Materi ini dirancang khusus untuk siswa kelas 2 SD dalam Kurikulum Merdeka, berfokus pada pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Soal-soal HOTS mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan ide, bukan sekadar menghafal. Dengan konteks kehidupan sehari-hari, siswa diajak untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, dan mengembangkan kreativitas mereka dalam berbagai mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, dan IPAS. Tujuannya adalah membentuk generasi yang mandiri dan mampu beradaptasi dengan tantangan masa depan.
A. Pilihan Ganda
1. Di hari Minggu pagi, Siti melihat banyak sampah berserakan di depan rumahnya setelah pasar malam kemarin. Siti berpikir, "Jika sampah ini dibiarkan, akan datang lalat dan bau tidak sedap." Apa tindakan paling tepat yang harus Siti lakukan untuk mencegah masalah lebih lanjut?
- A. Membiarkan saja karena bukan sampahnya.
- B. Menunggu petugas kebersihan datang esok hari.
- C. Mengajak keluarganya membersihkan sampah bersama-sama.
- D. Menyapu sampah ke selokan agar tidak terlihat.
- E. Meminta tetangga lain untuk membersihkannya.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mengajak keluarganya membersihkan sampah bersama-sama.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis masalah dan mengevaluasi solusi. Pilihan C adalah tindakan proaktif dan kolaboratif yang paling efektif untuk mencegah masalah sampah bertambah parah dan menunjukkan tanggung jawab sosial, sesuai dengan nilai-nilai Kurikulum Merdeka.
2. Andi memiliki 3 kotak pensil warna. Setiap kotak berisi 12 pensil warna. Dia ingin membagikan pensil warnanya kepada 4 temannya secara merata. Jika Andi ingin memastikan setiap temannya mendapatkan jumlah pensil warna yang sama, bagaimana cara Andi membagikannya?
- A. Memberikan satu kotak penuh kepada setiap teman.
- B. Menghitung total pensil warna terlebih dahulu, lalu membaginya.
- C. Hanya membagikan pensil warna yang paling dia suka.
- D. Meminta temannya memilih sendiri pensil warna yang diinginkan.
- E. Menyimpan sebagian pensil warna untuk dirinya sendiri.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Menghitung total pensil warna terlebih dahulu, lalu membaginya.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis dan merencanakan. Untuk membagikan secara merata, Andi perlu mengetahui jumlah keseluruhan pensil (3 x 12 = 36) dan kemudian membaginya dengan jumlah teman (36 : 4 = 9). Ini menunjukkan pemecahan masalah yang sistematis.
3. Lani melihat ada seorang anak baru di kelasnya yang tampak malu dan sendirian saat jam istirahat. Lani teringat pesan ibunya untuk selalu bersikap baik kepada siapa pun. Jika Lani ingin membuat anak baru itu merasa nyaman dan diterima, apa yang sebaiknya Lani lakukan?
- A. Membiarkannya sampai anak itu berani bicara duluan.
- B. Menertawakan karena anak itu terlihat aneh.
- C. Mendekatinya dan mengajaknya bermain bersama teman-teman lain.
- D. Melaporkan kepada guru bahwa ada anak yang sendirian.
- E. Menitip salam kepada teman lain untuk disampaikan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mendekatinya dan mengajaknya bermain bersama teman-teman lain.
Pembahasan: Soal ini menguji empati dan kemampuan mengevaluasi tindakan sosial. Pilihan C adalah tindakan yang paling menunjukkan kepedulian, inisiatif, dan secara langsung membantu anak baru tersebut merasa diterima dan nyaman di lingkungan barunya.
4. Ayah menanam pohon mangga di halaman rumah. Setiap hari, Budi melihat Ayah menyiram pohon itu dan memberinya pupuk. Setelah beberapa bulan, pohon mangga itu berbuah lebat. Menurutmu, mengapa pohon mangga Ayah Budi bisa berbuah lebat?
- A. Karena pohon mangga itu berumur sangat tua.
- B. Karena Ayah Budi menyirami dan memupuknya secara rutin.
- C. Karena pohon mangga itu ditanam di halaman rumah.
- D. Karena Budi sering melihat pohon itu.
- E. Karena kebetulan saja pohonnya berbuah.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Karena Ayah Budi menyirami dan memupuknya secara rutin.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis hubungan sebab-akibat. Siswa harus menghubungkan perawatan rutin (menyiram dan memupuk) dengan hasil yang baik (berbuah lebat), menunjukkan pemahaman dasar tentang pertumbuhan tanaman.
5. Di perpustakaan sekolah, Edo melihat Rina sedang terburu-buru dan tidak sengaja menjatuhkan beberapa buku dari rak. Rina terlihat panik dan tidak tahu harus berbuat apa. Sebagai teman, apa yang sebaiknya Edo lakukan untuk membantu Rina?
- A. Menertawakan Rina karena ceroboh.
- B. Memanggil guru perpustakaan untuk memarahi Rina.
- C. Membantu Rina mengumpulkan buku-buku yang jatuh.
- D. Pura-pura tidak melihat dan pergi begitu saja.
- E. Menyuruh Rina membersihkan buku-buku itu sendirian.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Membantu Rina mengumpulkan buku-buku yang jatuh.
Pembahasan: Soal ini menguji empati dan kemampuan mengevaluasi tindakan yang bertanggung jawab dan kooperatif. Pilihan C adalah tindakan paling positif dan konstruktif untuk membantu teman yang sedang kesusahan, mencerminkan nilai gotong royong.
6. Ada dua kolam ikan di sekolah. Kolam A berisi 15 ikan mas, dan Kolam B berisi 20 ikan nila. Guru meminta siswa untuk memindahkan semua ikan dari Kolam A ke Kolam B. Setelah dipindahkan, berapa total ikan di Kolam B dan apa artinya untuk Kolam A?
- A. Kolam B berisi 35 ikan, Kolam A tetap berisi 15 ikan.
- B. Kolam B berisi 20 ikan, Kolam A kosong.
- C. Kolam B berisi 35 ikan, Kolam A kosong.
- D. Kolam B berisi 15 ikan, Kolam A berisi 20 ikan.
- E. Kolam B berisi 20 ikan, Kolam A tetap berisi 15 ikan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Kolam B berisi 35 ikan, Kolam A kosong.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis perubahan kuantitas dan memahami konsep 'memindahkan'. Siswa harus menjumlahkan ikan di kedua kolam (20 + 15 = 35) dan memahami bahwa 'memindahkan' berarti Kolam A akan kosong.
7. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, Ibu selalu meminta Nina untuk merapikan tempat tidurnya dan meletakkan sepatu di rak. Suatu hari Nina terburu-buru dan tidak melakukan itu. Apa kemungkinan akibatnya jika Nina sering tidak merapikan barang-barangnya?
- A. Nina akan mendapatkan hadiah dari Ibu.
- B. Kamar Nina akan terlihat rapi dan bersih.
- C. Nina mungkin akan kesulitan mencari barangnya dan kamarnya berantakan.
- D. Ibu akan membersihkan kamarnya setiap hari.
- E. Nina akan menjadi anak yang sangat disiplin.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Nina mungkin akan kesulitan mencari barangnya dan kamarnya berantakan.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis hubungan sebab-akibat dan konsekuensi dari tindakan. Tidak merapikan barang-barang secara konsisten akan menyebabkan kamar berantakan dan kesulitan menemukan barang, mengajarkan pentingnya tanggung jawab pribadi.
8. Gambar di dinding kelasmu menunjukkan sebuah pohon dengan tulisan 'Buanglah sampah pada tempatnya'. Menurutmu, mengapa gambar dan tulisan itu dipajang di kelas?
- A. Agar kelas terlihat lebih indah.
- B. Agar siswa tahu bahwa pohon itu penting.
- C. Untuk mengingatkan siswa agar selalu menjaga kebersihan kelas.
- D. Karena guru suka menggambar pohon.
- E. Agar siswa bisa membaca tulisan tersebut.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Untuk mengingatkan siswa agar selalu menjaga kebersihan kelas.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis tujuan dari sebuah informasi visual. Siswa harus memahami bahwa poster atau gambar dengan pesan memiliki tujuan untuk mengedukasi dan mengingatkan tentang perilaku yang baik, dalam hal ini menjaga kebersihan.
9. Pak Guru meminta setiap kelompok membuat poster tentang cara menjaga kesehatan. Kelompok Budi memutuskan untuk membuat poster tentang 'Mencuci Tangan Sebelum Makan'. Apa manfaat utama dari kegiatan membuat poster ini bagi siswa?
- A. Agar bisa menggambar dengan indah.
- B. Untuk menghias dinding kelas.
- C. Untuk belajar menyampaikan informasi penting dan mengingatkan orang lain.
- D. Agar bisa mendapatkan nilai bagus dari Pak Guru.
- E. Hanya sekadar mengisi waktu luang.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Untuk belajar menyampaikan informasi penting dan mengingatkan orang lain.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis tujuan pembelajaran dan manfaat dari sebuah proyek. Membuat poster bukan hanya tentang seni, tetapi juga tentang komunikasi, menyebarkan kesadaran, dan mengaplikasikan pengetahuan tentang kesehatan kepada orang lain.
10. Dina memiliki 5 buah apel. Kakaknya memberinya lagi 3 buah apel. Kemudian, Dina memakan 2 buah apel. Jika Dina ingin membagikan sisa apelnya kepada 2 temannya secara adil, berapa apel yang akan diterima masing-masing teman?
- A. 2 apel
- B. 3 apel
- C. 4 apel
- D. 5 apel
- E. 6 apel
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. 3 apel
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis masalah bertahap dan melakukan perhitungan. Siswa harus menghitung total apel (5 + 3 = 8), kemudian menguranginya dengan yang dimakan (8 – 2 = 6), dan terakhir membagi sisa apel kepada teman (6 : 2 = 3). Ini melibatkan beberapa langkah berpikir.
11. Di taman sekolah, ada beberapa tanaman bunga yang mulai layu karena kurang disiram. Menurutmu, apa yang akan terjadi jika semua siswa tidak peduli dan membiarkan tanaman itu terus layu?
- A. Tanaman bunga akan semakin subur.
- B. Taman sekolah akan terlihat lebih indah.
- C. Tanaman bunga akan mati dan taman menjadi gersang.
- D. Akan datang kupu-kupu lebih banyak.
- E. Guru akan menanam bunga baru setiap hari.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Tanaman bunga akan mati dan taman menjadi gersang.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis konsekuensi dari sebuah tindakan (atau ketidak-tindakan). Siswa harus memahami bahwa membiarkan tanaman tidak terawat akan menyebabkan kematian tanaman dan merusak keindahan lingkungan, menekankan pentingnya kepedulian lingkungan.
12. Ketika bermain bola di lapangan sekolah, Ahmad tidak sengaja menendang bola terlalu keras hingga mengenai pot bunga Pak Guru dan pecah. Apa tindakan paling bertanggung jawab yang harus Ahmad lakukan?
- A. Bersembunyi agar tidak ketahuan.
- B. Meminta teman lain untuk mengganti pot bunga.
- C. Melaporkan kejadian itu kepada Pak Guru dan menawarkan bantuan untuk memperbaikinya.
- D. Pura-pura tidak tahu dan melanjutkan bermain.
- E. Membuang pecahan pot agar tidak ada yang tahu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Melaporkan kejadian itu kepada Pak Guru dan menawarkan bantuan untuk memperbaikinya.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi tindakan yang bertanggung jawab dan jujur. Pilihan C menunjukkan keberanian mengakui kesalahan, bertanggung jawab atas perbuatan, dan mencari solusi, yang merupakan nilai penting dalam karakter siswa.
13. Pada sebuah kotak, ada 20 kelereng berwarna merah dan biru. Jumlah kelereng merah lebih banyak daripada kelereng biru. Jika ada 8 kelereng biru, berapa kelereng merah yang ada di dalam kotak?
- A. 10 kelereng
- B. 12 kelereng
- C. 15 kelereng
- D. 18 kelereng
- E. 20 kelereng
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. 12 kelereng
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis informasi dan melakukan pengurangan. Siswa perlu memahami bahwa total kelereng dikurangi kelereng biru akan menghasilkan kelereng merah (20 – 8 = 12). Pernyataan 'lebih banyak' adalah pengecoh yang tidak memengaruhi perhitungan langsung.
14. Di rumah, Ibu membuat jadwal piket untuk membersihkan rumah setiap hari. Kakak bertugas menyapu, adik bertugas merapikan mainan, dan kamu bertugas membersihkan meja. Mengapa penting untuk memiliki jadwal piket di rumah?
- A. Agar Ibu tidak perlu bekerja.
- B. Agar rumah selalu kotor.
- C. Agar setiap anggota keluarga tahu tugasnya dan rumah menjadi bersih dan nyaman.
- D. Agar bisa saling menyalahkan jika ada yang tidak bersih.
- E. Agar rumah terlihat seperti sekolah.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Agar setiap anggota keluarga tahu tugasnya dan rumah menjadi bersih dan nyaman.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis fungsi dan manfaat dari sebuah sistem (jadwal piket). Siswa harus memahami bahwa pembagian tugas membuat pekerjaan lebih teratur, adil, dan mencapai tujuan bersama yaitu rumah yang bersih dan nyaman.
15. Gambar ini menunjukkan sebuah taman yang indah dengan banyak bunga dan pohon. Ada anak-anak yang sedang bermain, tapi ada juga yang membuang sampah sembarangan. Menurutmu, apa yang akan terjadi pada taman itu jika semua orang terus membuang sampah sembarangan?
- A. Taman akan semakin bersih dan indah.
- B. Tanaman akan tumbuh lebih subur.
- C. Taman akan menjadi kotor, bau, dan tidak nyaman untuk bermain.
- D. Akan ada lebih banyak hewan peliharaan datang.
- E. Tidak akan ada perubahan apa pun.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Taman akan menjadi kotor, bau, dan tidak nyaman untuk bermain.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis dampak negatif dari sebuah tindakan yang tidak bertanggung jawab. Siswa harus menyimpulkan bahwa membuang sampah sembarangan akan merusak lingkungan dan kenyamanan bersama.
16. Jika kamu memiliki sebuah balon yang terisi penuh udara. Kemudian kamu menusuk balon itu dengan jarum. Apa yang akan terjadi dan mengapa demikian?
- A. Balon akan terbang lebih tinggi karena udara keluar.
- B. Balon akan meletus karena udara keluar dengan cepat dari lubang kecil.
- C. Balon akan mengempis perlahan karena udara masuk.
- D. Balon tidak akan terjadi apa-apa karena jarum sangat kecil.
- E. Balon akan berubah warna menjadi lebih gelap.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: B. Balon akan meletus karena udara keluar dengan cepat dari lubang kecil.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis hubungan sebab-akibat sederhana dalam konteks fisika dasar. Siswa harus memahami bahwa tekanan udara di dalam balon akan mencari jalan keluar melalui lubang kecil dan menyebabkan balon pecah.
17. Sore hari, Rina melihat banyak semut berbaris rapi membawa remah-remah makanan ke sarangnya. Rina berpikir, 'Semut-semut itu sangat rajin dan bekerja sama.' Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari perilaku semut tersebut?
- A. Kita harus selalu mencari makanan.
- B. Kita harus hidup di dalam tanah seperti semut.
- C. Pentingnya sikap rajin dan bekerja sama dalam melakukan sesuatu.
- D. Semut adalah hewan yang pandai menari.
- E. Kita harus menghindari semut agar tidak digigit.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Pentingnya sikap rajin dan bekerja sama dalam melakukan sesuatu.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi perilaku dan menarik kesimpulan moral atau pelajaran hidup. Siswa diajak untuk mengamati fenomena alam dan mengambil nilai positif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
18. Sebuah toko memiliki 2 rak buku. Rak pertama berisi 25 buku cerita, dan rak kedua berisi 18 buku dongeng. Jika Pak Toni membeli 7 buku dari rak pertama, berapa total buku yang tersisa di kedua rak tersebut?
- A. 36 buku
- B. 38 buku
- C. 43 buku
- D. 45 buku
- E. 50 buku
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: A. 36 buku
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis masalah matematika bertahap. Siswa harus menghitung sisa buku di rak pertama (25 – 7 = 18), lalu menjumlahkannya dengan buku di rak kedua (18 + 18 = 36). Ini memerlukan beberapa langkah perhitungan yang benar.
19. Setiap hari Senin, di sekolahmu diadakan upacara bendera. Semua siswa berbaris rapi dan mendengarkan amanat pembina upacara. Mengapa upacara bendera sangat penting untuk dilakukan di sekolah?
- A. Agar siswa bisa berdiri lama di lapangan.
- B. Untuk menghafal nama-nama pahlawan.
- C. Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan disiplin.
- D. Agar guru bisa melihat semua siswa.
- E. Karena itu adalah kegiatan yang menyenangkan.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan disiplin.
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis tujuan dan makna sebuah kegiatan rutin. Siswa harus memahami bahwa upacara bendera memiliki tujuan yang lebih dalam daripada sekadar rutinitas, yaitu membentuk karakter kebangsaan dan kedisiplinan.
20. Di kelasmu, ada aturan 'Tidak boleh berlari di dalam kelas'. Suatu hari, Budi lupa dan berlari saat mengambil pensilnya. Temannya, Siti, melihat itu. Apa yang sebaiknya Siti lakukan untuk mengingatkan Budi tanpa membuatnya malu?
- A. Ikut berlari bersama Budi.
- B. Berteriak keras agar Budi berhenti.
- C. Mendekati Budi dan berbisik, 'Budi, ingat aturan kelas, tidak boleh berlari ya.'
- D. Melaporkan Budi kepada guru agar dihukum.
- E. Pura-pura tidak melihat.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: C. Mendekati Budi dan berbisik, ‘Budi, ingat aturan kelas, tidak boleh berlari ya.’
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan mengevaluasi tindakan sosial yang efektif dan penuh empati. Pilihan C menunjukkan cara mengingatkan yang sopan, menghargai perasaan teman, dan tetap menegakkan aturan, yang merupakan keterampilan sosial penting.
B. Isian Singkat
1. Di kebun sekolah, ada 15 bunga mawar dan 10 bunga melati. Jika Pak Guru meminta siswa untuk menanam 5 bunga mawar lagi, berapa total bunga mawar sekarang dan berapa selisih jumlah bunga mawar dengan bunga melati?
Jawaban: Total bunga mawar sekarang adalah 20 (15 + 5). Selisih jumlah bunga mawar (20) dengan bunga melati (10) adalah 10 (20 – 10).
2. Santi melihat adiknya menangis karena mainannya rusak. Menurutmu, apa penyebab adiknya menangis dan bagaimana cara Santi menenangkan adiknya?
Jawaban: Penyebab adiknya menangis adalah mainannya rusak. Santi bisa menenangkan adiknya dengan cara: memeluk adiknya, bertanya apa yang terjadi, dan menawarkan bantuan untuk mencoba memperbaiki mainannya atau mengajaknya bermain mainan lain.
3. Setiap hari Minggu pagi, keluarga Edo bergotong royong membersihkan rumah. Ayah mencuci mobil, Ibu memasak, dan Edo membantu menyapu halaman. Mengapa kegiatan gotong royong ini penting untuk keluarga Edo?
Jawaban: Kegiatan gotong royong ini penting karena membuat pekerjaan membersihkan rumah lebih cepat selesai, semua anggota keluarga merasa memiliki tanggung jawab, dan mempererat kebersamaan serta kekompakan keluarga.
4. Jika kamu melihat keran air di sekolah terus menetes setelah digunakan, apa yang akan kamu lakukan dan mengapa kamu melakukannya?
Jawaban: Saya akan menutup keran air itu sampai rapat. Saya melakukannya karena menetesnya air berarti membuang-buang air bersih, padahal air sangat penting bagi kehidupan. Ini juga bentuk menjaga fasilitas sekolah.
5. Bayangkan kamu memiliki dua kotak pensil. Kotak pertama berisi pensil warna merah dan biru, jumlahnya 10. Kotak kedua berisi pensil warna hijau dan kuning, jumlahnya 15. Jika kamu ingin memindahkan semua pensil warna merah dan hijau ke dalam satu kotak baru, berapa total pensil warna di kotak baru itu jika ada 4 pensil merah dan 7 pensil hijau?
Jawaban: Total pensil warna di kotak baru itu adalah 11 pensil (4 pensil merah + 7 pensil hijau). Informasi tentang jumlah total pensil di kotak pertama dan kedua adalah pengecoh.
C. Uraian
1. Di sebuah desa kecil, warga sering membuang sampah ke sungai. Suatu hari, sungai meluap dan menyebabkan banjir besar. Jika kamu adalah seorang anak di desa itu, apa yang akan kamu lakukan untuk membantu mengatasi masalah banjir dan mencegahnya terjadi lagi di masa depan? Jelaskan rencanamu secara singkat.
Contoh Jawaban: Sebagai anak di desa itu, saya akan:1. **Mengajak teman-teman:** Saya akan berbicara dengan teman-teman sebaya untuk berhenti membuang sampah ke sungai dan mengajak mereka untuk mengumpulkan sampah di tempat yang sudah disediakan.2. **Berbicara dengan orang dewasa:** Saya akan menceritakan kepada orang tua atau guru tentang bahaya membuang sampah di sungai dan meminta mereka untuk berbicara dengan warga lain agar tidak membuang sampah sembarangan.3. **Membuat poster sederhana:** Saya bisa membuat gambar atau tulisan sederhana tentang 'Jangan Buang Sampah ke Sungai' dan menempelkannya di sekitar desa untuk mengingatkan semua orang.4. **Berpartisipasi dalam kerja bakti:** Jika ada kerja bakti membersihkan sungai, saya akan ikut membantu sesuai kemampuan saya.
2. Kamu dan temanmu sedang bermain lego bersama. Tiba-tiba, kalian berdua ingin menggunakan balok lego yang sama. Temanmu mulai marah dan ingin merebutnya. Bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah ini agar kalian berdua tetap bisa bermain dengan senang tanpa bertengkar?
Contoh Jawaban: Untuk menyelesaikan masalah ini, saya akan:1. **Berbicara baik-baik:** Saya akan mencoba berbicara dengan teman saya dengan tenang, bukan ikut marah. Saya bisa bilang, 'Jangan marah, kita bisa bicara baik-baik.'2. **Membagi atau bergantian:** Saya akan menawarkan untuk berbagi balok lego itu, mungkin kita bisa menggunakannya bergantian. Atau, jika ada balok yang mirip, kita bisa mencari yang lain.3. **Mencari solusi lain:** Jika balok itu sangat penting untuk satu bagian, saya bisa menawarkan teman saya untuk menggunakan balok itu dulu, dan saya akan mencari balok lain untuk bagian saya, atau saya akan menunggu giliran.4. **Mengingat aturan bermain:** Saya akan mengingatkan diri sendiri dan teman bahwa kita harus saling berbagi dan tidak boleh bertengkar saat bermain.
3. Di rumahmu, ada aturan untuk menyimpan mainan setelah selesai bermain. Jika kamu sering lupa dan membiarkan mainanmu berserakan, apa saja akibat yang bisa terjadi? Bagaimana cara kamu mengatasi kebiasaan lupa ini agar rumah tetap rapi?
Contoh Jawaban: Akibat yang bisa terjadi jika saya sering lupa menyimpan mainan berserakan adalah:1. **Rumah menjadi berantakan dan tidak nyaman:** Sulit untuk berjalan atau menemukan barang lain.2. **Mainan bisa rusak atau hilang:** Terinjak atau terselip di tempat yang tidak seharusnya.3. **Orang lain bisa tersandung:** Ini berbahaya, terutama untuk adik atau orang tua.4. **Ibu atau Ayah menjadi marah:** Karena saya tidak mematuhi aturan.Untuk mengatasi kebiasaan lupa ini, saya akan:1. **Menempel jadwal atau pengingat:** Saya bisa membuat gambar sederhana tentang 'simpan mainan' dan menempelkannya di dekat tempat bermain.2. **Menyiapkan tempat mainan khusus:** Kotak atau rak yang mudah dijangkau agar saya tahu di mana harus menyimpan.3. **Meminta bantuan:** Saya bisa meminta Ibu atau Kakak untuk mengingatkan saya setelah selesai bermain.4. **Mengatur waktu:** Menentukan waktu khusus setelah bermain untuk merapikan mainan, misalnya 5 menit sebelum mandi atau makan.
4. Bayangkan kamu adalah seorang desainer taman sekolah. Kamu diminta untuk membuat taman yang tidak hanya indah, tetapi juga ramah lingkungan dan bisa menjadi tempat belajar bagi siswa kelas 2. Gambarlah sketsa sederhana tamanmu dan jelaskan 3 hal penting yang kamu masukkan dalam desainmu agar taman itu ramah lingkungan dan tempat belajar.
Contoh Jawaban: **(Model Jawaban untuk Sketsa dan Penjelasan)** **(Sketsa akan berupa deskripsi):** Sketsa taman akan menunjukkan area hijau luas, beberapa pohon rindang, petak bunga berwarna-warni, sebuah area kecil untuk menanam sayuran (kebun mini), dan sebuah bangku atau meja kecil di bawah pohon. Ada juga tempat sampah terpilah. **3 Hal Penting dalam Desain Taman:** 1. **Kebun Mini (Taman Edukasi):** Saya akan membuat petak kecil untuk menanam sayuran atau tanaman obat. Siswa bisa belajar tentang cara menanam, menyiram, dan merawat tanaman. Ini mengajarkan tentang sumber makanan dan pentingnya menjaga alam.2. **Tempat Sampah Terpilah:** Saya akan menyediakan tempat sampah dengan dua atau tiga wadah berbeda (misalnya, untuk sampah organik dan anorganik). Ini mengajarkan siswa tentang pentingnya memilah sampah dan menjaga kebersihan lingkungan sejak dini.3. **Pohon Peneduh dan Bunga Lokal:** Saya akan menanam banyak pohon yang rindang agar siswa bisa berteduh saat belajar di luar kelas, dan bunga-bunga lokal yang menarik kupu-kupu. Ini menciptakan lingkungan yang sejuk, indah, dan mengenalkan keanekaragaman hayati lokal kepada siswa.
5. Di sekolahmu, ada kegiatan 'Hari Peduli Lingkungan' setiap bulan. Pada hari itu, semua siswa diajak membersihkan lingkungan sekolah dan menanam pohon. Menurutmu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, baik untuk siswa maupun untuk sekolah?
Contoh Jawaban: Manfaat dari kegiatan 'Hari Peduli Lingkungan' adalah:1. **Untuk Siswa:** * **Menumbuhkan rasa tanggung jawab:** Siswa belajar untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekolah. * **Melatih kerja sama (gotong royong):** Siswa belajar bekerja sama dengan teman-teman dan guru untuk mencapai tujuan bersama. * **Meningkatkan kesadaran lingkungan:** Siswa memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam. * **Kesehatan:** Lingkungan yang bersih membuat siswa lebih sehat dan nyaman belajar.2. **Untuk Sekolah:** * **Lingkungan yang bersih dan indah:** Sekolah menjadi tempat yang lebih nyaman dan menarik untuk belajar. * **Udara lebih segar:** Dengan penanaman pohon, udara di sekitar sekolah menjadi lebih bersih. * **Menciptakan budaya positif:** Sekolah memiliki budaya peduli lingkungan yang baik dan menjadi contoh bagi masyarakat sekitar.
D. Mencocokkan
Set 1. Cocokkan sikap atau tindakan di sebelah kiri dengan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari di sebelah kanan.
| Rasa tanggung jawab | => | Merapikan mainan setelah selesai bermain |
| Sikap peduli | => | Membantu teman yang kesulitan membawa buku |
| Disiplin | => | Datang ke sekolah tepat waktu setiap hari |
| Kerja sama | => | Membantu membersihkan kelas bersama teman |
| Jujur | => | Mengakui kesalahan jika tidak sengaja merusak barang |
Set 2. Cocokkan masalah lingkungan atau sosial di sekolah dengan solusi yang tepat.
| Sampah berserakan di halaman sekolah | => | Mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan |
| Tanaman di taman sekolah layu | => | Menyiram tanaman secara rutin setiap pagi dan sore |
| Ada teman yang bertengkar saat bermain | => | Mendamaikan mereka dan mengajak untuk berbagi |
| Keran air di toilet terus menetes | => | Menutup keran dengan rapat atau melaporkan ke guru |
| Buku-buku di rak perpustakaan berantakan | => | Merapikan kembali buku sesuai nomor atau kategori |