Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Pilihan Ganda: Uji Pemahamanmu!

Posted on

Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Pilihan Ganda: Uji Pemahamanmu!

Persiapkan dirimu menghadapi ujian dengan koleksi lengkap contoh soal Bahasa Indonesia kelas 9 SMP pilihan ganda. Artikel ini menyajikan berbagai jenis soal yang mencakup materi esensial kurikulum, mulai dari pemahaman teks (tanggapan, diskusi, cerpen, pidato persuasif), kaidah kebahasaan, hingga penulisan efektif. Setiap soal pilihan ganda dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan singkat untuk membantu kamu memahami konsep dengan lebih baik. Tak hanya itu, tersedia pula soal isian singkat, esai, dan menjodohkan untuk mengasah kemampuan analitis dan ekspresi tulismu. Tingkatkan kepercayaan dirimu dalam menguasai Bahasa Indonesia dan raih nilai terbaik di sekolah!


Contoh Soal dan Pembahasan

1. Bacalah kutipan teks berikut!

“Sampah plastik telah menjadi masalah global yang mendesak. Diperkirakan jutaan ton sampah plastik berakhir di lautan setiap tahun, mengancam kehidupan laut dan ekosistem pesisir. Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke produk yang dapat didaur ulang atau digunakan kembali.”

Jenis teks apakah kutipan di atas?

  • A. Teks Narasi
  • B. Teks Deskripsi
  • C. Teks Eksposisi
  • D. Teks Persuasi

Jawaban: Teks Eksposisi

Pembahasan: Teks eksposisi bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan informasi, fakta, atau gagasan secara objektif untuk menambah pengetahuan pembaca. Kutipan tersebut menjelaskan masalah sampah plastik dan solusinya.

2. Perhatikan kalimat berikut!

“Meskipun hujan deras mengguyur, pertandingan sepak bola tetap dilanjutkan.”

Konjungsi yang digunakan dalam kalimat tersebut menyatakan hubungan…

  • A. Sebab-akibat
  • B. Perbandingan
  • C. Konsesif
  • D. Tujuan

Jawaban: Konsesif

Pembahasan: Konjungsi ‘meskipun’ menyatakan hubungan konsesif atau perlawanan, yaitu suatu keadaan yang tidak menghalangi terjadinya hal lain.

3. Berikut adalah unsur intrinsik dalam cerpen, KECUALI…

  • A. Tema
  • B. Tokoh
  • C. Latar belakang penulis
  • D. Amanat

Jawaban: Latar belakang penulis

Pembahasan: Latar belakang penulis adalah unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun cerita dari dalam, seperti tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, dan amanat.

4. Majas yang membandingkan dua hal yang berbeda namun dianggap sama secara tidak langsung adalah…

  • A. Personifikasi
  • B. Hiperbola
  • C. Metafora
  • D. Litotes

Jawaban: Metafora

Pembahasan: Metafora adalah majas perbandingan yang membandingkan dua hal secara implisit atau tidak langsung, tanpa menggunakan kata ‘seperti’, ‘bagai’, atau ‘bak’. Contoh: ‘Raja siang telah kembali ke peraduannya’ (matahari).

5. Kalimat berikut yang menggunakan ejaan yang benar adalah…

  • A. Presiden Joko widodo berkunjung ke Papua Barat.
  • B. presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua Barat.
  • C. Presiden Joko Widodo berkunjung ke papua Barat.
  • D. Presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua Barat.

Jawaban: Presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua Barat.

Pembahasan: Penulisan nama diri dan nama geografi harus diawali dengan huruf kapital. Pilihan lain memiliki kesalahan pada penulisan ‘Joko widodo’, ‘papua Barat’, atau ‘presiden’.

6. Apa fungsi utama dari teks tanggapan?

  • A. Menceritakan suatu kejadian secara berurutan.
  • B. Menggambarkan suatu objek secara rinci.
  • C. Mempersuasi pembaca untuk melakukan sesuatu.
  • D. Memberikan penilaian, pujian, atau kritik terhadap suatu karya atau peristiwa.

Jawaban: Memberikan penilaian, pujian, atau kritik terhadap suatu karya atau peristiwa.

Pembahasan: Teks tanggapan adalah teks yang berisi tanggapan terhadap suatu hal, baik berupa pujian, kritik, atau saran, yang disampaikan dengan cara yang objektif dan santun.

7. Struktur teks pidato persuasif yang benar adalah…

  • A. Orientasi, Komplikasi, Resolusi
  • B. Pendahuluan, Argumen, Penutup
  • C. Tesis, Argumen, Penegasan Ulang
  • D. Pembukaan, Isi, Penutup

Jawaban: Pembukaan, Isi, Penutup

Pembahasan: Struktur umum pidato persuasif terdiri dari pembukaan (salam, sapaan, ucapan syukur), isi (materi yang disampaikan dengan argumen), dan penutup (kesimpulan, ajakan, permohonan maaf, salam penutup).

8. Kalimat yang mengandung majas personifikasi adalah…

  • A. Wajahnya secerah bulan purnama.
  • B. Suaranya menggelegar membelah angkasa.
  • C. Angin berbisik menyampaikan salam dari pepohonan.
  • D. Hidup ini adalah panggung sandiwara.

Jawaban: Angin berbisik menyampaikan salam dari pepohonan.

Pembahasan: Majas personifikasi adalah majas yang mengumpamakan benda mati atau bukan manusia seolah-olah memiliki sifat atau kemampuan seperti manusia. Angin yang ‘berbisik’ adalah ciri personifikasi.

9. Apa yang dimaksud dengan gagasan utama dalam sebuah paragraf?

  • A. Kalimat pertama dalam setiap paragraf.
  • B. Penjelasan rinci dari suatu topik.
  • C. Ide pokok atau inti pembahasan yang mendasari seluruh isi paragraf.
  • D. Kesimpulan dari seluruh teks.

Jawaban: Ide pokok atau inti pembahasan yang mendasari seluruh isi paragraf.

Pembahasan: Gagasan utama adalah ide dasar atau inti dari sebuah paragraf yang menjadi fokus pembahasan dan biasanya didukung oleh gagasan-gagasan penjelas.

10. Cermati kutipan cerpen berikut!

“Pagi itu, mentari enggan menampakkan sinarnya. Langit kelabu seolah ikut merasakan kesedihan Rina yang baru saja kehilangan kucing kesayangannya. Air mata terus mengalir membasahi pipinya yang pucat.”

Latar suasana yang tergambar dalam kutipan tersebut adalah…

  • A. Gembira
  • B. Tegang
  • C. Haru
  • D. Sedih

Jawaban: Sedih

Pembahasan: Penggunaan kata ‘mentari enggan’, ‘langit kelabu’, ‘kesedihan Rina’, dan ‘air mata terus mengalir’ secara jelas menggambarkan suasana yang sedih.

11. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah…

  • A. Judul Buku. Nama Pengarang. Tahun. Kota: Penerbit.
  • B. Nama Pengarang. Judul Buku. Tahun. Kota: Penerbit.
  • C. Nama Pengarang. Tahun. Judul Buku. Kota: Penerbit.
  • D. Tahun. Nama Pengarang. Judul Buku. Kota: Penerbit.

Jawaban: Nama Pengarang. Tahun. Judul Buku. Kota: Penerbit.

Pembahasan: Format umum penulisan daftar pustaka adalah Nama Pengarang (dibalik jika lebih dari satu kata). Tahun. Judul Buku (dicetak miring). Kota: Penerbit. Pilihan ini adalah yang paling mendekati format standar.

12. Kalimat persuasif yang paling tepat untuk sebuah iklan layanan masyarakat tentang kebersihan adalah…

  • A. Lingkungan bersih itu penting.
  • B. Sampah harus dibuang pada tempatnya.
  • C. Kebersihan sebagian dari iman.
  • D. Mari jaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang lebih sehat!

Jawaban: Mari jaga kebersihan lingkungan demi masa depan yang lebih sehat!

Pembahasan: Kalimat persuasif mengandung ajakan atau bujukan. Pilihan ini menggunakan kata ‘Mari’ dan memberikan alasan yang kuat (‘demi masa depan yang lebih sehat’) untuk mengajak audiens bertindak.

13. Bagian teks diskusi yang berisi pendapat pro dan kontra terhadap suatu isu disebut…

  • A. Pendahuluan
  • B. Isi/Argumen
  • C. Kesimpulan
  • D. Rekomendasi

Jawaban: Isi/Argumen

Pembahasan: Bagian isi atau argumen dalam teks diskusi adalah tempat di mana berbagai sudut pandang (pro dan kontra) terhadap isu yang dibahas disajikan dengan argumen pendukung.

14. Yang termasuk ciri kebahasaan teks tanggapan adalah penggunaan…

  • A. Kalimat pasif dan kata kerja mental
  • B. Kalimat aktif dan kata tugas
  • C. Gaya bahasa hiperbola dan majas
  • D. Kalimat perintah dan seruan

Jawaban: Kalimat aktif dan kata tugas

Pembahasan: Teks tanggapan sering menggunakan kalimat aktif untuk menyatakan pendapat dan kata tugas (konjungsi, preposisi) untuk menghubungkan gagasan. Pilihan lain kurang tepat karena teks tanggapan cenderung objektif (bukan subjektif, emosional) dan menggunakan kalimat fakta serta opini.

15. Perhatikan kalimat berikut!

“Semua siswa-siswi SMP Negeri 1 telah menyelesaikan ujian akhir semester.”

Kalimat tersebut tidak efektif karena…

  • A. Tidak memiliki subjek yang jelas
  • B. Menggunakan kata berlebihan (pleonasme)
  • C. Struktur kalimat tidak baku
  • D. Mengandung makna ambigu

Jawaban: Menggunakan kata berlebihan (pleonasme)

Pembahasan: Kata ‘siswa-siswi’ sudah mencakup makna jamak, sehingga penambahan ‘semua’ menjadi berlebihan. Cukup ‘Semua siswa SMP Negeri 1…’ atau ‘Siswa-siswi SMP Negeri 1…’.

16. Makna idiom ‘buah tangan’ adalah…

  • A. Hasil kerja keras
  • B. Tangan yang berbuah
  • C. Oleh-oleh
  • D. Tanda jasa

Jawaban: Oleh-oleh

Pembahasan: Idiom ‘buah tangan’ secara harfiah berarti hasil tangan, namun dalam konteks frasa idiomatik berarti oleh-oleh atau hadiah yang dibawa dari suatu perjalanan.

17. Berikut adalah salah satu karakteristik cerpen, yaitu…

  • A. Alur cerita kompleks
  • B. Jumlah tokoh yang sangat banyak
  • C. Berlatar waktu yang panjang
  • D. Alur cerita tunggal

Jawaban: Alur cerita tunggal

Pembahasan: Cerpen (cerita pendek) memiliki ciri alur cerita tunggal, fokus pada satu konflik, jumlah kata yang relatif pendek, dan dapat dibaca sekali duduk.

18. Penggunaan tanda koma (,) yang tepat terdapat pada kalimat…

  • A. Saya suka membaca buku novel.
  • B. Wah, kamu pintar sekali!
  • C. Ibu membeli sayur, buah, dan daging di pasar.
  • D. Dia pergi ke sekolah tetapi tidak membawa buku.

Jawaban: Ibu membeli sayur, buah, dan daging di pasar.

Pembahasan: Tanda koma digunakan untuk memisahkan unsur-unsur dalam suatu perincian yang lebih dari dua, sebelum konjungsi ‘dan’ pada perincian terakhir.

19. Tujuan utama teks pidato persuasif adalah…

  • A. Memberikan informasi secara objektif.
  • B. Menceritakan pengalaman pribadi.
  • C. Mendeskripsikan suatu objek secara rinci.
  • D. Mengajak atau memengaruhi pendengar untuk melakukan atau meyakini sesuatu.

Jawaban: Mengajak atau memengaruhi pendengar untuk melakukan atau meyakini sesuatu.

Pembahasan: Pidato persuasif bertujuan untuk membujuk, memengaruhi, atau mengajak audiens agar setuju dengan pandangan pembicara atau melakukan tindakan yang disarankan.

20. Pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk mengawali sebuah pidato adalah…

  • A. Baiklah, langsung saja kita mulai pidato ini.
  • B. Hadirin yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.
  • C. Saya di sini ingin menyampaikan sesuatu yang penting.
  • D. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jawaban: Hadirin yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Pembahasan: Pembukaan pidato yang baik biasanya diawali dengan sapaan hormat kepada hadirin, dilanjutkan dengan ucapan syukur kepada Tuhan, sebelum masuk ke inti materi.

21. Sebutkan tiga jenis konjungsi beserta contoh penggunaannya dalam kalimat!

Jawaban: 1. Konjungsi Kausalitas (sebab-akibat): karena, sebab, oleh sebab itu. Contoh: Dia tidak masuk sekolah karena sakit.
2. Konjungsi Temporal (waktu): kemudian, lalu, setelah itu. Contoh: Setelah belajar, ia kemudian tidur.
3. Konjungsi Pertentangan: tetapi, namun, melainkan. Contoh: Ia pintar, tetapi malas belajar.

Pembahasan: Konjungsi adalah kata penghubung antar kata, antar frasa, antar klausa, atau antar kalimat. Ada berbagai jenis konjungsi, antara lain kausalitas, temporal, dan pertentangan, masing-masing dengan fungsi dan contoh penggunaan yang spesifik.

22. Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini!

Jawaban: Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya dan bersifat objektif (apa adanya), sedangkan opini adalah pernyataan yang berupa pendapat, pandangan, atau gagasan seseorang yang bersifat subjektif dan belum tentu benar.

Pembahasan: Memahami perbedaan antara fakta dan opini sangat penting dalam menganalisis teks, terutama teks eksposisi, diskusi, atau tanggapan, untuk membedakan informasi yang terverifikasi dari pandangan pribadi.

23. Apa saja unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah cerita pendek?

Jawaban: Unsur-unsur intrinsik cerpen meliputi: Tema, Tokoh dan Penokohan, Alur/Plot, Latar (tempat, waktu, suasana), Sudut Pandang, dan Amanat.

Pembahasan: Unsur intrinsik adalah komponen-komponen yang membentuk sebuah cerita dari dalam dan tidak dapat dipisahkan dari keberadaan cerita tersebut.

24. Berikan contoh kalimat efektif dan kalimat tidak efektif, kemudian jelaskan mengapa kalimat tersebut tidak efektif!

Jawaban: Kalimat Tidak Efektif: Bagi semua para siswa diharapkan agar dapat segera mengumpulkan tugasnya.
Kalimat Efektif: Semua siswa diharapkan segera mengumpulkan tugasnya.
Penjelasan: Kalimat tidak efektif tersebut mengalami pleonasme (penggunaan kata yang berlebihan/bertumpuk makna), yaitu ‘bagi’, ‘semua’, ‘para’, dan ‘agar dapat’. Cukup gunakan ‘Semua siswa diharapkan segera mengumpulkan tugasnya’ untuk menyampaikan maksud yang sama secara lebih ringkas dan jelas.

Pembahasan: Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat menyampaikan gagasan, perasaan, atau informasi secara tepat, jelas, dan singkat kepada pembaca atau pendengar. Ketidakefektifan sering disebabkan oleh pemborosan kata, ketidakbakuan, atau ambiguitas.

25. Sebutkan tiga kaidah kebahasaan yang sering ditemukan dalam teks diskusi!

Jawaban: Tiga kaidah kebahasaan teks diskusi antara lain:
1. Penggunaan konjungsi yang menyatakan perbandingan atau pertentangan (misalnya: namun, tetapi, di sisi lain).
2. Penggunaan kata modalitas (misalnya: harus, akan, mungkin, sebaiknya) untuk menyatakan kepastian, kemungkinan, atau saran.
3. Penggunaan kata kerja mental (misalnya: berpendapat, berasumsi, memikirkan, merasa) untuk mengungkapkan pandangan atau perasaan penulis/pembicara.

Pembahasan: Kaidah kebahasaan dalam teks diskusi berfungsi untuk mendukung penyampaian argumen, perbandingan, dan pandangan yang beragam secara terstruktur dan logis.

26. Tuliskan sebuah paragraf tanggapan (minimal 4 kalimat) mengenai penggunaan gadget di kalangan remaja, baik dari sisi positif maupun negatifnya. Berikan kesimpulan di akhir paragraf!

Jawaban: Penggunaan gadget di kalangan remaja saat ini telah menjadi fenomena yang tak terhindarkan. Dari sisi positif, gadget membuka akses luas terhadap informasi, mendukung proses belajar, dan mempermudah komunikasi dengan teman atau keluarga. Namun, di sisi lain, penggunaan berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif seperti kecanduan, gangguan tidur, penurunan prestasi belajar, hingga masalah kesehatan mata. Oleh karena itu, penting bagi remaja untuk bijak dalam mengelola waktu penggunaan gadget, serta peran orang tua dan sekolah dalam memberikan pengawasan dan edukasi tentang penggunaan yang sehat.

Pembahasan: Jawaban esai ini diharapkan dapat menunjukkan kemampuan siswa dalam menyusun teks tanggapan yang berimbang, menyajikan argumen pro dan kontra, serta memberikan kesimpulan atau saran yang relevan terhadap suatu isu.

27. Bacalah kutipan cerpen berikut, kemudian analisis unsur latar (tempat, waktu, suasana) yang tergambar di dalamnya!

“Malam itu, bulan sabit menggantung tipis di atas Desa Mekar Jaya. Suara jangkrik bersahutan memecah keheningan, sesekali diselingi lolongan anjing dari kejauhan. Di sebuah gubuk reot di pinggir hutan, seorang nenek renta terbatuk-batuk menahan dingin. Hanya nyala api unggun kecil yang setia menemani kesendiriannya.”

Jawaban: Analisis Latar:
1. Latar Tempat: Desa Mekar Jaya, gubuk reot di pinggir hutan.
2. Latar Waktu: Malam hari (ditunjukkan oleh ‘Malam itu’, ‘bulan sabit’, ‘suara jangkrik bersahutan’, ‘nyala api unggun’).
3. Latar Suasana: Sepi, sunyi, hening, dingin, dan menyiratkan kesendirian atau kemelaratan (ditunjukkan oleh ‘keheningan’, ‘nenek renta terbatuk-batuk menahan dingin’, ‘gubuk reot’, ‘api unggun kecil yang setia menemani kesendiriannya’).

Pembahasan: Analisis latar merupakan bagian penting dalam memahami konteks dan nuansa sebuah cerita. Siswa perlu mengidentifikasi dan menjelaskan petunjuk-petunjuk dalam teks yang menggambarkan tempat, waktu, dan suasana.

28. Jelaskan pentingnya penggunaan kalimat efektif dalam penulisan karya ilmiah atau teks formal lainnya!

Jawaban: Penggunaan kalimat efektif sangat penting dalam penulisan karya ilmiah atau teks formal lainnya karena beberapa alasan:
1. Kejelasan: Kalimat efektif memastikan pesan disampaikan dengan jelas dan tidak menimbulkan ambiguitas, sehingga pembaca dapat memahami maksud penulis tanpa salah tafsir.
2. Ketepatan: Dengan kalimat efektif, informasi atau gagasan disampaikan secara tepat sasaran, menghindari pemborosan kata yang tidak perlu.
3. Keringkasan: Kalimat efektif cenderung ringkas dan padat, membuat tulisan lebih efisien dan tidak membosankan. Ini penting dalam karya ilmiah yang seringkali memiliki batasan jumlah kata.
4. Kredibilitas: Penulisan yang rapi dan efektif mencerminkan profesionalisme dan kredibilitas penulis, membangun kepercayaan pembaca terhadap isi tulisan.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip penulisan yang baik dan aplikasinya dalam konteks formal, menekankan manfaat dari kalimat yang efektif.

29. Bagaimana cara menyusun kerangka pidato persuasif yang baik dan sistematis? Jelaskan setiap bagiannya!

Jawaban: Kerangka pidato persuasif yang baik dan sistematis terdiri dari tiga bagian utama:
1. Pembukaan: Berisi salam pembuka, sapaan kepada hadirin yang dihormati, ucapan puji syukur kepada Tuhan, dan pengenalan singkat topik yang akan dibahas. Tujuannya adalah menarik perhatian dan menciptakan kesan pertama yang baik.
2. Isi: Merupakan inti dari pidato. Bagian ini berisi penyampaian argumen-argumen yang mendukung pandangan pembicara, dilengkapi dengan data, fakta, atau contoh yang relevan. Argumen disajikan secara logis dan sistematis untuk meyakinkan pendengar. Bagian ini juga dapat mencakup sanggahan terhadap pandangan yang berbeda.
3. Penutup: Berisi kesimpulan singkat dari seluruh isi pidato, ajakan atau imbauan kepada pendengar untuk melakukan tindakan sesuai tujuan pidato, permohonan maaf jika ada kesalahan kata, dan salam penutup. Tujuannya adalah meninggalkan kesan mendalam dan menguatkan ajakan.

Pembahasan: Siswa diharapkan dapat menjelaskan struktur pidato persuasif secara detail, menunjukkan pemahaman tentang fungsi dan isi dari setiap bagian kerangka tersebut.

30. Identifikasi dan jelaskan minimal tiga majas yang sering digunakan dalam puisi atau cerpen untuk memperindah bahasa dan memberikan efek tertentu!

Jawaban: Tiga majas yang sering digunakan untuk memperindah bahasa:
1. Majas Personifikasi: Majas yang mengumpamakan benda mati atau bukan manusia seolah-olah memiliki sifat, kemampuan, atau perilaku seperti manusia. Efeknya adalah membuat objek menjadi hidup dan lebih ekspresif. Contoh: ‘Angin berbisik mesra di telingaku.’
2. Majas Metafora: Majas perbandingan yang membandingkan dua hal yang berbeda secara tidak langsung, tanpa menggunakan kata ‘seperti’, ‘bagai’, atau ‘bak’. Efeknya adalah menciptakan gambaran yang kuat dan imajinatif. Contoh: ‘Dia adalah singa podium.’
3. Majas Hiperbola: Majas yang mengungkapkan sesuatu secara berlebihan atau melebih-lebihkan dari kenyataan dengan tujuan memberikan penekanan atau efek dramatis. Efeknya adalah menarik perhatian dan menguatkan ekspresi. Contoh: ‘Suaranya menggelegar membelah angkasa.’

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji pengetahuan siswa tentang berbagai jenis majas, kemampuan mengidentifikasinya, dan menjelaskan fungsi serta efeknya dalam karya sastra.

31. Jodohkanlah istilah-istilah struktur teks dengan deskripsi yang tepat!

Kolom A
Kolom B
1. Tesis
A. Bagian yang berisi pendapat-pendapat (pro dan kontra) yang mendukung atau menentang isu, disertai bukti dan alasan.
2. Argumen
B. Bagian awal cerpen yang memperkenalkan tokoh, latar, dan konflik awal.
3. Penegasan Ulang
C. Bagian akhir yang berisi penegasan kembali pandangan penulis atau rekomendasi terhadap isu yang dibahas.
4. Orientasi
D. Bagian yang berisi pengenalan isu atau pandangan awal penulis terhadap suatu masalah.

Jawaban: 1. Tesis – D. Bagian yang berisi pengenalan isu atau pandangan awal penulis terhadap suatu masalah.
2. Argumen – A. Bagian yang berisi pendapat-pendapat (pro dan kontra) yang mendukung atau menentang isu, disertai bukti dan alasan.
3. Penegasan Ulang – C. Bagian akhir yang berisi penegasan kembali pandangan penulis atau rekomendasi terhadap isu yang dibahas.
4. Orientasi – B. Bagian awal cerpen yang memperkenalkan tokoh, latar, dan konflik awal.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji pemahaman siswa tentang struktur dasar berbagai jenis teks, seperti teks eksposisi, diskusi, dan cerpen.

32. Jodohkanlah majas dengan contoh kalimat yang sesuai!

Kolom A
Kolom B
1. Personifikasi
A. Dia adalah kembang desa yang paling cantik.
2. Metafora
B. Suaranya menggelegar membelah bumi.
3. Hiperbola
C. Mampirlah ke gubuk kami yang sederhana ini.
4. Litotes
D. Pena menari-nari di atas kertas putih.

Jawaban: 1. Personifikasi – D. Pena menari-nari di atas kertas putih.
2. Metafora – A. Dia adalah kembang desa yang paling cantik.
3. Hiperbola – B. Suaranya menggelegar membelah bumi.
4. Litotes – C. Mampirlah ke gubuk kami yang sederhana ini.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan siswa untuk mengenali berbagai jenis majas melalui contoh kalimat yang spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *