Menguasai Bahasa Indonesia di bangku Sekolah Dasar adalah fondasi penting bagi setiap siswa. Khususnya di kelas 5 SD, materi Bahasa Indonesia mulai bervariasi, mencakup pemahaman teks narasi dan informasi, kaidah kebahasaan seperti kata baku dan imbuhan, penulisan kalimat efektif, hingga kemampuan apresiasi sastra sederhana seperti pantun dan puisi. Untuk membantu siswa-siswi kelas 5 SD mengasah kemampuan, memperdalam pemahaman materi, dan mempersiapkan diri menghadapi berbagai evaluasi atau ujian, kami telah menyusun kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia yang komprehensif. Artikel ini menyajikan total 32 soal pilihan, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, 5 soal uraian, dan 2 soal mencocokkan, yang dirancang sesuai dengan kurikulum kelas 5 SD terbaru. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan mendetail, terutama untuk soal pilihan ganda, agar siswa tidak hanya mengetahui jawaban yang benar tetapi juga memahami konsep serta alasan di baliknya. Latihan soal ini sangat bermanfaat untuk mengukur pemahaman materi yang telah dipelajari, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, serta membangun kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai jenis soal. Mari tingkatkan kemampuan Bahasa Indonesia Anda bersama kami dan raih prestasi terbaik!

Menguasai Bahasa Indonesia di bangku Sekolah Dasar adalah fondasi penting bagi setiap siswa. Khususnya di kelas 5 SD, materi Bahasa Indonesia mulai bervariasi, mencakup pemahaman teks narasi dan informasi, kaidah kebahasaan seperti kata baku dan imbuhan, penulisan kalimat efektif, hingga kemampuan apresiasi sastra sederhana seperti pantun dan puisi. Untuk membantu siswa-siswi kelas 5 SD mengasah kemampuan, memperdalam pemahaman materi, dan mempersiapkan diri menghadapi berbagai evaluasi atau ujian, kami telah menyusun kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia yang komprehensif. Artikel ini menyajikan total 32 soal pilihan, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 5 soal isian singkat, 5 soal uraian, dan 2 soal mencocokkan, yang dirancang sesuai dengan kurikulum kelas 5 SD terbaru. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan mendetail, terutama untuk soal pilihan ganda, agar siswa tidak hanya mengetahui jawaban yang benar tetapi juga memahami konsep serta alasan di baliknya. Latihan soal ini sangat bermanfaat untuk mengukur pemahaman materi yang telah dipelajari, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, serta membangun kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai jenis soal. Mari tingkatkan kemampuan Bahasa Indonesia Anda bersama kami dan raih prestasi terbaik!
I. Soal Pilihan Ganda
Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-3!
Di sebuah desa kecil, hiduplah seorang anak bernama Budi. Budi sangat rajin membantu orang tuanya bertani. Setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, ia selalu menyiram tanaman di kebun. Sepulang sekolah, Budi segera mengganti pakaian dan membantu ayahnya memberi makan ternak. Meskipun sibuk, Budi tidak pernah melupakan kewajibannya belajar. Ia selalu menyempatkan diri membaca buku di malam hari. Oleh karena kerajinannya, Budi menjadi anak kesayangan di desa itu.
- Siapakah tokoh utama dalam cerita di atas?
A. Ayah
B. Ibu
C. Budi
D. Petani - Apa yang dilakukan Budi setiap pagi sebelum berangkat sekolah?
A. Memberi makan ternak
B. Membaca buku
C. Menyiram tanaman
D. Bermain dengan teman - Sikap apa yang membuat Budi menjadi anak kesayangan di desa?
A. Suka bermain
B. Malas belajar
C. Rajin membantu dan belajar
D. Suka tidur - Kata baku dari “apotik” adalah…
A. Apotik
B. Apotek
C. Apotiek
D. Apotikku - Sinonim dari kata “pandai” adalah…
A. Bodoh
B. Pintar
C. Malas
D. Rajin - Antonim dari kata “datang” adalah…
A. Hadir
B. Pergi
C. Tiba
D. Pulang - Kalimat yang menggunakan tanda baca yang benar adalah…
A. “Kakak, kapan kamu pulang?” tanya Adik.
B. “Kakak, kapan kamu pulang”? tanya Adik.
C. Kakak, “kapan kamu pulang?” tanya Adik.
D. “Kakak, kapan kamu pulang”? tanya Adik. - Kalimat berikut yang merupakan kalimat perintah adalah…
A. Apakah kamu sudah makan?
B. Tolong ambilkan buku itu!
C. Hujan turun sangat deras.
D. Betapa indahnya pemandangan ini. - Pilihlah kalimat yang efektif!
A. Para siswa-siswa sedang belajar di kelas.
B. Para siswa sedang belajar di kelas.
C. Siswa-siswa sedang belajar di kelas.
D. Semua siswa-siswa sedang belajar di kelas. - Kata dasar dari “perjuangan” adalah…
A. Juang
B. Perjuang
C. Berjuang
D. Pejuang - Imbuhan “me-” pada kata “memukul” memiliki arti…
A. Melakukan pekerjaan
B. Menjadi
C. Memiliki sifat
D. Alat untuk - Kalimat yang menggunakan majas personifikasi adalah…
A. Wajahnya cantik bagai bidadari.
B. Angin berbisik mesra di telingaku.
C. Dia bekerja keras seperti kuda.
D. Rumah itu sangat besar sekali. - “Besar pasak daripada tiang” adalah peribahasa yang berarti…
A. Pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.
B. Orang kaya yang boros.
C. Memiliki banyak harta.
D. Hidup sederhana. - Apa amanat dari pantun berikut?
Jalan-jalan ke kota hujan,
Jangan lupa membeli tahu.
Jika kamu ingin maju,
Rajinlah belajar menuntut ilmu.
A. Kita harus pergi ke kota hujan.
B. Kita harus membeli tahu.
C. Kita harus rajin belajar agar maju.
D. Kita harus jalan-jalan. - Bagian surat yang berisi tujuan surat ditulis adalah…
A. Salam pembuka
B. Isi surat
C. Penutup surat
D. Tanggal surat - Unsur intrinsik yang menjelaskan tempat, waktu, dan suasana dalam cerita adalah…
A. Tokoh
B. Tema
C. Latar
D. Amanat - Yang bukan termasuk jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya adalah…
A. Deduktif
B. Induktif
C. Campuran
D. Deskriptif - Kalimat utama dalam sebuah paragraf disebut juga…
A. Kalimat penjelas
B. Kalimat pengembang
C. Ide pokok
D. Kalimat pendukung - Kata hubung yang tepat untuk menggabungkan dua kalimat yang menyatakan pertentangan adalah…
A. Dan
B. Atau
C. Tetapi
D. Sehingga - Ciri-ciri surat pribadi adalah…
A. Menggunakan bahasa resmi
B. Tidak menggunakan kop surat
C. Ditujukan untuk instansi
D. Menggunakan cap dan stempel
Kunci Jawaban dan Pembahasan Pilihan Ganda
- C. Budi. Pembahasan: Tokoh utama adalah karakter sentral yang paling banyak diceritakan dalam sebuah narasi. Dalam teks ini, seluruh cerita berpusat pada Budi.
- C. Menyiram tanaman. Pembahasan: Kalimat “Setiap pagi, sebelum berangkat sekolah, ia selalu menyiram tanaman di kebun” menjelaskan aktivitas Budi di pagi hari.
- C. Rajin membantu dan belajar. Pembahasan: Kalimat “Oleh karena kerajinannya, Budi menjadi anak kesayangan di desa itu” merujuk pada kerajinannya membantu orang tua dan belajar.
- B. Apotek. Pembahasan: Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang berlaku, yaitu sesuai KBBI.
- B. Pintar. Pembahasan: Sinonim adalah persamaan kata. “Pandai” memiliki makna yang sama dengan “pintar”.
- B. Pergi. Pembahasan: Antonim adalah lawan kata. “Datang” berlawanan makna dengan “pergi”.
- A. “Kakak, kapan kamu pulang?” tanya Adik. Pembahasan: Kalimat langsung diapit tanda petik, tanda tanya/seru/titik diletakkan di dalam tanda petik, dan setelah tanda petik diikuti tanda koma jika ada pengiring kalimat.
- B. Tolong ambilkan buku itu! Pembahasan: Kalimat perintah ditandai dengan intonasi perintah, sering diawali kata “tolong”, “mohon”, atau “jangan”, dan diakhiri tanda seru (!).
- B. Para siswa sedang belajar di kelas. Pembahasan: Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, jelas, dan tidak bertele-tele. Penggunaan “para” dan “siswa-siswa” secara bersamaan adalah pemborosan kata karena keduanya menunjukkan makna jamak. Pilih salah satu.
- A. Juang. Pembahasan: Kata dasar adalah bentuk kata yang belum diberi imbuhan. “Perjuangan” berasal dari kata dasar “juang” yang mendapat imbuhan “per-” dan “-an”.
- A. Melakukan pekerjaan. Pembahasan: Imbuhan “me-” seringkali membentuk kata kerja yang berarti melakukan suatu perbuatan, seperti memukul (melakukan pekerjaan memukul).
- B. Angin berbisik mesra di telingaku. Pembahasan: Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang memberikan sifat-sifat manusia kepada benda mati atau makhluk hidup bukan manusia. Angin tidak bisa berbisik seperti manusia.
- A. Pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Pembahasan: Peribahasa ini menggambarkan situasi di mana seseorang memiliki pengeluaran yang lebih besar dibandingkan dengan pemasukan atau pendapatannya.
- C. Kita harus rajin belajar agar maju. Pembahasan: Amanat adalah pesan moral atau nasihat yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Baris ketiga dan keempat pantun secara jelas menyatakan pesan ini.
- B. Isi surat. Pembahasan: Isi surat adalah bagian utama yang menjelaskan maksud dan tujuan surat tersebut ditulis.
- C. Latar. Pembahasan: Latar adalah unsur intrinsik yang meliputi tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita.
- D. Deskriptif. Pembahasan: Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya adalah deduktif (awal), induktif (akhir), dan campuran (awal dan akhir). Paragraf deskriptif adalah jenis paragraf berdasarkan cara pengembangannya.
- C. Ide pokok. Pembahasan: Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide pokok atau gagasan utama sebuah paragraf.
- C. Tetapi. Pembahasan: Kata hubung “tetapi” digunakan untuk menyatakan pertentangan atau perlawanan antara dua hal atau gagasan.
- B. Tidak menggunakan kop surat. Pembahasan: Surat pribadi umumnya tidak menggunakan kop surat, nomor surat, atau stempel resmi karena sifatnya non-formal dan ditujukan kepada individu.
II. Soal Isian Singkat
- Ide pokok suatu paragraf biasanya terletak di awal, tengah, atau ___________ paragraf.
- Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat “Ani sedang ___________ bunga di taman” adalah…
- Surat undangan yang bersifat resmi biasanya menggunakan bahasa yang ___________.
- Sebuah kalimat yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu disebut kalimat ___________.
- Makna kata “pahlawan” adalah…
Kunci Jawaban Isian Singkat
- akhir
- menyiram
- baku/resmi
- ajakan
- orang yang berjuang dengan gagah berani demi bangsa dan negara
III. Soal Uraian (Essay)
- Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini! Berikan masing-masing satu contoh!
- Tuliskan sebuah paragraf singkat (3-4 kalimat) tentang kegiatan liburanmu di rumah!
- Sebutkan tiga unsur intrinsik dalam sebuah cerita!
- Apa yang dimaksud dengan kalimat majemuk setara? Berikan contohnya!
- Bagaimana cara menemukan ide pokok dari sebuah paragraf?
Kunci Jawaban Uraian
- Fakta: Pernyataan yang kebenarannya dapat dibuktikan atau diverifikasi. Contoh: “Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.” Opini: Pendapat atau pandangan pribadi yang belum tentu benar dan bersifat subjektif. Contoh: “Pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang paling menyenangkan.”
- Contoh Jawaban: Liburan semester ini, aku banyak menghabiskan waktu di rumah. Setiap pagi, aku membantu Ibu membersihkan rumah dan memasak. Siang harinya, aku membaca buku cerita atau bermain game edukasi. Malam hari, kami sekeluarga sering menonton film bersama.
- Tiga unsur intrinsik dalam sebuah cerita adalah: Tema, Tokoh/Penokohan, Latar (setting), Alur (plot), Sudut Pandang, dan Amanat. (Siswa cukup menyebutkan 3 saja)
- Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang terdiri dari dua klausa atau lebih yang memiliki kedudukan yang setara (sederajat) dan dihubungkan oleh konjungsi setara. Contoh: “Kakak membaca buku dan Adik bermain bola.”
- Cara menemukan ide pokok dari sebuah paragraf antara lain:
a. Membaca seluruh paragraf dengan cermat.
b. Memperhatikan kalimat utama yang biasanya ada di awal, tengah, atau akhir paragraf.
c. Mengidentifikasi kata kunci atau topik yang sering diulang.
d. Menyimpulkan isi paragraf secara keseluruhan.
IV. Soal Mencocokkan
Cocokkan pernyataan di kolom A dengan jawaban yang tepat di kolom B.
| Kolom A (Pernyataan) | Kolom B (Pilihan Jawaban) |
|---|---|
| 1. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis dalam cerita. | A. Amanat |
| 2. Kata yang memiliki makna berlawanan dengan kata lain. | B. Sinonim |
| C. Antonim | |
| D. Ide Pokok |
Kunci Jawaban Mencocokkan
| Kolom A | Kolom B |
|---|---|
| 1. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis dalam cerita. | A. Amanat |
| 2. Kata yang memiliki makna berlawanan dengan kata lain. | C. Antonim |