Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran inti yang wajib dikuasai oleh setiap pelajar di Indonesia. Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik tidak hanya penting untuk nilai akademis, tetapi juga untuk komunikasi sehari-hari, menulis, serta memahami berbagai informasi. Untuk membantu Anda mengasah kemampuan dan mempersiapkan diri menghadapi berbagai ujian, artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia terlengkap. Dari soal pilihan ganda yang menguji pemahaman konsep, isian singkat yang melatih daya ingat, uraian yang menantang kemampuan analisis dan ekspresi, hingga soal mencocokkan yang menguji ketelitian, kami hadirkan variasi soal yang komprehensif. Setiap soal dirancang untuk mencakup berbagai materi penting dalam kurikulum Bahasa Indonesia, mulai dari tata bahasa, ejaan, kaidah penulisan, hingga pemahaman teks. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, Anda akan terbiasa dengan berbagai bentuk pertanyaan, meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab, serta mengidentifikasi area mana saja yang perlu ditingkatkan. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperdalam pemahaman Anda dan meraih prestasi terbaik dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran inti yang wajib dikuasai oleh setiap pelajar di Indonesia. Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik tidak hanya penting untuk nilai akademis, tetapi juga untuk komunikasi sehari-hari, menulis, serta memahami berbagai informasi. Untuk membantu Anda mengasah kemampuan dan mempersiapkan diri menghadapi berbagai ujian, artikel ini menyajikan kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia terlengkap. Dari soal pilihan ganda yang menguji pemahaman konsep, isian singkat yang melatih daya ingat, uraian yang menantang kemampuan analisis dan ekspresi, hingga soal mencocokkan yang menguji ketelitian, kami hadirkan variasi soal yang komprehensif. Setiap soal dirancang untuk mencakup berbagai materi penting dalam kurikulum Bahasa Indonesia, mulai dari tata bahasa, ejaan, kaidah penulisan, hingga pemahaman teks. Dengan berlatih menggunakan soal-soal ini, Anda akan terbiasa dengan berbagai bentuk pertanyaan, meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab, serta mengidentifikasi area mana saja yang perlu ditingkatkan. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperdalam pemahaman Anda dan meraih prestasi terbaik dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
Pilihan Ganda
- Cermati kalimat berikut!
"Meskipun sudah larut malam, Rina masih mengerjakan tugas sekolahnya."
Konjungsi yang digunakan dalam kalimat tersebut menyatakan hubungan ….
A. Perbandingan
B. Pertentangan
C. Akibat
D. Tujuan - Bacalah paragraf berikut!
"Pemanasan global adalah fenomena meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Hal ini disebabkan oleh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca akibat aktivitas manusia."
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. Penyebab pemanasan global
B. Dampak pemanasan global
C. Pengertian pemanasan global
D. Cara mengatasi pemanasan global - Kata yang baku dari "apotik" adalah ….
A. Apotek
B. Apotik
C. Apotikku
D. Apotekan - Penulisan gelar yang benar adalah ….
A. Dr. Budi, S.Pd
B. Dr. Budi, S.Pd.
C. Dr. Budi S.Pd
D. Dr. Budi S.Pd. - Kalimat yang menggunakan kata kerja imperatif adalah ….
A. Anak-anak bermain di taman.
B. Ibu sedang memasak di dapur.
C. Tolong ambilkan buku itu!
D. Mereka akan pergi ke pasar. - Makna imbuhan "me-" pada kata "melukis" adalah ….
A. Melakukan pekerjaan
B. Menjadi
C. Memiliki sifat
D. Membuat - Majas personifikasi terdapat dalam kalimat ….
A. Wajahnya cantik bagai bidadari.
B. Angin berbisik mesra di telingaku.
C. Ia sangat cepat seperti kilat.
D. Hatiku hancur berkeping-keping. - Kata serapan yang benar adalah ….
A. Tehnik
B. Teknik
C. Tehnick
D. Teknick - Kalimat efektif ditunjukkan oleh ….
A. Bagi semua siswa diharapkan segera berkumpul.
B. Semua siswa diharapkan segera berkumpul.
C. Diharapkan bagi semua siswa segera berkumpul.
D. Segera berkumpul bagi semua siswa diharapkan. - Jenis teks yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu adalah teks ….
A. Deskripsi
B. Narasi
C. Persuasi
D. Eksposisi - Unsur intrinsik cerpen yang berkaitan dengan tempat dan waktu kejadian adalah ….
A. Tokoh
B. Latar
C. Alur
D. Amanat - Penulisan daftar pustaka yang benar adalah ….
A. Sari, Dewi. 2020. Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta: Erlangga.
B. Dewi Sari. 2020. Bahasa Indonesia untuk SMA. Erlangga: Jakarta.
C. Sari, D. (2020). Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta: Erlangga.
D. Sari, Dewi. Bahasa Indonesia untuk SMA. 2020. Jakarta: Erlangga. - Kalimat berikut yang menggunakan konjungsi kausalitas adalah ….
A. Dia rajin belajar sehingga ia lulus ujian.
B. Meskipun hujan, kami tetap berangkat.
C. Ayah membaca koran dan ibu memasak.
D. Ia datang ketika saya sedang pergi. - Pernyataan yang merupakan fakta adalah ….
A. Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia.
B. Menurut saya, film itu sangat bagus.
C. Seharusnya kita lebih peduli lingkungan.
D. Mungkin besok akan turun hujan. - Perhatikan kalimat rumpang berikut!
"Para siswa sedang melakukan … untuk peringatan Hari Kemerdekaan."
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ….
A. Lomba
B. Lomba-lomba
C. Perlombaan
D. Berlombalomba - Kalimat yang menggunakan kata denotasi adalah ….
A. Hatinya membara mendengar berita itu.
B. Ia adalah bintang kelas di sekolahnya.
C. Paman sedang memanen buah naga.
D. Harga kebutuhan pokok melambung tinggi. - Penggunaan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat ….
A. Saya lahir di kota Bandung.
B. Presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua.
C. Setiap hari Senin kami Upacara Bendera.
D. Bahasa Indonesia adalah Bahasa Nasional. - Kalimat yang mengandung opini adalah ….
A. Matahari terbit dari timur.
B. Air mendidih pada suhu 100°C.
C. Film ini sangat menghibur dan patut ditonton.
D. Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. - Kata "prasejarah" termasuk kata majemuk ….
A. Koordinatif
B. Subordinatif
C. Idiomatik
D. Reduplikasi - Pesan moral yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca dalam suatu karya sastra disebut ….
A. Tema
B. Alur
C. Latar
D. Amanat
Kunci Jawaban dan Pembahasan Pilihan Ganda
- B. Pertentangan. Konjungsi "meskipun" menunjukkan adanya pertentangan antara dua klausa: sudah larut malam (seharusnya istirahat) dengan masih mengerjakan tugas.
- C. Pengertian pemanasan global. Paragraf tersebut diawali dengan definisi pemanasan global dan kemudian dilanjutkan dengan penyebabnya. Gagasan utama terletak pada definisi atau pengertiannya.
- A. Apotek. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bentuk baku dari "apotik" adalah "apotek".
- B. Dr. Budi, S.Pd.. Penulisan gelar yang benar adalah dengan diawali tanda koma setelah nama, dan setiap singkatan gelar diakhiri dengan tanda titik.
- C. Tolong ambilkan buku itu!. Kata kerja imperatif adalah kata kerja yang menyatakan perintah, larangan, atau ajakan. Kalimat ini menggunakan kata "tolong" yang merupakan penanda perintah halus.
- A. Melakukan pekerjaan. Imbuhan "me-" pada kata "melukis" berarti melakukan aktivitas melukis.
- B. Angin berbisik mesra di telingaku.. Majas personifikasi adalah majas yang mengumpamakan benda mati atau bukan manusia seolah-olah memiliki sifat atau kemampuan seperti manusia. Angin tidak bisa berbisik.
- B. Teknik. Bentuk baku dari "tehnik" adalah "teknik" sesuai KBBI.
- B. Semua siswa diharapkan segera berkumpul.. Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Pilihan A, C, D mengandung pemborosan kata.
- C. Persuasi. Teks persuasi bertujuan untuk membujuk, memengaruhi, atau mengajak pembaca agar melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan penulis.
- B. Latar. Latar adalah unsur intrinsik yang menggambarkan tempat, waktu, dan suasana kejadian dalam cerita.
- A. Sari, Dewi. 2020. Bahasa Indonesia untuk SMA. Jakarta: Erlangga.. Format penulisan daftar pustaka yang umum adalah: Nama Penulis (dibalik). Tahun Terbit. Judul Buku. Kota Terbit: Penerbit.
- A. Dia rajin belajar sehingga ia lulus ujian.. Konjungsi kausalitas (sebab-akibat) ditunjukkan oleh kata "sehingga".
- A. Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia.. Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya. Pernyataan ini adalah kebenaran umum.
- C. Perlombaan. Kata "perlombaan" adalah bentuk nomina (kata benda) yang tepat untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan. "Lomba" bisa, tetapi "perlombaan" lebih formal dan cocok untuk konteks ini.
- C. Paman sedang memanen buah naga.. Kata denotasi adalah makna sebenarnya atau makna lugas. "Buah naga" di sini merujuk pada buah secara harfiah. Pilihan lain menggunakan makna konotasi.
- B. Presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua.. Huruf kapital digunakan untuk nama jabatan diikuti nama orang, dan nama geografis.
- C. Film ini sangat menghibur dan patut ditonton.. Opini adalah pendapat atau pandangan pribadi yang kebenarannya belum tentu mutlak. Penggunaan kata "sangat menghibur" dan "patut ditonton" menunjukkan pendapat.
- B. Subordinatif. Kata majemuk subordinatif adalah gabungan kata yang salah satu unsurnya berfungsi sebagai inti dan yang lain sebagai penjelas, seperti "pra" (sebelum) menjelaskan "sejarah".
- D. Amanat. Amanat adalah pesan moral atau nilai-nilai yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca melalui ceritanya.
Isian Singkat
- Kata dasar dari "memperjuangkan" adalah ….
- Jenis kalimat yang predikatnya berupa kata kerja transitif dan memerlukan objek adalah kalimat ….
- Teks yang berisi laporan hasil observasi disebut teks ….
- Penggunaan tanda baca koma (,) yang benar pada kalimat "Saya membeli buku pensil dan penghapus" adalah ….
- Lawan kata (antonim) dari "optimis" adalah ….
Kunci Jawaban Isian Singkat
- Perjuang
- Transitif
- Laporan Hasil Observasi (atau LHO)
- "Saya membeli buku, pensil, dan penghapus."
- Pesimis
Uraian (Essay)
- Jelaskan perbedaan antara kalimat efektif dan kalimat tidak efektif, berikan masing-masing satu contoh!
- Sebutkan dan jelaskan tiga fungsi utama tanda baca titik dua (:)!
- Bagaimana cara menentukan gagasan utama dalam sebuah paragraf? Jelaskan langkah-langkahnya!
- Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Sebutkan ciri-ciri utamanya!
- Jelaskan perbedaan antara fakta dan opini, serta berikan masing-masing satu contoh kalimat!
Kunci Jawaban Uraian (Essay)
- Perbedaan Kalimat Efektif dan Tidak Efektif:
Kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan gagasan, pikiran, atau informasi secara tepat, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar, tanpa menimbulkan multitafsir atau pemborosan kata. Kalimat efektif juga memenuhi kaidah tata bahasa yang baik.
Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang penyampaiannya bertele-tele, ambigu, atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa, sehingga sulit dipahami atau menimbulkan salah tafsir.
Contoh:
Efektif: Para siswa sedang belajar.
Tidak Efektif: Bagi para siswa-siswa sedang melaksanakan proses belajar mengajar. - Tiga Fungsi Utama Tanda Baca Titik Dua (:):
a. Mengakhiri pernyataan lengkap yang diikuti rincian atau penjelasan.
Contoh: Kita memerlukan perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari.
b. Digunakan sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.
Contoh: Ketua: Budi Santoso
c. Digunakan dalam teks drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
Contoh: Ibu: "Nak, sudah makan?" - Cara Menentukan Gagasan Utama dalam Sebuah Paragraf:
a. Baca seluruh paragraf dengan saksama. Pahami isi dan konteks paragraf secara keseluruhan.
b. Identifikasi kalimat utama. Gagasan utama biasanya terdapat dalam kalimat utama, yang bisa berada di awal (deduktif), akhir (induktif), atau awal dan akhir (campuran) paragraf.
c. Perhatikan kalimat penjelas. Kalimat penjelas berfungsi mendukung atau mengembangkan kalimat utama. Jika ada kalimat yang didukung oleh kalimat lain, kemungkinan itu adalah kalimat utama.
d. Simpulkan inti paragraf. Jika kalimat utama tidak eksplisit, simpulkan sendiri inti pembahasan dari seluruh paragraf. - Teks Eksposisi:
Teks eksposisi adalah jenis teks nonfiksi yang bertujuan untuk menjelaskan atau memaparkan informasi atau pengetahuan secara jelas, lugas, dan akurat kepada pembaca. Teks ini berusaha menambah wawasan pembaca tanpa bermaksud memengaruhi.
Ciri-ciri utama:
a. Menyajikan informasi atau pengetahuan.
b. Menggunakan bahasa yang lugas, baku, dan objektif.
c. Tidak memengaruhi pembaca.
d. Fakta digunakan sebagai alat kontribusi dan konkretisasi.
e. Menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana. - Perbedaan Fakta dan Opini:
Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya, bersifat objektif, dan berdasarkan data atau kejadian nyata. Fakta tidak dapat dibantah.
Contoh: Ibu kota Indonesia adalah Jakarta.
Opini adalah pandangan, pendapat, atau penilaian pribadi seseorang terhadap suatu hal. Opini bersifat subjektif dan kebenarannya belum tentu mutlak, serta dapat diperdebatkan.
Contoh: Menurut saya, film itu sangat membosankan.
Mencocokkan (Matching)
Soal 1: Cocokkanlah kata dengan makna imbuhannya yang tepat!
- Memakan
- Terbawa
- Makanan
- Berkebun
- Seindah
Pilihan Makna Imbuhan:
A. Sama seperti
B. Tidak sengaja
C. Melakukan pekerjaan
D. Hasil atau alat
E. Memiliki atau melakukan
Soal 2: Cocokkanlah jenis teks dengan tujuannya!
- Teks Deskripsi
- Teks Narasi
- Teks Prosedur
- Teks Eksposisi
- Teks Persuasi
Pilihan Tujuan Teks:
A. Menggambarkan suatu objek secara rinci
B. Menceritakan suatu peristiwa atau kisah
C. Menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu
D. Memaparkan informasi atau pengetahuan
E. Memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu
Kunci Jawaban Mencocokkan
Soal 1:
1. Memakan – C. Melakukan pekerjaan
2. Terbawa – B. Tidak sengaja
3. Makanan – D. Hasil atau alat
4. Berkebun – E. Memiliki atau melakukan
5. Seindah – A. Sama seperti
Soal 2:
1. Teks Deskripsi – A. Menggambarkan suatu objek secara rinci
2. Teks Narasi – B. Menceritakan suatu peristiwa atau kisah
3. Teks Prosedur – C. Menjelaskan langkah-langkah melakukan sesuatu
4. Teks Eksposisi – D. Memaparkan informasi atau pengetahuan
5. Teks Persuasi – E. Memengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu