soal hots sd kelas 1 pemahaman cerita

Posted on

Materi dan soal HOTS ini dirancang khusus untuk siswa kelas 1 SD dalam meningkatkan kemampuan pemahaman cerita sesuai Kurikulum Merdeka. Fokusnya adalah melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi melalui cerita-cerita sederhana yang relevan dengan kehidupan sehari-hari anak. Siswa akan diajak untuk memahami alur cerita, mengenali karakter, mengidentifikasi pesan moral, serta mengembangkan pemikiran kritis tentang berbagai situasi dalam cerita.


A. Pilihan Ganda

1. Pagi ini, Kiki melihat seekor kucing kecil kedinginan di bawah pohon. Kiki merasa kasihan. Ia lalu mengambil selimut kecil dan membungkus kucing itu. Kiki juga memberinya sedikit susu. Mengapa Kiki melakukan semua itu?

  • A. Kiki ingin bermain dengan kucing.
  • B. Kiki ingin kucing itu tidak kedinginan dan kelaparan.
  • C. Kiki takut pada kucing.
  • D. Kiki ingin kucing itu pergi.
  • E. Kiki tidak tahu harus berbuat apa.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Kiki ingin kucing itu tidak kedinginan dan kelaparan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) motif atau alasan di balik tindakan karakter. Siswa harus memahami emosi Kiki (kasihan) dan menghubungkannya dengan tindakan yang diambilnya (memberi selimut dan susu) untuk menyimpulkan tujuannya.

2. Di taman, Adi dan teman-temannya sedang bermain bola. Tiba-tiba, bola Adi mengenai pot bunga Ibu Tini sampai pecah. Teman-teman Adi menyuruhnya lari, tapi Adi malah menghampiri Ibu Tini dan meminta maaf. Menurutmu, mengapa Adi memilih untuk meminta maaf daripada lari?

  • A. Adi takut dimarahi teman-temannya.
  • B. Adi ingin Ibu Tini membelikannya bola baru.
  • C. Adi tahu bahwa berbohong itu tidak baik dan bertanggung jawab adalah hal yang benar.
  • D. Adi tidak bisa lari secepat teman-temannya.
  • E. Adi ingin bermain lagi di taman.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Adi tahu bahwa berbohong itu tidak baik dan bertanggung jawab adalah hal yang benar.

Pembahasan: Pertanyaan ini mendorong siswa untuk mengevaluasi (C5) pilihan tindakan karakter berdasarkan nilai moral. Siswa diajak untuk berpikir tentang konsekuensi dari setiap pilihan dan memilih alasan yang paling tepat berdasarkan nilai kebaikan.

3. Lani suka sekali menggambar. Setiap hari ia menggambar bunga, rumah, atau hewan. Suatu hari, pensil warna Lani habis. Lani menjadi sedih dan tidak mau menggambar lagi. Jika kamu adalah teman Lani, apa saran terbaik yang akan kamu berikan agar Lani bisa menggambar lagi?

  • A. Menyuruh Lani menonton televisi saja.
  • B. Mengajak Lani bermain boneka.
  • C. Meminjamkan pensil warnamu atau menyarankan Lani menggunakan krayon atau spidol yang lain.
  • D. Menyuruh Lani tidur.
  • E. Meminta Lani untuk berhenti menggambar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Meminjamkan pensil warnamu atau menyarankan Lani menggunakan krayon atau spidol yang lain.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) solusi untuk masalah yang dihadapi karakter. Siswa harus berpikir kreatif untuk memberikan saran yang praktis dan membantu Lani melanjutkan hobinya.

4. Di hutan, Monyet selalu mengambil pisang milik Kura-kura tanpa izin. Suatu hari, Kura-kura membuat perangkap agar Monyet tidak bisa mengambil pisangnya lagi. Jika kamu Monyet, apa yang seharusnya kamu lakukan agar bisa makan pisang tanpa membuat Kura-kura marah?

  • A. Mencuri pisang Kura-kura di tempat lain.
  • B. Meminta maaf kepada Kura-kura dan meminta izin untuk mengambil pisang.
  • C. Menunggu Kura-kura pergi jauh.
  • D. Mencari makanan lain di hutan yang tidak enak.
  • E. Marah kepada Kura-kura.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Meminta maaf kepada Kura-kura dan meminta izin untuk mengambil pisang.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan dan mengkreasi (C6) solusi yang beretika. Siswa diajak untuk berpikir tentang cara menyelesaikan konflik dengan baik.

5. Ketika hujan deras, Budi melihat seekor anak burung jatuh dari sarangnya. Budi ingin menolongnya tetapi tidak tahu caranya. Ia khawatir burung itu akan kedinginan atau dimakan kucing. Menurutmu, apa perasaan Budi saat itu?

  • A. Senang dan gembira.
  • B. Bingung dan khawatir.
  • C. Marah dan kesal.
  • D. Biasa saja.
  • E. Tertawa.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Bingung dan khawatir.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) emosi karakter berdasarkan situasi dan pemikirannya. Siswa harus menghubungkan 'ingin menolong tapi tidak tahu cara' dan 'khawatir' dengan perasaan bingung dan khawatir.

6. Lili menemukan dompet di jalan. Di dalamnya ada uang dan kartu nama. Lili berpikir untuk menyimpan uangnya, tapi ia teringat pesan ibunya untuk selalu jujur. Akhirnya, Lili menyerahkan dompet itu ke pos satpam. Apa yang bisa kita pelajari dari cerita Lili?

  • A. Kita harus selalu mencari dompet di jalan.
  • B. Kita harus menyimpan barang yang ditemukan.
  • C. Kejujuran adalah hal yang paling utama.
  • D. Uang di dompet itu bukan milik Lili.
  • E. Satpam suka menerima dompet.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Kejujuran adalah hal yang paling utama.

Pembahasan: Pertanyaan ini melatih kemampuan menganalisis (C4) pesan moral atau nilai-nilai yang terkandung dalam cerita. Siswa harus menarik kesimpulan dari tindakan jujur Lili.

7. Setiap pagi, Pak Tani selalu menyiram tanamannya. Ia juga memberi pupuk agar tanamannya tumbuh subur. Banyak buah dan sayur yang dihasilkan dari kebun Pak Tani. Menurutmu, mengapa Pak Tani rajin merawat tanamannya?

  • A. Pak Tani tidak punya pekerjaan lain.
  • B. Pak Tani ingin tanamannya sehat dan menghasilkan banyak panen.
  • C. Pak Tani suka bermain air.
  • D. Pak Tani ingin tanamannya cepat mati.
  • E. Pak Tani ingin kebunnya kosong.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Pak Tani ingin tanamannya sehat dan menghasilkan banyak panen.

Pembahasan: Soal ini menguji kemampuan menganalisis (C4) tujuan atau motif di balik tindakan karakter. Siswa harus menghubungkan tindakan merawat dengan hasil yang diharapkan.

8. Di sekolah, Rina melihat Budi kesulitan membawa banyak buku. Buku-buku itu hampir jatuh. Rina segera membantu Budi membawakan sebagian bukunya. Apa manfaat dari tindakan Rina?

  • A. Rina ingin dipuji guru.
  • B. Rina ingin Budi membalas budi.
  • C. Budi merasa terbantu dan pekerjaan Rina menjadi lebih ringan.
  • D. Buku-buku Budi menjadi bersih.
  • E. Rina ingin buku-buku itu jatuh.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Budi merasa terbantu dan pekerjaan Rina menjadi lebih ringan.

Pembahasan: Pertanyaan ini melatih kemampuan menganalisis (C4) dampak atau manfaat dari suatu tindakan positif. Siswa harus memahami hasil yang baik dari tolong-menolong.

9. Kelinci sangat suka wortel, tapi ia malas menanam. Ia selalu mengambil wortel dari kebun Pak Petani diam-diam. Suatu hari, Pak Petani memasang pagar tinggi. Kelinci tidak bisa masuk lagi. Jika kamu Kelinci, apa yang sebaiknya kamu lakukan agar tetap bisa makan wortel?

  • A. Mencoba melompati pagar tinggi itu.
  • B. Meminta maaf kepada Pak Petani dan menawarkan bantuan di kebun agar bisa mendapatkan wortel.
  • C. Mencari makanan lain yang tidak enak.
  • D. Marah kepada Pak Petani karena memasang pagar.
  • E. Menunggu Pak Petani lupa menutup pagar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Meminta maaf kepada Pak Petani dan menawarkan bantuan di kebun agar bisa mendapatkan wortel.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) solusi yang adil dan bertanggung jawab untuk sebuah masalah, serta mengevaluasi (C5) tindakan yang salah sebelumnya.

10. Saat makan siang, Doni melihat temannya, Siti, tidak membawa bekal. Siti terlihat lapar. Doni lalu membagi dua rotinya untuk Siti. Apa yang Doni rasakan saat melihat Siti lapar?

  • A. Senang.
  • B. Sedih atau kasihan.
  • C. Marah.
  • D. Biasa saja.
  • E. Bingung.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Sedih atau kasihan.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan menganalisis (C4) emosi karakter berdasarkan situasi yang terjadi dan tindakan selanjutnya. Tindakan berbagi menunjukkan rasa empati.

11. Di kelas, guru meminta setiap siswa untuk menceritakan pengalaman liburan mereka. Budi merasa malu dan tidak mau maju ke depan. Ia takut salah bicara. Menurutmu, apa yang bisa Budi lakukan agar ia berani maju dan bercerita?

  • A. Tidak usah maju sama sekali.
  • B. Meminta teman untuk menceritakan pengalamannya.
  • C. Berlatih bercerita di depan cermin atau orang tua di rumah terlebih dahulu.
  • D. Pura-pura sakit agar tidak maju.
  • E. Menyuruh guru untuk tidak memintanya maju.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Berlatih bercerita di depan cermin atau orang tua di rumah terlebih dahulu.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) solusi praktis untuk mengatasi rasa takut atau malu, mendorong siswa untuk berpikir tentang strategi belajar dan pengembangan diri.

12. Seekor semut kecil melihat seekor belalang sedang asyik bernyanyi di bawah sinar matahari. Semut bekerja keras mengumpulkan makanan untuk musim dingin, sementara belalang hanya bermalas-malasan. Ketika musim dingin tiba, semut punya banyak makanan, tetapi belalang kelaparan. Apa pelajaran penting dari cerita ini?

  • A. Bernyanyi itu tidak baik.
  • B. Kita harus rajin bekerja dan tidak malas.
  • C. Belalang tidak boleh bernyanyi.
  • D. Musim dingin itu menakutkan.
  • E. Semut itu pelit.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Kita harus rajin bekerja dan tidak malas.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan menganalisis (C4) pesan moral atau hikmah dari sebuah cerita. Siswa harus bisa menarik kesimpulan dari perbandingan tindakan dua karakter.

13. Kakak Rina sangat suka membaca buku. Setiap hari ia membaca berbagai cerita. Rina melihatnya dan ingin seperti kakaknya, tapi Rina belum lancar membaca. Apa yang sebaiknya Rina lakukan agar bisa membaca seperti kakaknya?

  • A. Tidak usah membaca sama sekali.
  • B. Meminta kakaknya membacakan buku terus-menerus.
  • C. Rajin belajar membaca huruf dan kata setiap hari.
  • D. Menunggu sampai besar sendiri.
  • E. Menyuruh kakaknya berhenti membaca.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Rajin belajar membaca huruf dan kata setiap hari.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) strategi atau rencana untuk mencapai suatu tujuan. Siswa diajak berpikir tentang langkah-langkah yang perlu diambil untuk belajar.

14. Andi sedang bermain di halaman. Ia melihat ada banyak sampah berserakan. Andi berpikir, 'Jika sampah ini tidak dibersihkan, halaman akan kotor dan banyak nyamuk.' Lalu Andi mengambil sapu dan mulai membersihkan sampah. Menurutmu, apa yang membuat Andi membersihkan sampah?

  • A. Andi disuruh ibunya.
  • B. Andi ingin bermain dengan sapu.
  • C. Andi khawatir halaman menjadi kotor dan banyak penyakit.
  • D. Andi tidak punya teman bermain.
  • E. Andi suka melihat sampah.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Andi khawatir halaman menjadi kotor dan banyak penyakit.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan menganalisis (C4) motif atau alasan yang didasari oleh pemahaman konsekuensi dari suatu keadaan. Siswa harus menghubungkan pemikiran Andi dengan tindakannya.

15. Di sebuah desa, ada sumur yang airnya jernih. Tapi, banyak orang sering membuang sampah sembarangan di dekat sumur. Lama-kelamaan, air sumur menjadi keruh dan tidak bisa diminum. Apa yang seharusnya dilakukan warga agar air sumur kembali bersih?

  • A. Mencari sumur baru.
  • B. Membuang sampah di tempat lain yang lebih jauh.
  • C. Bergotong royong membersihkan area sumur dan membuat aturan tidak membuang sampah sembarangan.
  • D. Tidak usah minum air sumur lagi.
  • E. Menunggu hujan deras untuk membersihkan sumur.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Bergotong royong membersihkan area sumur dan membuat aturan tidak membuang sampah sembarangan.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan mengkreasi (C6) solusi komprehensif untuk masalah lingkungan yang melibatkan kerja sama dan aturan sosial.

16. Saat jam istirahat, Doni dan Rio berebut ayunan. Keduanya sama-sama ingin bermain ayunan. Doni mendorong Rio, dan Rio menangis. Jika kamu adalah guru yang melihat kejadian itu, apa nasihat terbaik yang akan kamu berikan kepada Doni dan Rio?

  • A. Menyuruh mereka berdua pulang.
  • B. Menyuruh Doni bermain sendiri.
  • C. Mengajarkan mereka untuk berbagi dan bergantian menggunakan ayunan.
  • D. Memarahi Doni saja.
  • E. Membiarkan mereka bertengkar.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Mengajarkan mereka untuk berbagi dan bergantian menggunakan ayunan.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) solusi yang adil dan mendidik untuk konflik antar teman, menekankan nilai berbagi.

17. Miko ingin punya banyak mainan, tapi ia tidak mau merapikan mainannya setelah bermain. Kamarnya selalu berantakan. Ibunya sering mengingatkan, tapi Miko tidak peduli. Apa yang mungkin terjadi jika Miko terus tidak mau merapikan mainannya?

  • A. Miko akan mendapatkan mainan baru.
  • B. Kamar Miko akan semakin rapi.
  • C. Miko bisa tersandung mainannya sendiri atau mainannya cepat rusak/hilang.
  • D. Ibunya akan membelikan Miko banyak mainan lagi.
  • E. Miko akan disukai teman-temannya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Miko bisa tersandung mainannya sendiri atau mainannya cepat rusak/hilang.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) konsekuensi jangka panjang dari suatu kebiasaan buruk, mendorong siswa untuk berpikir prediktif.

18. Di kebun binatang, seekor monyet sangat lapar. Ia melihat anak kecil sedang makan pisang. Monyet itu ingin sekali pisang itu, tapi ia tidak boleh mengambilnya dari tangan anak kecil. Apa yang seharusnya Monyet lakukan?

  • A. Merebut pisang dari anak kecil.
  • B. Menunggu penjaga kebun binatang memberinya makan.
  • C. Menangis agar anak kecil memberinya pisang.
  • D. Mencoba mencari makanan lain di dalam kandangnya.
  • E. Marah kepada anak kecil.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Menunggu penjaga kebun binatang memberinya makan.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan mengevaluasi (C5) tindakan yang tepat dalam suatu situasi yang dibatasi oleh aturan (di kebun binatang), serta mengkreasi (C6) solusi yang aman dan benar.

19. Suatu sore, langit tiba-tiba gelap dan angin bertiup kencang. Daun-daun berguguran. Ibu Rina segera menutup semua jendela dan pintu. Mengapa Ibu Rina melakukan itu?

  • A. Ibu Rina ingin bermain petak umpet.
  • B. Ibu Rina ingin rumahnya gelap.
  • C. Ibu Rina tahu akan ada hujan badai dan ingin melindungi rumah dari angin dan air.
  • D. Ibu Rina merasa bosan.
  • E. Ibu Rina ingin tidur.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: C. Ibu Rina tahu akan ada hujan badai dan ingin melindungi rumah dari angin dan air.

Pembahasan: Soal ini melatih kemampuan menganalisis (C4) hubungan sebab-akibat dan membuat inferensi berdasarkan tanda-tanda alam dan tindakan pencegahan.

20. Dina melihat adiknya menangis karena balonnya pecah. Dina merasa sedih melihat adiknya. Dina punya satu balon lagi. Apa yang sebaiknya Dina lakukan untuk adiknya?

  • A. Menyuruh adiknya diam saja.
  • B. Memberikan balonnya sendiri kepada adik.
  • C. Menertawakan adiknya.
  • D. Menyuruh adik membeli balon baru.
  • E. Menyembunyikan balonnya.
Lihat Kunci Jawaban

Jawaban: B. Memberikan balonnya sendiri kepada adik.

Pembahasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan menganalisis (C4) emosi dan mengkreasi (C6) tindakan empati dan solusi untuk menghibur orang lain.

B. Isian Singkat

1. Bayu selalu bangun pagi, merapikan tempat tidur, dan membantu Ibu menyiram tanaman. Mengapa menurutmu Bayu melakukan semua itu setiap hari?

Jawaban: Bayu melakukan itu karena ia anak yang rajin dan bertanggung jawab, serta ingin membantu orang tuanya.

2. Di sebuah pertandingan lari, Edo jatuh dan kakinya sakit. Teman-teman yang lain terus berlari, tapi Bima berhenti dan membantu Edo berdiri. Apa yang bisa kamu simpulkan tentang sifat Bima?

Jawaban: Bima adalah anak yang baik hati, peduli, dan suka menolong teman.

3. Saat bermain pasir, Rina ingin membuat istana pasir yang besar. Ia melihat temannya, Toni, punya sekop yang lebih besar. Rina langsung merebut sekop itu. Apa yang seharusnya Rina lakukan agar bisa menggunakan sekop Toni?

Jawaban: Rina seharusnya meminta izin kepada Toni dengan baik-baik untuk meminjam sekopnya.

4. Ada dua anak, namanya Putri dan Bintang. Putri selalu membuang sampah di tempat sampah, sedangkan Bintang sering membuang sampah di mana saja. Menurutmu, siapa yang lebih menjaga kebersihan lingkungan?

Jawaban: Putri yang lebih menjaga kebersihan lingkungan karena ia membuang sampah pada tempatnya.

5. Kiki ingin sekali punya sepeda baru. Ia tahu harganya mahal. Setiap hari Kiki menyisihkan uang jajannya sedikit demi sedikit di celengan. Apa tujuan Kiki melakukan ini?

Jawaban: Tujuan Kiki adalah menabung agar bisa membeli sepeda baru dengan uangnya sendiri.

C. Uraian

1. Di sebuah desa, ada sungai yang dulunya sangat bersih. Anak-anak sering berenang dan bermain di sana. Tapi, sekarang banyak orang membuang sampah dan limbah ke sungai, sehingga airnya kotor dan berbau. Hewan-hewan di sungai juga mati. Jika kamu adalah kepala desa, apa 3 hal penting yang akan kamu lakukan untuk membuat sungai itu bersih kembali dan mencegahnya kotor lagi di masa depan?

Contoh Jawaban: Jika saya kepala desa, saya akan: 1. Mengajak semua warga bergotong royong membersihkan sungai dari sampah dan limbah. 2. Membuat tempat sampah yang cukup dan mudah dijangkau di setiap rumah atau sudut desa, serta memasang papan peringatan 'Dilarang Membuang Sampah di Sungai'. 3. Mengadakan penyuluhan kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan agar mereka tidak membuang sampah sembarangan lagi.

2. Lani punya seekor kucing bernama Kitty. Lani sangat sayang pada Kitty. Setiap pagi, Lani memberi makan Kitty, membersihkan kandangnya, dan mengajaknya bermain. Suatu hari, Kitty sakit. Lani sangat sedih dan khawatir. Apa yang akan kamu sarankan kepada Lani untuk merawat Kitty agar cepat sembuh, dan mengapa itu penting?

Contoh Jawaban: Saya akan menyarankan Lani untuk membawa Kitty ke dokter hewan agar diperiksa dan diberi obat. Ini penting karena dokter hewan tahu cara menyembuhkan hewan yang sakit. Selain itu, Lani harus tetap memberi makan dan minum Kitty, serta memastikan Kitty tetap hangat dan nyaman di kandangnya yang bersih. Dengan begitu, Kitty bisa cepat pulih dan sehat kembali.

3. Di sekolah, ada peraturan untuk selalu antre saat membeli makanan di kantin. Suatu hari, Budi datang terlambat dan langsung menyerobot antrean teman-temannya. Teman-teman Budi menjadi marah. Menurutmu, mengapa peraturan antre itu penting? Dan apa yang seharusnya dilakukan Budi saat itu?

Contoh Jawaban: Peraturan antre itu penting agar semua orang mendapatkan giliran dengan adil dan tidak ada yang saling dorong atau bertengkar. Jika tidak ada antrean, pasti akan kacau. Budi seharusnya tidak menyerobot antrean. Ia harusnya meminta maaf kepada teman-teman yang ia serobot, lalu ikut antre di barisan paling belakang seperti yang lain.

4. Siti selalu berbagi bekalnya dengan teman-teman yang tidak membawa bekal. Ia juga suka meminjamkan pensil atau penghapus kepada teman yang membutuhkannya. Teman-teman Siti sangat menyukainya. Jika kamu ingin punya banyak teman yang baik seperti Siti, apa saja yang akan kamu lakukan?

Contoh Jawaban: Jika saya ingin punya banyak teman yang baik seperti Siti, saya akan: 1. Sering berbagi apa yang saya punya dengan teman-teman. 2. Mau menolong teman yang kesulitan, misalnya meminjamkan alat tulis. 3. Berbicara dengan sopan dan tidak marah-marah kepada teman. 4. Mau bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Dengan begitu, teman-teman akan merasa senang berteman dengan saya.

5. Rudi ingin menjadi anak yang pintar. Ia melihat teman-temannya yang pintar selalu rajin membaca buku dan mengerjakan tugas. Rudi sering merasa malas. Buatlah sebuah 'rencana rahasia' untuk Rudi agar ia bisa menjadi anak yang pintar dalam satu minggu, lengkap dengan langkah-langkahnya!

Contoh Jawaban: Rencana Rahasia Rudi untuk Pintar dalam Seminggu: 1. Setiap pagi setelah bangun, Rudi akan membaca satu cerita pendek. 2. Setiap pulang sekolah, Rudi akan langsung mengerjakan tugas dari guru, tidak menunda-nunda. 3. Setiap sore, Rudi akan belajar membaca atau berhitung selama 15 menit. 4. Setiap malam sebelum tidur, Rudi akan meminta Ibu atau Ayah untuk membacakan satu buku cerita. 5. Rudi akan bertanya kepada guru atau teman jika ada pelajaran yang tidak dimengerti. Dengan rajin dan disiplin, Rudi pasti bisa menjadi anak pintar!

D. Mencocokkan

Set 1. Pasangkan setiap tokoh dengan sifat yang paling sesuai dari cerita-cerita berikut!

Kiki menolong kucing kedinginan=>Penyayang
Adi meminta maaf setelah memecahkan pot=>Bertanggung jawab
Semut bekerja keras mengumpulkan makanan=>Rajin
Lili mengembalikan dompet yang ditemukan=>Jujur
Rina membantu Budi membawa buku=>Suka menolong

Set 2. Pasangkan masalah dengan solusi terbaik yang sesuai dari cerita-cerita berikut!

Lani sedih pensil warnanya habis=>Meminjam atau mencari alat mewarnai lain
Kelinci tidak bisa masuk kebun Pak Petani=>Meminta maaf dan menawarkan bantuan
Budi malu bercerita di depan kelas=>Berlatih di rumah dengan orang tua
Sungai kotor banyak sampah=>Gotong royong membersihkan dan membuat aturan
Doni dan Rio berebut ayunan=>Berbagi dan bergantian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *