Latihan Soal Bahasa Indonesia Ujian Akhir Semester (UAS) Lengkap dengan Kunci Jawaban

Posted on

Latihan Soal Bahasa Indonesia Ujian Akhir Semester (UAS) Lengkap dengan Kunci Jawaban

Persiapkan diri Anda menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Indonesia dengan kumpulan soal terlengkap ini! Artikel ini menyajikan 32 contoh soal Bahasa Indonesia yang dirancang khusus untuk membantu Anda menguasai materi dan strategi menjawab soal. Anda akan menemukan berbagai jenis soal, mulai dari Pilihan Ganda, Isian Singkat, Uraian, hingga Menjodohkan, yang mencakup tata bahasa, pemahaman bacaan, penulisan, hingga sastra. Dengan mempelajari soal-soal ini, Anda tidak hanya akan menguji pemahaman materi tetapi juga melatih kecepatan dan ketepatan dalam menjawab. Setiap soal Pilihan Ganda dilengkapi dengan penjelasan singkat mengapa jawaban tersebut benar, sehingga Anda bisa memahami konsep di baliknya. Manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meraih nilai terbaik dalam UAS Bahasa Indonesia Anda. Yuk, mulai latihan sekarang!


Pilihan Ganda

  1. Kalimat berikut yang menggunakan ejaan yang benar adalah…
    • A. Meskipun sibuk, ia tetap mengikuti aktivitas organisasi, tetapi tugas kuliahnya tidak terbengkalai.
    • B. Meskipun sibuk ia tetap mengikuti aktifitas organisasi tetapi tugas kuliahnya tidak terbengkalai.
    • C. Meskipun sibuk, ia tetap mengikuti aktifitas organisasi, tetapi tugas kuliahnya tidak terbengkalai.
    • D. Meskipun sibuk ia tetap mengikuti aktivitas organisasi tetapi tugas kuliahnya tidak terbengkalai.
    Jawaban: A
    Pembahasan: Kata ‘aktivitas’ adalah bentuk baku, sementara ‘aktifitas’ tidak baku. Tanda koma (,) sebelum kata ‘tetapi’ sudah tepat untuk memisahkan anak kalimat.
  2. Ide pokok paragraf di atas adalah…
    • A. Kalimat utama
    • B. Kalimat penjelas
    • C. Gagasan utama
    • D. Kesimpulan
    Jawaban: C
    Pembahasan: Ide pokok adalah gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Dalam konteks pertanyaan yang tidak ada paragrafnya, jawaban ini bersifat generik untuk menunjukkan struktur. Jika ada paragraf, ide pokok biasanya terletak di awal atau akhir paragraf.
  3. Majas yang membandingkan benda mati seolah-olah hidup dan memiliki sifat seperti manusia disebut…
    • A. Metafora
    • B. Personifikasi
    • C. Hiperbola
    • D. Litotes
    Jawaban: B
    Pembahasan: Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang memberikan sifat-sifat manusia kepada benda mati atau makhluk hidup bukan manusia.
  4. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah…
    • A. Sari, Dewi. 2020. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
    • B. Dewi Sari. 2020. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
    • C. Sari, Dewi. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. 2020. Jakarta: Erlangga.
    • D. Erlangga. 2020. Sari, Dewi. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta.
    Jawaban: A
    Pembahasan: Urutan daftar pustaka yang benar adalah: Nama pengarang (dibalik jika lebih dari satu kata), Tahun terbit, Judul buku (dicetak miring), Kota terbit: Penerbit.
  5. Kata serapan berikut yang penulisannya sudah sesuai dengan EYD adalah…
    • A. kwalitas
    • B. tehnologi
    • C. jadual
    • D. sistem
    Jawaban: D
    Pembahasan: Kata ‘sistem’ adalah bentuk baku dari ‘system’. Kata ‘kwalitas’ seharusnya ‘kualitas’, ‘tehnologi’ seharusnya ‘teknologi’, dan ‘jadual’ seharusnya ‘jadwal’.
  6. Bagian surat pribadi yang berisi tempat dan tanggal pembuatan surat adalah…
    • A. Salam pembuka
    • B. Isi surat
    • C. Kepala surat
    • D. Salam penutup
    Jawaban: C
    Pembahasan: Bagian surat pribadi yang berisi tempat dan tanggal pembuatan surat disebut kepala surat atau alamat pengirim.
  7. Kalimat efektif adalah kalimat yang…
    • A. Mampu menyampaikan gagasan secara tepat dan mudah dipahami.
    • B. Menggunakan banyak kata agar terlihat indah.
    • C. Selalu diawali dengan subjek dan predikat.
    • D. Hanya digunakan dalam ragam bahasa ilmiah.
    Jawaban: A
    Pembahasan: Kalimat efektif mampu menyampaikan gagasan secara tepat, jelas, dan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.
  8. Unsur intrinsik cerpen yang berkaitan dengan urutan peristiwa dalam cerita adalah…
    • A. Tema
    • B. Alur
    • C. Tokoh
    • D. Latar
    Jawaban: B
    Pembahasan: Alur (plot) adalah rangkaian peristiwa yang membentuk cerita dari awal hingga akhir.
  9. Penggunaan tanda baca titik dua (:) yang tepat terdapat pada kalimat…
    • A. Ibu membeli: beras, gula, dan minyak.
    • B. Kita memerlukan buku, pensil, dan: penghapus.
    • C. Untuk membuat kue diperlukan bahan-bahan: tepung, telur, dan gula.
    • D. Saya suka membaca buku: novel, cerpen, dan puisi.
    Jawaban: C
    Pembahasan: Tanda titik dua digunakan setelah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerincian atau penjelasan. Pada pilihan C, ‘bahan-bahan’ memerlukan pemerincian.
  10. Makna peribahasa ‘Air susu dibalas air tuba’ adalah…
    • A. Kebaikan dibalas dengan kejahatan.
    • B. Membalas dendam harus setimpal.
    • C. Setiap perbuatan baik akan dibalas baik.
    • D. Jangan membalas dendam.
    Jawaban: A
    Pembahasan: Peribahasa ini berarti kebaikan seseorang dibalas dengan kejahatan atau perbuatan buruk.
  11. Jenis paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf disebut paragraf…
    • A. Deduktif
    • B. Campuran
    • C. Deskriptif
    • D. Induktif
    Jawaban: D
    Pembahasan: Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat-kalimat penjelas, kemudian diakhiri dengan kalimat utama.
  12. Kalimat yang mengandung konjungsi kausalitas adalah…
    • A. Ia rajin belajar agar lulus ujian.
    • B. Dia tidak masuk sekolah karena sakit.
    • C. Meskipun kaya, ia tetap rendah hati.
    • D. Kakak dan adik pergi ke pasar.
    Jawaban: B
    Pembahasan: Konjungsi kausalitas menyatakan hubungan sebab-akibat. Kata ‘karena’ adalah salah satu konjungsi kausalitas.
  13. Ciri utama teks deskripsi adalah…
    • A. Menyampaikan informasi faktual.
    • B. Mempersuasi pembaca untuk melakukan sesuatu.
    • C. Menggambarkan objek secara detail seolah pembaca melihatnya.
    • D. Menceritakan urutan peristiwa secara kronologis.
    Jawaban: C
    Pembahasan: Teks deskripsi bertujuan menggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa secara rinci sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakannya sendiri.
  14. Kata ‘di’ sebagai preposisi (kata depan) yang penulisannya terpisah terdapat pada kalimat…
    • A. Buku itu diletakkan di atas meja.
    • B. Makanan itu dimakan adik.
    • C. Tugas itu dikerjakan bersama.
    • D. Bunga itu dibeli ibu.
    Jawaban: A
    Pembahasan: Kata ‘di’ ditulis terpisah jika menunjukkan tempat, seperti ‘di rumah’, ‘di sekolah’, ‘di sana’. Jika ‘di’ sebagai imbuhan, maka ditulis serangkai, seperti ‘dibuat’, ‘dimakan’.
  15. Pernyataan yang benar tentang kalimat pasif adalah…
    • A. Subjek melakukan pekerjaan.
    • B. Subjek dikenai pekerjaan.
    • C. Predikat selalu berawalan ‘me-‘.
    • D. Objek menjadi pelaku tindakan.
    Jawaban: B
    Pembahasan: Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan atau tindakan, biasanya ditandai dengan predikat berawalan ‘di-‘ atau ‘ter-‘.
  16. Unsur ekstrinsik cerpen yang berkaitan dengan nilai-nilai moral, sosial, dan agama disebut…
    • A. Latar
    • B. Amanat
    • C. Nilai-nilai
    • D. Gaya bahasa
    Jawaban: C
    Pembahasan: Nilai-nilai dalam cerpen termasuk unsur ekstrinsik karena berasal dari luar cerita namun memengaruhi isi cerita.
  17. Jenis teks yang bertujuan meyakinkan pembaca untuk melakukan sesuatu disebut teks…
    • A. Persuasi
    • B. Argumentasi
    • C. Eksposisi
    • D. Narasi
    Jawaban: A
    Pembahasan: Teks persuasi adalah teks yang berisi ajakan atau bujukan untuk meyakinkan pembaca agar melakukan sesuatu sesuai dengan yang disampaikan penulis.
  18. Kalimat yang mengandung konjungsi antarkalimat adalah…
    • A. Ia belajar giat dan adiknya bermain.
    • B. Dia pergi ke pasar ketika ibu memasak.
    • C. Hujan turun sangat deras. Oleh karena itu, banjir melanda kota.
    • D. Meskipun lelah, ia tetap bekerja keras.
    Jawaban: C
    Pembahasan: Konjungsi antarkalimat menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lain. ‘Oleh karena itu’ adalah salah satu contoh konjungsi antarkalimat.
  19. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri pidato adalah…
    • A. Disampaikan di depan umum.
    • B. Menyampaikan gagasan atau informasi.
    • C. Bertujuan meyakinkan atau menghibur.
    • D. Bersifat dialogis dan interaktif langsung.
    Jawaban: D
    Pembahasan: Pidato disampaikan di depan umum dengan tujuan tertentu (memberi informasi, meyakinkan, menghibur). Dialog adalah percakapan dua arah.
  20. Penggunaan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat…
    • A. Ia lahir di pulau Jawa.
    • B. Saya belajar Bahasa Indonesia.
    • C. Dia membaca buku sejarah.
    • D. Kami pergi ke Gunung Semeru.
    Jawaban: B
    Pembahasan: Huruf kapital digunakan untuk nama diri dan nama geografi. ‘Pulau Jawa’ adalah nama geografi yang tepat. ‘Bahasa Indonesia’ juga menggunakan huruf kapital.

Isian Singkat

  1. Pernyataan yang berisi fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya disebut kalimat…
    Jawaban: fakta
  2. Bagian surat dinas yang berisi maksud dan tujuan surat adalah…
    Jawaban: isi surat
  3. Majas yang melebih-lebihkan suatu kenyataan disebut…
    Jawaban: hiperbola
  4. Kata ‘antar-‘ sebagai awalan yang penulisannya serangkai dengan kata dasarnya disebut…
    Jawaban: prefiks
  5. Jenis paragraf yang berisi argumen atau pendapat untuk mendukung suatu gagasan disebut paragraf…
    Jawaban: argumentasi

Uraian

  1. Jelaskan perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif serta berikan masing-masing satu contoh!
    Jawaban: Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan atau tindakan, biasanya predikatnya berawalan ‘me-‘. Contoh: ‘Adik membaca buku.’ Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan atau tindakan, biasanya predikatnya berawalan ‘di-‘ atau ‘ter-‘. Contoh: ‘Buku dibaca adik.’
  2. Sebutkan dan jelaskan tiga ciri kebahasaan dalam teks berita!
    Jawaban: Tiga ciri kebahasaan dalam teks berita antara lain: 1) Penggunaan kalimat langsung (kutipan pernyataan dari narasumber), 2) Penggunaan verba transitif (kata kerja yang memerlukan objek), 3) Penggunaan konjungsi temporal (kata hubung waktu seperti ‘kemudian’, ‘setelah itu’, ‘akhirnya’).
  3. Bagaimana cara menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf?
    Jawaban: Untuk menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf, pertama-tama bacalah seluruh paragraf dengan saksama. Kemudian, tentukan kalimat utama yang menjadi inti pembahasan. Kalimat utama bisa berada di awal (deduktif), akhir (induktif), atau di awal dan akhir (campuran) paragraf. Ide pokok biasanya dirumuskan dari kalimat utama tersebut.
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan resensi dan apa tujuannya!
    Jawaban: Resensi adalah sebuah tulisan yang berisi ulasan, penilaian, atau pertimbangan terhadap suatu karya (buku, film, musik, dll.). Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut, sehingga pembaca dapat memutuskan apakah akan membaca atau menikmati karya tersebut atau tidak.
  5. Sebutkan minimal tiga fungsi tanda baca koma (,)!
    Jawaban: Minimal tiga fungsi tanda baca koma (,): 1) Memisahkan unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. 2) Memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat mendahului induk kalimat. 3) Memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat. 4) Mengapit keterangan tambahan atau keterangan aposisi.

Menjodohkan

  1. Jodohkanlah istilah berikut dengan pengertian yang tepat!
    1. Cerpen
    A. Ungkapan yang maknanya tidak dapat diartikan secara harfiah
    2. Idiom
    B. Gaya bahasa perbandingan yang tidak menggunakan kata ‘seperti’ atau ‘bagai’
    3. Metonimia
    C. Kisah fiksi pendek yang berpusat pada satu peristiwa
    4. Metafora
    D. Gaya bahasa yang menggunakan nama merek untuk menyebut benda
    Kunci: 1-C, 2-A, 3-D, 4-B
  2. Jodohkanlah jenis teks dengan tujuan utamanya!
    1. Teks Deskripsi
    A. Menceritakan urutan peristiwa atau pengalaman
    2. Teks Narasi
    B. Memberikan informasi dan menambah pengetahuan
    3. Teks Persuasi
    C. Menggambarkan objek secara rinci
    4. Teks Eksposisi
    D. Memengaruhi atau mengajak pembaca
    Kunci: 1-C, 2-A, 3-D, 4-B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *