contoh soal hots sd kelas rendah

Posted on

Materi ini dirancang khusus untuk siswa Sekolah Dasar kelas rendah (Kelas 1, 2, dan 3) sesuai Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS). HOTS membantu anak-anak untuk tidak hanya mengingat informasi, tetapi juga memahami, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan ide-ide baru. Melalui soal-soal berbasis skenario kehidupan sehari-hari, siswa diajak untuk berpikir kritis, mencari solusi kreatif untuk masalah, dan membuat keputusan yang tepat. Pendekatan ini melatih mereka menjadi pembelajar mandiri yang aktif dan mampu memecahkan masalah di sekitar mereka, mempersiapkan mereka untuk tantangan belajar yang lebih kompleks di masa depan. Bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami, dengan konteks yang relevan dengan dunia anak-anak.


A. Pilihan Ganda

1. Di sebuah taman, Lani melihat ada seorang anak kecil membuang bungkus permen di rumput. Lani tahu itu tidak baik. Apa yang sebaiknya Lani lakukan untuk membantu menjaga kebersihan taman?

  • A. Ikut membuang sampah di rumput juga.
  • B. Memarahi anak itu dengan suara keras.
  • C. Mengambil sampah itu dan membuangnya ke tempat sampah, lalu memberitahu anak itu dengan ramah untuk tidak membuang sampah sembarangan.
  • D. Pura-pura tidak melihat dan terus bermain.
  • E. Pulang ke rumah dan menceritakan kejadian itu pada ibunya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengambil sampah itu dan membuangnya ke tempat sampah, lalu memberitahu anak itu dengan ramah untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Pembahasan: Siswa diajak untuk mengevaluasi tindakan yang paling efektif dan positif dalam menghadapi masalah kebersihan lingkungan, sekaligus menunjukkan sikap bertanggung jawab dan komunikasi yang baik. Ini melibatkan kemampuan mengevaluasi (C5) dan mengambil keputusan berdasarkan etika.

2. Kelas Budi akan mengadakan piknik ke kebun binatang. Guru meminta setiap siswa membawa bekal makanan sendiri. Budi melihat ada beberapa temannya yang tidak membawa bekal karena lupa atau tidak punya. Apa ide terbaik yang bisa Budi lakukan agar semua temannya bisa makan saat piknik?

  • A. Hanya makan bekalnya sendiri dan tidak peduli.
  • B. Memberikan semua bekalnya kepada satu teman saja.
  • C. Berbagi sedikit bekalnya dengan teman-teman yang tidak membawa, dan mengajak teman lain untuk berbagi juga.
  • D. Melaporkan kepada guru agar teman-teman yang tidak membawa bekal dihukum.
  • E. Menyuruh teman-teman yang tidak membawa bekal untuk membeli makanan di kebun binatang.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Berbagi sedikit bekalnya dengan teman-teman yang tidak membawa, dan mengajak teman lain untuk berbagi juga.

Pembahasan: Soal ini melatih siswa untuk menganalisis situasi sosial dan mengkreasi solusi yang adil dan inklusif (C6 – Mengkreasi) serta menunjukkan empati dan semangat berbagi.

3. Saat jam istirahat, Doni melihat Siti terjatuh dari ayunan dan kakinya terkilir. Siti menangis kesakitan. Teman-teman yang lain hanya melihat saja. Apa yang seharusnya Doni lakukan terlebih dahulu?

  • A. Ikut menangis bersama Siti.
  • B. Menertawakan Siti karena terjatuh.
  • C. Segera memanggil guru atau orang dewasa terdekat.
  • D. Meminta Siti untuk segera bangun dan bermain lagi.
  • E. Merekam kejadian itu dengan ponsel.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Segera memanggil guru atau orang dewasa terdekat.

Pembahasan: Siswa diminta menganalisis situasi darurat dan mengevaluasi tindakan prioritas yang paling tepat untuk memberikan pertolongan. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) dalam konteks sosial.

4. Keluarga Ani ingin menanam pohon di halaman rumah mereka. Mereka memiliki beberapa pilihan: pohon mangga yang akan berbuah, pohon cemara yang rindang, atau pohon cabai yang kecil. Jika tujuan mereka adalah agar halaman rumah menjadi sejuk dan bisa menghasilkan buah, pohon apa yang paling cocok untuk ditanam?

  • A. Pohon cemara saja.
  • B. Pohon cabai saja.
  • C. Pohon mangga saja.
  • D. Pohon mangga dan pohon cemara.
  • E. Menanam semua jenis pohon.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Pohon mangga dan pohon cemara.

Pembahasan: Siswa harus menganalisis tujuan (sejuk dan berbuah) dan mengevaluasi pilihan pohon yang tersedia untuk mencapai kedua tujuan tersebut secara optimal. Ini melatih kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5).

5. Di kelas, guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Setelah pelajaran, Edo pulang ke rumah dan melihat adiknya bermain di tanah tanpa memakai alas kaki, lalu langsung ingin makan. Apa yang sebaiknya Edo katakan kepada adiknya?

  • A. 'Main terus saja, nanti makan.
  • B. 'Adik, ayo cuci tangan dan kaki dulu sebelum makan agar tidak sakit.'
  • C. 'Jangan bermain di tanah, kotor!'
  • D. 'Cepat makan, nanti keburu dingin.'
  • E. 'Tidak usah cuci tangan, kan tidak terlihat kotor sekali.'
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. ‘Adik, ayo cuci tangan dan kaki dulu sebelum makan agar tidak sakit.’

Pembahasan: Siswa diminta untuk menerapkan pengetahuan yang baru didapat (pentingnya kebersihan) dalam situasi nyata dan mengkreasi sebuah nasihat atau instruksi yang tepat kepada orang lain. Ini adalah kemampuan mengkreasi (C6) dalam bentuk komunikasi persuasif.

6. Saat pulang sekolah, Rina melihat banyak sampah berserakan di jalan dekat rumahnya. Rina ingin lingkungan rumahnya bersih. Jika Rina punya kekuatan super untuk membuat satu perubahan saja, apa yang paling efektif ia lakukan untuk mengatasi masalah sampah di jalan itu?

  • A. Membuat semua sampah menghilang begitu saja.
  • B. Membuat semua orang tidak bisa membuang sampah sembarangan lagi.
  • C. Menanam banyak bunga agar sampah tidak terlihat.
  • D. Membangun pagar tinggi agar tidak ada yang bisa membuang sampah.
  • E. Meminta Pak RT untuk membersihkan sampah setiap hari.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Membuat semua orang tidak bisa membuang sampah sembarangan lagi.

Pembahasan: Soal ini menuntut siswa untuk menganalisis akar masalah (perilaku membuang sampah) dan mengevaluasi solusi yang paling fundamental dan berkelanjutan, bukan hanya mengatasi gejala. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) solusi.

7. Jika kamu ingin membuat kartu ucapan ulang tahun untuk ibumu, benda apa yang paling penting untuk kamu siapkan agar kartu ucapanmu terlihat cantik dan berisi pesan?

  • A. Hanya pensil.
  • B. Kertas, pensil warna, dan spidol.
  • C. Gunting dan lem saja.
  • D. Buku cerita.
  • E. Mainan robot.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Kertas, pensil warna, dan spidol.

Pembahasan: Siswa perlu menganalisis tujuan (membuat kartu ucapan cantik dan berisi pesan) dan mengevaluasi alat-alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) kebutuhan.

8. Di kelas, ada peraturan 'Tidak boleh berlari di koridor'. Suatu hari, Beni melihat temannya, Cici, berlari sangat cepat di koridor. Apa akibat yang mungkin terjadi jika Cici terus berlari seperti itu?

  • A. Cici akan menjadi juara lari.
  • B. Cici akan sampai kelas lebih cepat.
  • C. Cici bisa menabrak teman lain atau terjatuh dan terluka.
  • D. Koridor akan menjadi lebih bersih.
  • E. Guru akan memberikan pujian kepada Cici.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Cici bisa menabrak teman lain atau terjatuh dan terluka.

Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis konsekuensi dari pelanggaran aturan dan memprediksi dampak negatifnya. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) hubungan sebab-akibat.

9. Keluarga Toni ingin pergi berlibur ke pantai. Mereka harus membawa handuk, baju ganti, topi, dan kacamata hitam. Toni juga ingin membawa boneka kesayangannya. Jika tas mereka sudah penuh, barang apa yang paling mungkin tidak perlu dibawa Toni agar tas tidak terlalu berat dan semua barang penting bisa masuk?

  • A. Handuk.
  • B. Baju ganti.
  • C. Topi.
  • D. Boneka kesayangan.
  • E. Kacamata hitam.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: D. Boneka kesayangan.

Pembahasan: Siswa harus mengevaluasi prioritas barang bawaan berdasarkan kebutuhan untuk liburan di pantai dan mengidentifikasi barang yang kurang esensial. Ini melibatkan kemampuan mengevaluasi (C5).

10. Jika kamu menemukan seekor kucing kecil yang kelaparan di jalan, apa yang akan kamu lakukan untuk membantunya?

  • A. Membiarkannya karena bukan kucingmu.
  • B. Memberinya sedikit makanan dan air jika ada.
  • C. Menakut-nakutinya agar pergi.
  • D. Meminta kucing itu mencari makan sendiri.
  • E. Langsung membawanya pulang tanpa izin orang tua.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Memberinya sedikit makanan dan air jika ada.

Pembahasan: Siswa diminta untuk mengevaluasi tindakan yang paling tepat dan bertanggung jawab dalam situasi menolong hewan, dengan mempertimbangkan ketersediaan dan keamanan. Ini melatih kemampuan mengevaluasi (C5) dan empati.

11. Di kelasmu, ada teman yang sering lupa membawa alat tulis. Setiap kali dia lupa, dia meminjam dari teman lain. Jika kamu ingin membantu temanmu agar tidak lupa lagi, ide apa yang paling baik untuk dia lakukan?

  • A. Membeli banyak alat tulis dan menyimpannya di sekolah.
  • B. Membuat daftar alat tulis yang harus dibawa dan menempelkannya di meja belajar.
  • C. Meminta orang tuanya untuk selalu mengantar alat tulis jika lupa.
  • D. Memarahi teman itu setiap kali dia lupa.
  • E. Tidak usah membawa alat tulis agar bisa meminjam terus.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Membuat daftar alat tulis yang harus dibawa dan menempelkannya di meja belajar.

Pembahasan: Siswa diajak untuk menganalisis masalah (sering lupa) dan mengkreasi solusi praktis yang membantu teman menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) dan mengkreasi (C6).

12. Di kebun sekolah, ada beberapa tanaman yang layu karena kurang disiram. Jika kamu ingin membuat tanaman itu segar kembali, apa yang harus kamu lakukan setiap hari?

  • A. Mencabut tanaman yang layu.
  • B. Menambahkan pupuk saja.
  • C. Menyiram tanaman secara teratur.
  • D. Memberi air pada tanaman sekali seminggu.
  • E. Membiarkannya saja sampai hujan turun.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menyiram tanaman secara teratur.

Pembahasan: Siswa menganalisis penyebab masalah (kurang air) dan mengevaluasi tindakan yang paling tepat dan rutin untuk menjaga kesehatan tanaman. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5).

13. Saat bermain di lapangan, kamu melihat ada botol plastik bekas minuman berserakan. Kamu tahu bahwa plastik sulit terurai dan bisa mencemari lingkungan. Apa ide paling baik untuk mengurangi sampah botol plastik di lingkungan sekolahmu?

  • A. Membakar semua botol plastik yang ditemukan.
  • B. Mengajak teman-teman untuk memungut botol plastik dan membuangnya ke tempat sampah daur ulang.
  • C. Menyuruh tukang kebun untuk membersihkan semua sampah.
  • D. Membiarkan saja karena bukan tugasmu.
  • E. Mengubur botol plastik di dalam tanah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Mengajak teman-teman untuk memungut botol plastik dan membuangnya ke tempat sampah daur ulang.

Pembahasan: Siswa diajak untuk menganalisis dampak sampah plastik dan mengkreasi solusi yang melibatkan partisipasi aktif serta kesadaran lingkungan, termasuk konsep daur ulang. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) dan mengkreasi (C6).

14. Jika kamu ingin membuat cerita pendek tentang petualangan seekor kelinci, apa yang paling penting untuk kamu pikirkan pertama kali agar ceritamu menarik?

  • A. Berapa halaman bukunya.
  • B. Siapa nama kelincinya dan petualangan apa yang akan dia alami.
  • C. Warna apa yang akan dipakai untuk menggambar kelinci.
  • D. Kapan cerita itu akan selesai.
  • E. Cerita apa yang paling disukai teman-teman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Siapa nama kelincinya dan petualangan apa yang akan dia alami.

Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis elemen-elemen penting dalam menciptakan cerita dan mengevaluasi prioritas awal untuk membangun narasi yang menarik. Ini melibatkan kemampuan menganalisis (C4) dan mengkreasi (C6) ide cerita.

15. Di rumah, Ibu meminta kamu membantu membereskan mainan setelah bermain. Jika kamu tidak membereskan mainanmu, apa akibat yang mungkin terjadi?

  • A. Mainanmu akan bertambah banyak.
  • B. Kamu akan mendapatkan mainan baru.
  • C. Kamarmu akan berantakan, dan kamu bisa tersandung mainan.
  • D. Ibu akan membelikanmu es krim.
  • E. Mainanmu akan bersih sendiri.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Kamarmu akan berantakan, dan kamu bisa tersandung mainan.

Pembahasan: Siswa menganalisis konsekuensi dari tindakan tidak bertanggung jawab (tidak membereskan mainan) dan memprediksi dampak negatifnya. Ini adalah kemampuan menganalisis (C4) hubungan sebab-akibat.

16. Sekolahmu ingin membuat kebun sayur kecil. Agar sayuran bisa tumbuh subur dan sehat, apa yang paling penting untuk disiapkan sebelum menanam bibit?

  • A. Hanya bibit sayur.
  • B. Tanah yang subur dan sinar matahari yang cukup.
  • C. Pagar tinggi di sekeliling kebun.
  • D. Banyak mainan di dekat kebun.
  • E. Hanya air yang banyak.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Tanah yang subur dan sinar matahari yang cukup.

Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis kebutuhan dasar tanaman untuk tumbuh dan mengevaluasi faktor-faktor lingkungan yang paling krusial. Ini melibatkan kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) kondisi optimal.

17. Jika kamu melihat seorang teman sedang kesulitan membuka kotak pensilnya yang macet, apa yang paling baik kamu lakukan untuk membantunya?

  • A. Membiarkannya mencoba sendiri sampai berhasil.
  • B. Merebut kotak pensilnya dan mencoba membukanya paksa.
  • C. Menawarkan bantuan dengan mencoba membukanya secara perlahan atau mencari tahu penyebab macetnya.
  • D. Menertawakannya karena tidak bisa membuka kotak pensil.
  • E. Menyuruhnya membeli kotak pensil baru.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Menawarkan bantuan dengan mencoba membukanya secara perlahan atau mencari tahu penyebab macetnya.

Pembahasan: Siswa diajak untuk mengevaluasi respons yang paling tepat dan membantu dalam situasi teman kesulitan, menunjukkan sikap solutif dan empati. Ini melibatkan kemampuan mengevaluasi (C5) dan pemecahan masalah sederhana.

18. Saat kamu dan temanmu bermain bola di halaman, bola kalian masuk ke kebun tetangga yang ada banyak tanaman bunga. Tetangga itu tidak ada di rumah. Apa yang harus kamu lakukan?

  • A. Langsung masuk ke kebun tetangga untuk mengambil bola, tidak peduli tanamannya rusak.
  • B. Membiarkan bola di kebun tetangga saja.
  • C. Mencoba memanggil tetangga atau menunggu sampai tetangga pulang untuk meminta izin mengambil bola.
  • D. Mengambil bola di malam hari saat tidak ada yang melihat.
  • E. Membeli bola baru.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mencoba memanggil tetangga atau menunggu sampai tetangga pulang untuk meminta izin mengambil bola.

Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis situasi yang melibatkan hak milik orang lain dan mengevaluasi tindakan yang paling sopan dan bertanggung jawab. Ini melibatkan kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) etika sosial.

19. Keluarga Rio berencana pergi ke gunung untuk berkemah. Mereka harus membawa tenda, sleeping bag, makanan, dan air minum. Rio ingin membawa banyak mainan robotnya. Jika tas sudah penuh, barang apa yang paling penting untuk dipastikan ada di dalam tas, walaupun Rio harus meninggalkan mainan robotnya?

  • A. Mainan robot.
  • B. Tenda dan sleeping bag.
  • C. Buku cerita.
  • D. Permen banyak-banyak.
  • E. Baju pesta.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Tenda dan sleeping bag.

Pembahasan: Siswa harus mengevaluasi prioritas barang bawaan berdasarkan kebutuhan untuk berkemah di gunung, yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan dasar. Ini melibatkan kemampuan mengevaluasi (C5).

20. Jika kamu ingin membuat poster tentang 'Hemat Air' untuk dipasang di sekolah, gambar apa yang paling cocok untuk menarik perhatian teman-temanmu?

  • A. Gambar anak-anak bermain bola.
  • B. Gambar keran air yang menetes atau anak yang mematikan keran air setelah digunakan.
  • C. Gambar pemandangan gunung.
  • D. Gambar makanan lezat.
  • E. Gambar binatang lucu.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Gambar keran air yang menetes atau anak yang mematikan keran air setelah digunakan.

Pembahasan: Siswa diminta untuk menganalisis tujuan poster (mengajak hemat air) dan mengkreasi (C6) desain visual yang paling relevan dan persuasif. Ini melibatkan kemampuan menganalisis (C4) dan mengkreasi (C6) ide komunikasi visual.

B. Isian Singkat

1. Mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan di sungai atau selokan? Jelaskan satu akibat buruknya.

Jawaban: Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan di sungai atau selokan karena akan membuat air kotor dan bau, serta bisa menyebabkan banjir saat hujan turun. Air yang kotor juga membuat ikan-ikan sakit atau mati.

2. Jika kamu melihat temanmu sedang sedih karena kehilangan pensil warnanya, apa dua hal yang bisa kamu lakukan untuk menghiburnya dan membantunya?

Jawaban: Dua hal yang bisa saya lakukan adalah: 1) Menanyakan mengapa dia sedih dan mendengarkan ceritanya dengan baik. 2) Menawarkan untuk meminjamkan pensil warna saya agar dia bisa melanjutkan pekerjaannya, atau membantu mencarinya.

3. Mengapa penting bagi kita untuk mengucapkan 'terima kasih' ketika seseorang membantu kita?

Jawaban: Penting untuk mengucapkan 'terima kasih' karena itu menunjukkan kita menghargai bantuan orang lain. Ini membuat orang lain senang dan ingin membantu lagi di lain waktu, serta mengajarkan kita untuk bersikap sopan.

4. Jika kamu ingin menanam bunga di pot, apa tiga hal penting yang harus kamu siapkan agar bungamu bisa tumbuh sehat dan indah?

Jawaban: Tiga hal penting yang harus disiapkan adalah: 1) Pot untuk tempat bunga, 2) Tanah yang subur, 3) Bibit bunga, 4) Air untuk menyiramnya secara teratur, dan 5) Tempat yang cukup sinar matahari.

5. Bayangkan kamu adalah penjaga kebun binatang. Jika kamu melihat ada pengunjung yang memberi makan hewan sembarangan padahal ada larangan, apa yang akan kamu lakukan? Jelaskan alasannya.

Jawaban: Saya akan dengan sopan mengingatkan pengunjung tersebut bahwa tidak boleh memberi makan hewan sembarangan karena itu bisa membuat hewan sakit atau tidak mau makan makanan yang sudah disediakan oleh penjaga. Saya juga akan menjelaskan bahwa ada peraturan untuk melindungi kesehatan hewan.

C. Uraian

1. Bayangkan kamu adalah seorang pemimpin di sekolahmu. Kamu ingin membuat lingkungan sekolah menjadi tempat yang paling menyenangkan untuk belajar dan bermain. Aturan baru apa yang akan kamu buat agar semua anak suka belajar, tidak bertengkar, dan selalu menjaga kebersihan? Jelaskan tiga aturanmu dan mengapa aturan itu penting.

Contoh Jawaban: Sebagai pemimpin sekolah, saya akan membuat tiga aturan baru ini:1. **'Aturan Senyum dan Sapa':** Setiap pagi, semua anak harus tersenyum dan menyapa teman serta guru. Ini penting agar kita merasa senang, ramah, dan tidak ada yang merasa sendirian, sehingga mengurangi pertengkaran.2. **'Aturan Kotak Ide Bersama':** Kita akan punya sebuah kotak di kelas tempat semua anak bisa menuliskan ide-ide mereka tentang pelajaran atau kegiatan yang seru. Ini penting agar semua anak merasa didengar, pelajaran jadi lebih menarik, dan kita bisa belajar hal baru bersama.3. **'Aturan 'Sampahku, Tanggung Jawabku'':** Setiap anak bertanggung jawab membuang sampahnya sendiri ke tempat sampah yang benar, dan setiap akhir pelajaran kita akan melihat apakah ada sampah yang tertinggal. Ini penting agar sekolah selalu bersih, sehat, dan nyaman untuk belajar dan bermain.

2. Jika kamu menemukan sebuah dompet berisi uang dan kartu identitas di jalan saat pulang sekolah, apa yang akan kamu lakukan? Jelaskan langkah-langkahmu secara berurutan dan mengapa kamu memilih cara itu.

Contoh Jawaban: Jika saya menemukan dompet, langkah-langkah yang akan saya lakukan adalah:1. **Mengambil dompet itu dengan hati-hati:** Saya akan memastikan dompet itu aman dan tidak hilang lagi.2. **Melihat isi dompet untuk mencari tahu siapa pemiliknya:** Saya akan mencari kartu identitas atau nama pemilik agar bisa mengembalikannya.3. **Melapor kepada orang dewasa yang bisa dipercaya:** Saya akan segera memberitahu orang tua saya, guru di sekolah, atau petugas keamanan terdekat tentang dompet yang saya temukan. Saya tidak akan mencoba mengembalikannya sendiri karena saya masih kecil dan mungkin kesulitan menemukan pemiliknya.4. **Menyerahkan dompet kepada orang dewasa tersebut:** Saya akan menyerahkan dompet itu agar mereka bisa membantu mencari dan mengembalikan kepada pemiliknya.Saya memilih cara ini karena mengembalikan barang yang bukan milik kita adalah perbuatan jujur dan baik. Melapor kepada orang dewasa memastikan dompet bisa kembali ke pemiliknya dengan aman dan benar.

3. Bayangkan kamu adalah seorang ilmuwan cilik yang ingin membuat lingkungan di sekitar rumahmu menjadi lebih hijau dan banyak tanaman. Rencanakan tiga langkah sederhana yang bisa kamu lakukan bersama keluargamu untuk mencapai tujuan itu.

Contoh Jawaban: Sebagai ilmuwan cilik, ini tiga langkah sederhana yang bisa saya lakukan bersama keluarga:1. **'Proyek Pot Bunga Cantik':** Kami akan mengumpulkan pot-pot bekas atau botol plastik bekas, lalu menghiasnya dan menanam bunga-bunga kecil di dalamnya. Kami akan meletakkannya di teras atau jendela agar terlihat indah.2. **'Kebun Sayur Mini':** Kami akan membuat kebun sayur kecil di halaman belakang atau di pot besar. Kami akan menanam sayuran yang mudah tumbuh seperti sawi atau cabai. Dengan begitu, kami bisa memakan hasil panen sendiri.3. **'Program Pohon Teduh':** Kami akan menanam satu atau dua pohon buah atau pohon peneduh di sudut halaman jika ada lahan. Pohon ini akan membuat udara lebih sejuk dan bersih di masa depan.Kami akan melakukan ini agar lingkungan rumah menjadi lebih asri, udara lebih segar, dan kami bisa belajar merawat tanaman.

4. Di hari Minggu pagi, kamu dan keluarga berencana untuk membersihkan rumah bersama. Kakakmu hanya ingin bermain game, dan adikmu hanya ingin menonton TV. Bagaimana caramu mengajak mereka agar mau ikut membantu membersihkan rumah? Jelaskan strategimu.

Contoh Jawaban: Strategi saya untuk mengajak kakak dan adik agar mau membantu membersihkan rumah adalah:1. **Ajak dengan Cara Menyenangkan:** Saya akan bilang, 'Kak, Dik, ayo kita main 'tim bersih-bersih super'! Siapa yang paling cepat dan rapi membereskan kamarnya, dia yang menang!' atau 'Kalau kita selesai cepat, nanti kita bisa main game atau nonton TV bareng.'2. **Berikan Tugas yang Sesuai:** Saya akan memberikan tugas yang tidak terlalu sulit dan sesuai dengan kemampuan mereka. Misalnya, kakak membantu mengangkat barang yang agak berat, dan adik membantu merapikan mainan yang ringan.3. **Berikan Contoh dan Bekerja Bersama:** Saya akan mulai membersihkan bagian saya dengan semangat agar mereka melihat saya bekerja. Saya juga akan bilang, 'Ayo, kita lakukan ini bersama-sama, biar cepat selesai dan kita bisa istirahat.' Dengan bekerja bersama, mereka akan merasa tidak sendirian.

5. Jika kamu bisa membuat satu alat penemuan baru yang bisa membantu menjaga bumi kita tetap bersih dan sehat, alat apa yang akan kamu buat? Jelaskan nama alatmu, cara kerjanya, dan mengapa alat itu penting.

Contoh Jawaban: Saya akan membuat alat penemuan baru bernama **'Robot Pembersih Udara Cerdas'**.Cara kerjanya: Robot ini ukurannya kecil, bisa terbang, dan punya sensor yang bisa mendeteksi udara kotor di mana saja. Ketika menemukan udara kotor (misalnya asap kendaraan atau debu), robot ini akan menyedot udara kotor itu, lalu menyaringnya di dalam tubuhnya, dan mengeluarkan udara yang sudah bersih kembali. Robot ini juga bisa bekerja otomatis dan mengisi dayanya sendiri dengan tenaga matahari.Mengapa alat ini penting: Penting sekali karena udara bersih sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Kalau udara bersih, kita tidak mudah sakit, tanaman bisa tumbuh subur, dan bumi kita jadi sehat. Robot ini bisa membantu membersihkan udara di kota-kota besar atau di tempat yang banyak polusi, sehingga semua orang bisa bernapas lega.

D. Mencocokkan

Set 1. Cocokkan masalah yang ada di sebelah kiri dengan solusi yang paling tepat di sebelah kanan.

Temanmu menangis karena terjatuh.=>Menghibur dan memanggil guru.
Halaman sekolah kotor banyak sampah.=>Mengajak teman-teman membersihkan bersama.
Tanaman di pot layu karena kering.=>Menyiramnya setiap hari.
Tidak bisa membuka botol minum sendiri.=>Meminta bantuan orang dewasa.
Lupa membawa pensil warna ke sekolah.=>Meminjam dari teman atau guru.

Set 2. Cocokkan tindakan di sebelah kiri dengan akibat yang mungkin terjadi di sebelah kanan.

Membuang sampah di sungai.=>Sungai jadi kotor dan banjir.
Mencuci tangan sebelum makan.=>Badan jadi sehat dan tidak mudah sakit.
Berbagi makanan dengan teman.=>Semua teman senang dan tidak kelaparan.
Tidak merapikan mainan setelah bermain.=>Kamar berantakan dan bisa tersandung.
Menyiram bunga setiap hari.=>Bunga tumbuh subur dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *