
Selamat datang di koleksi Bank Soal Bahasa Inggris SMP Kelas 8 Semester 2 terlengkap! Materi ini dirancang khusus untuk membantu siswa-siswi kelas 8 mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir semester. Di sini, Anda akan menemukan beragam jenis soal yang mencakup seluruh topik penting yang diajarkan pada semester 2, mulai dari expressions of asking and giving opinion, comparison degree (comparative and superlative), passive voice, recount text, narrative text, hingga notices dan labels. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan mendalam untuk memastikan pemahaman konsep yang kuat. Latihan soal secara rutin sangat krusial untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membangun kepercayaan diri. Dengan berlatih menggunakan bank soal ini, diharapkan Anda dapat menguasai materi Bahasa Inggris kelas 8 semester 2 dengan lebih baik, meningkatkan nilai, dan meraih prestasi akademik yang gemilang. Mari mulai belajar dan raih kesuksesan!
Contoh Soal soal bahasa inggris smp kelas 8 semester 2
1. Rina: “What do you think about our new English teacher?” Budi: “I think she is very kind and smart.” From the dialogue, Budi is expressing…
- A. A. an agreement
- B. B. an opinion
- C. C. a suggestion
- D. D. a possibility
Penjelasan: Budi menjawab pertanyaan “What do you think about…” dengan memberikan pandangannya, yang merupakan ekspresi opini.
2. “I believe that reading books is very important for students.” The underlined phrase shows…
- A. A. an offer
- B. B. an opinion
- C. C. a command
- D. D. a request
Penjelasan: Frasa “I believe that…” adalah cara untuk menyatakan keyakinan atau pandangan pribadi, yang termasuk ekspresi opini.
3. My new phone is ______ (expensive) than my old one.
- A. A. expensiver
- B. B. more expensive
- C. C. most expensive
- D. D. as expensive as
Penjelasan: Untuk kata sifat dengan lebih dari dua suku kata, bentuk komparatifnya menggunakan “more + adjective”.
4. Mount Everest is ______ (high) mountain in the world.
- A. A. higher
- B. B. the higher
- C. C. the highest
- D. D. highest
Penjelasan: Untuk menyatakan yang paling tinggi di antara semua, digunakan bentuk superlatif “the + adjective-est” atau “the most + adjective”.
5. The delicious cake ______ by my mother yesterday.
- A. A. made
- B. B. makes
- C. C. was made
- D. D. is made
Penjelasan: Kalimat ini menggunakan Passive Voice dalam bentuk Past Simple (yesterday), sehingga strukturnya adalah “was/were + V₃”.
6. English ______ by many people around the world.
- A. A. speak
- B. B. spoke
- C. C. is spoken
- D. D. was spoken
Penjelasan: Kalimat ini menggunakan Passive Voice dalam bentuk Present Simple (fakta umum), sehingga strukturnya adalah “is/am/are + V₃”.
7. The main purpose of a recount text is to…
- A. A. entertain the reader with a fictional story.
- B. B. persuade the reader to do something.
- C. C. tell the reader how to make something.
- D. D. retell past events in chronological order.
Penjelasan: Teks recount bertujuan untuk menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman di masa lampau secara berurutan.
8. Last holiday, my family and I went to Bali. We visited Kuta Beach, Tanah Lot, and Ubud. We really enjoyed our trip. What did the writer do last holiday?
- A. A. Visited a museum.
- B. B. Went to Bali.
- C. C. Stayed at home.
- D. D. Studied for exams.
Penjelasan: Berdasarkan kalimat pertama, penulis dan keluarganya pergi ke Bali.
9. “The Boy Who Cried Wolf” teaches us not to lie. This is an example of a ______ in a narrative text.
- A. A. setting
- B. B. character
- C. C. moral value
- D. D. plot
Penjelasan: Pesan atau pelajaran yang bisa diambil dari sebuah cerita disebut ‘moral value’ atau amanat.
10. In the story of Cinderella, who are the main antagonists?
- A. A. Cinderella and the Prince
- B. B. The Fairy Godmother
- C. C. The Stepmother and Stepsisters
- D. D. The Mice
Penjelasan: Antagonis adalah karakter yang berlawanan dengan protagonis. Dalam Cinderella, ibu tiri dan saudara tirinya adalah antagonis.
11. You see a sign that says “WET FLOOR”. What does it mean?
- A. A. The floor is clean.
- B. B. Be careful, the floor is slippery.
- C. C. You can swim here.
- D. D. The floor needs to be cleaned.
Penjelasan: “WET FLOOR” adalah peringatan agar berhati-hati karena lantai basah dan licin.
12. A label on a medicine bottle usually provides information about…
- A. A. the price of the medicine.
- B. B. the ingredients and dosage.
- C. C. the history of the company.
- D. D. the nearest pharmacy.
Penjelasan: Label obat wajib mencantumkan informasi penting seperti bahan-bahan dan dosis penggunaan.
13. Which of the following is an imperative sentence?
- A. A. She is studying now.
- B. B. Close the door, please.
- C. C. What time is it?
- D. D. I like pizza.
Penjelasan: Kalimat imperatif adalah kalimat perintah atau permintaan, seringkali dimulai dengan kata kerja dasar.
14. A: “I think English is the most difficult subject.” B: “I don’t think so. I find it quite interesting.” Budi is expressing…
- A. A. agreement
- B. B. disagreement
- C. C. an apology
- D. D. an advice
Penjelasan: Frasa “I don’t think so” menunjukkan ketidaksetujuan terhadap opini yang diungkapkan sebelumnya.
15. If it ______ (rain) tomorrow, we ______ (stay) at home.
- A. A. rains, will stay
- B. B. rained, would stay
- C. C. will rain, stay
- D. D. is raining, are staying
Penjelasan: Ini adalah Conditional Sentence Type 1, yang menyatakan kemungkinan di masa depan. Struktur: If + Simple Present, Simple Future.
16. You want to go to the post office. What would you say to ask for directions?
- A. A. “Where do you live?”
- B. B. “How far is the post office?”
- C. C. “Could you tell me the way to the post office?”
- D. D. “What is your favorite post office?”
Penjelasan: “Could you tell me the way to…” adalah cara sopan untuk menanyakan arah.
17. Your friend looks sad. You want to help. What would you say?
- A. A. “What’s wrong with you?”
- B. B. “Can I help you?”
- C. C. “You look sad.”
- D. D. “Don’t be sad.”
Penjelasan: “Can I help you?” adalah ekspresi umum untuk menawarkan bantuan.
18. The synonym of “ancient” is…
- A. A. modern
- B. B. old
- C. C. new
- D. D. fast
Penjelasan: “Ancient” berarti kuno atau sangat tua, yang bersinonim dengan “old”.
19. A report text usually describes things in a general way. Which of the following is typically found in a report text?
- A. A. A moral lesson
- B. B. A specific personal experience
- C. C. Factual information about a topic
- D. D. A step-by-step guide
Penjelasan: Teks laporan menyajikan informasi faktual tentang suatu topik secara umum.
20. “Don’t cry over spilt milk.” This idiom means…
- A. A. Don’t worry about things that have already happened and cannot be changed.
- B. B. Be careful not to spill milk.
- C. C. Milk is good for your health.
- D. D. Always share your milk with others.
Penjelasan: Idiom ini berarti jangan menyesali sesuatu yang sudah terjadi dan tidak bisa diubah.
21. Change the sentence into passive voice: “The students submit their assignments every Friday.”
Penjelasan: Objek “their assignments” menjadi subjek, “submit” menjadi “are submitted” (Present Simple Passive).
22. My brother is (tall) ______ than me, but my father is the (tall) ______ in our family.
Penjelasan: Kalimat pertama menggunakan komparatif, kalimat kedua menggunakan superlatif.
23. In a narrative text, the part where the main problem occurs is called the ______.
Penjelasan: Komplikasi adalah bagian di mana masalah utama dalam cerita muncul.
24. A sign that says “NO LITTERING” means you should ______ in this area.
Penjelasan: “No littering” berarti dilarang membuang sampah sembarangan.
25. If you study hard, you ______ (pass) the exam.
Penjelasan: Ini adalah Conditional Sentence Type 1, “If + Simple Present, Simple Future”.
26. Write a short recount text (3-4 sentences) about your last holiday experience.
Penjelasan: Jawaban harus berupa teks recount yang menceritakan pengalaman masa lalu secara berurutan.
27. Write the beginning of a narrative text (3-4 sentences) about a magical forest.
Penjelasan: Jawaban harus berupa awal cerita naratif yang memperkenalkan latar dan suasana.
28. Do you agree that social media has more negative impacts than positive ones for teenagers? Give at least two reasons for your opinion.
Penjelasan: Jawaban harus menyatakan setuju/tidak setuju dan memberikan alasan yang relevan.
29. Describe a “NOTICE” you might see in a school library and explain its purpose.
Penjelasan: Jawaban harus mendeskripsikan sebuah pemberitahuan dan menjelaskan fungsinya.
30. Explain the main difference between a Recount Text and a Narrative Text.
Penjelasan: Jawaban harus menjelaskan perbedaan esensial antara kedua jenis teks ini, termasuk tujuan dan strukturnya.
31. Cocokkan ekspresi berikut dengan fungsinya.
Pasangkan pernyataan berikut:
- I think… … ( … ) … Expressing opinion
- What do you mean? … ( … ) … Asking for clarification
- I totally agree. … ( … ) … Expressing agreement
- Could you please…? … ( … ) … Making a request
Penjelasan: Jawaban mencocokkan ekspresi Bahasa Inggris umum dengan fungsi komunikatifnya.
32. Cocokkan kata-kata berikut dengan definisi atau sinonimnya.
Pasangkan pernyataan berikut:
- Ancient … ( … ) … Very old
- Delicious … ( … ) … Tasty
- Journey … ( … ) … Trip
- Mysterious … ( … ) … Full of secrets
Penjelasan: Jawaban mencocokkan kata-kata dengan definisi atau sinonim yang sesuai.