Bank Soal Bahasa Inggris Tingkat Lanjut: Kuasai Grammar, Vocabulary, dan Keterampilan Esensial

Posted on

Bank Soal Bahasa Inggris Tingkat Lanjut: Kuasai Grammar, Vocabulary, dan Keterampilan Esensial

Selamat datang di Bank Soal Bahasa Inggris Tingkat Lanjut kami! Dirancang khusus untuk pelajar yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka ke level berikutnya, kumpulan soal ini mencakup berbagai aspek krusial mulai dari tata bahasa kompleks, kosakata tingkat tinggi, hingga pemahaman bacaan dan penulisan. Menguasai bahasa Inggris tingkat lanjut sangat penting di era global ini, baik untuk tujuan akademik seperti studi di luar negeri, persiapan tes standar (TOEFL, IELTS), maupun untuk pengembangan karir profesional. Latihan soal ini akan membantu Anda mengidentifikasi area kekuatan dan kelemahan, memperdalam pemahaman konsep-konsep sulit, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa Inggris secara efektif dan akurat. Persiapkan diri Anda untuk tantangan dan raih kemahiran berbahasa Inggris yang Anda impikan!


Contoh Soal soal bahasa inggris tingkat lanjut

1. Seldom _____ such a talented musician.

  • A. I have heard
  • B. have I heard
  • C. I heard
  • D. did I hear
  • E. I do hear
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Kalimat ini menggunakan inversi setelah adverbial of frequency negatif ‘seldom’. Struktur yang benar adalah auxiliary verb + subject + main verb.

2. Despite facing numerous obstacles, she remained _____ in her pursuit of justice.

  • A. hesitant
  • B. wavering
  • C. resolute
  • D. indifferent
  • E. complacent
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: ‘Resolute’ berarti teguh atau tidak goyah, yang paling sesuai dengan konteks menghadapi banyak rintangan dalam mengejar keadilan.

3. If he had taken my advice, he _____ in trouble now.

  • A. wouldn’t be
  • B. wouldn’t have been
  • C. wouldn’t have been being
  • D. won’t be
  • E. isn’t
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Ini adalah conditional tipe campuran (mixed conditional) yang menggabungkan kondisi di masa lalu (had taken) dengan hasil di masa sekarang (wouldn’t be).

4. The company decided to _____ the new product line after poor sales.

  • A. call off
  • B. put up
  • C. take over
  • D. bring about
  • E. look into
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: ‘Call off’ berarti membatalkan. Dalam konteks penjualan yang buruk, membatalkan lini produk baru adalah tindakan yang logis.

5. He regrets _____ so much money on unnecessary gadgets.

  • A. to spend
  • B. spending
  • C. to have spent
  • D. having spent
  • E. spent
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Kata kerja ‘regret’ diikuti oleh gerund (verb-ing) ketika merujuk pada tindakan yang sudah terjadi di masa lalu.

6. The manager exclaimed, ‘What a brilliant idea!’

  • A. The manager exclaimed what a brilliant idea it was.
  • B. The manager exclaimed that it was a brilliant idea.
  • C. The manager exclaimed how brilliant the idea was.
  • D. The manager exclaimed with admiration that it was a brilliant idea.
  • E. The manager exclaimed a brilliant idea.
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Untuk mengubah kalimat seru menjadi reported speech, kita sering menggunakan kata kerja pelaporan yang lebih ekspresif dan menambahkan klausa ‘that’. Opsi D paling tepat menangkap nuansa seruan tersebut.

7. It is believed that the ancient civilization _____ a sophisticated irrigation system.

  • A. had developed
  • B. has developed
  • C. developed
  • D. was developed
  • E. is developing
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Struktur ‘It is believed that…’ diikuti oleh klausa dengan tense yang sesuai. Karena ‘ancient civilization’ dan ‘sophisticated irrigation system’ merujuk pada masa lalu sebelum ‘is believed’, past perfect (‘had developed’) adalah pilihan yang tepat.

8. My uncle, _____ lives in Canada, is visiting us next month.

  • A. who
  • B. whom
  • C. which
  • D. that
  • E. whose
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Untuk klausa relatif non-definisi (ditandai koma), kita menggunakan ‘who’ untuk orang sebagai subjek. ‘That’ tidak bisa digunakan dalam klausa non-definisi.

9. You _____ have told me about the meeting; I completely forgot!

  • A. would
  • B. might
  • C. should
  • D. could
  • E. must
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: ‘Should have + V3’ digunakan untuk menyatakan penyesalan atau kritik terhadap sesuatu yang seharusnya dilakukan di masa lalu tetapi tidak dilakukan.

10. _____ the heavy rain, the outdoor concert was not cancelled.

  • A. Despite of
  • B. Although
  • C. In spite of
  • D. However
  • E. Due to
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: ‘In spite of’ atau ‘despite’ digunakan untuk menunjukkan kontras yang tidak diharapkan, diikuti oleh noun phrase. ‘Despite of’ salah secara gramatikal.

11. He decided to _____ and pursue his dream of becoming a writer.

  • A. take the bull by the horns
  • B. beat around the bush
  • C. bite off more than he can chew
  • D. burn the midnight oil
  • E. hit the road
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: ‘Take the bull by the horns’ berarti menghadapi masalah atau situasi sulit secara langsung dan berani.

12. The _____ of the new policy has been widely criticized.

  • A. implement
  • B. implementing
  • C. implementer
  • D. implementation
  • E. implements
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Kita membutuhkan bentuk noun dari ‘implement’ di sini untuk menjadi subjek kalimat. ‘Implementation’ adalah noun yang tepat.

13. The committee recommended that he _____ the project immediately.

  • A. starts
  • B. started
  • C. start
  • D. to start
  • E. starting
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: Setelah kata kerja yang menyatakan rekomendasi, saran, atau permintaan (seperti ‘recommend’, ‘suggest’, ‘insist’), klausa ‘that’ diikuti oleh bentuk dasar kata kerja (subjunctive mood).

14. Her _____ understanding of quantum physics truly impressed the professors.

  • A. superficial
  • B. rudimentary
  • C. profound
  • D. trivial
  • E. naive
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: ‘Profound’ berarti sangat dalam atau mendalam, yang menunjukkan pemahaman yang sangat baik dalam konteks fisika kuantum.

15. She’s very adept _____ solving complex algorithms.

  • A. at
  • B. in
  • C. on
  • D. with
  • E. for
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Frasa yang benar adalah ‘adept at something’ atau ‘adept at doing something.’

16. The article suggests that while renewable energy sources are gaining traction, the transition away from fossil fuels will not be instantaneous due to existing infrastructure and economic dependencies. What can be inferred from the statement?

  • A. Renewable energy has completely replaced fossil fuels.
  • B. The shift to renewable energy faces significant challenges.
  • C. Fossil fuels are no longer economically viable.
  • D. Governments are actively hindering renewable energy development.
  • E. All countries have fully embraced renewable energy.
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Frasa ‘not be instantaneous due to existing infrastructure and economic dependencies’ secara implisit menyatakan bahwa ada tantangan besar dalam transisi ke energi terbarukan.

17. Despite (A) of the fact that he was tired, he continued (B) to work (C) late into (D) the night.

  • A. Despite
  • B. he continued
  • C. to work
  • D. late into
  • E. No error
Kunci Jawaban: A

Penjelasan: Frasa yang benar adalah ‘Despite the fact that’ atau ‘In spite of the fact that’. Penggunaan ‘of’ setelah ‘Despite’ adalah salah.

18. The new software is incredibly powerful; _____, it’s quite user-friendly, making it accessible to beginners.

  • A. consequently
  • B. however
  • C. moreover
  • D. in contrast
  • E. therefore
Kunci Jawaban: C

Penjelasan: ‘Moreover’ digunakan untuk menambahkan informasi yang mendukung atau memperkuat pernyataan sebelumnya, dalam hal ini, menambahkan keuntungan lain dari software tersebut.

19. The research findings _____ previous theories on climate change.

  • A. contradicted
  • B. supported
  • C. elucidated
  • D. challenged
  • E. all of the above
Kunci Jawaban: D

Penjelasan: ‘Challenged’ berarti mempertanyakan atau menentang. Temuan penelitian seringkali menantang atau menguji teori yang sudah ada, menunjukkan bahwa penelitian tersebut membawa perspektif baru.

20. She is known for her intelligence, her dedication, and _____.

  • A. being very creative
  • B. for her creativity
  • C. creatively
  • D. she is creative
  • E. her creative
Kunci Jawaban: B

Penjelasan: Untuk menjaga struktur paralel, semua elemen dalam daftar harus memiliki bentuk gramatikal yang sama. Karena dua elemen pertama adalah noun phrases yang diawali ‘her’, elemen ketiga juga harus serupa: ‘for her creativity’ atau ‘her creativity’. ‘For her creativity’ paling sesuai dengan preposisi yang tersirat.

21. The man _____ next to the window is my professor. (sit)

Kunci Jawaban: sitting

Penjelasan: Ini adalah reduced relative clause aktif. ‘The man who is sitting…’ menjadi ‘The man sitting…’.

22. It’s imperative that we _____ a comprehensive strategy to address the issue.

Kunci Jawaban: develop / formulate / devise

Penjelasan: Kata kerja yang berkolokasi dengan ‘strategy’ untuk menyatakan tindakan membuat atau merancang strategi.

23. It was _____ that caused the delay, not the weather.

Kunci Jawaban: human error

Penjelasan: Cleft sentence ‘It was X that Y’ digunakan untuk menekankan bagian tertentu dari kalimat.

24. After a long discussion, they finally managed to _____ a compromise.

Kunci Jawaban: reach / come to

Penjelasan: Frasa yang umum digunakan untuk mencapai kompromi adalah ‘reach a compromise’ atau ‘come to a compromise’.

25. What does the idiom ‘to bite the bullet’ mean?

Kunci Jawaban: Menghadapi situasi sulit atau tidak menyenangkan dengan keberanian/ketabahan.

Penjelasan: ‘To bite the bullet’ berarti menerima dan menghadapi situasi yang sulit atau menyakitkan tanpa mengeluh.

26. Diskusikan sejauh mana teknologi telah mengubah cara kita belajar bahasa Inggris. Berikan argumen pro dan kontra, serta sertakan contoh spesifik untuk mendukung pendapat Anda.

Kunci Jawaban: (Jawaban bervariasi) Penjelasan harus mencakup poin-poin seperti aksesibilitas sumber belajar (aplikasi, kursus online, YouTube), interaksi dengan penutur asli, personalisasi pembelajaran, namun juga potensi gangguan, kurangnya interaksi tatap muka, dan ketergantungan pada teknologi.

Penjelasan: Pertanyaan ini menguji kemampuan analisis kritis, argumentasi, dan penyusunan esai.

27. Jelaskan perbedaan utama antara ‘present perfect’ dan ‘past simple’ dalam bahasa Inggris, serta kapan masing-masing tense tersebut digunakan. Berikan minimal dua contoh kalimat untuk setiap tense.

Kunci Jawaban: (Jawaban bervariasi) Penjelasan harus mencakup: Past Simple untuk tindakan selesai di waktu tertentu di masa lalu (e.g., I visited Paris last year), Present Perfect untuk tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga sekarang, atau tindakan selesai di masa lalu tetapi relevan dengan masa kini (e.g., I have lived here for five years, I have lost my keys).

Penjelasan: Menguji pemahaman mendalam tentang tata bahasa dan kemampuan untuk menjelaskan konsep secara jelas.

28. Analisislah pentingnya ‘critical thinking’ dalam membaca teks bahasa Inggris tingkat lanjut. Bagaimana keterampilan ini membantu pembaca memahami makna tersirat, bias penulis, dan struktur argumen?

Kunci Jawaban: (Jawaban bervariasi) Penjelasan harus mencakup: Critical thinking memungkinkan pembaca tidak hanya memahami apa yang dikatakan tetapi juga mengapa dan bagaimana hal itu dikatakan. Ini membantu mengidentifikasi asumsi, mengevaluasi bukti, mengenali sudut pandang penulis, dan memahami implikasi yang tidak disebutkan secara eksplisit.

Penjelasan: Menguji kemampuan analisis teks dan konsep abstrak dalam konteks pembelajaran bahasa.

29. Bayangkan Anda adalah seorang jurnalis yang meliput acara penting di sebuah negara berbahasa Inggris yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Deskripsikan pengalaman Anda, tantangan bahasa yang mungkin Anda hadapi, dan bagaimana Anda mengatasinya. Gunakan setidaknya lima kosakata tingkat lanjut dalam deskripsi Anda.

Kunci Jawaban: (Jawaban bervariasi) Penjelasan harus mencakup: Deskripsi pengalaman (misalnya, kebingungan budaya, kesulitan memahami aksen lokal), tantangan bahasa (misalnya, idiom, slang, kecepatan bicara), strategi mengatasi (misalnya, meminta klarifikasi, menggunakan kamus, observasi), dan penggunaan kosakata tingkat lanjut (misalnya, ‘bemused’, ‘quandary’, ‘ubiquitous’, ‘meticulously’, ‘endeavor’).

Penjelasan: Menguji kemampuan menulis naratif, penggunaan kosakata, dan imajinasi dalam konteks bahasa Inggris.

30. Anda diminta untuk memberikan presentasi penting dalam bahasa Inggris di depan audiens internasional. Apa saja strategi yang akan Anda terapkan untuk memastikan presentasi Anda efektif dan mudah dipahami oleh audiens dengan berbagai latar belakang linguistik? Fokus pada aspek kebahasaan.

Kunci Jawaban: (Jawaban bervariasi) Penjelasan harus mencakup: Penggunaan bahasa yang jelas dan ringkas, menghindari jargon, berbicara dengan kecepatan sedang, artikulasi yang jelas, menggunakan visual aids, mengulang poin-poin penting, menggunakan sinonim untuk menjelaskan, mempersiapkan diri untuk pertanyaan, dan beradaptasi dengan audiens.

Penjelasan: Menguji pemahaman praktis tentang komunikasi efektif dalam bahasa Inggris di lingkungan profesional atau akademik.

31. Cocokkan idiom di kolom kiri dengan artinya di kolom kanan.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • Bite the bullet … ( … ) … Menghadapi situasi sulit dengan keberanian.
  • Break a leg … ( … ) … Semoga berhasil! (digunakan untuk memberi semangat).
  • Hit the road … ( … ) … Mulai bepergian atau pergi.
  • Spill the beans … ( … ) … Mengungkapkan rahasia.
  • Cost an arm and a leg … ( … ) … Sangat mahal.
Kunci Jawaban: “Bite the bullet”: “Menghadapi situasi sulit dengan keberanian.”, “Break a leg”: “Semoga berhasil! (digunakan untuk memberi semangat).”, “Hit the road”: “Mulai bepergian atau pergi.”, “Spill the beans”: “Mengungkapkan rahasia.”, “Cost an arm and a leg”: “Sangat mahal.”

Penjelasan: Menguji pemahaman idiom umum dalam bahasa Inggris.

32. Cocokkan phrasal verb di kolom kiri dengan definisinya di kolom kanan.

Pasangkan pernyataan berikut:

  • Call off … ( … ) … Membatalkan.
  • Put off … ( … ) … Menunda.
  • Take up … ( … ) … Mulai hobi atau kegiatan baru.
  • Look into … ( … ) … Menyelidiki.
  • Bring about … ( … ) … Menyebabkan sesuatu terjadi.
Kunci Jawaban: “Call off”: “Membatalkan.”, “Put off”: “Menunda.”, “Take up”: “Mulai hobi atau kegiatan baru.”, “Look into”: “Menyelidiki.”, “Bring about”: “Menyebabkan sesuatu terjadi.”

Penjelasan: Menguji pemahaman phrasal verb umum dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *