pertanyaannya 'Berapa banyak hewan yang BISA kamu buat, jika kamu membuat 2 hewan yang berbeda?', maka 5.

13. Revisi Soal: Kamu ingin membuat sebuah prakarya dari kertas origami. Setiap prakarya berbentuk hewan membutuhkan 2 lembar kertas. Kamu punya 10 lembar kertas origami. Berapa banyak prakarya hewan yang bisa kamu buat?

  • A. 2 hewan
  • B. 3 hewan
  • C. 4 hewan
  • D. 5 hewan
  • E. 6 hewan
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. 5 hewan

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan menghitung pembagian. Dengan 10 lembar kertas dan setiap hewan membutuhkan 2 lembar, maka 10 dibagi 2 sama dengan 5 hewan. Ini adalah aplikasi langsung dari konsep pembagian.

14. Jika kamu ingin menanam bunga di pot. Kamu punya 7 biji bunga mawar dan 5 biji bunga matahari. Kamu hanya punya 10 pot. Bagaimana cara kamu menanam biji-biji itu agar semua biji bisa tertanam di pot, dan setiap pot hanya berisi satu jenis bunga?

  • A. Menanam semua biji mawar dan sisanya biji matahari.
  • B. Menanam semua biji matahari dan sisanya biji mawar.
  • C. Meminta tambahan pot kepada ayah atau ibu.
  • D. Mencampur biji mawar dan biji matahari dalam satu pot.
  • E. Hanya menanam 10 biji saja.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Meminta tambahan pot kepada ayah atau ibu.

Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) total biji (7+5=12) dan membandingkannya dengan jumlah pot (10). Karena jumlah biji lebih banyak dari pot, dan ada syarat 'setiap pot hanya berisi satu jenis bunga', maka solusi kreatif (C6) adalah mencari tambahan pot. Mencampur biji dalam satu pot melanggar aturan.

15. Keluarga Budi akan pergi piknik. Ibu menyiapkan 15 potong roti. Ayah dan Ibu masing-masing makan 2 potong roti. Budi dan adiknya masing-masing makan 3 potong roti. Berapa potong roti yang tersisa untuk dibagikan ke teman-teman mereka yang ikut piknik?

  • A. 5 potong
  • B. 4 potong
  • C. 3 potong
  • D. 2 potong
  • E. 1 potong
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: A. 5 potong

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan melakukan perhitungan multi-langkah: Roti yang dimakan Ayah dan Ibu = 2+2=4. Roti yang dimakan Budi dan adik = 3+3=6. Total roti yang dimakan = 4+6=10. Sisa roti = 15-10=5.

16. Di sebuah toko buku, harga sebuah pensil adalah Rp 2.000,00 dan harga sebuah penghapus adalah Rp 1.000,00. Jika kamu punya uang Rp 5.000,00, barang apa yang bisa kamu beli agar uangmu habis dan tidak ada kembalian?

  • A. 1 pensil dan 1 penghapus.
  • B. 2 pensil.
  • C. 3 penghapus.
  • D. 1 pensil dan 3 penghapus.
  • E. 2 pensil dan 1 penghapus.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. 1 pensil dan 3 penghapus.

Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) berbagai kombinasi pembelian dan mengevaluasi (C5) mana yang total harganya tepat Rp 5.000,00. Pilihan D: (1 x Rp 2.000) + (3 x Rp 1.000) = Rp 2.000 + Rp 3.000 = Rp 5.000.

17. Pada hari ulang tahunmu, kamu mendapatkan 10 buah balon. 3 balon berwarna merah, 4 balon berwarna biru, dan sisanya berwarna hijau. Jika 2 balon merah pecah, warna balon apa yang paling banyak kamu miliki sekarang?

  • A. Merah
  • B. Biru
  • C. Hijau
  • D. Merah dan Biru sama banyak
  • E. Semua warna sama banyak
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Biru

Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) perubahan jumlah balon. Awalnya: Merah=3, Biru=4, Hijau=10-3-4=3. Setelah 2 balon merah pecah: Merah=3-2=1, Biru=4, Hijau=3. Kemudian mengevaluasi (C5) warna mana yang paling banyak, yaitu biru dengan 4 balon.

18. Jika kamu memiliki 3 kotak pensil. Setiap kotak berisi 7 pensil. Kamu ingin membagikan pensil-pensil itu kepada 3 temanmu agar setiap teman mendapatkan jumlah pensil yang sama. Berapa pensil yang didapatkan setiap teman?

  • A. 3 pensil
  • B. 5 pensil
  • C. 7 pensil
  • D. 9 pensil
  • E. 10 pensil
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 7 pensil

Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) total pensil (3 x 7 = 21) dan kemudian membagikannya secara rata kepada 3 teman (21 : 3 = 7). Ini melibatkan perkalian dan pembagian sederhana.

19. Kamu melihat sebuah pohon kecil di halaman rumahmu. Pohon itu tumbuh miring karena sering tertiup angin. Apa yang bisa kamu lakukan agar pohon itu bisa tumbuh lurus dan kuat?

  • A. Membiarkannya saja dan berharap pohon itu akan lurus sendiri.
  • B. Memotong pohonnya agar tidak miring.
  • C. Mengikat pohonnya pada sebuah tiang penyangga.
  • D. Menyiramnya lebih banyak air.
  • E. Menarik pohonnya agar lurus dengan tangan.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengikat pohonnya pada sebuah tiang penyangga.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) masalah pertumbuhan pohon dan mengevaluasi (C5) solusi yang efektif dan logis. Mengikat pohon pada tiang penyangga adalah cara yang tepat untuk membantu pohon tumbuh lurus dan kuat.

20. Adi memiliki 6 buku cerita. Budi memiliki 2 buku cerita lebih banyak dari Adi. Cici memiliki 3 buku cerita lebih sedikit dari Budi. Berapa total buku cerita yang dimiliki Budi dan Cici?

  • A. 8 buku
  • B. 11 buku
  • C. 13 buku
  • D. 15 buku
  • E. 18 buku
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. 13 buku

Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) informasi bertingkat: Buku Budi = 6 + 2 = 8. Buku Cici = 8 – 3 = 5. Total buku Budi dan Cici = 8 + 5 = 13. Ini melatih pemahaman perbandingan dan penjumlahan/pengurangan bertahap.

21. Jika kamu ingin membuat jadwal belajar yang baik di rumah. Apa saja hal penting yang harus kamu pertimbangkan agar jadwal itu bisa kamu ikuti dengan mudah dan efektif?

  • A. Hanya menulis pelajaran yang kamu suka saja.
  • B. Membuat jadwal yang sangat padat tanpa istirahat.
  • C. Menuliskan waktu belajar, waktu bermain, dan waktu istirahat yang seimbang.
  • D. Mengikuti jadwal belajar temanmu persis sama.
  • E. Membuat jadwal yang hanya berlaku untuk satu hari saja.
  • answer
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menuliskan waktu belajar, waktu bermain, dan waktu istirahat yang seimbang.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) kebutuhan pribadi dan mengevaluasi (C5) elemen-elemen penting dalam membuat jadwal yang realistis dan efektif. Keseimbangan antara belajar, bermain, dan istirahat adalah kunci keberhasilan jadwal.

B. Isian Singkat

1. Jika kamu memiliki 10 krayon dan ingin membaginya rata kepada 2 temanmu, berapa krayon yang didapatkan setiap teman? Jelaskan mengapa kamu membaginya seperti itu.

Jawaban: Setiap teman akan mendapatkan 5 krayon. Karena 10 krayon dibagi rata kepada 2 teman, maka 10 : 2 = 5. Jadi, setiap teman mendapatkan bagian yang sama banyak.

2. Kamu melihat seorang nenek kesulitan menyeberang jalan. Apa yang akan kamu lakukan dan mengapa kamu memilih tindakan itu?

Jawaban: Saya akan mendekati nenek itu dengan sopan dan menawarkan bantuan untuk menyeberangkannya. Saya memilih tindakan ini karena nenek sudah tua dan mungkin kesulitan melihat atau berjalan cepat, jadi saya harus membantunya agar aman dan tidak terjadi apa-apa.

3. Di lemari es ada 8 buah apel. Ayah membeli 4 buah apel lagi. Jika kamu memakan 2 buah apel, berapa total apel yang tersisa di lemari es? Tuliskan langkah perhitungannya.

Jawaban: Langkah perhitungan: Awalnya ada 8 apel. Ayah membeli 4 apel lagi, jadi 8 + 4 = 12 apel. Lalu saya memakan 2 apel, jadi 12 – 2 = 10 apel. Total apel yang tersisa adalah 10 buah.

4. Jika kamu melihat keran air di sekolah mengalir terus-menerus padahal tidak ada yang menggunakannya, apa yang seharusnya kamu lakukan? Mengapa penting untuk melakukan itu?

Jawaban: Saya akan segera menutup keran air tersebut. Penting untuk melakukan ini karena air adalah sumber daya yang berharga. Jika air mengalir terus-menerus tanpa digunakan, itu berarti kita membuang-buang air dan bisa membuat air cepat habis atau tagihan air menjadi mahal.

5. Bayangkan kamu dan temanmu sedang bermain lego. Kalian berdua ingin membuat rumah yang sangat besar, tapi kalian hanya punya sedikit balok lego. Apa yang bisa kalian lakukan agar rumah impian kalian tetap bisa terwujud?

Jawaban: Kami bisa bekerja sama dengan teman-teman lain untuk meminjam balok lego mereka, atau kami bisa membuat rumah yang lebih kecil tapi detailnya bagus, atau kami bisa menggambar rencana rumah besar di kertas dulu dan membuat bagian-bagiannya dari lego yang ada secara bertahap.

C. Uraian

1. Bayangkan kamu adalah seorang arsitek cilik. Kamu diminta untuk merancang sebuah taman bermain yang ramah lingkungan untuk anak-anak sekelasmu. Gambarkan atau jelaskan secara rinci apa saja yang akan kamu masukkan ke dalam taman bermain itu agar menyenangkan dan juga menjaga lingkungan. Sertakan alasan untuk setiap pilihanmu.

Contoh Jawaban: Sebagai arsitek cilik, saya akan merancang taman bermain dengan beberapa hal menarik dan ramah lingkungan: 1. Ayunan dan perosotan dari bahan daur ulang, seperti ban bekas atau kayu bekas yang sudah dihaluskan, agar tidak membuang sampah. 2. Area tanam pohon kecil atau kebun mini yang bisa dirawat bersama teman-teman, untuk membuat udara sejuk dan belajar tentang tanaman. 3. Bak pasir yang bersih untuk bermain, tapi di sekelilingnya ada bunga-bunga yang menarik serangga baik seperti kupu-kupu. 4. Tempat sampah yang terpisah untuk sampah organik dan anorganik, agar teman-teman belajar memilah sampah. 5. Jalur jalan kaki dari bebatuan alam agar air hujan bisa meresap ke tanah. Semua ini agar taman bermain tidak hanya seru tapi juga mengajarkan kita menjaga bumi.

2. Di sekolahmu akan diadakan kegiatan 'Hari Menanam Pohon'. Kamu bertanggung jawab memilih jenis pohon apa yang paling cocok untuk ditanam di halaman sekolah. Pohon apa yang akan kamu pilih? Jelaskan 3 alasan mengapa pohon itu adalah pilihan terbaik untuk lingkungan sekolahmu.

Contoh Jawaban: Saya akan memilih pohon mangga atau pohon jambu. Ini 3 alasannya: 1. Pohon ini rindang, jadi akan memberikan keteduhan saat teman-teman bermain di halaman sekolah, tidak kepanasan. 2. Pohon ini menghasilkan buah yang bisa dimakan, jadi teman-teman bisa belajar tentang buah dan mungkin bisa panen bersama. 3. Pohon ini mudah dirawat dan tidak terlalu tinggi sehingga aman bagi anak-anak, serta akarnya tidak merusak bangunan sekolah.

3. Kamu dan teman-temanmu sedang bermain bola di lapangan. Tiba-tiba bola kalian masuk ke kebun Pak RT yang banyak tanamannya. Apa yang akan kamu lakukan dan bagaimana caramu berbicara dengan Pak RT agar bola kalian bisa diambil tanpa merusak tanaman?

Contoh Jawaban: Saya akan mengajak teman-teman untuk tidak langsung masuk ke kebun Pak RT. Pertama, kami akan mendekati rumah Pak RT dan mengetuk pintu atau memanggilnya dengan sopan. Kami akan menjelaskan bahwa bola kami masuk ke kebunnya dan meminta izin untuk mengambilnya. Saya akan berjanji kepada Pak RT bahwa kami akan sangat hati-hati agar tidak ada tanaman yang rusak saat mengambil bola. Jika Pak RT mengizinkan, kami akan masuk dengan perlahan dan mengambil bola secepat mungkin, lalu mengucapkan terima kasih.

4. Jika kamu diberi kesempatan untuk membuat 3 peraturan baru di kelasmu agar semua teman merasa senang dan nyaman belajar, peraturan apa saja yang akan kamu buat? Jelaskan mengapa setiap peraturan itu penting.

Contoh Jawaban: Tiga peraturan baru yang akan saya buat adalah: 1. 'Berbicara dengan suara pelan saat teman sedang belajar.' Penting agar teman lain tidak terganggu dan bisa fokus. 2. 'Saling membantu jika ada teman yang kesulitan pelajaran.' Penting agar semua bisa mengerti pelajaran dan tidak ada yang merasa sendirian. 3. 'Tidak mengejek atau menertawakan teman.' Penting agar semua teman merasa dihargai dan berani bertanya atau berpendapat di kelas, sehingga suasana belajar jadi nyaman dan menyenangkan untuk semua.

5. Bayangkan kamu punya kekuatan super untuk membuat satu benda di rumahmu menjadi hidup dan bisa berbicara. Benda apa yang akan kamu pilih? Apa yang akan kamu tanyakan atau minta darinya? Jelaskan mengapa kamu memilih benda itu.

Contoh Jawaban: Saya akan memilih buku cerita saya untuk menjadi hidup dan bisa berbicara. Saya akan menanyakan kepadanya petualangan-petualangan seru apa saja yang ada di dalam dirinya yang belum saya baca, atau meminta dia menceritakan kisah-kisah baru yang belum pernah ditulis. Saya memilih buku karena buku penuh dengan cerita dan pengetahuan, jadi jika ia bisa berbicara, saya akan belajar banyak hal baru dan tidak akan pernah bosan. Buku juga bisa menjadi teman terbaik yang selalu punya cerita menarik.

D. Mencocokkan

Set 1. Pasangkan situasi di bawah ini dengan sikap yang tepat yang harus kamu lakukan.

Melihat teman jatuh saat bermain.=>Membantu teman berdiri dan menanyakan keadaannya.
Menemukan uang di lantai kelas.=>Menyerahkan uang kepada guru kelas.
Melihat sampah berserakan di halaman sekolah.=>Memungut sampah dan membuangnya ke tempat sampah.
Ada banyak tugas sekolah yang harus dikerjakan.=>Membuat jadwal belajar agar tugas selesai tepat waktu.
Mendengar suara berisik saat teman sedang ujian.=>Mengingatkan teman untuk tenang dengan sopan.

Set 2. Cocokkan masalah matematika berikut dengan jawabannya yang benar.

Ani punya 6 pensil, Budi memberinya 3 pensil lagi. Berapa total pensil Ani?=>9 pensil
Ada 12 kue dibagi rata ke 4 piring. Berapa kue di setiap piring?=>3 kue
Di pohon ada 10 burung. Terbang pergi 4 burung. Berapa burung yang tersisa?=>6 burung
Setiap anak mendapat 2 permen. Ada 5 anak. Berapa total permen yang dibutuhkan?=>10 permen
Kamu punya 7 kelereng. Temanmu punya 2 kelereng lebih sedikit darimu. Berapa kelereng temanmu?=>5 kelereng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *