Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Ujian Lengkap dan Pembahasan

Posted on

Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka: Ujian Lengkap dan Pembahasan

Persiapkan diri Anda menghadapi ujian Bahasa Indonesia kelas 4 SD dengan Kurikulum Merdeka melalui kumpulan soal dan pembahasan lengkap ini. Artikel ini menyajikan berbagai jenis pertanyaan, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, esai, hingga menjodohkan, yang dirancang khusus sesuai dengan capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Dengan fokus pada pemahaman teks, tata bahasa, penulisan, dan kemampuan berbahasa, latihan soal ini akan membantu siswa kelas 4 SD menguasai materi Bahasa Indonesia. Dapatkan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep penting dan tingkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi penilaian. Ideal untuk siswa, guru, dan orang tua dalam mendukung proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan.


Contoh Soal dan Pembahasan

1. Bacalah teks berikut!”Rina sangat rajin. Setiap pagi, ia membantu ibunya membersihkan rumah. Setelah itu, ia belajar dengan tekun. Rina selalu mendapatkan nilai yang baik di sekolah.”Apa gagasan utama paragraf di atas?

  • A. Rina membantu ibunya.
  • B. Rina mendapatkan nilai yang baik.
  • C. Rina belajar dengan tekun.
  • D. Rina adalah anak yang rajin.

Jawaban: Rina adalah anak yang rajin.

Pembahasan: Gagasan utama adalah inti dari sebuah paragraf. Paragraf ini secara keseluruhan menceritakan tentang kerajinan Rina dalam membantu ibu dan belajar, yang menghasilkan nilai baik. Jadi, Rina adalah anak yang rajin adalah gagasan utamanya.

2. Kata ‘gigih’ memiliki arti yang sama dengan kata…

  • A. malas
  • B. lemah
  • C. ulet
  • D. cepat

Jawaban: ulet

Pembahasan: Kata ‘gigih’ berarti tetap teguh pada pendirian atau usaha, tidak mudah menyerah. Kata ‘ulet’ memiliki arti yang serupa, yaitu tidak mudah putus asa dan terus berusaha.

3. Pilihlah kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan benar!

  • A. hari senin, kami akan berkunjung ke museum nasional.
  • B. Hari senin, kami akan berkunjung ke Museum nasional.
  • C. Hari Senin, kami akan berkunjung ke Museum Nasional.
  • D. hari Senin, kami akan berkunjung ke museum Nasional.

Jawaban: Hari Senin, kami akan berkunjung ke Museum Nasional.

Pembahasan: Huruf kapital digunakan untuk nama hari (Senin) dan nama tempat spesifik (Museum Nasional). Pilihan lain memiliki kesalahan kapitalisasi pada nama hari atau nama tempat.

4. Penulisan tanda baca koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat…

  • A. Adik suka makan nasi goreng dan telur.
  • B. Ibu membeli buah-buahan, sayuran, dan daging di pasar.
  • C. Ayah membaca koran sambil minum kopi.
  • D. Apakah kamu sudah makan?

Jawaban: Ibu membeli buah-buahan, sayuran, dan daging di pasar.

Pembahasan: Tanda koma digunakan untuk memisahkan unsur-unsur dalam suatu perincian atau daftar yang lebih dari dua. Dalam kalimat ini, ‘buah-buahan’, ‘sayuran’, dan ‘daging’ adalah perincian yang dipisahkan oleh koma.

5. Bacalah puisi berikut!”Mentari pagi bersinar terang,Hangatkan bumi penuh harapan.Burung berkicau riang gembira,Menyambut hari yang ceria.”Tema puisi di atas adalah tentang…

  • A. kesedihan
  • B. perjuangan
  • C. keindahan pagi hari
  • D. persahabatan

Jawaban: keindahan pagi hari

Pembahasan: Puisi ini menggambarkan elemen-elemen pagi hari seperti mentari bersinar, bumi yang hangat, burung berkicau, dan suasana ceria, semuanya mengacu pada keindahan dan suasana pagi.

6. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang berikut adalah:”Para petani sedang … padi di sawah.”

  • A. memetik
  • B. memakan
  • C. mencuci
  • D. menanam

Jawaban: menanam

Pembahasan: Kata ‘menanam’ adalah kata kerja yang paling sesuai untuk aktivitas petani dengan padi di sawah. Pilihan lain tidak relevan dengan konteks pertanian padi.

7. Mana yang termasuk kata sifat?

  • A. membaca
  • B. meja
  • C. indah
  • D. di

Jawaban: indah

Pembahasan: Kata sifat adalah kata yang menerangkan sifat atau keadaan suatu benda. ‘Indah’ menggambarkan sifat sesuatu. ‘Membaca’ adalah kata kerja, ‘meja’ adalah kata benda, dan ‘di’ adalah kata depan.

8. Kalimat berita yang benar adalah…

  • A. Apakah kamu sudah makan?
  • B. Ayo, kita bermain!
  • C. Budi sedang membaca buku di perpustakaan.
  • D. Wah, indah sekali pemandangannya!

Jawaban: Budi sedang membaca buku di perpustakaan.

Pembahasan: Kalimat berita adalah kalimat yang berisi informasi atau pernyataan. Pilihan ‘Budi sedang membaca buku di perpustakaan’ adalah pernyataan yang memberikan informasi. Pilihan lain adalah kalimat tanya, kalimat ajakan, dan kalimat seru.

9. Perhatikan teks berikut!”Kancil adalah hewan yang cerdik. Suatu hari, ia ingin menyeberangi sungai. Ia melihat banyak buaya. Kancil pun punya ide. Ia meminta buaya berbaris agar bisa menghitung mereka. Padahal, Kancil ingin melompati punggung buaya untuk menyeberang.”Jenis teks di atas adalah…

  • A. deskripsi
  • B. eksposisi
  • C. narasi
  • D. argumentasi

Jawaban: narasi

Pembahasan: Teks narasi adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian secara berurutan, biasanya memiliki tokoh, latar, dan alur cerita. Kisah Kancil ini adalah contoh cerita narasi.

10. Ungkapan ‘buah tangan’ memiliki arti…

  • A. hasil kerja
  • B. tangan berbuah
  • C. oleh-oleh
  • D. bagian tangan

Jawaban: oleh-oleh

Pembahasan: Ungkapan ‘buah tangan’ adalah idiom yang berarti barang yang dibawa dari perjalanan sebagai hadiah atau kenang-kenangan, atau sering disebut oleh-oleh.

11. Lawan kata dari ‘rajin’ adalah…

  • A. tekun
  • B. giat
  • C. malas
  • D. pandai

Jawaban: malas

Pembahasan: Lawan kata (antonim) dari ‘rajin’ (giat bekerja atau belajar) adalah ‘malas’ (tidak mau bekerja atau belajar).

12. Bacalah kalimat berikut!”Anak itu berlari sangat cepat.”Kata ‘cepat’ pada kalimat tersebut berfungsi sebagai…

  • A. kata benda
  • B. kata kerja
  • C. kata sifat
  • D. kata keterangan

Jawaban: kata keterangan

Pembahasan: Kata ‘cepat’ di sini menerangkan bagaimana cara anak itu berlari (kata kerja), sehingga berfungsi sebagai kata keterangan cara.

13. Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar: ‘belajar – setiap – adik – sore – giat’

  • A. Setiap sore adik belajar giat.
  • B. Adik belajar giat setiap sore.
  • C. Giat belajar adik setiap sore.
  • D. Belajar adik giat setiap sore.

Jawaban: Adik belajar giat setiap sore.

Pembahasan: Susunan kata yang benar membentuk kalimat SPOK (Subjek-Predikat-Objek-Keterangan) yang logis dan gramatikal dalam Bahasa Indonesia. ‘Adik’ (S), ‘belajar’ (P), ‘giat’ (K.cara), ‘setiap sore’ (K.waktu).

14. Kalimat yang menggunakan kata depan ‘di’ sebagai penunjuk tempat adalah…

  • A. Makanan itu dibuat oleh ibu.
  • B. Cerita itu dibaca oleh kakak.
  • C. Buku itu diletakkan di atas meja.
  • D. Nasi goreng itu dimakan adik.

Jawaban: Buku itu diletakkan di atas meja.

Pembahasan: Kata depan ‘di’ yang menunjukkan tempat harus ditulis terpisah dari kata setelahnya. ‘Di atas meja’ menunjukkan lokasi. Pilihan lain ‘dibuat’, ‘dibaca’, ‘dimakan’ adalah kata kerja pasif, di mana ‘di-‘ adalah imbuhan.

15. Kata ‘pahlawan’ merupakan jenis kata…

  • A. kata kerja
  • B. kata sifat
  • C. kata benda
  • D. kata keterangan

Jawaban: kata benda

Pembahasan: Kata ‘pahlawan’ adalah kata yang merujuk pada orang atau tokoh, sehingga termasuk dalam kategori kata benda (nomina).

16. Bacalah teks berikut!”Pantai Sanur terletak di sebelah timur kota Denpasar, Bali. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang indah. Pasirnya putih dan air lautnya jernih. Banyak wisatawan datang ke sini untuk berenang atau sekadar menikmati suasana.”Teks di atas termasuk jenis teks…

  • A. narasi
  • B. eksposisi
  • C. deskripsi
  • D. argumentasi

Jawaban: deskripsi

Pembahasan: Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa secara rinci sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat atau merasakannya. Teks ini mendeskripsikan Pantai Sanur.

17. Pilihlah kalimat yang merupakan kalimat ajakan!

  • A. Siapa namamu?
  • B. Ayo, kita bermain di taman!
  • C. Rumah itu sangat besar.
  • D. Jangan buang sampah sembarangan!

Jawaban: Ayo, kita bermain di taman!

Pembahasan: Kalimat ajakan adalah kalimat yang berisi ajakan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Biasanya ditandai dengan kata ‘ayo’, ‘mari’, atau ‘yuk’.

18. Peribahasa ‘air susu dibalas air tuba’ memiliki makna…

  • A. membalas kebaikan dengan kebaikan
  • B. kebaikan dibalas dengan kejahatan
  • C. susu yang pahit
  • D. air yang beracun

Jawaban: kebaikan dibalas dengan kejahatan

Pembahasan: Peribahasa ini menggambarkan situasi di mana seseorang membalas perbuatan baik yang diterimanya dengan perbuatan jahat atau tidak menyenangkan.

19. Bagian dari cerita yang menjelaskan kapan dan di mana cerita itu terjadi disebut…

  • A. tokoh
  • B. alur
  • C. latar
  • D. tema

Jawaban: latar

Pembahasan: Latar adalah unsur intrinsik cerita yang menunjukkan waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita.

20. Manakah kelompok kata yang semuanya adalah kata kerja?

  • A. buku, pensil, tas
  • B. cantik, besar, tinggi
  • C. makan, tidur, menulis
  • D. di, ke, dari

Jawaban: makan, tidur, menulis

Pembahasan: Kata kerja adalah kata yang menyatakan suatu tindakan atau perbuatan. ‘Makan’, ‘tidur’, dan ‘menulis’ semuanya adalah tindakan. Pilihan lain mengandung kata benda (‘buku’, ‘meja’, ‘rumah’) atau kata sifat (‘cantik’, ‘besar’).

21. Apa fungsi utama dari sebuah judul dalam sebuah teks?

Jawaban: Memberikan gambaran umum atau inti dari isi teks.

Pembahasan: Judul berfungsi untuk menarik perhatian pembaca dan memberikan petunjuk singkat tentang apa yang akan dibahas dalam teks tersebut.

22. Sebutkan dua contoh kata benda!

Jawaban: Contoh: Meja, Kursi (atau Buku, Pensil, Rumah, dll.)

Pembahasan: Kata benda (nomina) adalah kata yang mengacu pada orang, tempat, benda, atau konsep abstrak.

23. Tuliskan satu kalimat yang berisi perintah!

Jawaban: Contoh: Tutuplah pintu itu!

Pembahasan: Kalimat perintah adalah kalimat yang isinya menyuruh atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu, sering diakhiri dengan tanda seru (!).

24. Apa perbedaan antara fabel dan dongeng?

Jawaban: Fabel adalah cerita yang tokohnya hewan dan berperilaku seperti manusia, sedangkan dongeng adalah cerita khayalan yang umumnya bercerita tentang manusia, kejadian luar biasa, atau makhluk ajaib.

Pembahasan: Perbedaan utama terletak pada karakter utamanya. Fabel selalu menggunakan hewan sebagai tokoh utama, sementara dongeng lebih luas dan bisa melibatkan manusia, raksasa, peri, dll.

25. Ubahlah kalimat ini menjadi kalimat aktif: ‘Buku itu dibaca oleh Andi.’

Jawaban: Andi membaca buku itu.

Pembahasan: Kalimat aktif adalah kalimat di mana subjek melakukan pekerjaan. Dalam kalimat pasif ‘Buku itu dibaca oleh Andi’, ‘buku’ adalah subjek yang dikenai pekerjaan. Untuk mengubahnya menjadi aktif, ‘Andi’ menjadi subjek yang melakukan pekerjaan ‘membaca’.

26. Tuliskan sebuah paragraf singkat (3-5 kalimat) untuk mendeskripsikan hewan peliharaan favoritmu!

Jawaban: Jawaban bervariasi. Contoh: Kucingku bernama Luna. Ia memiliki bulu berwarna putih bersih dan mata biru yang indah. Luna sangat manja dan suka tidur di pangkuanku. Setiap pagi, ia selalu membangunkan aku dengan menggosokkan kepalanya ke kakiku. Aku sangat menyayangi Luna karena ia selalu menemaniku.

Pembahasan: Paragraf deskripsi harus menggambarkan ciri-ciri fisik atau sifat dari objek yang dideskripsikan agar pembaca bisa membayangkannya.

27. Ceritakan kembali dengan bahasamu sendiri, mengapa penting untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita!

Jawaban: Jawaban bervariasi. Contoh: Menjaga kebersihan lingkungan sangat penting agar kita semua sehat. Jika lingkungan kotor, banyak sampah berserakan, dan air tergenang, nyamuk atau penyakit bisa datang. Lingkungan yang bersih membuat udara segar, pemandangan indah, dan kita jadi nyaman beraktivitas. Kita juga harus membuang sampah pada tempatnya dan rajin membersihkan rumah serta halaman agar terhindar dari penyakit.

Pembahasan: Jawaban harus menjelaskan alasan-alasan di balik pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan argumen yang logis dan mudah dipahami, menunjukkan pemahaman siswa terhadap isu tersebut.

28. Bayangkan kamu adalah seorang guru. Buatlah tiga instruksi singkat untuk siswamu yang akan melakukan kegiatan menanam pohon kecil di halaman sekolah!

Jawaban: Jawaban bervariasi. Contoh:1. Siapkan alat-alat seperti sekop kecil, bibit pohon, dan air.2. Buatlah lubang di tanah yang sudah ditentukan, jangan terlalu dalam atau dangkal.3. Masukkan bibit pohon dengan hati-hati ke dalam lubang, lalu timbun kembali dengan tanah dan siram sedikit air.

Pembahasan: Instruksi harus jelas, berurutan, dan mudah diikuti oleh anak kelas 4 SD. Setiap instruksi harus menggunakan kalimat perintah yang efektif.

29. Mengapa kita harus membaca buku secara teratur? Jelaskan minimal dua manfaatnya!

Jawaban: Jawaban bervariasi. Contoh: Kita harus membaca buku secara teratur karena membaca punya banyak manfaat. Pertama, membaca bisa menambah pengetahuan kita tentang berbagai hal di dunia. Semakin banyak membaca, semakin banyak yang kita tahu. Kedua, membaca juga bisa membuat kita lebih pintar dan lancar berbicara atau menulis karena kita jadi tahu banyak kosakata baru. Selain itu, membaca juga melatih otak kita untuk berpikir dan berimajinasi.

Pembahasan: Jawaban harus menguraikan minimal dua manfaat membaca buku secara teratur, seperti menambah pengetahuan, memperkaya kosakata, melatih otak, atau meningkatkan daya imajinasi.

30. Tuliskan sebuah cerita fabel singkat (minimal 5 kalimat) tentang Kura-kura dan Kelinci yang berlomba lari, dan apa pesan moral dari cerita tersebut!

Jawaban: Jawaban bervariasi. Contoh: Suatu hari, Kelinci yang sombong menantang Kura-kura untuk lomba lari. Kura-kura yang sabar setuju. Saat lomba dimulai, Kelinci melesat jauh di depan, lalu ia merasa bosan dan memutuskan untuk tidur siang. Sementara itu, Kura-kura terus berjalan pelan tapi pasti tanpa berhenti. Akhirnya, Kura-kura tiba di garis finis lebih dulu, membangunkan Kelinci yang terkejut. Pesan moral dari cerita ini adalah bahwa kesabaran dan ketekunan akan mengalahkan kesombongan dan kecepatan.

Pembahasan: Cerita fabel harus memiliki tokoh hewan yang berperilaku seperti manusia, alur cerita yang jelas, dan diakhiri dengan pesan moral atau pelajaran yang bisa diambil.

31. Jodohkan kata-kata berikut dengan artinya yang tepat!

Kolom A
Kolom B
1. Rajin
A. Tidak mudah menyerah
2. Gigih
B. Tempat terjadinya cerita
3. Tokoh
C. Giat bekerja atau belajar
4. Latar
D. Pelaku dalam cerita

Jawaban: 1-C, 2-A, 3-D, 4-B

Pembahasan: Pencocokan ini menguji pemahaman kosakata dasar siswa.

32. Jodohkan jenis kalimat berikut dengan contoh yang sesuai!

Kolom A
Kolom B
1. Kalimat Perintah
A. Apakah kamu sudah makan?
2. Kalimat Tanya
B. Wah, pemandangannya indah sekali!
3. Kalimat Berita
C. Tutuplah pintu itu!
4. Kalimat Seru
D. Ibu pergi ke pasar.

Jawaban: 1-C, 2-A, 3-D, 4-B

Pembahasan: Pencocokan ini menguji pemahaman siswa tentang jenis-jenis kalimat dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *