Materi ini dirancang khusus untuk siswa kelas 2 Sekolah Dasar berdasarkan Kurikulum Merdeka, fokus pada pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam mata pelajaran Matematika. Siswa akan diajak untuk berpikir kritis, analitis, dan kreatif melalui soal-soal kontekstual yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Topik yang dibahas meliputi bilangan cacah (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian sederhana), pengukuran panjang dan berat, bangun datar, serta pengolahan data sederhana, semuanya disajikan dalam format yang mendorong pemecahan masalah tingkat tinggi.
A. Pilihan Ganda
1. Di taman ada 3 kandang ayam. Setiap kandang berisi 5 anak ayam. Jika Bu Rani membeli lagi 2 anak ayam, berapa total anak ayam yang dimiliki Bu Rani sekarang? Anak-anak harus bisa menentukan operasi hitung yang tepat secara berurutan.
- 10 anak ayam
- 12 anak ayam
- 15 anak ayam
- 17 anak ayam
- 20 anak ayam
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 17 anak ayam
Pembahasan: Soal ini memerlukan kemampuan menganalisis (C4) untuk mengidentifikasi dua langkah operasi hitung: perkalian (3 kandang x 5 ayam/kandang = 15) dan penjumlahan (15 + 2 = 17). Siswa harus memahami bahwa 'setiap kandang' menunjukkan perkalian dan 'membeli lagi' menunjukkan penjumlahan.
2. Siti memiliki 24 buah jeruk. Dia ingin membagikan jeruknya sama rata kepada 4 temannya. Berapa banyak jeruk yang akan diterima setiap teman Siti? Siswa harus memahami konsep pembagian sebagai pembagian rata.
- 4 buah jeruk
- 5 buah jeruk
- 6 buah jeruk
- 7 buah jeruk
- 8 buah jeruk
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 6 buah jeruk
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) untuk mengidentifikasi operasi pembagian (24 ÷ 4) dan memahami konsep 'sama rata'. Siswa harus dapat menerapkan konsep tersebut untuk menemukan jumlah jeruk per teman.
3. Ayah membuat sebuah pagar berbentuk persegi panjang. Panjang pagar adalah 8 meter dan lebarnya 4 meter. Jika Ayah ingin menanam bunga di sekeliling pagar, berapa total panjang sisi pagar yang harus Ayah tanam bunga? Siswa harus memahami konsep keliling bangun datar.
- 12 meter
- 16 meter
- 20 meter
- 24 meter
- 32 meter
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 24 meter
Pembahasan: Ini adalah soal analisis (C4) yang meminta siswa untuk menghitung keliling persegi panjang. Siswa harus menganalisis bentuk pagar dan memahami bahwa 'sekeliling pagar' berarti menjumlahkan semua sisinya (8 + 4 + 8 + 4 atau 2 x (8+4)).
4. Dalam sebuah kotak ada beberapa bola. Bola merah ada 15. Bola biru 10 lebih sedikit dari bola merah. Bola hijau 5 lebih banyak dari bola biru. Berapa total bola di dalam kotak?
- 25 bola
- 30 bola
- 35 bola
- 40 bola
- 45 bola
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 30 bola
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dan memecahkan masalah multi-langkah. Siswa perlu menghitung jumlah bola biru (15 – 10 = 5), lalu bola hijau (jumlah bola biru + 5 = 5 + 5 = 10), dan terakhir menjumlahkan semua jenis bola (15 + 5 + 10 = 30).
5. Lina memiliki sebuah pita sepanjang 25 cm. Dia memotong pita itu menjadi 5 bagian yang sama panjang. Berapa panjang setiap potongan pita? Siswa harus memahami konsep pembagian dalam konteks pengukuran.
- 3 cm
- 4 cm
- 5 cm
- 6 cm
- 7 cm
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 5 cm
Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) informasi yang diberikan dan mengidentifikasi bahwa soal ini memerlukan operasi pembagian (25 cm ÷ 5 bagian) untuk menemukan panjang setiap potongan pita.
6. Sebuah toko roti menjual 36 kue cokelat dan 28 kue vanila. Pada sore hari, tersisa 15 kue cokelat dan 10 kue vanila. Berapa banyak kue yang terjual seluruhnya? Siswa harus menghitung kue yang terjual untuk setiap jenis dan menjumlahkannya.
- 39 kue
- 40 kue
- 41 kue
- 42 kue
- 43 kue
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 39 kue
Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) data penjualan. Siswa perlu menghitung kue cokelat yang terjual (36 – 15 = 21) dan kue vanila yang terjual (28 – 10 = 18), kemudian menjumlahkan keduanya (21 + 18 = 39).
7. Jika kamu memiliki 3 kotak pensil, dan setiap kotak berisi 6 pensil warna. Kemudian, kamu memberikan 5 pensil warna kepada adikmu. Berapa sisa pensil warna yang kamu miliki sekarang? Soal ini menguji pemahaman operasi hitung campuran.
- 10 pensil
- 12 pensil
- 13 pensil
- 15 pensil
- 18 pensil
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 13 pensil
Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) masalah ini sebagai operasi hitung campuran: perkalian untuk total pensil (3 x 6 = 18) dan pengurangan untuk sisa pensil (18 – 5 = 13). Ini membutuhkan pemahaman urutan operasi sederhana.
8. Sebuah bus mengangkut 40 penumpang. Di halte pertama, 15 penumpang turun dan 8 penumpang naik. Berapa jumlah penumpang di dalam bus sekarang? Siswa harus mengikuti perubahan jumlah penumpang secara berurutan.
- 23 penumpang
- 30 penumpang
- 33 penumpang
- 35 penumpang
- 38 penumpang
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 33 penumpang
Pembahasan: Ini adalah soal analisis (C4) yang mengharuskan siswa mengikuti perubahan jumlah penumpang secara berurutan: 40 – 15 = 25, lalu 25 + 8 = 33. Membutuhkan pemahaman operasi penjumlahan dan pengurangan dalam konteks nyata.
9. Ani memiliki 2 kantong kelereng. Setiap kantong berisi 12 kelereng. Jika Ani ingin membagikan semua kelerengnya kepada 3 temannya secara merata, berapa kelereng yang diterima setiap teman Ani? Siswa harus menggabungkan operasi perkalian dan pembagian.
- 6 kelereng
- 8 kelereng
- 10 kelereng
- 12 kelereng
- 14 kelereng
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 8 kelereng
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dua langkah operasi. Pertama, menghitung total kelereng (2 x 12 = 24). Kedua, membagikan total kelereng tersebut kepada teman-temannya (24 ÷ 3 = 8).
10. Jika sebuah pensil memiliki panjang 10 cm, dan sebuah buku lebih panjang 5 cm dari pensil. Berapa panjang total jika pensil dan buku diletakkan berdampingan? Siswa harus menghitung panjang buku terlebih dahulu.
- 15 cm
- 20 cm
- 25 cm
- 30 cm
- 35 cm
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 25 cm
Pembahasan: Siswa perlu menganalisis (C4) dua langkah: menentukan panjang buku (10 cm + 5 cm = 15 cm) dan kemudian menjumlahkan panjang pensil dan buku (10 cm + 15 cm = 25 cm).
11. Di kelas ada 27 siswa. Jika hari ini 5 siswa tidak masuk karena sakit dan 2 siswa izin pulang lebih awal, berapa siswa yang masih ada di kelas? Siswa harus memahami pengurangan berturut-turut.
- 18 siswa
- 20 siswa
- 22 siswa
- 24 siswa
- 25 siswa
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 20 siswa
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) pengurangan berurutan. Siswa harus mengurangi jumlah siswa yang tidak masuk (27 – 5 = 22) dan kemudian mengurangi siswa yang izin pulang (22 – 2 = 20).
12. Sebuah toko memiliki 7 keranjang apel. Setiap keranjang berisi 4 apel. Jika ada 3 keranjang yang apelnya sudah habis, berapa sisa apel yang ada di toko? Siswa harus menghitung sisa keranjang aktif terlebih dahulu.
- 16 apel
- 20 apel
- 24 apel
- 28 apel
- 32 apel
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 16 apel
Pembahasan: Siswa perlu menganalisis (C4) masalah ini dengan dua langkah. Pertama, menentukan jumlah keranjang yang masih berisi apel (7 – 3 = 4). Kedua, mengalikan jumlah keranjang tersebut dengan isi setiap keranjang (4 x 4 = 16).
13. Beni memiliki 3 tumpuk buku. Tumpukan pertama ada 8 buku, tumpukan kedua 10 buku, dan tumpukan ketiga 6 buku. Jika Beni ingin merapikan buku-bukunya agar setiap tumpukan memiliki jumlah yang sama, berapa buku yang harus ada di setiap tumpukan? Siswa harus menemukan rata-rata sederhana.
- 6 buku
- 7 buku
- 8 buku
- 9 buku
- 10 buku
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 8 buku
Pembahasan: Soal ini memerlukan kemampuan menganalisis (C4) dan memahami konsep rata-rata sederhana. Siswa harus menjumlahkan total buku (8 + 10 + 6 = 24) dan membaginya dengan jumlah tumpukan (24 ÷ 3 = 8).
14. Sebuah papan tulis berbentuk persegi panjang. Jika panjangnya 10 jengkal dan lebarnya 5 jengkal. Berapa jengkal keliling papan tulis tersebut? Siswa harus menerapkan konsep keliling pada pengukuran non-baku.
- 15 jengkal
- 20 jengkal
- 25 jengkal
- 30 jengkal
- 35 jengkal
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 30 jengkal
Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) soal ini untuk menghitung keliling persegi panjang (2 x (panjang + lebar) atau panjang + lebar + panjang + lebar). Jadi, (10 + 5) x 2 = 30 jengkal.
15. Jika kamu memiliki 4 kantong permen, dan setiap kantong berisi 7 permen. Kemudian, kamu memakan 3 permen. Berapa sisa permen yang kamu miliki? Siswa harus melakukan perkalian lalu pengurangan.
- 20 permen
- 25 permen
- 28 permen
- 31 permen
- 35 permen
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 25 permen
Pembahasan: Siswa perlu menganalisis (C4) masalah ini dengan menghitung total permen terlebih dahulu (4 x 7 = 28), kemudian menguranginya dengan permen yang dimakan (28 – 3 = 25).
16. Di kebun ada 2 baris pohon mangga. Setiap baris ada 9 pohon. Jika 5 pohon mangga sudah berbuah, berapa pohon mangga yang belum berbuah? Siswa harus memahami perbedaan total pohon dan pohon yang berbuah.
- 10 pohon
- 12 pohon
- 13 pohon
- 15 pohon
- 18 pohon
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 13 pohon
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) untuk menghitung total pohon (2 x 9 = 18) dan kemudian mengurangi jumlah pohon yang sudah berbuah (18 – 5 = 13) untuk mendapatkan pohon yang belum berbuah.
17. Sebuah rak buku memiliki 5 tingkat. Setiap tingkat dapat menampung 7 buku cerita. Jika saat ini ada 15 buku cerita di rak, berapa banyak buku cerita lagi yang bisa ditambahkan ke rak tersebut? Siswa harus menghitung kapasitas dan sisa kapasitas.
- 10 buku
- 15 buku
- 20 buku
- 25 buku
- 30 buku
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 20 buku
Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) masalah ini dengan menghitung kapasitas total rak (5 tingkat x 7 buku/tingkat = 35 buku) dan kemudian mencari sisa kapasitas (35 – 15 = 20 buku).
18. Ibu membuat 4 loyang kue bolu. Setiap loyang dipotong menjadi 8 potong. Jika Ibu memberikan 10 potong kue kepada tetangga, berapa sisa potong kue yang dimiliki Ibu? Siswa harus menggabungkan perkalian dan pengurangan.
- 18 potong
- 20 potong
- 22 potong
- 24 potong
- 26 potong
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 22 potong
Pembahasan: Ini adalah soal analisis (C4) yang mengharuskan siswa menghitung total potong kue (4 loyang x 8 potong/loyang = 32 potong) dan kemudian menguranginya dengan yang diberikan kepada tetangga (32 – 10 = 22 potong).
19. Di sebuah peternakan ada 6 ekor bebek dan 3 ekor ayam. Setiap bebek memiliki 2 kaki dan setiap ayam juga memiliki 2 kaki. Berapa total kaki hewan di peternakan itu? Siswa harus menghitung total kaki per jenis hewan lalu menjumlahkan.
- 12 kaki
- 15 kaki
- 18 kaki
- 20 kaki
- 24 kaki
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 18 kaki
Pembahasan: Siswa perlu menganalisis (C4) masalah ini dengan menghitung total kaki bebek (6 bebek x 2 kaki/bebek = 12 kaki) dan total kaki ayam (3 ayam x 2 kaki/ayam = 6 kaki), lalu menjumlahkan keduanya (12 + 6 = 18 kaki).
20. Jika kamu punya uang Rp 5.000. Kamu membeli pensil seharga Rp 2.000 dan penghapus seharga Rp 1.500. Berapa sisa uangmu? Siswa harus menghitung total pengeluaran terlebih dahulu.
- Rp 500
- Rp 1.000
- Rp 1.500
- Rp 2.000
- Rp 2.500
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Rp 1.500
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) pengeluaran. Siswa harus menjumlahkan harga barang yang dibeli (Rp 2.000 + Rp 1.500 = Rp 3.500) dan kemudian menguranginya dari uang awal (Rp 5.000 – Rp 3.500 = Rp 1.500).
21. Dayu memiliki 2 lusin pensil warna. Satu lusin pensil warna berisi 12 buah. Jika Dayu ingin membagikan pensil warnanya kepada 6 temannya sama rata, berapa pensil warna yang diterima setiap teman Dayu? Siswa harus tahu arti 'lusin' dan melakukan multi-operasi.
- 3 pensil
- 4 pensil
- 5 pensil
- 6 pensil
- 7 pensil
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 4 pensil
Pembahasan: Soal ini memerlukan kemampuan menganalisis (C4) dan memahami konsep 'lusin'. Siswa harus menghitung total pensil (2 lusin x 12 pensil/lusin = 24 pensil) dan kemudian membagikannya secara merata (24 ÷ 6 = 4 pensil).
22. Sebuah tali panjangnya 30 cm. Jika dipotong menjadi 3 bagian, bagian pertama 10 cm, bagian kedua 8 cm, berapa panjang bagian ketiga? Siswa harus menghitung sisa panjang tali.
- 10 cm
- 11 cm
- 12 cm
- 13 cm
- 14 cm
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 12 cm
Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) masalah pengurangan berurutan. Jumlahkan panjang dua bagian yang diketahui (10 cm + 8 cm = 18 cm), lalu kurangkan dari total panjang tali (30 cm – 18 cm = 12 cm).
23. Ada 5 kotak mainan. Setiap kotak berisi 6 mobil-mobilan. Jika 2 kotak mainan diberikan kepada adik, berapa sisa mobil-mobilan yang dimiliki? Siswa harus menentukan berapa kotak yang tersisa terlebih dahulu.
- 12 mobil-mobilan
- 15 mobil-mobilan
- 18 mobil-mobilan
- 20 mobil-mobilan
- 24 mobil-mobilan
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 18 mobil-mobilan
Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) dengan dua langkah. Pertama, hitung jumlah kotak yang tersisa (5 – 2 = 3 kotak). Kedua, kalikan jumlah kotak yang tersisa dengan isi setiap kotak (3 x 6 = 18 mobil-mobilan).
24. Sebuah botol berisi 20 kelereng. Jika 4 temanmu masing-masing mengambil 3 kelereng, berapa sisa kelereng di dalam botol? Siswa harus menghitung total kelereng yang diambil lalu mengurangkan.
- 5 kelereng
- 6 kelereng
- 7 kelereng
- 8 kelereng
- 9 kelereng
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: 8 kelereng
Pembahasan: Siswa harus menganalisis (C4) masalah ini dengan menghitung total kelereng yang diambil (4 teman x 3 kelereng/teman = 12 kelereng) dan kemudian menguranginya dari jumlah awal (20 – 12 = 8 kelereng).
B. Isian Singkat
1. Di kantin sekolah, harga satu bakwan adalah Rp 500. Jika kamu membeli 3 bakwan dan 2 gorengan seharga Rp 1.000 per gorengan, berapa total uang yang harus kamu bayar? Jelaskan langkah-langkahmu.
Jawaban: Harga 3 bakwan = 3 x Rp 500 = Rp 1.500. Harga 2 gorengan = 2 x Rp 1.000 = Rp 2.000. Total yang harus dibayar = Rp 1.500 + Rp 2.000 = Rp 3.500.
2. Sebuah kebun binatang memiliki 2 kandang singa, dan setiap kandang berisi 4 singa. Jika 3 singa dipindahkan ke kebun binatang lain, berapa sisa singa di kebun binatang ini?
Jawaban: Total singa awal = 2 kandang x 4 singa/kandang = 8 singa. Sisa singa = 8 – 3 = 5 singa.
3. Jika kamu memiliki 30 kartu koleksi. Kamu memberikan setengahnya kepada adikmu. Lalu, kamu membeli lagi 5 kartu. Berapa total kartu koleksi yang kamu miliki sekarang?
Jawaban: Setengah dari 30 kartu = 30 ÷ 2 = 15 kartu. Sisa kartu setelah diberikan = 15 kartu. Setelah membeli lagi = 15 + 5 = 20 kartu.
4. Sebuah bangun datar memiliki 4 sisi yang sama panjang. Jika panjang satu sisinya adalah 6 cm, berapa keliling bangun datar tersebut? Bangun datar apa yang dimaksud?
Jawaban: Keliling bangun datar = 4 x 6 cm = 24 cm. Bangun datar yang dimaksud adalah persegi.
5. Di sebuah toko buku, ada 5 rak buku. Setiap rak memiliki 10 buku dongeng. Jika 15 buku dongeng sudah terjual, berapa sisa buku dongeng di toko tersebut?
Jawaban: Total buku dongeng awal = 5 rak x 10 buku/rak = 50 buku. Sisa buku dongeng = 50 – 15 = 35 buku.
C. Uraian
1. Bayangkan kamu adalah penjual es krim. Kamu memiliki 20 es krim rasa cokelat dan 15 es krim rasa vanila. Jika setiap hari kamu menjual 5 es krim, rasa apa yang akan habis lebih dulu? Jelaskan mengapa dan bagaimana kamu bisa mengatur agar kedua rasa habis bersamaan?
Contoh Jawaban: Rasa cokelat (20 es krim) akan habis lebih dulu karena jumlahnya lebih banyak daripada vanila (15 es krim) jika diasumsikan penjualan per rasa sama. Untuk membuat keduanya habis bersamaan, kamu bisa menjual lebih banyak es krim vanila saat es krim cokelat mulai menipis, atau membatasi penjualan es krim cokelat. Misalnya, jika kamu menjual 3 es krim cokelat dan 2 es krim vanila setiap hari, maka es krim cokelat akan habis dalam 20/3 = sekitar 7 hari dan vanila 15/2 = 7,5 hari, jadi hampir bersamaan. Atau kamu bisa menjual 4 es krim cokelat (habis dalam 5 hari) dan 3 es krim vanila (habis dalam 5 hari).
2. Jika kamu diberi tugas untuk mengukur panjang meja di kelas menggunakan jengkal tanganmu dan jengkal tangan temanmu. Menurutmu, apakah hasilnya akan sama? Mengapa? Bagaimana cara agar pengukuran menjadi lebih akurat?
Contoh Jawaban: Hasilnya kemungkinan besar tidak akan sama. Karena ukuran jengkal tangan setiap orang berbeda-beda, jengkal tangan adalah satuan pengukuran yang tidak baku. Agar pengukuran menjadi lebih akurat, kita harus menggunakan alat ukur baku seperti penggaris atau meteran yang memiliki skala standar yang sama untuk semua orang.
3. Buatlah satu soal cerita matematika yang melibatkan operasi perkalian dan pengurangan, serta bisa diselesaikan oleh temanmu di kelas 2 SD. Pastikan soalmu memiliki cerita yang jelas dan pertanyaan yang menantang!
Contoh Jawaban: Paman memiliki 4 keranjang apel. Setiap keranjang berisi 7 buah apel. Paman memberikan 10 buah apel kepada tetangga. Berapa sisa apel Paman sekarang? (Ini adalah contoh soal yang siswa bisa buat, melibatkan 4×7 dan kemudian dikurangi 10).
4. Kamu melihat ada sebuah pola bilangan: 2, 4, 6, 8, … Jelaskan pola apa yang terjadi pada bilangan tersebut. Jika pola ini terus berlanjut, bilangan berapa yang akan muncul setelah angka 8? Bagaimana kamu tahu?
Contoh Jawaban: Pola yang terjadi adalah penambahan 2 pada bilangan sebelumnya, atau ini adalah urutan bilangan genap. Setelah angka 8, bilangan yang akan muncul adalah 10. Saya tahu karena 8 ditambah 2 hasilnya adalah 10, mengikuti pola penambahan 2.
5. Di sebuah toko mainan, ada 3 mobil-mobilan dan 4 boneka. Harga satu mobil-mobilan adalah Rp 3.000 dan harga satu boneka adalah Rp 2.000. Jika kamu memiliki uang Rp 10.000, mainan apa saja yang bisa kamu beli agar uangmu paling sedikit tersisa, atau habis pas? Jelaskan pilihanmu.
Contoh Jawaban: Untuk uang Rp 10.000, saya bisa membeli 2 mobil-mobilan (2 x Rp 3.000 = Rp 6.000) dan 2 boneka (2 x Rp 2.000 = Rp 4.000). Total pengeluaran adalah Rp 6.000 + Rp 4.000 = Rp 10.000. Uang saya habis pas, tidak ada sisa. Ini adalah pilihan terbaik agar uangnya habis pas.
D. Mencocokkan
Set 1. Pasangkan soal cerita di sebelah kiri dengan operasi matematika yang tepat untuk menyelesaikannya di sebelah kanan.
| Kakak punya 15 permen, dibagikan rata ke 3 adiknya. | => | Pembagian |
| Ada 4 kotak pensil, setiap kotak berisi 6 pensil. | => | Perkalian |
| Ibu punya 20 kue, dimakan 7 kue. | => | Pengurangan |
| Ayah membeli 12 apel dan 8 jeruk. | => | Penjumlahan |
| Mengukur keliling lapangan berbentuk persegi dengan sisi 5 meter. | => | Perkalian dan Penjumlahan |
Set 2. Pasangkan deskripsi bangun datar di sebelah kiri dengan nama bangun datar yang tepat di sebelah kanan.
| Memiliki 4 sisi yang sama panjang dan 4 sudut siku-siku. | => | Persegi |
| Memiliki 3 sisi dan 3 sudut. | => | Segitiga |
| Memiliki 4 sisi, sisi berhadapan sama panjang, dan 4 sudut siku-siku. | => | Persegi Panjang |
| Tidak memiliki sisi dan tidak memiliki sudut. | => | Lingkaran |
| Memiliki 6 sisi yang semuanya berbentuk persegi. | => | Kubus |