
Menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau ujian masuk perguruan tinggi lainnya memerlukan persiapan yang matang, terutama pada subtes Bahasa Indonesia. Subtes ini dirancang untuk menguji kemampuan Anda dalam memahami, menganalisis, dan menggunakan bahasa Indonesia secara efektif. Ini bukan sekadar menghafal, melainkan mengasah penalaran verbal, pemahaman bacaan, serta penguasaan tata bahasa dan ejaan yang baik. Artikel ini menyajikan 32 contoh soal Bahasa Indonesia TPS yang komprehensif, dirancang untuk membantu Anda mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda. Dengan beragam jenis soal—mulai dari pilihan ganda, isian singkat, uraian, hingga menjodohkan—Anda akan mendapatkan gambaran menyeluruh tentang format dan tingkat kesulitan soal TPS yang sebenarnya. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban dan penjelasan singkat untuk mempermudah pemahaman Anda. Manfaatkan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, ketelitian, dan kecepatan Anda dalam menjawab soal-soal Bahasa Indonesia TPS. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dan raih hasil optimal di SNBT!
Pilihan Ganda
-
Pemanasan global merupakan isu krusial yang dihadapi dunia saat ini. Kenaikan suhu bumi menyebabkan berbagai dampak negatif, seperti mencairnya gletser, naiknya permukaan air laut, dan perubahan pola cuaca ekstrem. Fenomena ini memerlukan tindakan kolektif dari seluruh negara untuk mitigasi dan adaptasi. Gagasan utama paragraf di atas adalah…
- A. Dampak negatif pemanasan global
- B. Pentingnya tindakan kolektif
- C. Isu krusial pemanasan global
- D. Perubahan pola cuaca ekstrem
Jawaban: C
Pembahasan: Gagasan utama terletak pada kalimat pertama yang menyatakan bahwa pemanasan global adalah isu krusial. Kalimat-kalimat berikutnya adalah penjelas dari gagasan tersebut. -
Pilihlah kalimat yang paling efektif!
- A. Bagi seluruh peserta diharapkan untuk datang tepat waktu.
- B. Seluruh peserta diharapkan datang tepat waktu.
- C. Diharapkan bagi seluruh peserta agar datang tepat waktu.
- D. Untuk seluruh peserta diharapkan datang tepat waktu.
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat B paling efektif karena tidak menggunakan kata-kata mubazir seperti “bagi” atau “agar” dan struktur kalimatnya langsung. -
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat…
- A. Ibu membeli sayur, ikan, dan buah-buahan di pasar.
- B. Ibu membeli sayur, ikan dan buah-buahan di pasar.
- C. Ibu membeli sayur ikan dan buah-buahan di pasar.
- D. Ibu membeli sayur; ikan; dan buah-buahan di pasar.
Jawaban: A
Pembahasan: Tanda koma (,) digunakan untuk memisahkan unsur-unsur dalam pemerincian yang lebih dari dua. -
Sinonim kata ‘mitigasi’ adalah…
- A. Pencegahan
- B. Penanggulangan
- C. Pemulihan
- D. Penyesuaian
Jawaban: A
Pembahasan: Mitigasi berarti tindakan untuk mengurangi dampak bencana atau risiko, yang paling dekat maknanya adalah pencegahan. -
Para siswa belajar dengan giat ______ mereka ingin meraih nilai terbaik. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah…
- A. tetapi
- B. karena
- C. meskipun
- D. sehingga
Jawaban: B
Pembahasan: Konjungsi ‘karena’ menunjukkan hubungan sebab-akibat yang sesuai dengan konteks kalimat. -
Kalimat berikut ini yang mengandung frasa adjektiva adalah…
- A. Adik sedang membaca buku baru.
- B. Kucing itu sangat lucu.
- C. Kami pergi ke pasar tradisional.
- D. Mereka sedang makan siang.
Jawaban: B
Pembahasan: Frasa adjektiva adalah gabungan dua kata atau lebih yang intinya adalah kata sifat. “Sangat lucu” adalah frasa adjektiva. -
Kalimat yang mengandung kesalahan logika adalah…
- A. Waktu dan tempat kami persilakan.
- B. Hadirin dimohon berdiri.
- C. Mohon tidak membuang sampah sembarangan.
- D. Dengan hormat, kami mengundang Bapak/Ibu.
Jawaban: A
Pembahasan: Kesalahan logika karena waktu dan tempat tidak dapat dipersilakan. Yang dipersilakan adalah orangnya. -
Penulisan kata serapan yang benar adalah…
- A. effektif
- B. efektif
- C. efektiv
- D. effekktif
Jawaban: B
Pembahasan: Kata serapan dari bahasa Inggris “effective” yang benar dalam bahasa Indonesia adalah “efektif”. -
Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan keberagaman budaya. Setiap daerah memiliki tradisi, bahasa, dan adat istiadat yang unik. Keberagaman ini menjadi identitas bangsa yang harus dilestarikan. Ide pokok paragraf tersebut adalah…
- A. Keberagaman budaya Indonesia
- B. Tradisi dan adat istiadat
- C. Identitas bangsa
- D. Pelestarian budaya
Jawaban: A
Pembahasan: Ide pokok paragraf ini adalah kekayaan keberagaman budaya Indonesia, yang dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat-kalimat berikutnya. -
Penggunaan kata depan yang tepat terdapat pada kalimat…
- A. Saya akan pergi ke Jakarta pada hari Senin.
- B. Saya akan pergi di Jakarta pada hari Senin.
- C. Saya akan pergi ke Jakarta di hari Senin.
- D. Saya akan pergi di Jakarta pada hari Senin.
Jawaban: A
Pembahasan: Kata depan “ke” digunakan untuk menunjukkan arah atau tujuan. “Pada” digunakan untuk menunjukkan waktu. -
Kalimat berikut yang merupakan kalimat majemuk setara adalah…
- A. Dia belajar giat agar lulus ujian.
- B. Ayah membaca koran dan Ibu memasak.
- C. Meskipun sakit, dia tetap berangkat sekolah.
- D. Ketika hujan turun, kami berteduh.
Jawaban: B
Pembahasan: Kalimat majemuk setara memiliki klausa-klausa yang kedudukannya sejajar, dihubungkan oleh konjungsi setara seperti “dan”, “atau”, “tetapi”. -
Antonim kata ‘optimis’ adalah…
- A. Pesimis
- B. Realistis
- C. Antusias
- D. Positif
Jawaban: A
Pembahasan: Antonim adalah lawan kata. Lawan dari optimis adalah pesimis. -
Perhatikan paragraf berikut! Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk generasi muda yang berkualitas. Melalui pendidikan karakter, siswa diajarkan nilai-nilai luhur seperti kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin. Hal ini akan menciptakan individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berintegritas. Pernyataan yang TIDAK sesuai dengan isi paragraf di atas adalah…
- A. Pendidikan karakter membentuk generasi berkualitas.
- B. Kejujuran adalah salah satu nilai yang diajarkan.
- C. Pendidikan karakter hanya fokus pada kecerdasan intelektual.
- D. Integritas adalah hasil dari pendidikan karakter.
Jawaban: C
Pembahasan: Paragraf jelas menyatakan bahwa pendidikan karakter menciptakan individu yang “tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berintegritas”, yang berarti bukan hanya fokus pada kecerdasan intelektual. -
Kalimat aktif ‘Pemerintah membangun jembatan baru’ jika diubah menjadi kalimat pasif adalah…
- A. Jembatan baru dibangun oleh pemerintah.
- B. Pemerintah telah membangun jembatan baru.
- C. Jembatan baru telah dibangun pemerintah.
- D. Membangun jembatan baru oleh pemerintah.
Jawaban: A
Pembahasan: Kalimat pasif subjeknya dikenai pekerjaan. Objek kalimat aktif menjadi subjek di kalimat pasif, dan predikatnya berawalan “di-“. -
Kata berikut yang merupakan kata baku adalah…
- A. apotik
- B. apotek
- C. apotik
- D. apotekk
Jawaban: B
Pembahasan: Bentuk baku yang benar adalah “apotek”. -
Penulisan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat…
- A. Saya lahir di bulan Januari.
- B. Kami akan pergi ke Danau Toba.
- C. Dia suka membaca buku Sejarah.
- D. Pak Budi adalah seorang Guru.
Jawaban: B
Pembahasan: Huruf kapital digunakan untuk nama geografi spesifik seperti “Danau Toba”. Bulan (Januari) dan mata pelajaran (Sejarah) tidak perlu kapital kecuali di awal kalimat atau sebagai bagian dari nama diri/judul. Jabatan (Guru) juga tidak perlu kapital kecuali diikuti nama orang. -
Kalimat yang TIDAK padu dalam paragraf berikut adalah… (1) Banjir sering melanda beberapa wilayah di Indonesia saat musim hujan. (2) Penyebabnya beragam, mulai dari curah hujan tinggi hingga buruknya drainase kota. (3) Pemerintah berencana membangun bendungan baru di wilayah tersebut. (4) Dampak banjir sangat merugikan, termasuk kerusakan infrastruktur dan kerugian ekonomi.
- A. (1)
- B. (2)
- C. (3)
- D. (4)
Jawaban: C
Pembahasan: Kalimat (3) membahas rencana pemerintah yang tidak secara langsung berkaitan dengan penjelasan penyebab atau dampak banjir yang sedang dibahas di kalimat lain, sehingga kurang padu. -
Seorang anak kecil yang rajin menabung akhirnya bisa membeli sepeda impiannya. Pesan tersirat dari cerita tersebut adalah…
- A. Sepeda adalah impian setiap anak.
- B. Menabung adalah hal yang sulit dilakukan.
- C. Kegigihan dan kesabaran akan membuahkan hasil.
- D. Orang tua harus membelikan anak sepeda.
Jawaban: C
Pembahasan: Kisah tersebut menekankan bahwa dengan rajin (gigih) dan menabung (sabar), tujuan dapat tercapai. -
Kalimat yang menggunakan kata ulang bermakna ‘saling’ adalah…
- A. Anak-anak bermain kejar-kejaran di taman.
- B. Ibu membeli buah-buahan di pasar.
- C. Mereka berpandang-pandangan.
- D. Buku-buku itu tersusun rapi.
Jawaban: C
Pembahasan: Kata ulang “berpandang-pandangan” bermakna saling memandang. “Kejar-kejaran” bermakna melakukan sesuatu berulang-ulang/berbalasan. -
Penulisan bilangan pada kalimat berikut yang benar adalah…
- A. Terdapat 25 peserta yang mengikuti lomba.
- B. Terdapat dua puluh lima peserta yang mengikuti lomba.
- C. Terdapat dua puluh lima orang peserta yang mengikuti lomba.
- D. Terdapat 25 orang peserta yang mengikuti lomba.
Jawaban: B
Pembahasan: Menurut kaidah EYD, bilangan yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf, kecuali jika digunakan secara berurutan dalam rincian, tabel, atau sebagai bagian dari kode/nomor. “Dua puluh lima” dapat dinyatakan dengan dua kata.
Isian Singkat
-
Kata penghubung yang menyatakan pertentangan adalah ______.Jawaban: tetapi/namun
-
Penulisan singkatan ‘dan lain-lain’ yang benar adalah ______.Jawaban: dll.
-
Subjek pada kalimat ‘Di taman kota, banyak anak-anak bermain.’ adalah ______.Jawaban: banyak anak-anak
-
Kata dasar dari ‘memperhatikan’ adalah ______.Jawaban: hati
-
Kata yang tepat untuk mengisi rumpang pada kalimat ‘Dia sangat ______ dalam menyelesaikan tugasnya.’ agar bermakna positif adalah ______.Jawaban: rajin/ulet/tekun
Uraian
-
Jelaskan perbedaan antara kalimat efektif dan kalimat tidak efektif, berikan masing-masing satu contoh!Jawaban: Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat menyampaikan gagasan, perasaan, atau pemberitahuan secara tepat kepada pembaca atau pendengar. Cirinya lugas, jelas, dan tidak bertele-tele. Kalimat tidak efektif adalah kebalikannya, seringkali mengandung kata-kata mubazir, ambigu, atau struktur yang salah. Contoh Kalimat Efektif: “Para siswa sedang belajar.” Contoh Kalimat Tidak Efektif: “Bagi para siswa-siswa sedang belajar.”
-
Sebutkan dan jelaskan tiga fungsi utama tanda koma (,)!Jawaban: 1. Memisahkan unsur-unsur dalam pemerincian atau pembilangan. Contoh: Saya membeli buku, pensil, dan penghapus. 2. Memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat mendahului induk kalimat. Contoh: Karena hujan deras, kami tidak jadi pergi. 3. Memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat. Contoh: “Saya akan datang,” kata Ibu.
-
Perbaiki kalimat berikut agar menjadi kalimat baku dan efektif: ‘Meskipun dia sakit, akan tetapi dia tetap masuk sekolah.’Jawaban: Perbaikan: “Meskipun dia sakit, dia tetap masuk sekolah.” atau “Dia sakit, akan tetapi dia tetap masuk sekolah.” Penjelasan: Penggunaan konjungsi ganda “meskipun” dan “akan tetapi” bersifat pleonastis (berlebihan) karena keduanya memiliki makna pertentangan. Cukup gunakan salah satu.
-
Apa yang dimaksud dengan gagasan utama dalam sebuah paragraf dan mengapa penting untuk menemukannya?Jawaban: Gagasan utama (atau ide pokok) adalah inti atau pokok bahasan yang ingin disampaikan penulis dalam sebuah paragraf. Penting untuk menemukannya karena: 1. Membantu memahami keseluruhan isi paragraf. 2. Memudahkan dalam menyimpulkan atau meringkas informasi. 3. Menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf atau tulisan lebih lanjut.
-
Tuliskan sebuah paragraf singkat (3-5 kalimat) tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan!Jawaban: Menjaga kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman dan sehat bagi semua penghuninya. Sebaliknya, lingkungan kotor dapat menjadi sarang penyakit dan mengurangi kualitas hidup. Oleh karena itu, mari kita mulai dari diri sendiri untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar kita.
Menjodohkan
-
Jodohkan kata-kata berikut dengan makna yang tepat!OpiniPendapat yang belum tentu benarFaktaKenyataan yang dapat dibuktikanKonsensusKesepakatan bersamaEsensiHakikat atau intiKunci: Opini – Pendapat yang belum tentu benar; Fakta – Kenyataan yang dapat dibuktikan; Konsensus – Kesepakatan bersama; Esensi – Hakikat atau inti
-
Jodohkan bagian awal kalimat dengan bagian akhir kalimat yang sesuai!Pemanasan global disebabkan olehpeningkatan emisi gas rumah kaca.Untuk menjaga kesehatan,kita harus berolahraga secara teratur.Meskipun hujan deras,acara tetap berjalan lancar.Dia membaca bukusambil mendengarkan musik.Kunci: Pemanasan global disebabkan oleh – peningkatan emisi gas rumah kaca; Untuk menjaga kesehatan, – kita harus berolahraga secara teratur; Meskipun hujan deras, – acara tetap berjalan lancar; Dia membaca buku – sambil mendengarkan musik.